Rekomendasi Merk Clodi yang Bagus

Rekomendasi Merk Clodi yang Bagus
Rekomendasi Merk Clodi yang Bagus


Clodi atau clothing diaper kini banyak digemari oleh new mom atau ibu baru melahirkan. Pasalnya, pemakaian clodi bisa menghemat pengeluaran popok biasa dan juga ramah lingkungan.

Untuk Mom yang ingin mencoba clodi atau memberikan hadiah kepada keponakan, yuk baca lebih lanjut tentang apa itu clodi dan rekomendasi merk clodi yang bagus anti boro selanjutnya.

Clodi Itu Apa Sih?


Clodi adalah singkatan dari clothing diaper yang merupakan popok bayi yang terbuat dari kain dan dirancang memiliki daya serap yang tinggi. Umumnya, clodi digunakan untuk anak usia 0-2 tahun. Ukurannya pun bervariasi mulai dari untuk berat badan 2,5 — 10 kg, 4 — 15 kg, 7 — 20 kg, dan 12 — 30 kg. Biasanya clodi bisa digunakan dari newborn hingga 1-2 tahun sehingga kita pun juga lebih hemat sebagai orang tua. Berikut kelebihan dan kekurangan clodi yang dapat menjadi bahan pertimbangan mom memilih clodi.

Clodi memiliki kelebihan sebagai berikut :

1. Lebih Hemat

Clodi yang bisa dicuci dan dipakai berulang tentu menjadi lebih hemat jika dibandingkan dengan penggunaan popok sekali pakai.

2. Lebih Nyaman dan Sehat

Clodi terbuat dari kain yang halus, lembut dan tidak panas sehingga bayi lebih nyaman beraktivitas. Selain itu clodi juga lebih sehat karena bebas bahan kimia dalam pembuatannya

3. Mempermudah Proses Toilet Training Anak

Dengan menggunakan clodi, anak akan lebih mudah menyadari bahwa popok yang ia kenakan basah karena pipis. Sehingga anak tidak nyaman dan ingin melepas clodi.

5. Lebih Ramah Lingkungan

Bagi mom yang sangat peduli terhadap permasalahan sampah, penggunaan clodi bisa menjadi salah satu solusi terkait hal ini. Berbeda dengan popok sekali pakai yang tentu saja menjadi sampah, pemakaian clodi yang dapat digunakan berulang tentu lebih ramah lingkungan.

Kekurangan pemakaian clodi :

  1. Dibutuhkan tenaga dan waktu ekstra untuk mencuci clodi hingga bersih
  2. Dibutuhkan stok clodi cukup banyak karena setelah digunakan dan di cuci membutuhkan waktu pengeringan saat di jemur
  3. Clodi yang sudah agak rusak terkadang menimbulkan iritasi pada kulit bayi

Kelebihan dan kekurangan clodi
Kelebihan dan kekurangan clodi


Apakah Clodi Mudah Bocor?


Karena clodi terbuat dari bahan kain, lantas timbul pertanyaan apakah clodi mudah bocor? Jawabannya adalah tidak. Mengapa? Karena clodi dirancang sedemikian rupa agar tahan bocor dengan memiliki 4 lapisan, yaitu :

1. Outer, yaitu lapisan bagian luar clodi yang menjadi permukaan yang bersifat waterproof dna umumnya terbuat dari bahan PUL atau polyurethane laminated
2. Inner, yaitu lapisan bagian dalam yang umumnya terbuat dari bahan microfleece atau suede sehingga cukup tebal.
3. Insert, yaitu lapisan yang berada di antara outer dan inner yang terbuat dari bahan bamboo, microfiber, hemp atau microterry.
4. Liner, yaitu lapisan yang berada di atas inner dan lapisan yang bersentuhan dengan kulit.
5. Gusset, yaitu lingkar paha yang mencegah terjadinya kebocoran samping.


bagian layer clodi merk Nadnad
Bagian layer clodi merk Nadnad


Bagaimana Cara Kerja Clodi?


Urine bayi akan diserap oleh inner diteruskan ke insert sebagai lapisan yang menyimpan urine. Insert memiliki bahan yang bersifat stay dry sehingga bayi akan merasa nyaman.

Lalu, urine yang tersimpan di lapisan insert akan tertahan oleh outer yang bersifat waterproof sehingga urine tidak akan bocor. Bagaimana dengan kebocoran samping? Tentu saja tidak a=terjadi karena adanya gusset yang merupakan lingkar paha yang berfungsi mencegah terjadinya kebocoran samping.

Rekomendasi Merk Clodi yang Bagus


1. Satu Keluarga

Harga Mulai dari Rp. 17.000.

Clodi Merk Satu Keluarga termasuk merk clodi bagus dengan harga terjangkau yaitu seharga Rp 17.000 di marketplace. Meski memiliki harga terjangkau, clodi merk Satu Kelaurga mampu menyerap urine dan anti bocor dengan spesifikasi untuk berat badan anak mulai dari 4 - 15kg dan berukuran 26 cm.

Clodi Satu Keluarga
Clodi Satu Keluarga

2. Baby Leon

Harga Mulai dari Rp. 25.000.

Clodi bagus dengan harga terjangkau selanjutnya adalah clodi merk Baby Leon yang memiliki harga mulai dari Rp.25.000 untuk tipe reguler dan harga bervariasi tergantung motif dan kelengkapan paket. Clodi Baby Leon bisa digunakan untuk anak dengan berat badan 3 - 15 kg. Clodi Baby Leon memiliki ukuran lebar pinggang 25.5 cm fit to 33 cm, lebar tengah 17 cm.

Clodi Baby Leon
Clodi Baby Leon

3. Nadnad by Sakina

Harga Mulai dari 39.000

Nadnad by Sakina merupakan clodi dengan cover perekat dan tersedia untuk anak dengan berat badan 3-11 kg. Nadnad by Sakina memiliki outer dengan bahan katun halus dan waterproof dan inner berbahan kaos yang tidak panas.

Lapisan insert mampu menampung urine hingga 220ml yang terdiri dari 3 lapis diadora stay dry dan 2 lapis semi microfiber. Nadnad by Sakina memiliki 2 Model yaitu perekat untuk BB 3 - 11 kg dan celana untuk BB 7 - 17 kg

Clodi Nadnad by Sakina
Clodi Nadnad by Sakina

4. Riyoka

Harga Mulai dari Rp. 50.000

Clodi merk Riyoka merupakan clodi merk lokal yang tersedia untuk anak dengan berat badan 3 - 15 kg. Terbuat dari bahan pilihan yang aman untuk kulit sensitif bayi dan tanpa bahan kimia sehingga tidak mengiritasi kulit bayi.

Clodi merk Riyoka merupakan clodi dengan kancing sebagai perekat yang bisa diatur ukurannya. Clodi Riyoka memiliki spesifikasi outer terbuat dari bahan Anti Bocor Laminate, terdapat lapisan gusset anti bocor kesamping dan terdapat Insert Double Microfiber.

Clodi Riyoka
Clodi Riyoka

5. Babyland

Harga Mulai dari Rp. 52.000

Babyland adalah cloth diapers (clodi) yang bisa digunakan oleh bayi dengan berat badan 4 — 15 kg. Babyland dilengkapi dengan snap atau kancing tempel yang berfungsi untuk menyesuaikan ukuran clodi dengan lingkar pinggang dan paha bayi. 

Clodi Babyland memiliki outer dengan bahan PLU ( Polyester Polyurethane Laminated), lapisan inner dengan bahan  Microfleece dan lapisan insert berbahan Microfiber.

oBabyland
Clodi Babyland


6. Ningrat Dypant

Harga Mulai dari Rp 68.000

Nigrat Dypant merupakan clodi berbentuk celana full elastik dengan inner berbahan Microfleece stay dry dan Outer berbahan PUL yang Waterproof breathable dan tidak panas serta lapisan Inner berbahan Microfleece Stay Dry.

Clodi Ningrat Dypant memiliki dua jenis yaitu AIO Reguler yang tersedia untuk anak dengan berat badan 3-15 kg dan AIO Jumbo yang bisa digunakan untuk anak dengan berat badan 14-25 kg.

Kelebihan dari Ningrat Dypant adalah memiliki insert microfiber 4 layer sudah terjahit di dalamnya dan mampu menampung urine hingga 220ml untuk jenis reguler dan 340ml untuk jenis jumbo.

Ningrat Dypant juga dilengkapi dengan adjustable snap dan pocket untuk tempat insert menghindari bersentuhan langsung dengan kulit bayi. Clodi merk Ningrat Dypant memiliki desain dan motif clodi yang kekinian, lucu dan menarik.

Clodi Ningrat Dypant
Clodi Ningrat Dypant


Clodi Ningrat Dypant reguler dan jumbo
Clodi Ningrat Dypant reguler dan jumbo

7. Pokado by CLUEBEBE COVERIA PETIT

Harga Mulai dari Rp73.000

Pokado by Cluebebe merupakan clodi yang dapat digunakan untuk anak dengan berat badan kurang lebih 3-16kg. Kelebihan dari Pokado adalah memiliki pengaturan paha & pinggang yang menggunakan snap sehingga Pokado lebih awet digunakan.

Pokado terbuat dari PUL ( polyurethane laminated) untuk outer yang merupakan bahan polyurethane yang dilaminasi dengan polyester, bersifat waterproof sehingga urine tidak akan bocor.

Pokado memiliki Inner terbuat dari bahan microfleece yang lembut dan menyerap cairan dengan baik namun permukaannya tetap kering. Sementara lapisan insert terbuat dari 3 lembar bahan microfiber.

Clodi Pokado by Cluebebe
Clodi Pokado by Cluebebe

Kesimpulan


Bagi mom yang memiliki bayi atau hendak memberikan kado kepada keponakan atau sahabat yang baru memiliki newborn baby, clodi dapat menjadi pilihan tepat.

Selain karena hemat dalam penggunaannya dan berbahan halus, lembut, aman serta nyaman, clodi juga ramah lingkungan. Rekomendasi merk clodi diatas merupakan rekomendasi merk clodi bagus yang saya peroleh dari hasil riset dari beberapa marketplace dan saya kumpulkan mulai dari harga paling terjangkau hingga yang agak pricey dengan kelebihannya masing-masing.

Semoga bermanfaat ya.

Postingan ini diikutsertakan dalam eco literasi aksi melestarikan bumi, Challenge Eco 3Dop Ibuku Content Creator

11 komentar

  1. Lengkap banget mulai dari harga terendah sampai tertinggi diulas ya. Kita bebas pilih jadinya mau bagaimana

    BalasHapus
  2. Untuk clodi yang bagus, coba pertimbangkan merk seperti Alva, Babyland, dan Mama Koala. Kualitas dan kenyamanan untuk si kecil!

    BalasHapus
  3. Dulu pas adikku bayi, ibuku juga jarang pakai produk diaper yang langsung dibuang. Soalnya kalau pakai produk kayak Clodi ini bisa digunakan berulang ya mbak.

    BalasHapus
  4. Rekomend banget Clodi buat kita yang sedang berjuang dan care sama lingkungan, karena bahan clodi sangat ramah lingkungan serta mempermudah anak dalam proses toilet trainning. Kini aku makin terinfokan juga sama merk clodi yang rekomend, ternyata enggak semahal yang aku bayangkan, cukup ekonomis terpenting lebih ramah lingkungan.

    BalasHapus
  5. Kepikiran waktu dulu pengen beli clodi juga tapi akhirnya ke diapers 😭. Padahal paham banget clodi lebih ramah lingkungan dan lebih mudah training anak ke toilet

    BalasHapus
  6. Memang sih, popoknya yang terasa basah tuh bikin proses toilet training si kecil jadi lebih cepat karena dia pun merasa nyaman ketika dalam keadaan bersih. Tapi memang butuh ekstra tenaga sih kalau pilih clodi karena setelah pemakaian ya harus dibersihkan, dijemur, dan lainnya. Untuk brand Baby Leon, aku eungeuh nih. Soalnya beberapa produk buat bayi pun aku pakai yang keluaran Baby Leon.

    BalasHapus
  7. Popok kain ini menghemat biaya dan lebih green daripada pospak ya, paling capek mencucinya tapi ya daripada jadi sampah Beratus tahun mending cuci-cuci saja deh

    BalasHapus
  8. Jadi mau coba clodi deh ke anakku, biar ga jadi penyumbang sampah popok terus huhu

    BalasHapus
  9. Kayaknya sekarang mulai beralih ke clodi deh, agar tidak menambah sampah. Demi go green.

    BalasHapus
  10. Kebetulan sekali nih mau beralih ke clodi karena ada iritasi karena pakai pospak
    Hmm apakah cepat kering ya meski mendung seperti ini
    I wish I could get the solution

    BalasHapus
  11. Ide bagus juga ya mbak, Clodi bisa buat hampers bagi teman yang baru melahirkan. Nyaman juga ya mbak digunakan newborn

    BalasHapus