Tips Ganti Oli Motor Matic Agar Layanan Food Delivery Lancar


Tips Ganti Oli Motor Matic



Perkembangan teknologi digital, semakin memudahkan transaksi penjualan produk termasuk produk kuliner yang salah satunya adalah layanan food delivery. Oleh sebab itu, motor matic sebagai kendaraan operasional layanan food delivery sangat penting keberadaannya

Merawat motor matic sebagai kendaraan layanan food delivery sangat perlu diperhatikan agar tidak mengganggu operasional usaha kuliner. Salah satunya adalah dengan rutin mengganti oli.

Lantas apa saja manfaat mengganti oli motor matic? Kapan harus ganti oli motor matic? Yuk baca selanjutnya.

Oli Motor Matic Adalah


Oli motor matic adalah sejenis pelumas yang digunakan untuk melindungi komponen mesin pada motor matic. Oli motor matic terdiri dari dua jenis yaitu oli mesin yang digunakan untuk melumasi mesin dan komponen, serta oli gardan yang digunakan hanya untuk motor matic.

Sebelum mengganti oli, pastikan terlebih dahulu takaran volume oli yang diganti dimana perbandingan oli mesin dan oli gardan adalah 2:1.

oli motor matic adalah
Definisi oli motor matic 


Manfaat Mengganti Oli Motor Matic


Sebagai pelumas dan pelindung mesin serta komponen motor matic, oli motor matic memiliki manfaat untuk menjaga performa mesin agar selalu prima.

Manfaat lain dari mengganti oli motor matic adalah menjaga mesin motor agar selalu dalam keadaan bersih dimana mesin sering mengalami kondisi kotor akibat terjadinya gesekan pada mesin.

Apa yang Terjadi Jika Motor Kehabisan Oli?


Jika motor kehabisan oli maka hal ini akan mengganggu kinerja dan performa mesin dan suara mesin menjadi kasar yang disertai muncul asap putih pekat dan berbau keluar dari knalpot. Selain itu, jika motor kehabisan oli maka mesin akan mengalami overheat dan merusak komponen dalam mesin.

manfaat ganti oli motor matic
Manfaat ganti oli motor matic

Ciri ciri Oli Motor Matic Habis


Sebelum motor mengalami kehabisan oli, ada baiknya kita memperhatikan ciri - ciri motor matic yang kehabisan oli. Dengan demikian kita bisa segera mengganti oli motor agar tidak mengganggu operasional.

Berikut ciri - ciri oli motor habis, yaitu :
  1. Motor terasa berat saat dijalankan
  2. Suara motor berisik
  3. Mesin motor mengalami overheat
  4. Mesin motor tiba-tiba mati
  5. Warna oli berubah menjadi gelap atau hitam
  6. Konsistensi oli berubah menjadi lebih kental

Jika kita menemukan tanda-tanda di atas, jangan diabaikan. Segera lakukan ganti oli motor di bengkel terpercaya.

Kenapa Oli Motor Bocor dan Cepat Habis

Setelah mengganti oli, jangan lupa untuk mengecek kondisi motor dan oli secara berkala. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya kebocoran oli motor.

Kebocoran oli motor bisa saja terjadi meski kita baru mengganti oli bahkan belum satu bulan. Lantas apa saja penyebab bocornya oli motor?
  1. Motor digunakan dalam kondisi berat seperti jalanan padat dan macet, Penggunaan kendaraan dalam kondisi yang berat seperti mengendarai dalam lalu lintas yang padat.
  2. Mengganti oli terlalu banyak melebihi batas pengisian volume oli motor
  3. Packing mesin motor rusak, sudah tua dan berkarat
  4. Seal rusak atau habis masa pakai
  5. Baut tap oli sudah rusak

Jika oli motor mengalami kebocoran, anda harus segera mengatasinya dan jika kesulitan sebaiknya anda segera mengunjungi bengkel motor terdekat.

Apa yang terjadi jika oli motor habis?


Apa akibatnya jika oli motor habis? Jika oli motor matic habis maka mesin motor matic akan mengalami kerusakan secara perlahan dan boros penggunaan BBM. Kerusakan yang terjadi seperti lecet atau baret akibat gesekan piston dan blok silinder pada mesin motor karena tidak dilumasi oli yang mendorong keausan mesin, sehingga temperatur blok mesin jadi lebih cepat panas.


kenapa oli motor matic bocor dan cepat habis
Alasan kenapa oli motor matic bocor dan cepat habis


Kapan Harus Ganti Oli Motor Matic ?


Kapan sebaiknya kita mengganti oli motor matic? Terdapat beberapa kondisi yang mengharuskan kita segera mengganti oli motor matic, yaitu :

1. Jarak Tempuh


Umumnya, jadwal penggantian oli motor matic tersedia dalam buku servis pada bagian maintenance di akhir buku servis yang memuat informasi waktu penggantian oli dalam kilometer atau jumlah bulan.
  • Setiap 2000 KM
  • Setiap 3000 KM
  • Setiap 2 bulan sekali untuk jarak tempuh 20 – 50 KM
  • Setiap 2 minggu sekali untuk jarak tempuh 200 KM dalam satu hari
  • Setiap 3–6 bulan untuk jarak tempuh 4000–5000 kilometer
  • Honda menganjurkan untuk ganti oli mesin tiap jarak tempuh 1.500 – 3.000 km
  • Yamaha menganjurkan tiap 2.000 – 3.000 km
  • Saran penggantian oli gardan setiap jarak tempuh 8.000 – 10.000 km

2. Ganti Oli Motor Matic Berdasarkan Tanda-tanda


Ada kalanya oli menunjukkan tanda-tanda harus segera diganti. Jika ini terjadi, tak perlu menunggu jadwal ganti oli yang ada di buku servis agar tidak menyebabkan kerusakan pada mesin. Berikut adalah tanda-tanda waktu ganti motor matic yang segera harus dilakukan:
  • Jika warna oli menjadi lebih gelap dan pekat, berarti ada partikel kotoran dan debu yang bercampur dengan oli.
  • Penurunan level oli yang drastis menjadi tanda bahwa oli perlu diganti sebelum habis. Periksa level oli pada motor secara berkala untuk menghindari kerusakan mesin. Periksa pula jika ada kebocoran.
  • Bunyi mesin yang lebih berisik merupakan tanda-tanda terjadinya gesekan yang lebih tinggi akibat kotoran yang menempel. Ini bisa menjadi indikasi oli kotor tanpa melihatnya.
  • Mesin terasa kurang responsif ketika dinyalakan dan tarikannya lebih berat.
  • Konsumsi bahan bakar yang lebih boros akibat performa mesin terganggu oleh oli yang kotor.

kapan harus ganti oli motor matic
Jadwal dan kapan waktunya ganti oli motor matic


Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik


Gunakan oli motor matic terbaik yang sesuai dengan motor matic yang anda miliki untuk digunakan sebagai transportasi layanan food delivery. Pastikan oli motor matic yang anda gunakan memiliki kode sertifikat API (American Petroleum Institute), dan kode sertifikat JASO (Japanese Automotive Standard Association).

Selain itu, pastikan juga oli motor matic sudah mengantongi uji kelayakan sesuai standar Amerika (API) atau Jepang (JASO) dan juga memiliki kode SAE (Society of Automotive Engineering).

harga oli mpx 2 di bengkel
Kelelebihan oli MPX 2

Jangan tergesa-gesa memilih oli motor matic dan memilih oli yang tidak berkualitas dengan harga dibawah standar. Mengapa? Karena harga oli MPX 2 di bengkel juga cukup terjangkau. Oli MPX 2 merupakan oli motor matic terbaik yang memiliki kode sertifikat JASO:M8 dengan spesifikasi SAE 10W-30.

Kesimpulan


Pastikan motor matic yang anda gunakan sebagai transportasi layanan food delivery selalu dalam kondisi prima dengan rutin mengganti oli motor. Jangan abai atau menunda jadwal mengganti oli motor karena jika tidak, layanan food delivery anda akan terhambat akibat motor yang tiba - tiba mogok atau mati ditengah jalan.

Anda dapat segera mengganti oli motor matic anda di toko oli motor terdekat yang kredible dan sudah terpercaya seperti Planet Ban.

22 komentar

  1. oli memang perlu perhatian khusus sih kapan waktunya diganti. sebab kalo telat bisa merusak mesin matic yang lebih rentan brebet kata orang2

    BalasHapus
  2. wah bener nih, oli memang sepenting itu ya perannya buat mesin motor. jadi mending diganti rutin daripada telat, bikin rusak mesin. dan baru tau, kalau untuk motor matic ada oli khususnya ya, makasih info produknya kak

    BalasHapus
  3. Saya selalu mewanti-wanti anak, sebagai pengguna motor matic, untuk rajin ganti oli rutin. Dan kebetulan gantinya juga selalu di Planet Ban.

    BalasHapus
  4. Pentingnya service motor termasuk ganti oli secara berkala terutama jarak tempuh, biasanya dicatat jadwal service biar gak lupa hihihi, gak mau dong tiba2 motor mati nanti malah makin banyak biayanya

    BalasHapus
  5. Oli ini memang jadi unsur penting dalam performa motor. Makanya harus diganti bila sudah waktunya. kalau saya selalu mencatat kapan servis yang pastinya ganti oli. Terus karena motor saya matic, maka memang wajib pakai oli matic juga.

    BalasHapus
  6. betul banget nih Kak jangan sampai kehasbisan oli, karena tiap hari perjalanan saya lumayan panjang jadinya saya ganti oli sebulan sekali kemudian ganti oli gardan juga

    BalasHapus
  7. Ganti oli emang wajib yaa Teh san untuk motor matic juga kudu pake oli khusus jg. Jangan sampe motor dipake aja dan diisi bensin tapi lupa ganti oli karena akibatnya bisa ngeriii

    BalasHapus
  8. Pengalaman saya, setiap bulan mesti ganti oli, biar mesinnya awet. Saya pernah oli tumpah di tengah jalan, karena baut tutup olinya lepas. Mesin ngebul dan motor mati. Alhasil mesti turun mesin untuk perbaiki semuanya. Penting banget ya untuk mengetahui ciri-ciri oli motor habis, biar enggak sampe kehabisan total. Eh saya juga selalu pakai oli MPX 2 looh.. Very nice info...

    BalasHapus
  9. Saya sempat kaget waktu lagi jalan eh motornya nya mogok. Mamang ojek bilang itu karena olinya bocor. Kasihan dia sepertinya sedih. Katanya harus dibongkar
    Mungkin si mamang ojek gak kasih pengecekan rutin ya ke motornya itu

    BalasHapus
  10. Biasanya aku ganti oli berdasarkan jarak tempuh sih. Pas ganti oli biasanya memastikan oli yang kupakai tuh bisa dipakai sampai berapa km. Kan ada yang 5000 km atau ada nggak sih yang bisa tahan sampai 10.000 km?

    BalasHapus
  11. pilihan oli yang tepat berpengaruh kepada kualitas mesin motornya pula.
    kalau salah pilihnya, fatal juga nih akibatnya. jadi kudu peka sih sama urusan ini

    BalasHapus
  12. Duh, jangan sampai terlewat jadwal ganti oli ya. Malah menimbulkan masalah baru kalau sampai tidak ganti oli dengan segera. Ganti oli dengan Oli MPX 2 yang sudah teruji kualitasnya.

    BalasHapus
  13. Sepenting itu ya untuk teratur mengganti oli kendaraan. Soalnya kalau sampai terlupa dan terlewat dari jadwal, kesehatan si motor bisa terganggu. Pernah banget aku ngalaminnya soalnya. Tadinya kalau ganti oli itu nggak bakalan ngejebol kantong, pas lewat dan berakibat si kendaraan roda dua jadi sakit, yaaa ... biayanya nambah deh.

    BalasHapus
  14. Oli motor matic itu harus rajin diganti. Jangan sampai terlupakan malah nanti kering. Terus kalau motor matic gak diupdate untuk ganti oli, bisa-bisa motor cepet turun mesin.

    BalasHapus
  15. Krn aku pake Honda ya olinya jg pake Honda MPX2 ini. Tarikan motor makin alus dan enteng deh. Nggak berisik gt kalo buat di tanjakan.

    Tp emg suka lupa sih kalo hrs ganti oli. Taunya ya aku selalu catat setiap akhir ganti oli. Nanti per 3 bulan sekali, aku selalu ganti. Ga peduli udh pake jarah tempuh jauh/dkt. Biar enak gt mesinnya.

    BalasHapus
  16. Masalah ganti oli motor memang sebaiknya terjadwal sih. Olinya pun mesti yang berkualitas biar motor awet dan aman buat dikendarai.

    BalasHapus
  17. Sebagai pengguna matic setuju semua sih sama tips tips di artikel ini, pemilihan oli pun jangan sampai deh sembarangan demi keselamatan kita berkendara di jalan ya kan

    BalasHapus
  18. Motor ku juga matic, biasanya ganti oli aku serahkan kepada bengkel langganan tiap 2 bulan sekali. Tidak begitu perhatian sih merk olinya apa. Besok-besok coba ku minta oli MPX 2 ke bengkelnya nih...

    BalasHapus
  19. Saat kuliah dulu, aku jarang sekali ganti ganti oli. Selama motor bisa digunakan sih saya rasa aman dan ternyata ketika dicek oleh kakakku motor aku bermasalah karena aku yang ga pernah ganti

    sejak itu aku paling aware sama ganti oli dan sekarang sering mengingatkan suami untuk mengganti oli beberapa bulan sekali agar kondisi motor tetap prima

    BalasHapus
  20. Ganti oli memang penting apalagi buat motor matic. Biar performa motor ttp oke. Repot klo motor bermasalah hny gara2 telat ganti oli.

    BalasHapus
  21. Wah, pencerahan banget nih infonya, terutama bagi saya yang awam tentang oli motor.
    Kalo awam banget urusan motor, memang lebih nyaman dan aman mempercayakan segala urusan motor di Planet Ban.

    BalasHapus
  22. Iyess mba buat motor matic ganti oli itu penting biar ngga bikin motor mogok karena bahaya juga.

    BalasHapus