Logo Komunitas BRT Network

6 Tips Memilih Mobil Low MPV Keluarga Yang Tepat dan Nyaman

6 Tips Memilih Mobil Low MPV Keluarga
6 Tips Memilih Mobil Low MPV Keluarga



Halo Mom, mudik lebaran sebentar lagi nih. Sudahkan Mom dan keluarga menyiapkan kendaraan terutama mobiL? Atau Mom berencana untuk memiliki mobil keluarga baru?


Memilih kendaraan untuk keluarga memang membutuhkan pertimbangan yang matang dan tidak dapat dilakukan sembarangan. Terdapat banyak faktor yang menjadi perhatian, terutama kapasitas, harga, performa mesin, fitur, dan faktor lainnya. 


Mobil keluarga yang masih menjadi pilihan keluarga Indonesia saat ini umumnya adalah jenis  mobil MPV (Multi Purpose Vehicle).  Hal ini terbukti dengan data dari Data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mobil MPV pada bulan November 2022 mencapai 13.906 unit. 


Salah satu jenis mobil MPV adalah mobil low MPV yang merupakan mobil MPV tidak terlalu besar namun mampu menunjang akomodasi harian dan  irit bahan bakar. 


Kelebihan Low MPV yang memiliki kapasitas penumpang cukup banyak menjadi alasan banyak keluarga Indonesia yang memilih jenis mobil yang satu ini. Dengan begitu banyak pilihan mobil keluarga Low MPV saat ini, tentu Mom sedikit kebingungan ya. Tenang ya, Mom bisa banget mengikuti tips memilih mobil keluarga yang tepat dan nyaman dari mamajokaa dibawah ini.


6 Tips Memilih Mobil Low MPV 


1. Pertimbangkan Harga Mobil Low  MPV Keluarga 


Sebelum memutuskan membeli mobil Low  MPV keluarga yang tepat dan nyaman, Mom perlu mempertimbangkan harga. Tentu saja hal ini untuk menyesuaikan antara keinginan membeli mobil MPV keluarga dengan budget dan kemampuan finansial yang Mom dan keluarga miliki. Pertimbangan lainnya juga untuk menyesuaikan dengan pendapatan dan pengeluaran bulanan terutama Mom yang hendak melakukan pembelian mobil Low MPV keluarga secara kredit. 


2. Pertimbangkan Mobil Low MPV Keluarga Berkapasitas luas


Mobil MPV keluarga berkapasitas luas tentu menjadi pertimbangan lain ya Mom, karena hal ini terkait muatan seperti anggota keluarga dan barang. Namanya juga mobil keluarga, tentu saja yang menjadi pertimbangan saat membeli mobil Low  MPV keluarga adalah mobil yang dapat menampung seluruh anggota hingga maximal 7 anggota keluarga dan barang. 


3. Pertimbangan Kapasitas Mesin Mobil Low  MPV keluarga


Kapasitas mesin mobil Low MPV umumnya dinyatakan dalam satuan besaran volume silinder piston mesin atau cc. Mmepertimbangkan mobil Low MPV berkapasitas mesin yang besar akan mempengaruhi tenaga mesin mobil MPV itu sendiri. 


Berapa besaran kapasitas mesin mobil Low MPV ideal? Umumnya kendaraan mobil memiliki kapasitas mesin antara 50cc hingga 1.500cc dengan besaran 1500cc merupakan besaran kapasitas mesin paling ideal karena memiliki performa tenaga untuk pemakaian dalam kota dan touring ke luar Kota dengan muatan penuh. 


4. Pertimbangkan Jenis dan Pengeluaran Bahan Bakar yang Digunakan Mobil Low MPV Keluarga


Mempertimbangkan jenis dan pengeluaran bahan bakar yang digunakan mobil Low MPV keluarga sangat erat kaitannya dengan pengeluaran operasional mobil. Secara regulasi pemerintahan, umumnya mobil berkapasitas mesin di bawah 2.000 cc masih diperbolehkan menggunakan bahan bakar jenis Pertalite. 


Namun jika di masa depan hal ini tidak diizinkan, maka Mom dapat berupaya menekan biaya operasional bahan bakar mobil Low MPV pilihan dengan mengetahui berapa KM jarak tempuh Mobil  setiap liter bahan bakar yang digunakan. Logikanya, semakin jauh jarak yang ditempuh mobil MPV pilihan per liter bahan bakar yang dikonsumsi, maka mobil Low MPV pilihan tersebut termasuk mobil MPV yang irit digunakan


5. Mempertimbangan Kemudahan Mendapatkan Spare part Mobil Low MPV Keluarga


Spare part adalah bagian dari komponen mesin mobil Low MPV keluarga yang krusial. Kemudahan mendapatkan spare part terlebih jika spare part tersebut merupakan barang yang digunakan terus menerus, maka penting sekali mom mempertimbangkan kemudahan ini. Repot juga kan kalau tetiba harus ganti spare part tapi ketersediaannya barang tidak ada, sulit dicari atau bahkan indent. 


6. Mempertimbangan Faktor Kenyamanan,  Keamanan dan keselamatan


Salah satu faktor alasan memilih mobil Low MPV untuk keluarga adalah rasa nyaman, keamanan dan keselamatan selama berkendara. Oleh sebab itu Mom perlu mempertimbangkan hal ini.


Mom dapat mempertimbangkan memilih mobil Low MPV keluarga yang memiliki fitur keselamatan sesuai standar keamanan berkendara dan lengkap seperti seat belt, sistem penguncian otomatis, airbag dan sistem rem ABS (anti-lock breaking system).


Terkait kenyamanan, Mom juga perlu mempertimbangkan fitur entertainment sebagai hiburan dan fitur ruang yang lega mobil Low MPV, ketinggian kursi penumpang, Kenyamanan tempat duduk, suspensi empuk dan ketersediaan AC.


Mitsubishi New Xpander Sport CVT, Mobil Low MPV Keluarga Terbaik


New Xpander mobil low MPV terbaik
New Xpander mobil low MPV terbaik


Mitsubishi New Xpander dinilai memiliki kelebihan dari segi desain ekterior yang elegan, ground clearance cukup tinggi, performa mesin tangguh, nyaman dikendarai dan irit bahan bakar. 


New Xpander Sport CVT merupakan salah satu series Mitsubishi New Xpander 2023 terbaru yang memiliki 7 Seater MPV dan memiliki performa tangguh serta  irit BBM dengan mesin 4A91 dengan kapasitas 1.499cc dan teknologi 1,5 MIVEC  DOHC 16 valve.


Sebagai mobil low MPV, menurut saya Mitsubishi Sport CVT merupakan pilihan yang tepat. Jika Mom tertarik memiliki Mitsubishi Sport CVT, mom dapat mendapatkan promo  khusus di https://mitsubishixpander.com/  untuk bulan april 2023. 


Promo Mitsubishi Sport CVT di mitsubishixpander.com  sangat menarik dengan detail promo diantaranya DP ringan mulai 10%, bunga 0% sampai dengan tenor 2 tahun, gratis Asuransi 1 tahun dan lain sebagainya.


Memilih mobil low MPV keluarga memang memerlukan pertimbangan yang matang ya Mom, Mitsubishi New Xpander Sport CVT dapat menjadi pilihan mobil low MPV yang tepat dan nyaman untuk keluarga karena memenuhi semua kriteria tips memilih mobil low MPV keluarga yang tepat dan nyaman di atas. 



23 komentar

  1. Kalau sudah berkeluarga memang mencari mobil yang bisa memboyong seluruh keluarga plus barang bawaannya. Apalagi kalau untuk kepentingan mudik. Sudah kayak boyongan kalau anggota keluarganya kayak keluargaku. Hehehehe....

    BalasHapus
  2. Mobil New Xpander memang banyak impian orang, teman-teman saya banyak yang memimpikan mobil ini, memang bagus sih, desain interiornya gagah dan dari luar juga keliatan sangat tangguh

    BalasHapus
  3. Saya harus jujur mengakui, Mbak, kalau mudik sekarang itu lebih nyaman pakai mobil. Bisa langsung berangkat, selama perjalanan bisa mampir ke tempat yang bagus. Apalagi sekarang bisa lewat jalan tol. Dan Mitsubishi New Xpander remonded sekali jadi mobil keluarga. Tidak hanya seru untuk mudik, tapi juga saat bepergian ke berbagai acara dan kesempatan.

    BalasHapus
  4. Cakep ya mobil XPander ini. Buat mudik atau roadtrip bareng keluarga juga oke banget dan nyaman.

    BalasHapus
  5. Mobil low MPV cocok buat keluarga besar yang nggak besar-besar amat ya, teh, hehe.. Memang kadang suka pusing pas mau mudik pengennya naik mobil bareng keluarga, dan pastilah cari mobil yg bikin nyaman diperjalanan. Fix, pilihnya sih Mitsubishi New Xpander, karena memang desain ekteriornya elegan, fiturnya mendukung banget, dan yg penting irit bensin sih, hihi..

    BalasHapus
  6. Tjakep banget mah ini Xpander dari Mitsubishi. Apalagi sejak dulu ya mobil-mobil keluaran Mitsubishi emang terkenal dengan desain yang gagah dan mesin yang bandel.

    BalasHapus
  7. aku sebagai ibu juga suka mobil jenis low mpv ini, mbak karena muat banyak jadi bisa bawa banyak orang kalau mau jalan-jalan.

    BalasHapus
  8. Xpander inii idaman sihh, selain bodynya yang kereeen kukuh gituu jugaa bensinnya awet katanyaa hihi. jadi untuk perawatan insyaAllah oke banget lah yaa

    BalasHapus
  9. Mobil Xpander ini pas banget untuk mobil keluarga nih, low mpv, muat banyak tapi tampilan body tetap kueren. Mesinnya juga mbandel infonya.

    BalasHapus
  10. expander cocok memang jadi mobil andalan keluarga.
    Acap kali daku melihat mobil ini di jalan raya.
    Fasilitas mobil keren ini memang layak jadi mobil idaman daku

    BalasHapus
  11. Ini mah mobil impian aku banget tuh. Desain interior dan eksteriornya tuh kekinian bgt. Anak muda dan mengerti bgt kebutuhan anak muda dan keluarga muda. Harga bersahabat dan kapasitas lega.

    BalasHapus
  12. Saya suka Mitsubishi Xpander selain tampaknya gagah juga cocok aja kalau dibawa ke jalan perkampungan di tempat saya yg masih ajib.
    Apalagi spare part Mitsubishi di kota kabupaten Cianjur juga gak begitu sulit didapatkan

    BalasHapus
  13. Xpander ini memang mobil idaman keluarga sih. Secara desainnya kekinian dan pas banget untuk keluaga besar

    BalasHapus
  14. Expander emang yahud baru kemarin mobil.lama expander ganti expander tp yg ultimate...katanya yg seri sport next ga produksi lagi kata dealernya yaa ...

    Akhirnya pilih ultimate deh...bbmnya irit lhoo dan nyaman buat keluarga..(gusti yeni)

    BalasHapus
  15. Kalau udah urusan cari mobil, pertimbangan selain harga adalah kondisi mesinnya. Plus sistem chasisnya juga. Keduanya hal penting yang harus dipastikan

    BalasHapus
  16. Kalau sudah bahas soal Mitsubishi Xpander langsung mengingatkan bahan ceritaku sama adikku yang masih skripsi nih. Kebetulan kendaraan ini tuh subjeknya dia. By the way, memang sih kendaraan keluaran Mitsubishi Xpander begini termasuk pas untuk kendaraan keluarga. Nyaman juga kalau dijadikan kendaraan buat family roadtrip.

    BalasHapus
  17. Mobil Mitsubishi new expander ini cocok banget yaa untuk mobil keluarga, apalagi keluarga besar banyak anak seperti saya. Bisa ke angkut semua hihi

    BalasHapus
  18. xpander emang bagus buat mobil keluarga yaa kak, soalnya nyaman buat bepergian sih itu yang utama. apalagi kalau udah punya 2 anak jadi sangat mmpertimbangkan faktor kenyamanan dan keamanan juga

    BalasHapus
  19. Mobil impian nih buat keluarga. Pas dan nyaman. Kapan ya punya mobil kayak gini

    BalasHapus
  20. Cakep mobilnya dan cocok untuk sekeluarga ya. Bepergian jauh tetap nyaman dan anak-anak pun bebas rewel. Mobil andalan nih.

    BalasHapus
  21. Makasih banyak tipsnya Kak bener banget sebelum milih mobil low MPV itu emang harus sesuaikan sama kebutuhan. Soalnya ada kalanya ada yang nggak paham harus pakai bahan bakar apa ini tipsnya berguna banget nih dari sini saya catatin satu-satu.

    BalasHapus
  22. mitsubishi expander ini memang bagus kok, keren, gagah, lapang pula bagian dalamnya, smeoga ada rezeki untuk tukar tambah

    BalasHapus
  23. Mobil new expander ini adalah mobil impian aku sih, etapi harganya masih lumayan yak...hehe

    BalasHapus