Tips Memilih Oven Untuk Membuat Pastry di Rumah


oven pastry


Halo Mom beb,
Oven merupakan salah satu kitchen equipment yang wajib dimiliki untuk membuat pastry. Oven berfungsi memanggang adonan pastry untuk menghasilkan kue pastry yang hendak dibuat.
Tersedia dengan berbagai jenis dan merk oven di marketplace ataupun supermarket, memungkinkan kita untuk dapat memilih jenis oven yang kita butuhkan. Akan tetapi, dengan banyaknya pilihan tersebut tentu akan membuat kita bingung menentukan oven yang cocok untuk digunakan.

Yuk baca lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana memilih oven untuk membuat pastry di rumah.

Jenis-Jenis Oven yang Perlu Diketahui


Oven tidak hanya digunakan untuk memasak tetapi juga baking, pastry dan kue kering. Mengenal jenis oven dapat membantu kita memilih jenis oven yang akan digunakan sesuai kebutuhan terutama untuk membuat pastry. Oven yang tersedia di pasaran terdiri dari tiga jenis, yaitu :

1. Oven kompor atau oven tangkring


Oven kompor atau oven tangkring merupakan jenis oven yang menggunakan kompor sebagai tumpuan dengan sumber panas berasal dari gas.

Oven tangkring merupakan jenis oven yang banyak digunakan untuk memasak dan membuat kue karena harganya yang terjangkau dengan variasi merek yang beragam dan mudah dipindah-pindahkan.

Oven kompor atau oven tangkring biasanya digunakan untuk membuat kue skala rumah tangga. Oven tangkring sangat ideal digunakan bagi pemula yang sedang belajar membuat pastry atau aneka jenis bakery.

Terdapat dua jenis material yang biasanya dimiliki oven tangkring, yaitu alumunium dan stainless steel. Perbedaan keduanya hanya terletak pada ketahanan karat dimana oven tangkring berbahan alumunium lebih tahan karat dibanding oven tangkring dengan material stainless steel.

oven tangkring pastry
Oven tangkring Dua Saudara yang saya gunakan di rumah

Oven kompor atau oven tangkring tersedia dengan berbagai macam merek di marketplace oranye, Mom bisa mempertimbangkan memilih oven tangkring dengan merek berikut ini :
  • Oven Tangkring Kompor Mickey Mouse ( Harga mulai dari Rp. 72.000)
  • Oven Tangkring Bima (Harga mulai dari Rp. 103.000)
  • Oven Tangkring Merek Hock (Harga mulai dari Rp. 125.000)
  • Oven Tangkring PGCK (Harga mulai dari Rp 125.000)
  • Oven Tangkring Tiga Berlian ( Harga mulai Rp. 145.000 )
  • Oven Tangkring Dua Saudara (Harga mulai Rp 323.700)

2. Oven Listrik

Oven listrik adalah jenis oven yang sumber panasnya berasal dari tenaga listrik. Oven jenis ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan, bisa untuk memanggang masakan hingga baking.

Kelebihan oven listrik dibanding oven tangkring adalah, oven listrik memiliki kestabilan suhu karena terdapat fitur setting suhu sementara oven tangkring memerlukan kehati-hatian dalam mengatur suhu kompor gas sehingga kita perlu memiliki termometer untuk mengetahui suhu oven.

Namun kekurangan dari oven listrik adalah membutuhkan konsumsi daya listrik yang cukup besar dan kapasitas kecil, sehingga oven listrik jarang digunakan untuk pengusaha bakery dalam penggunaan jangka panjang.

Untuk penggunaan skala rumah tangga, kita bisa memilih merk oven listrik yang menyatakan kapasitas watt-nya kecil. Oven listrik tersedia dengan berbagai macam merek di marketplace, Mom bisa mempertimbangkan memilih oven listrik dengan merek berikut ini :
  • Oven Listrik Mito ( Harga di toko official Mito mulai dari Rp 400.000)
  • Oven Listrik Cosmos ( Harga di situs resmi Cosmos mulai dari Rp. 335.000)
  • Oven Listrik Advance ( Harga di toko official Advance mulai dari Rp. 169.000)

oven mito 28 liter
Oven mito 26 liter untuk pastry ( sumber Shopee)


Oven pastry Cosmos
Oven listrik Cosmos ( sumber situs resmi Cosmos)


3. Oven gas otomatis


Oven gas otomatis adalah jenis gas yang merupakan gabungan oven gas dan listrik yang pembakarannya menggunakan gas sementara pengaturan suhu menggunakan tenaga listrik. Oven gas otomatis biasanya digunakan untuk skala usaha karena oven jenis ini berkapasitas besar dan hemat listrik.

Tips Memilih Oven Untuk Membuat Pastry di Rumah


Memilih oven untuk membuat pastry bukanlah hal yang mudah. Karena sebagian dari kita tentu menginginkan oven yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan harga yang sesuai anggaran.

Tetapi jika mom membutuhkan oven dengan budget terbatas untuk penggunaan skala kecil dirumah, seperti membuat kue kering, membuat croissant atau puff pastry untuk disajikan kepada keluarga, Mom bisa mengikuti tips seperti yang saya lakukan dibawah ini, yaitu :

1. Tentukan Kebutuhan


Menentukan kebutuhan penggunaan penggunaan oven akan mempengaruhi keputusan pembelian. Jika kita membutuhkan oven untuk penggunaan membuat pastry di rumah, itu artinya kebutuhan penggunaan oven bisa menggunakan oven berkapasitas kecil seperti oven tangkring atau oven listrik.

Tapi, jika kebutuhan Mom adalah untuk usaha pastry dan bakery maka memilih oven gas otomatis bisa menjadi pilihan karena oven jenis ini berkapasitas besar yang mampu memanggang kue dalam jumlah banyak.

2. Tentukan Budget


Harga oven dipasaran memang beragam, baik untuk oven listrik maupun oven tangkring terlebih oven gas otomatis. Tidak ada salahnya menentukan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli oven yang disesuaikan dengan kebutuhan oven.

Harga oven tangkring di marketplace rata-rata mulai dari Rp.80.000 sementara oven listrik mulai dari Rp.150.000. Mom bisa menyesuaikan antara kebutuhan penggunaan oven dan budget untuk membeli oven sesuai kemampuan atau sesuai yang sudah dianggarkan.

3. Perhatikan Material Oven


Jika mom memutuskan untuk membeli oven tangkring atau oven kompor, perhatikan material bahannya. Oven tangkring terbuat ada yang dari tiga jenis bahan yaitu stainless steel, aluminium dan galvalum. Kelebihan dan kekurangan dari setiap material apa? Perbedaannya dari segi ketahanan terhadap panas, kemudahan membersihkan, ketahanan terhadap karat dan keawetan.

Sementara untuk oven listrik, disarankan untuk membeli oven listrik dengan material carbon steel yang tahan panas dan awet.

4. Sistem Pengapian


Untuk menghasilkan kue kering, cake dan pastry yang sempurna maka kita membutuhkan oven yang memiliki sistem pengapian atas bawah. Mengapa? Karena oven dengan sistem pengapian atas bawah akan memanggang dengan sempurna dan rata adonan pastry yang kita buat.

5. Perhatikan brand


Biasanya, oven yang sudah cukup terkenal kualitasnya akan banyak digunakan oleh pembuat pastry and bakery. Tidak ada salahnya mempertimbangkan brand atau merk oven sebelum memutuskan memilih.

Selain itu, brand dengan track record bagus, terpercaya, memiliki standar produksi dan kualitas produk, masa garansi, memiliki kantor cabang dan reparasi serta layanan konsumen bisa menjadi pertimbangan saat memilih oven baik oven listrik ataupun oven tangkring.

memilih oven pastry
Tips memilih oven pastry


Kesimpulan


Sulit tapi juga mudah adalah respon pertama yang saya rasakan ketika pertama kali memutuskan membeli oven. Saat ini saya menggunakan oven tangkring Dua Saudara dan sudah nyaman menggunakan oven tangkring untuk membuat pastry dan bakery. Alasannya? Selain rasa nyaman, kapasitas cukup untuk membuat kue dan pastry di rumah ( karena memiliki tiga rak), panas api merata dan memiliki massa ringan. Saking ringannya, saya bisa menyimpan oven tangkring kesayangan di rak pastry yang saya miliki.

Tapi, saya juga mempertimbangkan untuk membeli oven listrik karena kelengkapan fitur dan nilai estetikanya. Saya mempertimbangkan untuk memilih oven listrik Cosmos atau Mito karena dua merek oven tersebut banyak direkomendasikan oleh teman dan sahabat.

Bagaimana dengan Mom? Sudah memiliki oven? Jenis oven apa yang digunakan?

19 komentar

  1. Andalan saya dulu oven tangkring buat bikin roti dan biskuit. Kompornya juga masih pakai yang minyak tanah. Praktis nggak berat, mudah diangkat-angkat, dan mudah juga dipinjam ke sesama tetangga yang butuh oven.

    BalasHapus
  2. Sewaktu kecil sering bantuin nenek untuk bikin kue lebaran pake oven tangkring, tapi kalo sekarang udah upgrade ke oven listrik, meskipun jarang juga sih dipakenya, sebab makan dayanya cukup banyak 😁

    BalasHapus
  3. Makasih mba rekomendasi nya kebetulan lagi nyari info tentang tips beli oven, masih bingung mau oven tangkring atau listrik

    BalasHapus
  4. Aku juga lagi cari-cari oven nih. Pengennya cari oven listrik yang ukurannya kecil aja, dayanya juga gak besar. Mau bikin kue kering sih rencananya. apalagi sebentar lagi mau lebaran, pengen bikin kue kering sendiri mom :))

    BalasHapus
  5. Aku kira oven tuh pakai listrik semua, ternyata ada oven tangkring yang harganya cukup terjangkau dan bisa pakai gas ya. Wawasanku tentang dunia kue ini emang kurang banget kayaknya kak hehe.

    BalasHapus
  6. Sekarang aku masih pakai oven tangkring buat bikin kue, terutama pas lebaran, suka bikin kuker sendiri, tapi ya itu kelemahannya suka nggak merata matangnya. Jadi harus beberapa kali panggang dan diputer loyangnya, haha

    Kalau pakai oven listrik gitu tagihan listrik aman gak mba?

    BalasHapus
  7. Solusi terbaik ini untuk persiapan lebaran, biar bisa bikin kue sendiri

    BalasHapus
  8. saya dulu pernah punya oven tangkring cuma kalau bikin kue sering gagal trus kemudian beli oven listrik dan ternyata suka banget sama oven listrik ini bisa bikin kue tiap minggu buat anak-anak

    BalasHapus
  9. kak, itu salah tulis atau gimana, kalimat ini "oven tangkring berbahan alumunium lebih tahan karat dibanding oven tangkring dengan material stainless steel." bukannya seharusnya bahan stainless steel yang tahan karat?

    Btw kalau di rumah, dulu pakai oven tangkring, tapi emang susah ngatur suhu, akhirnya beli yg oven listrik.

    BalasHapus
  10. cosmos atau mito ya.. noted deh. lagi pengen banget bisa baking nih pas banget masih bingung cara beli oven selain liat brand

    BalasHapus
  11. Aku belum pernah punya Oven karena memang kurang hobi masak kue. Tapi sejak anakku punya tugas sekolah bikin kue bareng teman-temannya selama 2 minggu di rumah, jadi pengen juga punya oven. Pas banget nih ada tips memilih oven. Makasih ya mbak.

    BalasHapus
  12. Sudah ada oven di dapur rumah. Cuma memang masih model jadoel alias oven kompor/tangkring. Sepertinya harus hijrah ke oven model modern yang lebih praktis dan cepat buat pastry.

    BalasHapus
  13. Aku pakai oven tangkrik, Kak. Tapi baru mulai sih, jadi masih agak gimana gitu, masih sering gagalnya. Entar deh mau belajar cara pakainya lagi. Kayaknya ada yg salah aku pahami.

    BalasHapus
  14. Oven jadi peralatan penting dalam membuat pastry ya mbak
    Jadi pastikan memilih yang tepat ya, sesuai kebutuhan

    BalasHapus
  15. waah dulu dirumah nenek pakainya oven tangkring yang ukurannya gede. Tapi kayanya kalo sekarang udah mulai pada beralih ke yang listrik yaa? Thanks ka sudah berbagi tipsnya

    BalasHapus
  16. Di rumah lebih nyaman pakai oven listrik. Tapi untuk pembuatan dalam jumlah besar, enaknya pakai yang kompor. Mungkin tergantung kapasitas ovennya juga siih.

    BalasHapus
  17. Kalo di rumah, kami pakai yang Bima itu kak.
    Asik memang punya oven, bisa semangat buat bikin kukis, walau sih ya gitu dah bikinnya kalau lagi inget dan pas bahannya ada wkwkwk

    BalasHapus
  18. Wah, baru aja berpikir untuk beli oven untuk di rumah. Dulu sempat punya oven listrik, tapi karena jarang dipakai akhirnya sudah dilego. Sepertinya setelah baca artikel ini jadi kepingin berburu oven listrik lagi.

    BalasHapus
  19. Aku ada mba oven listrik, tapi belum kupakai karena listrik rumah yang belum bisa kompromi. Memang kebutuhan harus disesuaikan ya bun.

    BalasHapus