Logo Komunitas BRT Network

Peralatan Pastry yang Wajib Dimiliki Untuk Membuat Pastry Dirumah

peralatan pastry yang wajib dimiliki




Halo Mom beb,
Bagi Mom yang baru menggeluti dunia pastry, selain mengenal dasar adonan pastry dan metode pembuatan pastry, mengetahui peralatan pastry juga menjadi hal yang wajib diketahui dan dipelajari.
Dari sekian banyak peralatan baking, tentu saja membuat bingung, peralatan untuk pastry itu yang mana saja sih yang digunakan membuat pastry dirumah?

Berikut saya share informasi terkait peralatan untuk membuat pastry yang wajib dimiliki untuk membuat pastry di rumah. Sumber Informasi ini diperoleh dari chef pastry Luvita Ho dan channel youtube KursusKita milik Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Yuk simak!

Peralatan Pastry Yang Wajib Dimiliki 


Peralatan untuk membuat pastry di rumah hampir sama dengan peralatan baking. Karena peralatan tersebut memiliki fungsi yang sama untuk membuat adonan hingga proses pemanggangan. Berikut peralatan pastry yang wajib dimiliki, yaitu :

1. Oven

Oven merupakan alat yang digunakan untuk memanggang adonan pastry hingga memperoleh kue pastry yang diinginkan. Terdapat berbagai jenis oven yang bisa digunakan untuk memanggang pastry seperti oven listrik atau oven gas seperti oven tangkring.

Oven listrik bisa diletakan diatas countertop kitchen set untuk mempermudah proses pemanggangan adonan pastry. Tapi oven tangkring karena merupakan oven gas maka kita perlu memiliki penyimpanan khusus.

Beberapa teman menyarankan saya untuk memilki oven listrik dari Mito, Cosmos atau Advance. Saya belum memutuskan untuk menggunakan merek yang mana karena masih mempertimbangkan kebutuhan kapasitas, fitur dan kemampuan panasnya.  Tetapi kebanyakan teman sesama pastry lover menyarankan merek Mito karena selain desainnya minimalis dan modern juga panasnya rata.


Oven listrik Advance
Oven listrik Advance, desain minimalis dan estetik (sumber Shopee)


Oven listrik Cosmos
Oven listrik Cosmos untuk pastry,bakery dan memanggang ayam (sumber Shopee)


Mito oven listrik pastry
Mito MO 777, oven listrik untuk memanggang kue pastry  (sumber Shopee)

oven tangkring minimalis
Oven tangkring flipper warna minimalis (sumber Shopee)


2. Rak Bahan - bahan

Semua dapur pasti memiliki rak bahan-bahan bukan?Untuk keperluan membuat pastry, kita juga perlu memiliki rak bahan-bahan khusus untuk membuat pastry. Bahan-bahan seperti mentega, terigu, maizena, susu, coklat, kacang - kacangan hingga TBM, SP, baking soda, dan bahan pelengkap lainnya juga perlu disimpan di rak khusus.

Kita perlu membedakan antara rak bahan-bahan memasak di dapur dengan rak bahan-bahan membuat pastry untuk memudahkan proses kegiatan pembuatan pastry dan kue kering. Jika semua bumbu dan bahan-bahan disimpan dalam rak yang sama, maka ada kemungkinan salah memasukan bahan atau bumbu.

Beli rak bahan pastry dimana ya? Saya sangat merekomendasikan rak rangka baja untuk menyimpan bahan pastry yaitu IH Rak Besi Siku 6 Susun Serbaguna 120x50x180CM di toko Ihome Mall.id (Shopee).

Selain harganya terjangkau juga kuat dan pemasangannya mudah karena rak tersebut dipasang menggunakan sistem kuncian. Selain itu tingkat ketinggian juga bisa kita atur dan saat checkout kita bisa memilih jenis rak dengan ukuran lebar dan tinggi sesuai keinginan dan budget. Pengiriman standar dan pengemasan juga aman.

rak bahan pastry
Rak untuk menyimpan bahan-bahan membuat pastry dan kue (sumber toko Ihome Mall.id Shopee)  


Saya memilih rak rangka baja hitam variasi 4l (60x30x150) dengan harga Rp 215.00 dan total dengan ongkir Rp. 234.000 aja. Dengan rak ukuran tersebut, saya bisa menyimpan kitchen utensil untuk membuat kue kering dna pastry seperti oven tangkring, loyang, toples kue, mixer, blender, spatula dan bahan-bahan membuat kue. Semua dapat disimpan dan diletakan dengan rapi hanya dalam satu rak saja.

3. Meja Kerja


Tidak hanya blogger, ilustrator atau Mom yang work from home nih yang harus punya meja kerja, tapi patissiere juga dong. Bedanya, meja kerja untuk membuat pastry itu merupakan meja dapur. Material meja beragam tergantung kebutuhan dan keinginan.

Mom bisa menggunakan material kayu, keramik atau stainless steel. Mom bisa sesuaikan dengan meja dapur atau kitchen set yang Mom miliki. Bagaimana jika tidak memiliki kitchen set atau area countertop kitchen set sempit? Kita bisa menggunakan pastry board  berbahan kayu jati atau mahoni yang sudah dicoating halus dan food grade.

Rekomendasi pastry board dari toko Sangkayu_ di Shopee karena toko ini menyediakan berbagai macam mood craft untuk peralatan dapur yang cukup lengkap dan bahan kayu berkualitas. Beberapa kali saya membeli wooden craft di toko ini dan cukup puas dengan hasil produknya. 

Ingin yang lebih ekonomis? Kita bisa memiliki alas adonan silikon yang banyak tersedia di marketplace. 

alas adonan silikon
Alas adonan silikon untuk membuat adonan pastry (sumber Shopee)


Pastry board
Pastry board alas adonan pastry (sumber toko SangKayu_ Shopee) 

4. Hand Mixer atau Pastry Blender


Hand mixer adalah mixer khusus untuk membuat mencapur adonan pastry atau kue kering dan roti. Hand mixer dioperasikan dengan menggunakan energi dan litrik dan menggunakan tangan.

Miyako hand mixer salah satu rekomendasi hand mixer yang bagus untuk mengaduk adonan pastry. Saya sudah menggunakan hand mixer miyako selama lebih dari 10 tahun dan masih tetap awet digunakan sampai sekarang. 

Miyako hand mixer
Hand mixer Miyako



pastry blender
Mesin pastry blender untuk membuat adonan pastry dalam jumlah besar


Berbeda dengan hand mixer, pastry blender merupakan mixer yang khusus dibuat untuk membuat adonan pastry. Secara kasat mata, desain pastry blender hampir sama dengan standing hand mixer namun pastry blender memiliki pengaduk yang berebda dengan hand mixer yang memang khusus dibuat untuk mengaduk adponan. 


5. Lemari Pendingin


Lemari pendingin atau lemari es/kulkas merupakan alat yang wajib dimiliki untuk membuat pastry karena dalam pembuatan adonan pastry dilakukan proses resting dilemari pendingin sebagai proses pembentukan gluten pada adonan pastry.

Proses resting pada pembuatan pastry biasanya dilakukan minimal tiga kali dengan maximum enam kali selama 30 menit untuk setiap proses resting. .Lemari pendingin juga diperlukan untuk menyimpan adonan yang sudah jadi setelah sebagian adonan selesai digunakan.


Utensils Peralatan Pastry yang Wajib Dimiliki


Utensil peralatan pastry merupakan peralatan untuk membuat pastry dengan massa ringan yang mudah dipindahkan dan dibawa-bawa. Keberadaan utensil peralatan pastry sangat penting dalam proses membuat pastry.

Berikut utensils pastry untuk membuat pastry yang dirangkum dari situs mrkitchen.co.id, channel youtube Luvita Ho dan channel youtube KursusKita untuk membuat pastry di rumah. yaitu :

  1. Loyang alumunium
  2. Loyang anti lengket
  3. Pastry board atau alas adonan silikon
  4. Cooling Rack
  5. Spatula
  6. Whisking bowl
  7. Pemisah kuning telur
  8. Pengocok telur manual
  9. Rolling pin
  10. Ayakan tepung
  11. Pisau roti
  12. Pemarut
  13. Timbangan
  14. Termometer
  15. Timer
  16. Cetakan  kue
  17. Pastry Scraper
  18. Dough cutter
  19. Pastry cutter
  20. Pastry blender
  21. Piping tube ( untuk membuat isian pastry shoes atau croissant dengan isian)
  22. Pastry brush ( kuas untuk mengoles kuning telur)
  23. Pie mould (loyang pie)
  24. Kertas roti
  25. Plastik transparan untuk proses resting adonan pastry

utensils pastry
Utensils pastry yang wajib dimiliki


Utensils untuk membuat pastry
Utensils untuk membuat pastry yang perlu dimiliki

Ternyata cukup banyak utensils pastry yang dibutuhkan untuk membuat pastry di rumah. Tapi jika mom hobi membuat pastry, hal ini buka menjadi kesulitan yang berarti tetapi menjadi hal yang menyenangkan.

Kesimpulan


Untuk membuat pastry di rumah kita membutuhkan peralatan yang dapat mendukung proses pembuatan pastry. Peralatan pastry seperti oven, hand mixer, lemari pendingin, rak bahan dan meja kerja merupakan peralatan yang wajib dimiliki.

Sementara utensils pastry tidak semua daftar utensils diatas wajib dimiliki karena sebagian utensil dapat di subtitusi dengan peralatan yang sudah dimiliki seperti pemisah kuning telur, Scraper, Dough cutter, dan Pastry cutter dimana utensils tersebut dapat diganti dengan menggunakan tangan untuk memisahkan kuning telur dan pisau dapur biasa untuk scraper atau dough cutter serta pastry cutter. Namun ada baiknya memiliki semua utensils tersebut untuk mempermudah proses membuat pastry.

Utensils pastry di atas dapat moms beli di marketplace baik di Shopee maupun Tokopedia atau Lazada. Harga dan kualitas beragam tapi saran saya pilihlah utensils yang memiliki bahan tahan lama dan food grade.

14 komentar

  1. Kalau peralatan oven, meja kerja, mixer sampai meja kerja itu sudah umum ya, Mbak. Bahkan memang digunakan untuk membuat kue dan bolu juga. Nah kalau utensils pastry ini memang alat khusus, dan banyak juga ragamnya.

    BalasHapus
  2. Ibarat mau perang yang harus senjata, untuk membuat pastry pun memang harus banget punya alat-alat yang lengkap untuk mempermudah prosesnya. Memang harus ngemodal dulu, ya, istilahnya. Tapi kalau sudah jadi pastry nya kan serasa terbayarkan semuanya, ya

    BalasHapus
  3. Wah ternyata banyak macamnya ya mba Eka perlengkapan untuk bikin pastry. Tapi, kalau bisa bikin pastry di rumah jatuhnya hemat bgt ya karena kalau beli pasti mahal, soalnya kalau cuma 1 kurang (ehh ini sih saya)

    BalasHapus
  4. Kalau mau usaha bikin kue atau pastry, mau gak mau emang kudu nyiapin itu semua ya kak. Soalnya kalau salah satunya gak ada, bakal kerepotan. Taruhlah seperti oven atau mixer. Wajib punya untuk mempermudah

    BalasHapus
  5. Saya yang belum punya alas silikon itu padahal kepake banget ya mbak buat yang suka bikin kue gitu. Kayaknya nanti mau beli deh sekalian juga sama timbangan digital

    BalasHapus
  6. Rasanya saya juga ingin bisa bikin pastry di rumah. Jadi kalau ingin ngemil bisa langsung bikin pastry. Baiklah, mau nyicil dulu, deh, peralatan pastry yang wajib dimiliki.

    BalasHapus
  7. Bikin pastry daku pikir riweh gitu, ternyata kalau memahaminya bakal mudah ya. Apalagi bisa mengenal utensil apa saja yang diperlukan, dengan begitu merasa sulit gak akan terjadi

    BalasHapus
  8. Seneng yaah.. kalau uda hobi, ruang kerjanya pun lengkap.
    Jadi, kalau ada ide menu atau mencoba hal baru, uda tinggal mempersiapkan semua peralatan yang ada dekat di ruang kerja semua. Termasuk bahan yang mudah dipantau ketersediaannya.

    BalasHapus
  9. Banyak juga ternyata peralatan yang diperlukan untuk membuat pastry ini ya Teh. Tapi kedepannya memang pengen beli sih kayak buat bikin pastry dan kue-kue lainnya. Terutama oven sama hand mixer. Jadi aku catetin dulu dari sini. Karena cita-citaku someday punya kafe, jualan kue-kue, termasuk pastry. Btw aku udah punya alas silikon teh, emang super ekonomis itu

    BalasHapus
  10. kudu melengkapi semua peralatan untuk jadi senjata tempur. Bru kemudian melengkapi bahan bahan untuk membuat pastri yang nyaman dan beneren renyah. Diisi ama selai strawberry pasti nikmat dan lezat

    BalasHapus
  11. Wah emang banyak ya peralatan yang dibutuhkan untuk membuat pasty
    Btw ovennya yang warna warni kok lucu

    BalasHapus
  12. Berasa banget, tiap hari bikin adonan pastry. Bikinnya dikit sih, hari ini bikin 3 kilo karena ada pesanan orang hajatan.

    Memang semua peralatan dan perlengkapan harus disiapkan. Kalau meja kerja belum ada bisa ganti atau maksimalkan yang ada dulu ya, Kak.

    BalasHapus
  13. Aku habisni nungguin kak Eka bikin pastry terenak se pulau Jawa Ahhh! kwkwkw aamiin! jadi doa ya kak. Soalnya aku sbenernya ga suka pastry tapi kalo enak aku mau nyobaaaa deh. selama ini blm nemu yg enak wkwkwk zonk mulu apa ya aku

    BalasHapus
  14. Menyadari kebutuhan akan peralatan yang tepat dapat benar-benar membuat proses memasak lebih mudah dan menyenangkan. Meskipun beberapa peralatan bisa digantikan dengan yang ada di dapur, memiliki semua utensils pastry tentu akan mempermudah tugas kita 🍰🥧

    BalasHapus