Logo Komunitas BRT Network

Digital Marketing Bootcamp Bersertifikat Untuk Bisnis Pastry & Bakery

bootcamp digital marketing bersertifikat dengan jaminan kerja



Kemajuan teknologi internet, nyatanya merubah pola belanja konsumen yang tidak lagi mengandalkan pembelian secara konvensional. Hal ini pun mempengaruhi strategi bisnis pastry dan bakery.

Bisnis pastry dan bakery tidak lagi mengandalkan penjualan di toko saja, namun perlu membangun komunitas bisnis pastry dan bakery secara digital. Disinilah peran digital marketing sangat dibutuhkan.

Namun tidak semua pemilik bisnis pastry & bakery memiliki keterampilan digital marketing bukan? Lantas apa solusinya? Digital marketing bootcamp adalah jawabannya.

Apa Itu Digital Marketing


Untuk memahami apa itu digital marketing, berikut dua definisi apa itu digital marketing menurut para ahli, yaitu :

  1. Menurut Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan, menyatakan bahwa digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding (pengenalan merek) yang menggunakan berbagai media berbasis web seperti blog, website, e-mail, adwords, jejaring sosial dan tentu saja digital marketing bukan hanya berbicara tentang internet marketing tapi lebih dari itu (Tarigan & Sanjaya, 2013).
  2. Menurut American Marketing Association (AMA), digital marketing merupakan aktivitas, institusi, dan proses yang difasilitasi oleh teknologi digital dalam menciptakan, mengkomunikasikan, dan menyampaikan nilai-nilai kepada konsumen serta pihak yang berkepentingan lainnya (Kannan & Li, 2017)

Pada dasarnya, digital marketing merupakan kegiatan strategi dan manajemen serta pelaksanaan pemasaran yang menggunakan media elektronik yang termasuk di dalamnya adalah sosial media, blog, podcast, dan situs penyedia layanan video.

Digital marketing juga merupakan suatu usaha yang memberikan kontribusi terhadap kegiatan pemasaran secara digital dengan tujuan meningkatkan keuntungan dan membangun komunikasi dengan pelanggan.

apa itu digital marketing
Definisi digital marketing


Digital marketing menggunakan tools analisa yang menghasilkan data akurat terkait pengetahuan konsumen seperti perilaku konsumen, nilai dan tingkat loyalitas konsumen. Data tersebut nantinya akan digunakan sebagai dasar perancangan strategi pemasaran selanjutnya.

Mengapa Bisnis Pastry & Bakery Memerlukan Digital Marketing?


Internet telah merubah pola belanja konsumen dan mengubah cara menjual produk. Situs e-commerce dan sosial media menjadi lapak bisnis pastry & bakery di era digital. Tidak sedikit dari pemilik bisnis pastry & bakery yang saat ini memiliki online shop di sosial media dan membuat konten menarik untuk menarik konsumen baru dan menjaga loyalitas pelanggan tetap.

Namun, jika selama ini kita berpikir cukup dengan hanya memiliki akun sosial media untuk mempromosikan produk, tentu pemikiran ini kurang tepat.

Nyatanya, tidak sedikit pemilik bisnis pastry dan bakery yang mengeluh penjualan online kurang bagus bahkan konten yang mereka share di sosmed minim like dan komen. Penjualan Pun tidak mengalami peningkatan yang signifikan.

Disinilah peran digital marketing dibutuhkan untuk membantu proses promosi bisnis agar lebih tepat sasaran secara efektif dan efisien.

mengapa bisnis Pastry & Bakery memerlukan digital marketing?
Pentingnya digital marketing untuk bisnis Pastry & Bakery 


Dengan digital marketing, pelaku bisnis dapat menjangkau pasar lebih luas dan menjangkau konsumen potensial secara real-time. Hal ini akan akan mendorong traffic dan meningkatkan penjualan.

Selain menjangkau pasar lebih luas, berikut manfaat lain digital marketing bagi bisnis pastry & bakery, yaitu :

1. Memudahkan Konsumen Menemukan Produk

Penjualan konvensional tentunya mengandalkan konsumen datang berkunjung ke toko dengan informasi yang diperoleh dari mulut ke mulut.

Informasi review sebuah produk biasanya diperoleh berdasarkan review orang terdekat yang pernah berkunjung. Namun bagaimana cara menjangkau konsumen atau calon pelanggan baru? Agak sulit memang karena kita perlu melakukan berbagai strategi pemasaran yang cukup kompleks dengan biaya tidak murah.

Dengan memiliki online shop pastry & bakery hal ini akan memudahkan pelanggan dan calon pelanggan menemukan produk kita.

Terlebih menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyatakan bahwa jumlah pengguna internet Indonesia tahun 2024 mencapai 221.563.479 jiwa dari total populasi 278.696.200 jiwa penduduk Indonesia.

Itu artinya, lebih dari 60% masyarakat Indonesia sudah menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, digital marketing sebagai langkah strategi dalam penjualan online cukup penting untuk memudahkan konsumen menemukan produk.

2. Menyasar Konsumen Lebih Tepat


Salah satu poin penting dari konsep marketing 4P yaitu Promotion adalah melakukan segmentasi pasar. Ketika kita memulai bisnis pastry & bakery, tentu sudah melakukan segmentasi pasar agar produk yang kita pasarkan tepat sasaran.

Namun bagaimana keberlanjutan strategi segmentasi pasar ini? Dalam strategi pemasaran konvensional tentu membutuhkan analisa terkait hal ini salah satunya dengan melihat produk mana yang paling laris dan melakukan survei usia pengunjung. Tindakan ini membutuhkan waktu yang cukup lama dengan hasil yang mungkin kurang tepat.

Dengan menggunakan digital marketing, proses segmenting pasar lebih dapat lebih mudah dan cepat dilakukan melalui tools analytic. Keuntungannya adalah sebagai bahan untuk menentukan konten yang sesuai dengan segmentasi tersebut. Bisnis Anda akan berfokus kepada pembeli yang memang sesuai dengan segmentasi pasar.

3. Meningkatkan Loyalitas Konsumen


Digital marketing memungkinkan munculnya brand loyalty pada konsumen melalui strategi branding, promosi dan iklan. Strategi branding yang dilakukan melalui digital marketing mempermudah dan mempercepat penyebaran informasi salah satunya melalui konten digital.

Konten digital yang menarik dan menyentuh sisi psikologis akan mengikat konsumen secara tidak langsung dan meningkatkan loyalitas konsumen.

4. Data Lebih Terukur


Setiap bisnis dan usaha tentunya akan memiliki data penjualan, stok barang, perilaku konsumen, minat konsumen dan lain sebagainya. Bisnis yang dijalankan secara konvensional membutuhkan riset dan analisa lebih lama dan tidak murah.

Dengan digital marketing, pelaku bisnis dapat memanfaatkan fitur analitik trafik dan audiens pada sosial media untuk mengumpulkan data secara otomatis dan real time. Hal ini tentu akan memudahkan dalam melakukan evaluasi strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan.


Dimana Kursus Digital Marketing Bersertifikat


Saat ini tidak sedikit perusahaan atau pelaku bisnis yang memberikan pelatihan karyawan terkait digital marketing untuk meningkatkan penjualan termasuk bisnis pastry & bakery. Hal ini berkaitan dengan semakin tingginya awareness pelaku bisnis terkait bisnis online.

Pelatihan digital marketing bagi karyawan merupakan salah satu solusi mencapai tujuan utama bisnis. Pelatihan karyawan bertujuan untuk meningkatkan hard skill dan soft skill karyawan yang dapat membantu perusahaan mencapai tujuan pemasaran.

QuBisa, merupakan salah satu platform kursus digital marketing bersertifikat dimana perusahaan dapat memberikan pelatihan kepada karyawannya sehingga karyawan akan memperoleh ilmu digital marketing secara komprehensif.

Kursus digital marketing ada jaminan kerja juga mempermudah personal yang berminat bekerja di bidang digital marketing. Tentunya hal ini akan mempermudah siapapun memiliki ilmu digital marketing dan memperoleh pekerjaan.

QuBisa memiliki program bootcamp siap kerja untuk membantu dan mempermudah mereka yang ingin bekerja di perusahaan atau agensi digital marketing.

QuBisa, Platform Belajar Online Terbaik


Dengan berkembangnya teknologi internet, semua orang kini bisa belajar lebih mudah secara online melalui platform edukasi.

QuBisa merupakan salah satu platform belajar terbaik yang hadir sebagai solusi bagi siapapun yang ingin belajar secara online tanpa harus bergabung dengan lembaga pendidikan tertentu terlebih dahulu.

Siapapun, baik itu pengguna pribadi, pelaku bisnis hingga karyawan perusahaan dapat belajar online di QuBisa dan mengakses tanpa batas seluruh kursus online QuBisa kapanpun dan dimanapun.

kursus digital marketing ada jaminan kerja
QuBisa, kursus digital marketing ada jaminan kerja


QuBisa memiliki beragam topik yang relevan dengan dunia kerja, bisnis dan usaha saat ini terlebih pelatihan digital marketing. Berikut 14 program belajar online yang dimiliki QuBisa, yaitu :
  1. Bootcamp
  2. Webinar
  3. Millennial Success
  4. Digital Skills
  5. Microlearning
  6. Kursus
  7. Artikel
  8. Prakerja
  9. Sales & Marketing
  10. Bisnis & Keuangan
  11. Human Resource
  12. Pengetahuan Umum
  13. Bahasa
  14. Paket Kursus

Dengan daftar dan mengikuti berbagai program belajar online di QuBisa, siapapun dapat memiliki keterampilan dan meningkatkan kemampuan yang dapat membantu memperoleh pekerjaan, pengembangan karir, sukses di bidang pendidikan dan bisnis yang semakin berkembang.


Digital Marketing Bootcamp Bersertifikat Dengan Jaminan Kerja di QuBisa

bootcamp siap kerja
Bootcamp siap kerja QuBisa


Berkaitan erat dengan digital marketing, QuBisa memiliki program bootcamp siap kerja. Bootcamp merupakan program persiapan kerja yang dilakukan secara intensif untuk meningkatkan keterampilan di berbagai bidang terutama digital marketing.

Pemilik bisnis pastry & bakery dapat mengikutsertakan karyawannya melalui bootcamp digital marketing bersertifikat dengan jaminan kerja di QuBisa.

Bootcamp digital marketing QuBisa memiliki kurikulum yang disusun sesuai dengan kebutuhan industri dan dunia kerja yang memiliki banyak pilihan materi tidak hanya digital marketing tapi juga bootcamp lain di QuBisa.

Dengan mengikuti pelatihan karyawan di bootcamp QuBisa, peserta akan belajar bersama pengajar yang ahli di bidang digital marketing dan bidang lainnya.

Berikut kelebihan bootcamp siap kerja di QuBisa, yaitu :

1. Memperoleh Jaminan Mendapat Kerja atau 100% Uang Kembali


Menarik bukan? Dengan mengikuti kursus digital marketing ada jaminan kerja peserta tidak hanya belajar tapi juga siap menjadi digital marketer untuk bekerja di perusahaan dalam waktu 6 bulan atau 100% uang pendaftaran kembali.

2. Mendapat Career Mentoring


Dengan mengikuti digital marketing bootcamp di QuBisa, karyawan yang diikutsertakan akan mendapat panduan karir bersama para ahli di Industri Digital Marketing dan pemimpin perusahaan terkemuka untuk mendukung kamu mengembangkan soft skill. Bag peserta yang berminat mencari pekerjaan, bimbingan ini juga membantu mengembangkan CV, persiapan interview dan asesmen.

3. Mampu Membuat Portofolio Menarik


Dalam pelatihan digital marketing di bootcamp QuBisa, peserta akan diberikan tugas berupa project yang dapat meningkatkan kredibilitas untuk berkarir di bidang Digital Marketing.

4. Memperoleh Pengetahuan Karier & Karakter


Bootcamp siap kerja QuBis Bootcamp juga mencakup pelatihan leadership skill yang dibutuhkan untuk dunia kerja, seperti critical thinking dan lain sebagainya. Keterampilan ini tentunya dibutuhkan dalam pengembangan karir karyawan dan peserta di dunia kerja.

5. Terdapat Program Pre & Post Assessment


Kursus digital marketing ada jaminan kerja melalui bootcamp di QuBisa juga dilengkapi dengan Program Pre & Post Assessment dimana peserta dapat mengukur kemampuan dan minat bekerja untuk membantu perencanaan karir di bidang Digital Marketing.

6. Mendapat Sertifikasi BNSP


Dengan mengikuti bootcamp digital marketing bersertifikat dengan jaminan kerja di QuBisa, peserta akan memperoleh proses sertifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Digital Marketing yang diakui nasional.

Karyawan yang diikutsertakan di bootcamp siap kerja digital marketing di QuBisa tentunya akan berdampak positif terhadap pengembangan karir karyawan dan mendukung tujuan pemasaran bisnis yaitu meningkatkan penjualan.

Kesimpulan

pelatihan digital marketing
Pelatihan digital marketing melalui bootcamp di QuBisa


Digital marketing nyatanya sangat dibutuhkan oleh bisnis pastry & bakery untuk meningkatkan penjualan, meningkatkan brand awareness dan mengikat loyalitas pelanggan.

Sebagai pemilik bisnis pastry & bakery, anda dapat mengikutsertakan karyawan anda dalam pelatihan karyawan di QuBisa melalui program bootcamp.Bootcamp QuBisa merupakan kursus digital marketing bersertifikat yang tepat untuk meningkatkan hardskill dan softskill karyawan.

Anda dapat mendaftarkan karyawan untuk mengikuti pelatihan di QuBisa dengan menggunakan referral daftar bootcamp berhadiah 500.000.

Selain digital marketing, karyawan juga dapat diberikan materi lain terkait pengembakan kepribadian dan karir pada program bootcamp lain di QuBisa seperti Becoming a Professional E-Learning Content Creator Accelerated Bootcamp Offline dimana peserta akan diberikan materi terkait membuat konten e-learning content creator yang menarik.

26 komentar

  1. peluang besar untuk yang ingin menjadi digital marketing secara lebih profesional. apalagi ada bootcampnya yang memiliki banyak keunggulan.
    cuss lah manfaat kan segera

    BalasHapus
  2. Pada akhirnya, semua jenis usaha butuh sentuhan digital marketing, ya. Pengen ikut bootcamp-nya euy buat ngembangin skill.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih...sammaa. Aku juga tertarik nih ikut bootcamp digital marketing di Qubisa. Ada batasan usia ga ya? hihi...Soalnya sekarang apa-apa serba digital, kalau kita engga upskill, bisa ketinggalan zaman banget...

      Hapus
  3. Keren ini, Mbak. Soalnya Bisnis pastry dan bakery itu saat ini sangat maju dan berkembang, karena akan selalu dicari orang. Pebisnis pastry dan bakery harus membekali diri juga dengan skill Digital Marketing.

    BalasHapus
  4. membuka usaha harus siap untuk bersaing apalagi di dunia digital yang serba mudah untuk optimasi bisnis, memperkuat ilmu digital marketing untuk bisnis pastry tuh jadi nilai plus, bisnisnya diharapkan bisa makin berkembang

    BalasHapus
  5. Yaa lho bisnis bakery dan pastry ngga bisa kalo marketing konvensional aja. Penting babget punya skill digital marketing. Biar tahu perilaku konsumen dan bisa bikin strategi pemasaran yang tepat.
    Cocok nih ikutan pelatihan digital marketing bareng QuBisa, ikutan bootcamp biar dapet sertifikat juga.

    BalasHapus
  6. Kebayang lulusan Qubisa selalu terjamin kualitasnya yaa..
    Apalagi bootcamp Kursus Digital Marketing Bersertifikat diakui banyak perusahaan sehingga harapannya bisa mudah saat melamar pekerjaan. Apalagi bisa remote work. Wah, idaman bangeettt..

    BalasHapus
  7. Bisnis dan jasa apapun pasti butuh jasa digital marketing sih utk memasarkannya. Biar pembeli makin tahu dan banyak yg membeli produk/jasa kita.

    Ah jadi penasaran pgn ikut bootcamp digital marketing di QuBisa nih. Smg bs ikut memajukan usahaku nih.

    BalasHapus
  8. Syarat jadi peserta ikut bootcamp nya apa aja ya...
    Pengen ikutan kalau di QuBisa program bootcampnya siap kerja.
    Apalagi peserta juga memperoleh sertifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Digital Marketing yang diakui nasional. Kan bisa jadi modal kerja ya

    BalasHapus
  9. Usaha pastry & bakery memang juga butuh yang namanya digital marketing. Karena kita juga bisa memasarkan dagangan kita berupa pastry & bakery melalui digital. Bareng QuBisa apa sih yang nggak bisa?

    BalasHapus
  10. Sudah dapat reward, sertifikat BNSP, eh masih ditambah dapat jaminan kerja. Enak banget ya. Ada batasan umur tidak nih? 🤭

    BalasHapus
  11. Memang deh, dalam bisnis apapun termasuk bisnis pastry & bakery, memiliki akun media sosial bukanlah ujung yang bisa diandalkan sebagai sarana promosi secara penuh. Bikin konten saja nggak bisa menjamin ya. Selalu butuh pengetahuan lanjutan mengenai digital marketing. QuBisa memang lengkap sebagai tempat belajar berbagai rupa nih.

    BalasHapus
  12. Kalau sudah ada sertifikasi BNSP ini sudah benar-benar menjadi nilai lebih. Menjadi kekuatan bagi pemiliknya yang memiliki skill yang sudah diakui secara nasional dan pasti diterima di dunia kerja.

    Keren nih bootcamp digital marketing. Ada banyak kelebihannya juga

    BalasHapus
  13. QuBisa bisa jadi pilihan ya untuk upgrade skill yang bisa dapat sertifikasi dari BNSP. Tentunya bisa jadi pendukung dalam mencari ksrja ya

    BalasHapus
  14. Bootcamp ini memberikan pelatihan intensif kepada para peserta untuk mempelajari berbagai strategi digital marketing yang dapat diterapkan pada bisnis mereka. Mulai dari membangun website dan media sosial yang menarik, hingga menjalankan campaign iklan online yang efektif.

    BalasHapus
  15. Wah ini sih tidak hanya pastry aja nih yang butuh ilmunya hihi, pengen jugaa punya ilmu dgital marketing buat bisnis berikutnyaa, eaaa bismillaah

    BalasHapus
  16. Dalam bisnis apapun di zaman sekarang emang perlu banget nih tah tentang digital marketing untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis. Jd wajar kalau peluang bekerja di bidang marketing terbilang besar. Diriku jg ga pengin nih ikutan Boothcamp digital marketing QuBisa. Apalagi ada jaminan kerjanya pula.

    BalasHapus
  17. Sekarang semua serba digital, termasuk proses pemasaran produk pun harus bisa menyesuaikan. Digital marketing ini penting sekali untuk mengembangkan usaha secara online ya...

    BalasHapus
  18. Wah mba pas banget saya sedang mencari tempat kursus atau digital marketing bootcamp, bisa nyobain ikutan ini di QuBisa, auto browsing informasinya biar ga kelewat

    BalasHapus
  19. QuBisa keren ya bisa jadi pilihan menaikan skill digital marketing kita. Apalagi sudah tersertifikasi BNSP

    BalasHapus
  20. Wah, bisnis pastry dan bakery ini beneran cita-cita saya dulu sebelum pandemi. Hingga saat ini butuh menambah skill digital marketing. Beruntung bisa belajar langsung melalui Qubisa

    BalasHapus
  21. Keren nih digital marketing bootcampnya QuBisa, gak hanya materi utama aja tapi juga ada career mentoringnya. Dah gitu ada jaminan 100 persen uang kembali pula kalau dalam jangka waktu 6 bulan setelah lulus bootcamp belum tersalurkan kerja

    BalasHapus
  22. Setuju banget kalau semua usaha harus memanfaatkan digital marketing, dengan demikian setiap langkah jadi lebih terukur.. Dan bukan tidak mungkin akan lebih cepat berkembang

    BalasHapus
  23. Wah, bener banget nih! Digital marketing emang jadi kunci buat bisnis pastry & bakery buat bisa 'ngena' sama konsumen. Dari manfaatnya aja udah keliatan banget, mulai dari bikin produk lebih mudah ditemuin sampe ngejar pasar yang pas. Plus, QuBisa juga jadi solusi keren buat yang mau belajar digital marketing, pasti bantu banget buat ngembangin bisnis! 🍰📱

    BalasHapus
  24. Apapun jenis bisnisnya digital marketing dibutuhkan untuk mempromosikan produk yang dihasilkan ya, mengikuti bootcamp ini bisa untuk mengembangkan bisnis sendiri maupun mencari kerja di bidang marketing

    BalasHapus
  25. Bootcamp ini memang lagi naik daun ya, apalagi kebanyakan pengisinya adalah para praktisi!

    BalasHapus