Taman Lembah Tangga 101, Tempat Piknik Bandung Timur Instragamable

Tempat Piknik Bandung Timur Instragamable
Taman lembah tangga 101 Bandung




Untuk warga Bandung yang lagi nyari tempat piknik yang instgramable murah meriah, saya rekomendasikan Lembah Tangga 101, kenapa? ada banyak alasan kenapa warga Bandung harus nyoba piknik di taman ini, yuk baca selanjutnya. 
Saya punya pengalaman unik ketika masa PJJ tahun lalu yaitu piknik santuy yang sederhana di Bandung Timur. Si bungsu anak kami punya kebiasaan unik yaitu setiap bangun tidur minta jalan - jalan. Biasanya sih minta dibeliin sarapan donat, cakwe dan surabi kinca. Tapi pagi ini dia minta yang jauh lebih istimewa, sarapan di tempat backhoe. Tempat yang dimaksud adalah Taman Lembah Tangga 101 dan taman Korpri lembah tangga 100.

Kenapa disebut tempat backhoe? Karena waktu awal pengerjaan proyeknya terdapat dua buah backhoe berwarna kuning yang digunakan untuk menguruk tanah. Si bungsu tentu senang melihat backhoe. Bukan cuman senang, tapi antusias tingkat dewa πŸ˜‚ dia sampai naik backhoe dan minta di foto seribu gaya 🀭
Hampir setiap minggu dia minta kesana. Padahal cuman ngapain dong? Makan surabi sambil memandang backhoe πŸ˜‚. Sungguh anak yang soleh ya, mintanya gak ke mekdi atau kaefci, wkwkwk. Sungguh anak yang sangat pengertian terutama di akhir bulan πŸ˜‚πŸ˜‚

Seperti pagi itu, sejak subuh udah meronta - ronta sambil gugulitikan ( berguling) minta sarapan di Taman lembah Tangga 101. Ya sudahlah, karena kami orangtua yang gak tegaan dan emang doyan jalan - jalan pagi juga, kami wujudkan keinginan si Bungsu.

Tapi karena hari itu kakak masih PJJ, mau gak mau kami harus tahan mendengar rengekan si bungsu yang gak sabar untuk segera pergi. Coba bayangkan saudara - saudara, PJJ sambil dikasih backsound anak rewel? MasyaAllah super kan? Wkwkwk

Sambil nunggu kakak beres PJJ, saya beres - beres rumah ala kadarnya dan menyiapkan sarapan yang juga seadanya. Gerakan saya udah bergerak macam The flash. Riweuh aslina ( sibuk banget), apalagi saya paling gak nyaman kalau bepergian tapi kerjaan domestik rumah belum kelar. Tapi karena ini piknik dadakan, ya pengecualian lah.

Menu sarapan yang dibekal juga benar - benar seadanya. Sate jando sisa kemarin, tahu siksa yang diangetin sisa kemarin, telur dadar dan beli dorengan dadakan serta nasi kuning di pinggir jalan.

Tepat jam 8 pagi kami berangkat. Tanpa mandi dulu, cuman ganti baju, pake double jaket, sepatu olahraga dan parfum πŸ˜‚

Taman  Lembah Tangga 101 dan Taman Korpri Lembah Tangga 100 


Di negri Bandung nyingceud (ujung) tercinta ini sekarang ada kawasan yang bisa dijadiin tempat piknik , olahraga dan selfie yang instagramable yaitu Taman lembah Tangga 101. Lokasinya dekat kok, berada di kaki gunung Manglayang. Selain itu kamu juga bakalan dapat bonus, yaitu taman lembah tangga 100 yang disebut juga Taman Korpri lembah tangga 100 yang lokasinya gak jauh dari taman lembah tangga 101. 

Kedua taman ini di bangun oleh pemerintah kota Bandung dan merupakan taman adik- kakak. Kenapa disebut taman adik - kakak? karena konsep dan fungsi taman yang sama serta lokasinya berdekatan. Yang membedakan cuman jumlah tangga, fasilitas dan nuansanya aja.

Taman Lembah tangga 101 dan Taman Korpri Lembah Tangga 100 bisa banget dijadikan Tempat Piknik Bandung Timur murah dan meriah karena serasa ada di Punclut atau Ciwidey. Taman Lembah tangga 101 dan Taman korpri lembah tangga 100 di bangun di atas lahan milik Pemkot Bandung seluas 2 hektar yang merupakan lahan resapan air. 

Kini untuk menambah nilai estetika di lahan resapan air tersebut, pemerintah mengubahnya menjadi kawasan wisata dan olahraga namun tetap mempertahankan fungsinya sebagai tempat resapan air.

Taman Lembah Tangga 101 dan Taman korpri Lembah Tangga 100 merupakan salah satu Tempat Piknik Bandung Timur yang dirancang berdasarkan program pengembangan Sektor 22 Citarum Harum dan Persaudaraan Akabri (Persada) 92.

Taman Lembah Tangga 101

taman tangga 101 Bandung
Taman lembah 101 Banung Timur

Jika dilihat selayang pandang, Tempat Piknik Bandung Timur yang satu ini terlihat gersang dan belum selesai. Tetapi tidak demikian. Karena awalnya memang di lahan tersebut tidak ditumbuhi pepohonan tetapi perdu dan semak serta perkebunan tembakau. Sebagai upaya optimalisasi lahan, Pemkot Bandung menanam 1.180 benih pohon dimana 580 benih pohon dari Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung serta sumbangan 600 pohon dari Persada 92 dan sumbangan dari warga Kota Bandung, Kartini.

Berdasarkan penuturan dari Bapak Walikota Bandung, Yana Mulyana pada persemian Taman Lembah Tangga 101 hari Rabu 26 Januari 2022 menyatakan bahwa :

“Hadirnya Lembah Tangga 101 merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Bandung dalam mengurangi banjir lewat penataan kawasan Bandung Utara,” 

Taman Korpri Lembah Tangga 100 Bandung


taman tangga 100 Bandung Timur
Taman lembah tangga 100 Bandung

Berbeda dengan Lembah Tangga 101 yang memang dijadikan Tempat Piknik Bandung Timur sebagai kawasan wisata dan olahraga, maka Taman korpri  Lembah Tangga 100 tidak disiapkan khusus sebagai tempat wisata. Namun demikian masih bisa dijadikan tempat piknik sebagai media awareness warga Bandung dan sekitarnya terhadap pentingnya kawasan resapan air.

Tempat Piknik Bandung Timur Taman korpri Lembah Tangga 100 memilki luas areal 1,4 hektar yang merupakan salah satu lahan kritis di daerah Cisurupan Kecamatan Cibiru. Sebagai upaya alih fungsi lahan menjadi kawasan produktif sekaligus resapan air, Pemkot Bandung mendirikan Lembah Taman 100 dan menanam 450 pohon produktif seperti Nangka, lengkeng, mangga dan pohon-pohon produktif lainnya.

Lokasi Lembah Taman korpri Tangga 100 memang berada di lembah, begitu pula dengan Taman Lembah Tangga 101. Untuk menghindari terjadinya sedimentasi pada kawasan lembah makan di optimalkan melalui Lembah Tangga 100.

Taman Korpri Lembah Tangga 100 dan Lembah Tangga 101 juga merupakan upaya Pemkot Bandung dalam optimasi lahan kritis di Kecamatan Cibiru. Selain Taman Korpri Lembah Tangga 100 dan Lembah Tangga 101 sudah ada kawasan lain yang lebih dulu di optimalkan, Yaitu Cisurupan, Kanhay, Bah Garut, dan Bah Celeng.

Pengelolaan Tempat Piknik Bandung Timur yang satu ini dilakukan oleh Pemerintahan Kecamatan Cibiru, Kelurahan Cisurupan bersama kelompok Karang Taruna setempat.

Rute Menuju Taman Lembah Tangga 101 

Secara administratif Taman Korpri Lembah Tangga 100 dan Lembah Tangga 101 berada di Jalan Itar Prabu siliwangi , kebon wirja, Cisurupan, Kec. Cibiru, Kota Bandung - Jawa Barat 40614.

Lokasi Taman Korpri Lembah Tangga 100 dan Lembah Tangga 101 berada di gunung Manglayang. Dari arah Bandung Kota maupun Kabupaten, masuk melalui JL. A.H Nasution lalu bisa masuk melalui Jalan Perkampungan yaitu :
  • Jalan Desa Cipadung
  • Jalan Legit
  • Jalan Cilengkrang 1
  • Jalan Cilengkrang 2
Tetapi rute yang paling mudah di tempuh adalah masuk lewat Jaln Cilengkrang 2 karena jalur jalan lurus saja hingga ke lokasi Taman Korpri Lembah Tangga 100 dan Lembah Tangga 101. Hanya mengikuti jalan utama dan kalau ketemu pertigaan ya lurus aja ngikutin jalan.

Sementara saya dan keluarga yang berdomisili di Kelurahan Cipadung, tentu menempuh rute jalan Desa. Jarak dari pintu masuk gang besar Jl. Desa Cipadung hingga lokasi sekitar 15 menit perjalanan menggunakan motor.

Kalau dari google map sih jaraknya sekitar 4 - 5 Km. Gak terlalu jauh lah ya. Apalagi setelah melewati komplek vijaya kusuma, kita bakalan di sodorin pemandangan dan suasana pepohonan di kanan dan kiri jalan. Bahkan setelah area pasar Minggu 46 kita dikasih view gunung Manglayang yang memukau dan bikin nyesss ke mata dan hati. Udara dingin langsung berasa, angin ngegelebug ( bertiup kencang) apalagi. Makanya kami semua pake double jaket πŸ˜…

Rute perjalanan diawali dari arah Jl. A.H Nasution lalu masuk ke gang besar Jl. Desa Cipadung. Gak terlalu sulit menemukan gang besar ini. Kalau dari arah bunderan Cibiru, gangnya berada persis di sebrang Indomaret dan berjarak kurleb 500 meter dari kampus UIN Bandung. Cusss belok kanan. Ada babang - babang ojek yang menyambut dan banyak UMKM yang menjual sarapan di sebelah kanan dan kiri jalan.

Kalau dari arah Cicaheum, gang Jl. Desa Cipadung berjarak kurleb 500 meter dari Tanrise. Sebelum masuk gang ada SDN Cipadung 1 Setelah itu langsung deh belok kiri. Mudah kan? Kalau masih susah, colek google map dong saaayy πŸ˜‚


lokasi dab rute taman lembah tangga 101 Bandung
rute menuju taman lembah tangga 101 Bandung

Fasilitas Taman Lembah Tangga 101 dan Taman Korpri Lembah Tangga 100


Taman Korpri Lembah Tangga 100 Yang Indah dan Nyaman

Jika dua taman adik - kakak ini saya bandingkan, maka saya prefer Taman Korpri Lembah Tangga 100 untuk piknik. Why? Karena view dan tempat duduk pikniknya lebih enak. Taman korpri Lembah Tangga 100 punya fasilitas piknik berupa bangku taman. Jumlahnya ada sekitar 15 bangku taman yang ditanam permanen terbuat dari kayu.
Pemandangan gunung Manglayang
Pemandangan gunung Manglayang 

tempat parkir taman korpri tangga 100 bandung
Area parkir

taman korpri tangga 100 Bandung
Taman korpri lembah tangga 100 Bandung


Terdapat dua pembagian kawasan yang berbeda dengan tangga 100 sebagai pemisahnya. Di sebelah kanan tangga terdapat area terbuka dengan bangku taman sementara di sebelah kirinya terdapat area bangku taman di bawah pohon produktif yang sudah ada sejak lama. Saya lebih suka piknik di area ini.

Karena sambil duduk di bangku di bawah pohon Tangkil ( Melinjo), kita bisa piknik sembari memandang puncak gunung manglayang yang cantik atau kebawah, memandang view negeri Bandung Timur. Selain itu juga terdapat view hutan bambu dan deretan pohon lainnya yang hampir memenuhi pandangan sejauh mata memandang.

Taman Korpri Lembah Tangga 100 juga memilki fasilitas lain seperti Tempat parkir, Kamar Mandi dan area tempat duduk dengan view gunung manglayang yang indah dan kota Bandung.

Hingga saat ini saya belum pernah menuruni tangga 100 di Taman Korpri Lembah Tangga 100. Karena tangganya cukup terjal, saya gak berani. Begitu pula suami dan anak-anak. Tujuan utama kami ke Taman Korpri Lembah Tangga 100 memang piknik di bawah pohon melinjo, hehehe.

bangku taman taman korpri lembah tangga 100 bandung
Bangku taman yang nyaman untuk pinki di taman korpri Lembah Tangga 100


taman korpri lembah tangga 100 bandung
Pemandangan gunung Manglayang 

area piknik taman korpri tangga 100 bandung
Area piknik taman Korpri  lembah Tangga 100 Bandung


Taman Lembah Tangga 101 Yang Instragamble


Berbeda dengan Taman Korpri Lembah Tangga 100 yang jauh lebih rindang, Taman Lembah Tangga 101 terasa lebih gersang karena hanya ditanami perdu dan semak. Oleh karena itu Pemkot Bandung Menanam lebih dari 1000 pohon di kawasan ini.

Meski terasa gersang, panas jika cuaca terik dan angin yang bertiup sangat kencang, Taman Korpri Lembah Tangga 100 memliki fasilitas lebih banyak dibandingkan Lembah Tangga 100.

Berikut fasilitas Taman Lembah Tangga 101, yaitu :

Alun - alun 1, merupakan area pertemuan dengan tempat duduk kaku terbuat dari pecahan batu alam berbentuk persegi yang dipasang berjejer mengelilingi alun - alun yang berbentuk persegi. Disini kita bisa memandang negri Bandung Timur sambil selfie karena bagian atas alun - aliun terdapat hiasan gantungan payung aneka warna.


payung gantung di taman 1010 Bandung
Alun - alun 1 Taman Tangga 101 Bandung

Alun - alun 2, merupakan area pertemuan dan piknik dengan fasilitas tempat duduk bangku taman permanen yang ditutupi bangunan segitiga dengan atap transparan. Mirip banget dengan tempat duduk di bukit bintang yang sempat hype. Sayangnya, tempat duduk ini hanya tersedia 2 bangunan saja dan membutuhkan effort jalan kaki menanjak menuju lokasi. Lumayan cangkeul 
9 pegal)  guys tapi bikin sehat lah ya.

tenda segitiga taman tangga 101
tenda segitiga taman tangga 101


Warung Jajanan

Bicara soal piknik, kalau kita gak bawa cemilan atau bekal piknik jangan khawatir. Karena ada tenda warung yang menjual gorengan, snack, minuman ringan hingga Indomie dan popmie. Terkadanh ada juga mamang cilor, batagor dan pentol bakso yang sengaja nongkrong berjualan disana.

Harga? Ya standar lah. Naik 1000 - 3000 dari harga standar warung di Deket rumah. Harga gorengan 1000 rupiah per pcs dan minuman seperti Teh pucuk dihargai 50000/botol.

Amannya sih, bawa bekel dari rumah atau jajan sarapan dulu di seanjang jalan menuju lokasi. Ada banyak UMKM yang menjual sarapan. Seperti bubur, kupat tahu, lontong kari, gorengan sampai surabi dan donat. Harga nya berkisar dari 1000 rupiah untuk gorengan dan surabi dan 7000 - 15.000 untuk bubur dan kupat tahu serta lontong kari.

Kekurangan Taman Korpri Lembah Taman 100 dan Taman Lembah Tangga 101

Kedua lembah taman ini sama-sama gak punya kamar mandi yang layak. Hanya tersedia satu kamar mandi saja dan itu pun hanya di Lembah Tangga 100. Kondisinya cukup bikin nger-ngeri gitu karena kotor, bau dan gak ada air. Jadi kalau kamu kebelet pengen ke kamar mandi, terpaksa nyari masjid terdekat. Ada masjid At’awun yang lokasinya sekitar 100 meter dari Taman Korpri Lembah Tangga 100 ke arah atas.

Kamar mandi umum lain? tidak ada. Jadi kalau kamu berniat piknik ke Taman Lembah Tangga 101 saya sarankan pakai kaos kaki dan double jacket. Karena anginnya terasa sangat kencang sampai bisa bikin masuk angin dan tiba-tiba perut mulas.

Kekurangan lainnya adalah jembatan di Taman Lembah Tangga 101 yang memilki trail jempatan berbentuk kupu - kupu tapi tidak punya fungsi utama sebagai handle atau pegangan.

Menurut saya, jembatan tersebut sangat tidak sesuai standar sebuah jembatan dimana lengkungan jembatan nyaris 90 derajat!!! wow kaann??? ngeri gitu.

Terus gak ada trail jembatan untuk pegangan tangan. Jembatan juga terbuat dari kayu yang licin. Kalau dalam bahasa Sunda, tanjakan jembatannya nurugtug atau terjal. Kalau gak hati - hati bisa jatuh. Saya sarankan sih pakai sepatu kets atau olahrag dengan sol yang bergerigi biar gak jatuh. Dan tidak disarankan untuk lansia melewati jembatan ini meski ngebet pengen ke sana. Bahaya.


Jembatan di taman tangga 101 Bandung
Jembatan di taman tangga 101 Bandung


tangga di taman tangga 101 Bandung


suasana taman tangga 101 Bandung
Taman tangga 101 Bandung Timur


Selain jembatan yang agak bikin ngeri dan gak ada kamar mandi, juga step tangga setelah tangga 101 hanya terbuat dari bantalan tanah. Menurut saya ini agak riskan ya, riskan licin dan ambrol sewaktu-waktu. Mungkin masih dalam tahap pengembangan ya, semoga kedepannya segera di bangin step tangga yang permanen.

Selain step tangga yang menggunakan bantalan tanah, area parkir di Taman Lembah Tangga 100 juga ada yang menggunakan bantalan tanah. Udah keliatan banget sih tanahnya ada merosot dan sewaktu - waktu bisa hancur. Semoga kedepannya bisa segera diperbaiki ya.

Worth it Gak Sih Piknik Di Sini?


Sangat Worth It. Apalagi kalau piknik di hari minggu, cukup ramai jadi gak berasa jadi alien di planet ntah berantah, hehehe. Seperti yang saya sampaikan di atas, lokasi piknik yang paling santuy itu di Taman Korpri Lembah Tangga 100.

Kalayakan lainnya dari Taman Lembah Tangga 101 dan Taman Korpri Lembah Tangga 100 untuk di jadikan tempat piknik adalah karena gak ada biaya tiket masuk alias GRATIS!! wooohhhh asyik kan? wehehehe. Oleh sebab itu emang Taman tangga 100 dan 101 emang Tempat Piknik Bandung Timur instagramable murah meriah karena Kamu cukup bayar parkir aja se ikhlasnya.

Payung gantung taman lembah tangga 101 Bandung
Payung gantung taman lembah tangga 101 Bandung

Gimana nih, jadi kepengen piknik juga disini? ayo let’s go dong. Jangan lupa bawa bekel, air untuk cuci tangan, lap tangan dan kresek sampa. Bawa sampahnya pulang ya dan buang di tempat sampah di rumah, karena di sini gak ada tempat sampah. Cintai lingkungan juga ya, karena Lembah Tangga 100 dan Lembah Tangga 101 kan emang tujuannya untuk kawasan resapan air kan? kalau banyak sampah….laaahh begimana dong??? sayangnya masih banyak sampah juga dimana - mana.

Syedihnya tuh masih banyak pengunjung yang belum sadar kebersihan lingkungan. Ya nyampah ituuu, agak sebel sih. Selain jadi gak nyaman juga kasian pegawai kebersihan disana, mungutin sampah pengunjung. Semoga kedepannya segera di sediakan fasilitas tempat sampah yang banyak yaaa.

Akhir kata, jangan lupa piknik santuy ya biar hidup kamu lebih santuy. Gak perlu mewah dan waahhh, piknik di Taman Korpri Lembah Tangga 100 layak banget di coba.

Salam Piknik Santuy

Referensi :
republika.co.id, phiradio.net, prfmnews.pikiran-rakyat.com

21 komentar:

  1. cantik banget sih ini, bandung emang ya penuh banget tempat cantik-cantik, pas deh buat piknik cantik kalau weekend singkat hihihi

    BalasHapus
  2. Nama tempatnya mah lucu ya, kak. Taman tangga 101. Asyik pepohonan disitu kayaknya...

    BalasHapus
  3. Banyak taman sekarang dibuat gak hanya sebagai tempat bersantai aja ya, tapi juga sebagai tujuan pengembangan suatu daerah dalam menangani masalah alam. Contohnya Taman Tangga 101 ini.

    BalasHapus
  4. Bandung itu emang keren-keren banget ya wisatanya. Hawanya adem dan sejuk.

    BalasHapus
  5. Bandung, kota berjuta wisata. Kayaknya ada aja destinasi wisata yang baru di Bandung setiap tahun. Dan keren keren pula tempatnyaaa. Jadi kangen ke Bandung lagi.

    BalasHapus
  6. Bandung byk juga ya tempat yang bisa dieaksplore. Salah satunya taman lembah tangga yang instagramable bgt buat Selfi atau foto bareng keluarga. Suasananya juga adem dan nyaman buat healing,

    BalasHapus
  7. Waduh gak lama lagi nambah lagi ni objek wisata di kota Bandung.Kalo semua pohon dan bunga udah tumbuh di taman 101 pasti cantik banget

    BalasHapus
  8. Lucu banget siiih, enaknya jalan-jalan ke Bandung nih gak pernah keabisan tempat yang dituju. Adaa aja yang baru dan unik, jadi pengin balik ke sini lagi

    BalasHapus
  9. Bukan hanya instagrammable ya. Tapi juga bikin sehat nih. Adem dan banyak pohon. Benar-benar healing ya.Hehehe

    BalasHapus
  10. Kan ada payungnya tuh, kak.. harusnya posisinya agak kebawahin dikit, terus bisa diambil dan disimpan lagi, jadi kalau pas cuaca terlalu panas, pengunjung bisa tetep nyaman explore area lembah tangga ini, yah :)

    BalasHapus
  11. Dah lama banget nggak ke Bandung. Nggak heran deh Bandung punya wisata alam yang banyak & menyejukkan mata. Belum lagi hawa sejuknya. Bikin kangen Bandung. Tapi kalau di wisata itu mgkn perlu bawa payung sendiri atau gak pagi2 gtu ya hehe. Tp untuk jalan saat weekend pastinya bikin fresh juga

    BalasHapus
  12. Wah asik juga tempatnya. Nanti kalau punya kesempatan liburan ke Bandung, main ke sini ah.

    BalasHapus
  13. wah bisa jadi pilihan menarik nih kalau pas ke bandung. bisa mampir kesini. hmmm ... kayaknya kalau beberapa bulan lagi, bakal makin banyak tanamannya ya, dan makin sejuk

    BalasHapus
  14. tempatnya luas ya, kayaknya, mbak. saya malah penasaran nih nyari backhoe-nya di mana apakah sudah nggak ada lagi? heu

    BalasHapus
  15. Kece banget, kayaknya nanti kalau tananaman dan rumputnya makin hijau makin bagus.

    Btw, ternyata anak-anak tuh gitu ya.. suka mandangin backhoe. Anak saya pun saat usia 1-3tahun kalau ketemu girangnya minta ampun

    BalasHapus
  16. Bandung timur...penasaran.secara belum pernah ke situ... palingan mainnya sekitaran bandung kota.. mungkin next udah saatnya explore bandung lebih lagi... tfs kak

    BalasHapus
  17. Kalau pergi liburan ke tempat instagramble ini mah puas bisa menikmati alamnya ya Mbak, apalagi terjangkau gitu dan sangat luas, asik pergi bersama kluarga...

    BalasHapus
  18. Bahagianya anak itu sederhana ya mba, nggak perlu yang mewah-mewah, jalan ke taman juga udah seneng. Sama nih dengan anakku, tapi kalau anakku tiap bangun tidur jalannya ke kebon depan rumah & mengamati pohon dan burung.

    BalasHapus
  19. Liburan bisa menyenangkan bisa bersama keluarga dan komunitas secara bersama.

    BalasHapus
  20. Wah. Keren amat view-nya. Pastinya betah nih

    BalasHapus
  21. Memang buat jalan-jalan enak ya tamannya. Tapi kalo duduk doang emang sih jadi masuk angin ya, apalagi angin gelebug tea... Kedepannya kalau pohon-pohon udah tinggi dan rindang, kayaknya jadi kayak hutan kota kalik ya...

    BalasHapus