Logo Komunitas BRT Network

Resep Adonan Kulit Puff Pastry Simple Untuk Pemula

Resep Adonan Kulit Puff Pastry Simple Untuk Pemula
Resep Adonan Kulit Puff Pastry Simple Untuk Pemula


Halo Mom Beb Pastry & bakery lover,

Sebagai patisserie pemula, kita bisa mulai dari yang paling dasar nih, yaitu membuat adonan kulit puff pastry simple untuk pemula.


Kan ada adonan instan, pake itu aja gampang kan? Yes ofkors. Mom beb bisa banget bikin puff pastry menggunakan yang instan dengan aneka ragam merk yang tersedia di marketplace. Tapi, adonan pastry instan tuh punya kekurangan which is kalau treatment-nya kurang tepat, si adonan bakalan gak bisa dipakai berulang atau hasilnya kek aku bikin pastry dari adonan instant yaitu gagal karena adonan udah gak mengembang,

Selain itu, kalau bikin kulit puff pastry menggunakan resep pastry simple kita bisa banget menggunakan bahan adonan sesuai resep favorit patisserie kita atau kita bisa berinovasi.

Mom beb bisa menggunakan tiga resep kulit puff pastry ekonomis berikut untuk berlatih membuat kulit pastry. Yuk kita lihat resepnya.

Mengenal Kulit Puff Pastry

Kulit puff pastry adalah adonan dasar tanpa ragi dan lemak roll in yang sering digunakan untuk membuat puff pastry pastry. Adonan kulit puff pastry memiliki hasil tekstur yang renyah dan berlapis menjadi.

Adonan kulit puff pastry pada dasarnya terbuat dari campuran tepung terigu, mentega, air dingin, dan garam kemudian dilipat-lipat hingga membentuk lapisan-lapisan yang tipis.

Untuk mendapat hasil puff pastry yang renyah dan tidak gagal, yang perlu diperhatikan adalah kesabaran dalam proses pelipatan dan penggulungan adonan dan beberapa kali hingga mencapai ketebalan tertentu dengan lapisan-lapisan yang terbentuk sempurna. Selain proses pelipatan juga proses memanggang dimana proses ini membutuhkan suhu dan waktu yang tepat.

Sedangkan teknik pelipatan ada 2 yaitu lipatan tunggal dan lipatan ganda. Sementara metode pembuatan kulit adonan puff pastry ada 3 yaitu :
  1. Metode Inggris
  2. Metode Prancis
  3. Metode Skotlandia

Cara Adonan Kulit Puff Pastry
 Cara Adonan Kulit Puff Pastry 

Teknik Adonan Kulit Puff Pastry
Teknik Adonan Kulit Puff Pastry 


Bahan yang digunakan selain terigu, air dan mentega juga menggunakan Korsvet atau shortening pastry yang berfungsi membentuk lapisan atau flake. Korsvet memiliki tekstur seperti margarin dan berwarna kuning tapi lebih padat daripada margarin. Sebelum digunakan, ada baiknya korsvet didiamkan terlebih dulu di kulkas.

Umumnya korsvet terbuat dari lemak babi atau sapi, tapi untuk menjaga kehalalan produk sebaiknya Mom Beb membeli korsvet dengan logo halal. Bagaimana jika tidak menggunakan korsvet? Tentu saja bisa, kita bisa menggantinya dengan campuran mentega dan tepung terigu.

Yuk kita simak dua resep adonan kulit puff pastry berikut ini. Saya menyediakan dua jenis resep yaitu tanpa menggunakan korsvet dan menggunakan korsvet. Jadi, Mom beb bisa memilih sesuai keinginan ya. 

Dua Resep Adonan Kulit Puff Pastry


1. Adonan Kulit Pastry  Tanpa Korsvet

Bahan:

1 kg terigu protein tinggi
600 gr air es
150 gr Blue Band Master Pastry Fat
25 gr garam
65 gr gula pasir
1 butir telur
1000 gr FILMA Puff Pastry Shortening atau Blue Band Master Pastry Fat

Blue Band Pastry Fat
Blue Band Pastry Fat

Filma Puff Pastry
Filma Puff Pastry



Cara membuat adonan kulit puff pastry

  1. Campur terigu, garam, gula pasir, garam dan telur hingga adonan tercampur rata dan gilas hingga berbentuk pipih
  2. Simpan adonan di lemari pendingin selama 20 menit
  3. Giling Blue Band Master Pastry Fat hingga berbentuk pipih
  4. Tipiskan adonan yang sebelumnya didinginkan lalu masukkan Blue Band Master Pastry Fat dan lipat.
  5. Diamkan adonan selama 10 menit lalu gilas kembali adonan kulit puff pastry, biarkan lebar memanjang dan lipat metode double.
  6. Buat lipatan tiga per empat adonan dan lipat ke ujung sisi lainnya, lalu tutup satu kali 
  7. Simpan adonan kulit puff pastry di kulkas 10 menit.
  8. Keluarkan adonan, lakukan lipatan single dan double sebanyak dua kali.
  9. Simpan adonankulit  puff pastry di kulkas selama dua jam 
  10. Tipiskan adonan hingga ketebalannya berukuran tiga milimeter dan bentuk sesuai keinginan
  11. Panaskan oven  220 derajat Celcius dan panggang selama 30 menit.

2. Kulit Pastry Menggunakan Korsvet


Bahan

500 gram tepung terigu protein tinggi
1 sdt garam
200 ml air dingin
50 gram mentega
500 gram korsvet

Korsvet Halal
Korsvet Halal

Cara membuat
  1. Masukkan tepung dan garam lalu buat lubang di tengahnya dan tuangkan air dingin, serta mentega leleh.
  2. Aduk dengan ujung jari hingga tercampur rata
  3. Uleni adonan hingga menyatu tapi tidak kalis lalu gilas hingga membentuk persegi panjang. Gilas lemak lipat hingga membentuk persegi panjang dengan panjang dua per tiga dari adonan
  4. Letakkan lemak lipat di atas adonan, kemudian lipat menjadi tiga bagian agar keduanya menyatu dengan baik.
  5. Gilas adonan dengan ketebalan sekitar satu sentimeter. Lipat adonan menjadi tiga bagian, gilas.
  6. Putar adonan, lipat lagi adonannya lalu gilas kembali. Lakukan hingga enam kali lipatan dan gilasan.
  7. Diamkan adonan puff pastry di dalam kulkas, selama 20 menit

Kesimpulan


Agak berbeda dengan membuat adonan croissant, adonan kulit puff pastry tidak menggunakan ragi agar mengembang. Proses pelipatan dan membentuk pun tidak serumit membentuk croissant free gluten. Setelah adonan jadi, Mom hanya perlu memotongnya segi empat, melapisi bagian atas dengan margarine dan taburan gula atau coklat lalu panggang. Mudah sekali bukan?

Sekarang kita bisa membuat adonan kulit pastry untuk digunakan membuat puff pastry dengan tekstur renyah dan enak. Mom beb bisa juga membuat zuppa soup dan kue palmier menggunakan adonan kulit puff pastry.

Untuk hasil lebih enak dan flaky, mom bisa mengganti margarin dalam resep di atas dengan korsvet. Selamat mencoba!

Referensi
Sumber gambar :
eddkimber.substack.com
Situs Filma

16 komentar

  1. Memang boleh bikin kulit pastry ternyata segampang itu? Termasuk pilihan metode pembuatannya juga bisa disesuaikan yah, mam.

    BalasHapus
  2. Terigu protein tinggi itu, kalau menurut daku banyak juga fungsinya, salah satunya buat korvset ini.
    Dengan begitu membuatnya bisa makin kreatif lagi, alias jadi pastry yang enak ya kak

    BalasHapus
  3. Memang banyak kulit puff pastry yang instan dan banya dijual ya, Mbak. Tapi kalau mudah membuatnya, lebih baik bikin sendiri. Selain jadinya lebih banyak, juga hemat. Selain itu dijamin baru. Hanya memang perlu kesabaran saat melipat dan menggulungnya.

    BalasHapus
  4. dulu pernah bikin adonan kulit pastry ini waktu mau belajar bikin bolen pisang sendiri. sebenarnya cukup gampang ya, mbak cuma aku sekarang nggak rajin ngulen adonan roti sendiri hehe

    BalasHapus
  5. Tekstur pastry ini memang pasti ada kunciannya yaa.. agar lembut dan tahan lama, gak mudah remuk. Karena melihat lipatannya ini yang bikin kagum, bisa berbuku-buku cantik.

    BalasHapus
  6. aihhh jadi penasaran pengen cobain sih, tapi ini beneran ngeri ngeri sedap untuk dicobain heheh kira kira diriku bakal berhasi ngga yah ngebuatinnya. Secara aku doyan banget sih sebenarnya ama puff pastry ini

    BalasHapus
  7. Kalau buat kulit puff pastry sendiri memang jadinya lebih hemat dan jumlahnya bisa banyak, ya. Hanya sepertinya butuh kesabaran untuk membuatnya, terutama ketika melipat dan menggulung.

    BalasHapus
  8. Kalau lihat proses pembuatannya panjang juga ya, buat pemula butuh kesabaran. Selama ini cuma tahu makan aneka olahan puff pastry.

    BalasHapus
  9. Aku kira proses membuat kulit pastry ini rumit, ternyata sesimpel itu ya teh Eka. Jadi pengen nyoba bikin sendiri. Oh iya, selain tepung terigu, mentega, air dingin, dan sedikit garam. Ternyata kalau ditambah Korsvet atau shortening pastry lebih oke ya hasilnya. Noted

    BalasHapus
  10. Widiiih, prosesnya! Ternyata tidak secepat memakan pastry yang udah jadi :)) Buat yang punya banyak kucing sepertiku, bikin puff pastry sendiri sepertinya butuh kesabaran ekstra :))

    BalasHapus
  11. Kalau aku biasanya beli jadi mam. Huhuhu... Gak bisa bikin soalnya. Jadi mengandalkan bahan yang udah jadi aja. Ternyata bikinnya butuh ketelitian juga ya. Yg jago masak bisa nih. Saya mah gak jago. Hiks

    BalasHapus
  12. Saya suka dengan puff pastry, tapi belum pernah nyoba bikinsendiri. Ternyata melipat adonan kulit puff pastry ada tekniknya ya. Nanti coba bikin sendiri lah, penasaran.

    BalasHapus
  13. Jadi pengen langsung coba bikin sendiri di rumah. Lebih asyik lagi kalau bisa dapat korsvet halal untuk yang versi kedua, biar bisa nyicipin dua variasi resep sekaligus. Ada rekomendasi korsvet halal gak nih bund? 🥐✨

    BalasHapus
  14. Jadi pengen coba sendiri deh bikin kulit puff pastry kayak gini, soalnya terlihat seperti yang mudah bikinnya. Nanti deh dicoba bikin sendiri kalau waktunya lagi luang.

    BalasHapus
  15. Selama ini aku selalu beli kalau butuh kulit pastry karena males ngulen! Huhuhu... tapi ternyata lumayan mudah juga ya kalau mau buat sendiri.. nanti kapan-kapan mau nyobain deh! Hehehe

    BalasHapus
  16. kalo mampir ke blog ini tuh jadi pengen nyobain pastry, bebikinan adonan atau panggang2, hihi.. apalagi bentar lagi ramadhan, saatnya bikin2 kue xD

    BalasHapus