Logo Komunitas BRT Network

Kelebihan dan Kekurangan Puff Pastry Instan Serta Rekomendasi Produknya

Kelebihan dan Kekurangan Puff Pastry Instan Serta Rekomendasi Produknya
Kelebihan dan Kekurangan Puff Pastry Instan Serta Rekomendasi Produknya


Halo pastry lover,
Lagi semangat bikin pastry apa nih? Kalau aku masih tetap dengan pastry simple aja sih untuk cemilan keluarga dirumah. Tapi sampai detik ini aku belum juga mood nih membuat adonan puff pastry sendiri mengingat waktu yang dibutuhkan untuk membuat adonan begitu lama dengan proses yang cukup panjang.

Jadi, untuk membuat puff pastry aku menggunakan adonan puff pastry instan yang sudah jadi. Lebih praktis dan simple sih ya. Tapi ternyata, setelah adonan puff pastry instan digunakan yang ketiga kalinya, hasil puff pastry tidak mengembang, agak bantat dan kurang renyah.

Wah, kesalahannya dimana ya? Apakah ada treatment khusus menggunakan adonan puff pastry instan? Apa saja kelebihan dan kekurangan adonan puff pastry instan?

Apa itu Adonan Puff Pastry Instan


Dikutip dari detikfood, adonan puff pastry adalah adonan untuk membuat puff pastry berbahan tepung terigu, air dan lemak yang ditaruh berlapis dalam adonan tepung yang digila. Fungsi lemak (mentega) dalam adonan puff pastry berfungsi mengembangkan adonan dengan hasil puff pastry yang renyah setelah dipanggang.

Proses membuat adonan puff pastry cukup rumit dan membutuhkan proses dengan teknik menggilas dan melipat adonan beberapa kali. Terdapat tiga metode membuat adonan puff pastry ada yaitu, metode Inggris, metode Perancis, dan metode Skotlandia. Sementara itu terdapat dua teknik melipat adonan puff pastry yaitu lipatan tunggal dan lipatan ganda.

Kita bisa membuat adonan puff pastry sendiri atau menggunakan adonan puff pastry instan. Dimana membeli membeli adonan puff pastry instan? Dii marketplace atau di toko frozen food.

Tapi jika hendak membeli adonan puff pastry instan di marketplace pastikan adonan yang di checkout adalah adonan puff pastry bukan danish party karena kedua jenis adonan pastry ini berbeda.

Perbedaan Adonan Puff Pastry dan Danish Pastry


Dikutip dari bakingworld.com, puff pastry dan danish pastry termasuk jenis flaky pastry yang memiliki banyak layer atau lapisan. Namun yang membedakan keduanya adalah sebagai berikut

1. Bahan tambahan adonan

Dalam membuat adonan danish pastry menggunakan bahan tambahan seperti gula, ragi dan pengembang kue semantara adonan puff pastry tidak .

2. Penggunaan Bahan Adonan

Penggunaan bahan adonan seperti mentega dan telur pada kedua jenis adonan ini berbeda. Jumlah kadar mentega yang digunakan adonan danish pastry tidak sebanyak membuat adonan puff pastry.

Danish pastry yang merupakan pastry khas denmark membutuhkan penggunaan telur dengan jumlah lebih banyak dari adonan puff pastry. yang lebih banyak.

3. Teknik Pembuatan

Setelah adonan selesai dibuat, adonan puff pastry hanya membutuhkan waktu istirahat di dalam lemari pendingin selama 30 menit sementara adonan danish pastry membutuhkan waktu lebih dua jam.

4. Hasil Akhir

Adonan puff pastry dibuat untuk menghasilkan kue puff pastry yang ringan dan renyah. Puff pastry biasanya tidak memiliki rasa dan merupakan adonan dasar dengan toping gula, keju, selai atau coklat setelah dipanggang.

Sementara adonan danish pastry digunakan untuk membuat berbagai aneka pastry khas denmark seperti Spandauer, Fronsnapper, Direktorsnegl, Tebirkes, dan Kanelstang.

Apakah berbeda antara adonan puff pastry, danish pastry dan croissant pastry? Tentu saja berbeda. Perbedaan adonan puff pastry dan danish pastry sudah dijelaskan di atas ya, sementara adonan croissant menggunakan tambahan ragi, gula, garam dan terkadang susu.

Untuk membuat croissant, kita bisa menggunakan adonan instan yang tersedia di marketplace yaitu puff pastry instan. Hasil akhir akan sama dengan bentuk sabit yang renyah dan berlapis tapi dari segi rasa akan berbeda.

Kelebihan dan Kekurangan Adonan Puff Pastry Instan

Adonan puff pastry instan kini tersedia dengan berbagai merk di marketplace. Sebelum memutuskan membeli, ada baiknya mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan adonan puff pastry instan, yaitu sebagai berikut :

Kekurangan Adonan Puff Pastry Instan

  1. Kesalahan dalam menangani adonan instan akan menyebabkan hasil akhir puff pastry yang bantat atau tidak mengembang
  2. Tidak menyimpan sebagaimana mestinya adonan puff pastry instan akan menyebabkan adonan tidak dapat digunakan kembali karena lengket atau berjamur
  3. Jumlah takaran bahan adonan tidak dapat disesuaikan dengan keinginan
  4. Merk bahan yang digunakan tidak dapat disesuaikan dengan keinginan
  5. Harga lebih mahal dibandingkan membuat adonan puff pastry sendiri

Kelebihan Adonan Puff Pastry Instan

  1. Lebih hemat waktu dalam membuat puff pastry
  2. Lebih praktis dan mudah digunakan untuk membuat puff pastry
  3. Tersedia dalam berbagai kualitas dan harga
  4. Tersedia dalam berbagai gramasi
Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan, kita bisa membuat puff pastry yang disesuaikan dengan kebutuhan dengan keinginan yang Mom Beb. Jika ingin yang simple dan cepat, bisa banget menggunakan puff pastry instan Tapi kalau lagi selow gak diburu-buru waktu gak ada salahnya membuat adonan puff pastry sendiri,

Tips Agar Puff Pastry Menggunakan Adonan Instan Mengembang


Berdasarkan pengalaman membuat puff pastry dari adonan instan yang lengket ketika adonan akan digunakan dan hasil akhir puff pastry yang tidak mengembang, berikut tips agar kesalahan yang sama tidak terulang ketika membuat puff pastry menggunakan puff pastry instan, yaitu :
  1. Segera masukan adonan puff pastry instan ke dalam freezer setelah menerima paket dari kurir
  2. Ketika adonan puff pastry instan akan digunakan masih dalam kondisi beku perlu dicairkan terlebih dahulu dengan cara mengeluarkan adonan puff pastry instan dari freezer dan pindahkan ke rak bawah selama 4 jam hingga mencair. Setelah itu keluarkan dari lemari es dan biarkan di suhu ruangan selama kurang lebih 40 menit.
  3. Sebelum mengolah adonan, siapkan meja kerja dan tepung terigu lalu gilas adonan. Jangan gunakan tepung terigu terlalu banyak, secukup nya saja sampai adonan mudah dibentuk.
  4. Segera olah adonan puff pastry instan ketika sudah lentur atau lemas. Jika terlalu membiarkan di suhu ruang, adonan puff pastry instan akan meleleh dan menjadi lengket. Kondisi adonan instan seperti ini akan menyebabkan hasil puff pastry yang tidak mengembang dan bantat.
  5. Panggang adonan puff pastry instan yang sudah dibentuk dalam suhu tinggi. Panaskan oven terlebih dahulu selama 15 hingga 20 menit sebelum mulai memanggang, lalu setting suhu oven 200°C dan letakan loyang dibagian rak tengah agar puff pastry mengembang.
  6. Bungkus sisa adonan puff pastry instan menggunakan plastik transparan dan masukan kedalam freezer
Semoga dengan tips cara menggunakan adonan puff pastry instan di atas dapat membantu ya dan mendapatkan hasil akhir puff pastry yang mengembang dan tidak bantat.

Rekomendasi Produk Adonan Puff Pastry Instan


Dengan beragamnya merek dan gramasi adonan puff pastry instan yang tersedia di marketplace tentu akan membuat kita agak sulit memutuskan menggunakan yang mana bukan? Berikut rekomendasi produk adonan pastry instan yang tersedia di marketplace orange yang bisa menjadi pertimbangan pilihan.

1. Edo Puff Pastry Sheet

Edo puff pastry adalah adonan puff pastry instan yang banyak digunakan dan cukup terkenal karena hasil akhirnya yang lembut, renyah dan gurih. Edo puff pastry tidak mengandung pengawet dan memiliki dua pilihan gramasi yaitu :

EDO 750g - (88 cm x 22 cm x 0.25 cm / Isi 4 Sheet)
EDO 375g - (14 cm x 14 cm x 2,5 cm / Isi 5 Sheet)

Harga Edo puff pastry ukuran 375gr di marketplace berkisar antara Rp. 26.000 - Rp. 28.000 dan ukuran 750gr berkisar antara Rp.37.000 - Rp.55.000

Edo Puff Pastry Sheet
Edo Puff Pastry Sheet

2. BonChef puff pastry 750gr

Bon Chef puff pastry beku adalah adonan puff pastry instan yang juga banyak digunakan. BonChef. tersedia dalam Ukuran @ 22x22cm dengan berat 750 gr dan terdiri dari 3 lembar dalam 1 box.

BonChef puff pastry 750gr
BonChef puff pastry 750gr

3. Kawan Puff Pastry 400gr

Kawan Puff Pastry merupakan puff pastry instan berbentuk kotak dengan ukuran 10x10 cm Isi 10 Lembar @40 gram dan total berat 400gram. Harga Kawan puff pastry di marketplace berkisar antara Rp. 28.000 - Rp.31.000.

Kawan Puff Pastry 400gr
Kawan Puff Pastry 400gr

4. Stella’s puff Pastry Sheets 750gr
Stella’s puff pastry
Stella’s puff pastry

Stella’s puff Pastry Sheets 750gr merupakan adonan puff pastry instan yang juga banyak digunakan karena harganya yang terjangkau. 1 pack Stella’s puff Pastry Sheets tersedia dalam 4 lipatan belum dipotong - potong berukuran keseluruhan +/- 88 cm x 22 cm dengan gramasi 750gr. Memiliki daya tahan penyimpanan hingga 6 bulan di dalam freezer.

Stella's’ puff pastry instan dapat digunakan untuk membuat zuppa soup, karipap, pisang bolen, chicken roll, croffle, pizza dan lain sebagainya. Harga Stella’s puff pastry instan berkisar antara Rp 31.000 - Rp 40.000.

5. DiamondDfair Puff Pastry 660 gr

DiamondDfair Puff Pastry Sheet adalah adonan beku puff pastry siap pakai dan tidak menggunakan pengawet. DiamondDfair Puff pastry memiliki berat 660grm dengan harga berkisar antara Rp 26.000 - Rp. 40.000 di marketplace.

DiamondDfair puff pastry dapat digunakan untuk membuat aneka kue pastry seperti puff pastry, Bolen, Zuppa Soup, Cheese Stick, Palmier, dsb.

DiamondDfair Puff Pastry 660 gr
DiamondDfair Puff Pastry 660 gr

6. Manna puff pastry 750gr

Manna puff pastry Per sheet 750 gram berukuran 8x22 cm dan cocok untuk digunakan membuat puff pastry, zuppa soup, pisang bolen, cheese roll, banana roll, horn cake,cheese puff stick, dan lain sebagainya. Harga Manna puff pastry di marketplace Rp. 28.500.

Manna puff pastry 750gr
Manna puff pastry 750gr

Diantara semua merk adonan puff pastry instan di marketplace, yang paling banyak digunakan adalah EDO puff pastry, BonChef dan Stella’s. Ketiga merk adonan puff pastry instan ini memiliki kelebihan masing-masin ya. Bisa kita pilih disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan.

Kesimpulan


Sekarang Mom Beb bisa banget membuat aneka varian puff pastry seperti palmier, puff pastry dengan toping atau isian selain hingga zuppa shop bahkan bolen dan pizza menggunakan adonan puff pastry instan.

Kelebihannya yang praktis dan mudah digunakan tanpa perlu membuat adonan menjadi pilihan kebanyakan Mom Beb yang ingin membuat puff pastry.

Jangan lupa untuk mengikuti tips mengolah adonan puff pastry instan di atas untuk mendapat hasil puff pastry yang mengembang, renyah dan tidak bantat. Selamat berkreasi.

Referensi :
https://blog.hemat.id/cara-mengolah-puff-pastry-instan-agar-mengembang-dengan-sempurna/
https://www.fimela.com/lifestyle/read/3928147/begini-cara-bikin-puff-pastry-instan-frozen-mengembang-sempurna
https://smartpluspro.com/recipe-detail/teknik-membuat-puff-pastry-yang-renyah
Shopee & Tokopedia

21 komentar

  1. Sebagai pecinta kue, roti & pastry... pengen banget bisa bikin semuanya. Dan dari ketiganya emang pastry paling sulit bikinnya..tp untung udah ada pastry instan. Walau belum pernah bikin, dr semua merek kayaknya saya paling sering lihat Edo puff pastry. Nanti cobaa bikin ah

    BalasHapus
  2. kayaknya sebagai yang ga jago masak, butuh banget sama puff pastry instan gini. biar tetep bisa bikin walau instan hihi

    BalasHapus
  3. Menarik juga informasi tentang bahan kue. Jadi bertambah pengetahuan saya setelah membaca tulisannya.

    BalasHapus
  4. Dan saya jadi makin ngebet pengen memiliki oven supaya bisa segera bikin aneka kue, dan semacamnya. Gara gara keseringan kena racun disini banyak resep dan info bagus terkait baking dan kaitannya
    Hehe...

    BalasHapus
  5. ternyata pastry instan itu banyak juga ya macemnya. jujur saya jarang banget alias hampir ga pernah bikin kue sendiri apalagi bikin pastry. tapi saya seneng liat orang baking :)

    BalasHapus
  6. Aku suka masak tapi yang masakan desa-desa gitu. Nggak ngerti soal puff pastry ini. Tahu istilah beginian karena sering ada di masterchef. Kayaknya seru banget ya kalau punya banyak pengetahuan tentang bahan makanan yang beragam jenisnya begini. Thanks for sharing kak.

    BalasHapus
  7. Saya yang jarang bebikinan roti dan kue ini terkagum-kagum dengan rumitnya urusan baking ini. Ternyata semua ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing ya. Mau lebih cepat bebikinan, ya gunakan puff pastry yang instan. Tapi memang ada hal-hal yang harus diperhatikan juga agar kelak hasilnya pun mengembang sempurna atau tidak bantat.

    BalasHapus
  8. Saya termasuk yang nggak pernah bikin kue dkk Mba. Baru tahu ternyata ada puff pastry instan, ini bakalan lebih mempermudah buat bikin pastry tentunya ya

    BalasHapus
  9. Pengen banget bisa buat juga nih karena ada puff pastry instan ya. Rekomendasi nih beragam produknya yang bisa mudah juga ditemukan ya, kakak.

    BalasHapus
  10. aku ga pernah bikin kue dkk gini haha tp ternyata sekarang emang bener bener instan yaa, sampe ada puff pastry instan gini. Thanks ka sudah sharing

    BalasHapus
  11. wahh sekarang ada puff pastry instan ya? jadi lebih mudah yang ingin membuat makanan

    BalasHapus
  12. Bener bener ya, saya masih jd pecinta pastry dulu ya. Tapi sebenernya pengen mengenal lebih dekat cara membuat kue ..

    BalasHapus
  13. Enak yaa.. sekarang mau bikin kue pastry uda ada adonan puff pastry instan.
    Dan rekomendasinya tentu akan sangat membantu sekali bagi pecinta kue untuk bereksperimen.

    BalasHapus
  14. Sekarang mau bikin apa saja makin mudah,ga perlu repot. Pilih yang instan jadi makin cepat juga. Kalau saya pribadi lebih suka yang ga instan. Jadi bisa mengasah kemampuan baking di rumah

    BalasHapus
  15. Tentu saja, aku belum pernah coba membuatnya, tapi bisa jadi ide yang bagus untuk lebaran bulan depan.

    BalasHapus
  16. Cuss langsung siapin nih dari sekarang, sebagai rekomendasi camilan buat disajikan pas Hari Raya, dan bisa banget dah ini buat sajian takjil

    BalasHapus
  17. Belum pernah bikin pastry tapi ada rencana mau bikin. Ntar tak cobain ah salah satu pastry instan di atas. thank you kak

    BalasHapus
  18. hihi buat adonan tuh susah sih ya, mesti pas takaran dan tepat juga caranya ^^ atau aku yg kurang bakat, wkwkwk.. tapi ada pastry instant mungkin bisa memudahkan xD

    BalasHapus
  19. mertua selalu nyetok, dan brand no.1 yang biasa distok di rumah.

    BalasHapus
  20. Tips'a lengkap banget sama plus minusnya juga. Jadi pengen langsung ngadon. Hhe.

    Tapi, bener gak sih kalo buat adonan itu harus sesuai mood juga? Mitos or fakta?!

    BalasHapus
  21. Sering maju mundur mau beli ini. Tp kalau mau bikin sendiri pasti lebih munduuur sih. Haha.. noted ka thanks rekomendasinya.

    BalasHapus