Arti Nama Keenan dan Cerita Dibaliknya

Arti Nama Keenan

Keenan, adalah nama yang sudah saya siapkan untuk nama bayi laki-laki pertama saya bahkan sebelum saya memutuskan untuk memiliki anak. Bisa dikatakan berandai-andai memang, karena awalnya saya tidak ada rencana untuk memiliki anak untuk waktu yang entah sampai kapan. Tapi setelah dua tahun pernikahan, saya merasa kesempurnaan pernikahan kami akan lebih lengkap dengan hadirnya seorang anak ditengah-tengah kami. Lantas pada tahun 2014 lahirlah anak pertama kami, Senandung Keenan Mahaputra. 
Kenapa memilih nama yang ke-barat-baratan dan nusantara begitu sih? kenapa gak islami? nama itu do'a looh?
Tergelitik memang kalau mempertanyakan hal itu, tapi saya percaya nama anak dalam bahasa apapun adalah do'a. Memang sebagai umat islam sebaiknya memilih nama yang ada dalam Al-Qur'an. Tapi saya dan suami memiliki sudut pandang yang berbeda terkait hal ini.
Nama anak Keenan terinspirasi dari sebuah karya sastra nan apik yang diangkat menjadi film yaitu Perahu Kertas pada tahun 2012. Anda yang pernah menonton atau bahkan membaca novel nya pasti ingat dengan nama toko utamanya yaitu Keenan bukan? Yup!! Tokoh Keenan dalam novel/film perahu kertas lah yang menjadi inspirasi bagi saya untuk memberi nama yang sama untuk anak pertama kami.

novel perahu kertas
Novel perahu kertas (sumber antaranews)


ilustrasi poster film perahu kertas
Ilustrasi poster film perahu kertas yang pernah mamajokaa buat pada tahun 2012


Karakter Keenan dalam Film Perahu Kertas

Ternyata, Dee Lestari pun terinspirasi oleh nama tokohnya sendiri untuk nama anaknya yaitu Keenan Avalokita Kirana.
"Novel itu (Perahu Kertas) ditulis tahun 1996. Aku kasih nama anakku Keenan karena terinspirasi sama novel itu." ujar Dee Lestari yang saya kutip dari harian umum Tribunnews.com.
Sayangnya, saya tidak menemukan alasan kenapa Dee Lestari menggunakan nama Keenan untuk tokoh dalam karya novelnya, Perahu kertas. Tetapi bagi anda yang pernah membaca bukunya, anda akan menemukan bagaimana karakter Keenan.

Tokoh Keenan Perahu Kertas
Tokoh Keenan Perahu Kertas


Tokoh Keenan Perahu Kertas sedang melukis
Tokoh Keenan Perahu Kertas sedang melukis

Tokoh Keenan dalam novel Perahu kertas memiliki karakter seorang yang agak introvert, tidak menyukai keramaian, halus dan berbakat dalam melukis. Setelah saya menonton filmnya, saya semakin merasakan bahwa Keenan adalah orang yang gigih dan punya daya juang tinggi dalam mewujudkan impiannya untuk menjadi pelukis. Keenan bahkan berani pergi sendirian berkelana ke pulai Bali demi upgrade skill kemampuannya dalam melukis. 
Selain karena karakternya yang cukup kuat, secara pribadi saya juga suka Adipati Dolken dan kebetulan saya juga hobi menggambar.  Sehingga begitu membaca dan menontol Perahu kertas, langsung klik aja. 

Arti Nama Keenan Dalam Berbagai Versi


Arti nama Keenan ditemukan pada sejumlah literatur bahasa di dunia yang  Jika melihat pelafalannya, kata ini memang agak mirip bahasa Sanskerta yaitu Kinan. Tetapi, nama Keenan berasal dari negara Irlandia yang diambil diambil dari kata Cianan atau Cian yang artinya  klasik.
Menurut sejarah Irlandia, nama Keenan diambil dari kata kuno Irlandia yaitu O’Clanain. Arti nama ini adalah “keturunan orang yang yakin” yang muncul pada abad ke 10 di kota Monaghan dan Fermanangh.
Berikut beberapa arti nama Keenan dalam berbagai versi :
  1. Dalam bahasa Ibrani, nama Keenan berarti 'kepemilikan'. 
  2. Dalam bahasa Aran, nama Keenan juga  berarti 'memperoleh'. Nama Keenan juga ditemukan dalam bahasa Arab dalam bentuk ;Kinan' Kinan yang artinya menutupi, 
  3. Dalam kitab Kejadian dari Kitab Suci Ibrani dan Alkitab,  nama Keenan merupakan nama dari  salah satu anak dari Enos dan isterinya yang tidak disebutkan namanya. Nama Kenan disebut delapan kali dalam Alkitab, yaitu lima kali di kitab Kejadian, sekali di Kitab 1 Tawarikh dan dua kali di dalam kitab Injil Lukas. Melalui keturunan Kenan dilahirkanlah Nuh, Abraham, Daud, hingga akhirnya menurunkan Yesus.
  4. Melansir Babynology, secara numerologi, arti nama Keenan adalah 3 yang artinya adalah orang yang memiliki kepribadian yang :
  • rajin
  • teliti
  • tak bisa diam
  • penyayang
  • serbaguna
  • multitalenta
  • ambisius dan filosofis
  • memiliki sikap optimis
  • periang dan suka berbicara
  • sopan dan sangat perhatian terhadap orang lain.
  • pintar dan cepat dengan tugas apa pun
  • pengangkat yang sangat sosial dan hebat
  • kreatif dan mencoba melakukan terlalu banyak hal.
  • mediator, pembawa damai dan penolong dunia
  • memiliki bakat dan kemampuan untuk bekerja dengan baik dengan orang lain dan kooperatif
Ternyata terdapat banyak sekali arti nama Keenan dari berbagai versi ya. Semua arti nama Keenan tersebut baik dan bisa menjadi do'a untuk anak dengan nama Keenan.

Makna Nama Keenan Bagi Mamajokaa


Nama Keenan banyak digunakan sebagai nama tengah untuk anak laki-laki. Tetapi saya menggunakan nama Keenan untuk nama tengah sekaligus nama panggilannya. Saya memberi nama lengkap si Cikal, Senandung Keenan Mahaputra. 
Keenan memiliki nama depan Senandung karena kebetulan ayahnya seorang musisi dan Mahaputra terinspirasi dari megah dan besarnya Imam Ali yang kebetulan tanggal lahirnya terpaut satu bulan dalam kalender islam dengan tanggal lahirnya Keenan. Imam Ali lahir pada 13 Rajab sementara Keenan lahir pada 14 Sya'ban yang secara kebetulan berbeda satu hari dengan peringatan hari nishfu sya'ban pada tanggal 13 Sya'ban.  Nama Keenan juga merupakan wujud kegembiraan menyambut lebaran yang jatuh pada keesokan harinya setelah Keenan lahir. 
Tersematkan do'a untuk anak kami  agar Keenan menjadi awal kehidupan rumah tangga kami yang lebih baik, berkah dan bahagia. Semoga Keenan menjadi anak yang bijak, demokratis, penyayang, tangguh, mandiri dan memiliki daya juang tinggi untuk agamanya dan impiannya.

makna nama Keenan
Terimakasih sudah tumbuh sebaik ini nak,

Alhamdulillah, Keenan yang tahun depan akan berusia sembilan tahunm sudah tumbuh menjadi anak yang ceria, penyayang, mau mengalah, cukup bijak untuk anak seusianya, kreatif, sangat menyukai hewan terutama kucing, pintar dan cepat tanggap serta mudah bergaul bahkan menjadi pusat perhatian teman-temannya di sekolah. 
Terimakasih nak sudah hadir ditengah-tengah orangtua yang tidak sempurna ini, terimakasih sudah menjadi anak pertama kami yang membanggakan dan selalu membuat hari-hari kami bahagia. Sehat selalu dan bahagia ya Nak.
Apakah anda juga terinspirasi untuk memberi nama anak anda Keenan? Bisa banget loh! Nama Keenan cukup banyak digunakan oleh Mom's saat ini. Beberapa artis dan orang terkenal pun memiliki nama depan Keenan seperti Keenan Pearce, Keenan Wynn, Keenan Smith (ilmuwan), Keenan Milton (Skateboarding) dan masih banyak lagi.
Mari kita cari tahu apa arti nama anak anda dalam berbagai versi dan ada cerita apa dibaliknya, Share yuk di kolom komentar.
Salam hangat,
Mamajokaa

19 komentar:

  1. Masyaallah, Senandung Keenan Mahaputra, bagus banget, teh. Sejarah nama Keenan juga ternyata panjang yah, karena lihat dari beberapa sudut juga.

    Yg jelas, aku ngebayangin kalo Keenan yg ini bakal secakep dan berkarakter kayak Keenan di Perahu Kertas, uhhuy!.

    BalasHapus
  2. Setiap orang tua memberikan nama untuk anak sudah pasti punya arti atau makna ya, Mbak. Ada sebuah harapan atas nama tersebut.

    Aku masih ingat dengan Keenan di Perahy Kertas, Mbak. Tapi baru tau kalau anaknya Mbak Dee itu namanya juga Keenan.

    BalasHapus
  3. Kalau denger nama Keenan aku teringat sama penyanyi jaman dulu yang melantunkan lagu yang aku suka Nuansa Bening penyanyinya Keenan Nasution sama Geng Pegangsaan.

    BalasHapus
  4. Keren banget namanya. terdengar sangat gagah. Semoga Keenan punya sifat-sifat baik sesuai namanya. Sehat selalu ya Keenan

    BalasHapus
  5. Saya kebetulan nonton film Perahu Kertas, Mbak. Dan keenan adalah nama yang bagus. Kalau dulu itu ada penyanyi Keenan Nasution hehehe.
    Tapi benar sekali, apa pun nama yang diberikan orang tua untuk anak, itu sudah mengandung doa dan harapan-harapan.

    BalasHapus
  6. Asik berhasil juga mendapatkan anak laki-laki bernama keanan yang menjadi impian sejak dahulu

    BalasHapus
  7. aah aku pun suka nama keenan setelah baca perahu kertas, mbaa.. asli deh itu ceritanya bikin mewek dulu pas zaman kuliah wkwk suka banget ama novel itu, apalagi pas udah difilmkan. lumayan oke jadinya

    BalasHapus
  8. Kalau dengar nama keenan, yang pertama terbayang ya keenan nasution, musisi suaminya ida royani. Ya, Tuhan. Hidup di zaman apa aku?

    BalasHapus
  9. Keenan punya banyak arti yg bagus ya kak, memang memberi nama anak jangan sembarangan karena nama adalah doa.

    BalasHapus
  10. Pas baca senandung, kirain namanya anak perempuan. Ternyata Keenan laki-laki ya...
    Apapun yang pasti saya percaya nama anak itu adalah pilihan terbaik yang diberikan orang tua atau pemberinya.
    Semoga jadi anak sesuai harapan Bundanya ya Keenan

    BalasHapus
  11. masyaallah, bagus banget nama lengkap Keenan. artinya juga bagus berikut artinya juga indah ya kak. memang ya setiap kita memberikan nama pada anak tentunya terselip doa-doa baik yang mengiringinya sepanjang hayat.

    BalasHapus
  12. Senandung Keenan Mahaputra, nama yang sangat indah Mba, semoga selalu menjadi kebanggan keluarga yaa adik Keenan.
    Ternyata Mba Eka terinspirasi nama Keenan dari film Perahu Kertas yaa. Jadi inget dulu pernah nonton Perahu Kertas ramai-ramai bareng temen sekelas waktu pelajaran Bahasa Indonesia. Kami diminta untuk meresensi film dan medeskripsikan masing-masing karakter dari setiap pemainnya. Saya setuju kalau Keenan di film Perahu Kertas itu memiliki karakter yang cenderung introvert, lembut, suka ketenangan, dan tentu saja penyayang yaa.

    BalasHapus
  13. Ternyata artinya banyak sekali ya Mba Arti kata Keenan, semoga Adek Keenan kelak tumbuh jadi anak sesuai yang diharapkan orangtua dan arti dari kata-katanya, pokoknya sholeh dan sukses ya adek, aamiin

    BalasHapus
  14. MashaAllah~
    Arti nama Keenan sangat bagus untuk menjadi doa ananda.

    Aku juga dulu sebelum menikah sudah berandai-andai nama anak. Hhehe, Qodarulloh ketika menikah, daftar nama tersebut hilang dan aku hanya ingat beberapa. Jadinya dengan kreativitas suami, dirangkai sedikit demi sedikit agar benar, inginnya mengambil kebaikan dari nama yang disematkan.

    Barakallahu fiik, ananda Keenan.

    BalasHapus
  15. ah benr, tau ada nama keenan juga dari film perahu kertas :) namanya memang bagus ya, dan ternyata artinya juga bagus :)

    BalasHapus
  16. Bagus ya arti nama Keenan, dan pernah lihat di drama Turki yang memerankan tokohnya ganteng. Maka bisa dikatakan yang bernama Keenan pada ganteng hehe

    BalasHapus
  17. Masya Allah namanya bagus banget dan artinya juga bagus semoga keenan menjadi anak sholeh dan selalu beruntung ya..(gusti yeni)

    BalasHapus
  18. Orang tua ngasih nama bukan sembarangan, pasti ada makna didalamnya.. Ada yg mengusur agama atau marga..

    BalasHapus
  19. Aku juga suka novel Perahu Kertas ini mbak
    Dan bagiku, nama Keenan itu bagus
    Bayanganku klo cowok punya nama Keenan ya bakalan cakep

    BalasHapus