Tips Mencari Nama Bayi Laki - Laki

tips mencari nama bayi laki-laki unik




Aku masih ingat 8 tahun yang lalu, sepulang dari mendapat hasil USG di usia kehamilan 4 bulan, yang aku lakukan adalah menyiapkan nama bayi laki - laki. Yaa, Alhamdulillah anak pertama kami laki - laki.
Standar banget memang ya, kebanyakan ibu hamil pasti melakukan hal yang sama denganku, hehehe. Karena saking bahagianya dong dan bersyukur akhirnya diberi Rezeki oleh Allah SWT. Apalagi ini anak pertama. Tapi begitu mendapat rezeki anak kedua, aku juga melakukan hal yang sama sih, hehe.
Lantas hari - hariku sibuk dengan memikirkan nama yang tepat, karena sabda Nabi kan menyatakan untuk memberi nama yang baik untuk anak. Karena nama adalah Do'a.
Gimana sih cara aku mencari inspirasi nama bayi laki - laki? banyak sih, yang pasti kalau aku mentok dengan satu nama dan bingung cari nama belakang, ya aku terus nyari. Pokoknya gak nyerah deh sampai ketemu yang klik di hati. 

Tips mencari nama bayi laki - laki


Tips yang pertama, nama idola.

Anda bisa menggunakan nama orang terkenal yang di idolakan. Bisa merupakan nama tokoh atau seleb, bisa juga nama tokoh dalam sebuah karya sastra. Misalnya cerita dalam novel dan film.
Misal anda ngefans berat sama Jang Ki Yung, nah anda bisa menggunakan nama Ujang Kiyut untuk nama bayi laki - laki anda. Terlalu norak dan maksain ya? Hehe . Ganti aja dengan Zaki, lebih keren kan?
Seperti aku misalnya yang menggunakan nama tokoh dalam karya sastra novel. Aku sangat menyukai film perahu kertas yang diadaptasi dari novel karya Dee Lestari. Aku kagum dengan sosok tokoh bernama Keenan yang ada dalam film tersebut. Anak laki - laki yang punya impian besar dan gak goyah dalam mewujudkan impiannya meski ditentang orang tuanya.
Selain karena itu, Yaaa karena Adipati Dolken kan emang guanteng, hehehe πŸ™ˆπŸ€­ gondrong - gondrong macho keren gimanaaa gitu ya 😁 . Aku jadi ngebayangin Keenan waktu rambutnya gondrong seperti Keenan di perahu kertas, gemesin, hehehe. 

Tips kedua, Bikin Singkatan

Menggabungkan nama dari orangtua. Misal nama Emaknya Nuri Handayani dan nama Babahnya Ucok Sibaba. Kalau digabungkan bisa menjadi sebuah nama bayi laki - laki yang unik, yaitu Nuba. Unik sih ya. Nah, anda bisa mencoba membuat singkatan nama anda dan pasangan untuk calon bayi anak laki - laki anda kelak.

Tips ketiga , ngumpulin nama titipan.

Kumpulkan nama pesanan keluarga dan kerabat. Biasanya nih kakek atau nenek sering minta menitipkan sebuah nama untuk cucu mereka. Suka ngerasa gak enak tapi ya kalau saran dari mereka gak diwujudkan, tapi gpp. Ya gpp, tampung aja. Kalau ada yang cocok alhamdulillah kan, kalau gak ya gpp juga. Bisa dibicarakan baik-baik. Karena hak yang memberikan nama bayi laki-laki anda ya anda dan pasangan. 

Tips keempat, Browsing.

Gunakan teknologi canggih bernama Mbah Google dan klik situs yang memberi referensi nama bayi anak laki - laki. Jika anda bingung saking banyaknya situs di Google, saya sarankan Meluncur langsung ke situs SehatQ. Disana anda akan terkejut karena banyaakk sekali saran nama yang diberikan. Bukan hanya nama, tapi juga artinya. Nama yang disarankan ada yang berasal nama sensekerta ada juga dari negeri seberang, duuhh indah banget ya pastinya. Aku udah cek dan berikut review nama bayi laki-laki yang aku temukan di SehatQ :
  1. Abhibava
  2. Abyan
  3. Basyraf
  4. Bassam
  5. Dylan
  6. Deon
  7. Ghaazi
  8. Haamid
  9. Kaarel
  10. Sadiva
Dan masih banyak lagi. Nama dan artinya sama-sama indah. Aku yakin sih, bunda dan ayah pasti terinspirasi dengan nama bayi laki-laki yang ada di situs SehatQ.

Tips Kelima, ngikutin tren. 

Nama bayi laki - laki juga bisa tergantung tren loh. Misal nih, di jaman anak pertama saya lahir 8 tahun yang lalu, kebanyakan bayi laki - laki memiliki nama yang diambil dari bahasa Arab. Seperti Rayhan, Rasya, Irsyad, Janathan, Malik dan lain sebagainya.
Anda juga bisa menjadikan nama yang sedang tren sebagai inspirasi nama bayi laki - laki anda kelak.

Apalah Arti Sebuah Nama Bayi Laki - laki


Sebuah nama bagiku memiliki Sungguh arti yang cukup dalam dan penting. Jadi pepatah pada sub judul di atas, saya kurang setuju. Nama adalah sebuah Doa dan harapan untuk anak - anakku. Seperti nama anak pertamaku, Senandung Keenan Mahaputra yang bermakna, nada buah cinta aku dan suami yang kami harapkan kelak menjadi sosok yang gak pernah menyerah meraih mimpi.
Bagaimana dengan anda, sudah menyiapkan nama bayi laki - laki anda? Jika belum, sabar ya, nikmati prosesnya dan coba deh ikuti tips dariku diatas. Selamat berburu nama ya 😍

20 komentar:

  1. kalau kakak ku, dia memberi nama anak karena kagum dengan seseorang. orang tersebut pintar dan akhlaq nya bagus. katanya sih temennya.
    mungkin itu belum disebutkan. kagum dengan seseorang. hehe

    BalasHapus
  2. wah ini mirip sama aku pas cari inspirasi. nama anakku Alde, singkatan dari Anak Laki-laki D-nya nama ayahnya, dan E-nya nama ibu. Dulu kliatannya unik, terus gegara ada sinetron aldebaran, nama anakku jadi pasaran hahahah..

    BalasHapus
  3. Enggak, ah.. jangan Jang Ki Yung, nanti kalau udah dewasa, tetep dipanggil mang ujang juga, kurang keren, wkwkwkw.

    BalasHapus
  4. Aku juga nyiapin nama anak dari nama aktris Angelina Jolie 🀭, dari dulu demen banget ama dia. Jadi ku ambil nama Jolie-nya, nama panjangnya baru urunan sama keluarga

    BalasHapus
  5. Jujur aku tipe nyiapin nama anak dadakan haha. Apalagi anak pertama, makanya tenggang seminggu sebelum akikahan bekerja keras ngefix nama haha

    BalasHapus
  6. Bener mba, nama itu adalah doa.

    Kalau saya nanti punya anak, ingin banget kasih nama dari bahasa Arab tp pelafalannya yang mudah ditulis/disebut supaya orang-orang enggak susah nulisnya. Jadi inget tren di Tiktok, guru atau admin banyak yang ngeluh dengan nama anak-anak jaman sekarang yang sulit sekali ditulis.

    BalasHapus
  7. Sepertinya tips2 ini pun bisa digunaksn untuk tentukan nama anak perempuan ya..dg beberapa penyesuaian. Terjma kasih sharingnya ya..

    BalasHapus
  8. Wah banyak inspirasi untuk mencari nama anak laki laki
    Terima kasih sudah berbagi inspirasi mbak

    BalasHapus
  9. waktu hamil, saya gak kepikiran buat cari nama, hehehe. punya 3 orang anak, tiga-tiganya diberinama setelah bayinya lahir

    BalasHapus
  10. Aku ikut berburu nama anak laki2 kakakku saat sblm anak kakak laki2 hadir… Sama percis dengan apa yg disampaikan di sini mulai dari dia ambil dari nama idola dari pahlawan Minang, trus menggunakan singkatan nama mereka di akhirnya, bahkan ada nama titipan dari kakeknya yg ditambahkan. Dengan semua perjuangan dari browsing di internet sih, hehe

    BalasHapus
  11. Anak ketiga laki-laki, si Kakak dua-duanya Idolanya Habib Alwi, jadilah mereka request Muhammad Alwi. Jadilah pilih nama Muhammad Alwy El RUmi. Nama perlu disiapkan jauh-jauh hari, biar ga bingung pas lahiran

    BalasHapus
  12. Pilihan nama-namanya bagus. Semoga membantu para orangtua yang kebingungan dalam memberikan nama kepada anaknya

    BalasHapus
  13. Aku belum mempraktekkan milih nama anak laki-laki sih, tapi untuk anak-anakku yg perempuan semua.. aku tim browsing hahahaha. Tapi yg artinya tentunya baik dan mengandung do'a ;)

    BalasHapus
  14. Keponakan daku juga nama titipan. Bagian nama depan kakeknya, tengah karena kesukaan emaknya, bagian belakang bapaknya haha

    BalasHapus
  15. paling unik kalau pakai singkatan dari nama ortu ya mba

    BalasHapus
  16. Jadi inget keyword "nama bayi laki" dan turunnya ini salah satu yg paling diperebutin di Google.

    Semoga Keenan bisa ketemu Kugy juga pas gedenya hehe.

    BalasHapus
  17. Nama anaknya bagus banget Mba. Senandung Keenan Mahaputra. Keren euy!

    Jarang laki-laki punya nama senandung. Cari nama bayi afalah hal yang membahagiakan buatku dulu pas hamil, hampir tiap hari selama berbulan-bulan berburu nama bayi, hehe

    BalasHapus
  18. Wah jadi inget jaman aku nyari nama anak laki2ku, untungnya sejak jaman blm nikah udah pake mode nama gabungan dengan istri, jadi ngga lama sih nyarinya .

    BalasHapus
  19. Huwaaaaa, klo ngikutin tren langsung ketebak nih ya angkatan berapa, tapi nama2 anak2 jaman sekarang emang beda jauh yaa sama nama2 angkatan emak bapaknya sampe ada vt nya di tiktok haha

    BalasHapus
  20. Kalau orang Bali, pasti nama anak pertamanya diawali dengan kata Putu atau Gede, trus diikuti dengan nama-nama yang berarti baik bisa dari bahasa Sanskerta atau dari nama-nama yang diyakini sebagai berkah buat anaknya. ada juga yang ngasi nama dari gabungan kata orang tuanya, jadi akronim nama yang bsgus

    BalasHapus