Logo Komunitas BRT Network

Tips Menjadi Content Creator Ibu Rumah Tangga

Tips Menjadi Content Creator Ibu Rumah Tangga
Tips Menjadi Content Creator Ibu Rumah Tangga





Siapa bilang kalau sudah jadi orang tua lantas kita gak bisa berdaya dan berkarya? Bisa Banget dong! Mom, kita bisa loh menjadi content creator ibu rumah tangga. Selain ibu bisa mengaktualisasikan dan mengekspresikan diri dengan membuat karya berupa konten, ibu juga dapat memperoleh penghasilan sendiri.

Yaah setidaknya meski uang saku dari pak suami sudah lebih dari cukup, penghasilan yang kita miliki dapat digunakan untuk tabungan pendidikan anak, membayar asuransi atau tabungan masa tua bahkan membeli apa saja yang kita inginkan. 

Seperti saya misalnya, yang alhamdulillah selama menjadi content creator tidak hanya bisa membantu finansial keluarga dan pendidikan anak tapi juga membeli barang - barang impian, seperti smartphone, tablet impian untuk menggambar ilustrasi digital, hingga peralatan melukis dan perabot rumah tangga. 

Menyenangkan bukan? hehe

Di era digital seperti sekarang dimana digitalisasi sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, kehadiran content creator nyatanya menjadi sebuah profesi baru yang diperhitungkan dan diakui oleh sebagian besar masyarakat bahkan perusahaan dan lembaga swasta maupun pemerintah.

Hal ini sejalan dengan program yang diselenggarakan oleh PSDMP Kominfo Jakarta yang mengadakan pelatihan bagi ibu rumah tangga bertema "Pengenalan Basic Content Creator Bagi Kaum Ibu Rumah Tangga" pada 8 Mei 2022 hingga 25 Mei 2022 silam (situs balitbangsdm.kominfo.go.id). Hal ini membuktikan bahwa pemerintah memiliki perhatian lebih terhadap profesi content creator sebagai profesi yang mampu mendongkrak keterampilan, keahlian dan minta ibu rumah tangga agar bisa berdaya dan berkarya.


Tidak hanya pemerintah, IndiHome sebagai internet provider dari Telkom Indonesia juga turut serta membantu ibu rumah tangga untuk lebih produktif, berdaya secara finansial dan berkarya serta melek teknologi melalui beberapa program empowered society yang dimiliki IndiHome.

Lantas, apa yang harus kita lakukan agar bisa menjadi Content Creator Ibu Rumah Tangga yang berdaya dan berkarya di era digitalisasi bersama IndiHome? Berikut tipsnya.



Mengenal Jenis Content Creator Ibu Rumah Tangga



Era digitalisasi dengan segala macam peluang memperoleh penghasilan dapat kita manfaatkan untuk bisa berdaya secara finansial dan berkarya dengan menjadi Content Creator Ibu Rumah Tangga. Terlebih profesi Content Creator Ibu Rumah Tangga ini dapat dilakukan dirumah bahkan sambil memasak, mencuci pakaian dan menyetrika.

Terlebih dengan hadirnya internet provider dari Telkom Indonesia yaitu IndiHome, mom dapat menjadi Content Creator Ibu Rumah Tangga dengan lancar, tanpa hambatan dan memiliki banyak manfaat lainnya sebagai pelanggan IndiHome.

Awalnya saya heran, kok banyak banget sih akun emak-emak yang bikin tulisan (blog), vlog, konten dan reels atau video tiktok saat ini. Kontennya pun beragam, mulai dari tips memasak, tips merawat diri, tips parenting dan konten edukasi lainnya.

Tapi ternyata, profesi menjadi content creator selain tengah digandrungi nyatanya mampu mendongkrak dan mengasah kreativitas, keterampilan dan bakat sehingga ibu rumah tangga dapat menciptakan karya yang dapat menjadi sumber pendapatan dan pekerjaan. Dengan demikian terjawab sudah keheranan saya terkait hal ini.

Lantas, content creator itu apa sih?

Dikutip dari situs upi.edu pada artikel karya Mega Silvia, tahun 2019 bertajuk STRATEGI CONTENT CREATOR PADA DAKWAH DI MEDIA SOSIAL (STUDI KASUS PADA AKUN INSTAGRAM @PEJUANG.MAHAR Universitas Pendidikan Indonesia menyatakan bahwa, menurut Huotari, dkk (2015, hlm. 372) : 

Content creator merupakan kegiatan dalam menyebarkan informasi yang ditransformasikan ke dalam sebuah gambar, video dan tulisan atau disebut sebagai sebuah konten, yang kemudian konten tersebut disebarkan melalui platform dan salah satunya adalah media sosial Instagram.


Untuk menjadi content creator ibu rumah tangga, mom dapat memilih jenis konten yang sesuai dengan minat, bakat, keterampilan dan keahlian loh. Dikutip dari situs adamuiz.com terdapat 4 jenis konten yang dapat dibuat oleh konten kreator, apa sajakah itu?

1. Konten Tulisan


Mom yang memiliki passion menulis, bisa banget membuat konten tulisan di blog. Menjadi blogger merupakan salah satu cara mom dapat berdaya dan berkarya loh. Selain mengasah kemampuan menulis, dengan menjadi blogger mom juga bisa terus belajar mengenai banyak hal yang diminati sekaligus menghadirkan artikel bermanfaat kepada audience (pembaca).

Selain itu, mom juga dapat memperoleh penghasilan lebih dari blog dengan membuka kerjasama dengan brand yang membutuhkan artikel review produk mereka berupa content placement atau content replacement. Mom juga dapat memperoleh penghasilan lebih dengan mendaftarkan blog yang mom miliki di platform jual beli backlink.


2. Konten Gambar


Mom yang hobi menggambar dan fotografi bisa banget membuat konten gambar. Mom bisa membuat konten foto yang menampilkan work in progress atau foto-foto karya ilustrasi mom.

Konten fotografi sekarang juga banyak diminati loh. Mom bisa membuat konten fotografi yang disertai caption quote motivation pada gambar. Hal ini akan menarik like, komen dan menambah follower di akun instagram mom dan membuka peluang kerjasama dengan brand.

Mom yang hobi membuat resep masakan, bisa banget membuat konten photography makanan yang disertai resepnya di platform instagram atau blog. Hal yang menarik bukan?


3. Konten Suara/Audio


Mom yang gemar bercerita dan berbicara, mom bisa banget membuat konten podcast di platform youtube, membuat cukilan podcast di instagram dan tiktok atau di platform spotify. Semakin menarik tema yang mom bahas di podcast maka mom akan memperoleh semakin banyak kunjungan dan tidak menutup kemungkinan brand tertarik ingin mengajak mom kerjasama dengan review produk mereka di podcast yang mom miliki.

4. Konten Video


Konten video kini semakin digemari baik di platform instagram (reels), youtube dan tiktok. Mom bisa banget membuat konten video tutorial, how to, saran ootd, video kecantikan, motivasi, cuplikan atau review buku dan film dan resep masakan hingga rekomendasi kuliner yang enak.


jenis-jenis konten
jenis-jenis konten (dok.pribadi)


Wah, menarik bukan? Jangan lupa ya mom, sebelum membuat konten pastikan terlebih dahulu jika konten yang akan mom buat bersifat edukatif, informatif dan bermanfaat. 
Pada dasarnya menjadi konten kreator merupakan sebuah proses kreativitas yang sesuai dengan minat, keterampilan dan skill lainnya yang mom miliki


Tips Memilih Jenis Content Creator Ibu Rumah Tangga


Dengan banyaknya jenis konten yang dapat kita pilih tentu akan sedikit membuat bingung bukan? Berikut hal-hal yang perlu kita lakukan sebelum memutuskan untuk menjalani salah satu atau dua profesi content creator berdasarkan jenisnya, yaitu :

1. Cari Hal yang Disukai dan Gali Potensi diri dan Keterampilan


Jangan pernah tergiur dengan suksesnya content creator di bidang tertentu, misalnya menjadi content creator dengan konten kuliner namun kita tidak memiliki minat di bidang kuliner, atau di bidang beauty tapi kita tidak memiliki keahlian dan keterampilan terkait product knowledge produk kosmetik.

Cari hal yang mom sukai dan mom mengetahui ilmunya. Akan lebih baik lagi jika mom menguasai juga secara keilmuan. Tentu akan mempermudah ketika membuat konten bukan? Konten yang dibuat pun akan memiliki nilai lebih atau value informatif dan faktual.

Misal mom hobi menulis, maka mom bisa membuat konten tulisan dengan menjadi blogger. Jika mom hobi memasak, maka mom bisa membuat konten video dengan menjadi youtuber atau tiktokers dengan konten tutorial memasak.

2. Jangan Pernah Berhenti Mewujudkan cita-cita dan Impian


Anggapan bahwa ibu rumah tangga memutus harapan perwujudan cita-cita tidak sepenuhnya benar ya mom. Kita masih bisa mewujudkan cita-cita dan impian yang sekian lama terpendam selama kita memiliki keinginan dan tekad untuk mewujudkannya. Tidak sekadar keluh kesah namun melakukan tindakan.


3. Komunikasi dengan Suami


Komunikasi dengan suami terkait pilihan untuk menjadi content creator ibu rumah tangga menjadi hal yang cukup penting ya mom. Karena hal ini akan bersinggungan dengan manajemen waktu mom sebagai ibu rumah tangga. Dengan demikian suami akan dapat mendukung kegiatan mom selama membuat konten dan suami juga dapat membantu mom dalam mengatur waktu antara tugas domestik, mengurus anak-anak dan waktu bagi mom untuk bekerja.

4. Upgrade Skill dan Knowledge


Hal ini sangat penting ya agar konten yang mom sajikan sesuai fakta, informatif dan bermanfaat. Tidak hanya Konten menjadi lebih berkualitas namun mom akan mendapat benefit kemampuan personal yang juga meningkat baik dari segi berkomunikasi, kepercayaan diri yang meningkat serta memiliki keterampilan lainnya.

5. Belajar Manajemen Waktu


Ibu rumah tangga nyatanya memang memiliki tanggung jawab dan tugas utama mengurus, mengelola dan merawat keluarga. Untuk itu, jika mom memutuskan untuk menjadi content creator ibu rumah tangga, maka mom harus mulai belajar mengatur waktu agar semua aktivitas mom dapat dilakukan dengan lancar.

6. Gunakan Internet Provider yang Handal dari IndiHome


Mengingat content creator adalah profesi yang berjalan dalam dunia digitalisasi dan teknologi internet, maka memiliki koneksi internet yang handal menjadi suatu keharusan. Gunakan layanan internet IndiHome karena internet provider yang satu ini memiliki banyak program dan layanan paket internet yang beragam mulai dari Rp. 200.000 saja.


Sekarang mom tidak akan bingung lagi ya, apakah ingin membuat konten tulisan, gambar, suara atau video. Sekali lagi saya tekankan, cari dan gali potensi dan minat ya agar mom dapat membuat konten yang berkualitas karena mom menjalaninya dengan passion.


Tips Memilih Jenis Content Creator Ibu Rumah Tangga
Tips Memilih Jenis Content Creator Ibu Rumah Tangga (dok.pribadi)


Empowering society, Wujud Nyata IndiHome dalam Turut Serta Mendukung Content Creator Ibu Rumah Tangga



Dikutip dari situs swa.co.id, IndiHome sebagai layanan triple play milik BUMN PT Telkom Indonesia (persero) Tbk turut serta dalam memajukan perempuan Indonesia melalui program penerapan empowering society dengan mengusung konsep 3C (connectivity, creativity, dan charity) yang berkaitan dengan bidang pendidikan dan pemberdayaan ekonomi bagi perempuan.

Dalam aspek connectivity, Telkom Indonesia melalui IndiHome selalu memberikan layanan akses internet secara merata di seluruh Indonesia untuk mendukung produktivitas perempuan dan ibu rumah tangga sebagai content creator.

IndiHome juga kerap mengadakan program edukasi melalui program JOIN dengan berkolaborasi dengan local creative leaders.

Program empowering society IndiHome bertujuan agar perempuan dan ibu rumah tangga dapat terus secara produktif berkarya dan berkreasi, serta beraktivitas tanpa batas.



Empowering society IndiHome untuk content creator
Empowering society IndiHome untuk content creator (dok.pribadi data dari situs beritasatu)



menjadi content creator ibu rumah tangga bersama IndiHome
menjadi content creator ibu rumah tangga bersama IndiHome (dok.pribadi, data dari situs IndiHome)


Kesimpulan, Yuk Berkonten Ria Bersama IndiHome


Sebagai content creator ibu rumah tangga, saya sudah menjadi blogger sejak tahun 2012 dengan masa aktif mulai dari tahun 2018. Telkom Indonesia dan IndiHome secara nyata telah banyak membantu saya belajar dan berkembang menjadi blogger profesional sehingga saya dapat terus berkarya dan berdaya secara finansial.


menjadi content creator blogger dan ilustrator digital
menjadi content creator blogger dan ilustrator digital (dok.pribadi)


Selain itu, saya juga tetap berkarya membuat ilustrasi digital dan konvensional sejak tahun 2012 sebagai langkah mewujudkan impian saya sebagai ilustrator. Instagram adalah plaform dimana saya membuat konten gambar yang menampilkan karya ilustrasi atau video dibalik layar membuat ilustrasi. 

Jadi bisa dikatakan, saya adalah content creator ibu rumah tangga yang membuat konten tulisan di blog (blogger) dan konten gambar di instagram (ilustrator). Dua profesi yang membuat saya bisa menjadi ibu rumah tangga berdaya dan berkarya dengan menghadirkan konten bermanfaat sesuai dengan passion yang saya miliki yaitu menulis dan menggambar. 

Dengan menjadi content creator,  saya tidak hanya menemukan kembali jati diri saya sebagai seorang perempuan yang ekstrovert dimana membutuhkan aktualisasi diri lewat karya konten tulisan dan gambar tapi juga saya bisa membantu finansial keluarga.

Yuk mom, kita terus mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas diri dengan menjadi content creator yang mampu menghadirkan konten berkualitas bersama IndiHome.

20 komentar

  1. Kehadiran internet ini, memang semakin membuka peluang terhadap ibu rumah tangga ya, Mbak. Jadi walau di rumah, tetap bisa berkembang, dan bahkan menghasilkan uang. Dan salah satu kunci utamanya adalah, memang harus memilih dulu sesuai yang disukai, agar enjoy saat menjalankan prosesnya.

    BalasHapus
  2. Semangat buat para ibu yang terus mengasah skillnya menjadi konten kreator, karena banyak hal ya yang bisa didapat apalagi punya dukungan internet cakep nih

    BalasHapus
  3. Peluang jadi konten kreator bagi emak2 tuh banyak banget sih. Mulai dari parenting, food, beauty, edukasi hingga keuangan pun cocok deh.

    Apalagi didukung internet IndiHome yang cepat dan stabil. Jadi konten kreator makin gampang deh.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah. Sangat berdaya sekali para ibu rumah tangga dengan adanya internet dan edukasi bagaimana cara menggunakan internet untuk membuat konten yang positif bahkan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah

    BalasHapus
  5. sebagai ibu rumah tangga memang kita memiliki sedikit waktu luang ya kak, biasanya itu yang bisa kita maksimalkan untuk bikin konten di rumah

    BalasHapus
  6. Memang sekarang ini dengan adanya internet IndiHome, para ibu rumah tangga bisa produktif dengan menjadi konten kreator

    BalasHapus
  7. Sekarang susah ya kalau di rumah nggak ada wifi. Karena dengan koneksi internet yang lancar, kita bisa memaksimalkan potensi diri, salah satunya adalah dengan menjadi content creator!

    BalasHapus
  8. kereeen. aku selalu salut sama perempuan yang sudah menikah dan tetap mau develop skillnya. kok nggak capek ya tapi? hehe. semangat mbak!

    BalasHapus
  9. Indihome salah satu provider internet yang rekomended dan mengikuti kebutuhan pasar untuk selalu update terbaru. Ibu rumah tangga sekarang enak bisa berkarya dari rumah saja asap mau belajar dan belajar (gusti yeni)

    BalasHapus
  10. Sekarang jadi ibu rumah tangga ga perlu lagi bingunh mau ngapain biar tetap berdaya dari rumah. Bjsa jadi content creator aja ya

    BalasHapus
  11. Terima kasih mom idenya bikin aku termotivasi lagi mengali ide dan upgrade skill

    BalasHapus
  12. Kehadiran IndiHome memang ngebantu banget, aku juga ngonten Kak. Pengen bikin konten suara/audio juga, hehehe.

    BalasHapus
  13. Buat ibu rumah tangga memang banyak sekali cara untuk menghasilkan cuan. Jadi konten kreator bisa banget, dan banyak pilihannya.

    BalasHapus
  14. Hampir barengan kita mbak, aku kenal blog kurang lebih juga tahun 2012-an. Sampai akhirnya tahun 2018 memutuskan untuk langganan IndiHome untuk mendapatkan berbagai kemudahan. Alhamdulillah, lancar pekerjaan sampai sekarang. Meskipun oencapaianku belum seperti mak-mak yang lain tapi aku bersyukur bisa di titik ini.

    BalasHapus
  15. Semangat terus berkarya eka, kebetulan kita punya ketertarikan yg sama, soalnya saya juga menyenangi dunia digital khususnya bidang ilustrasi digital dan blog.

    BalasHapus
  16. Makanya saya pun bisa memanfaatkan internet dengan baik dari rumah
    Biarlah di luar sana diomongi IRT doang tapi di dalam rumah terus berkarya

    BalasHapus
  17. Keren-keren banget konten kreator zaman sekarang. Selain konsistensi, ide juga gak boleh lupa mengenai jaringan internet yang mendukung. Anti nge-lag, buffering apalagi sampai ada kendala yang lamaaa sehingga menghambat menyelesaikan konten. hiiks~
    Kudu pilih IndiHome, jaringan wifi rumah yang jelas kenceng dan anti nge-lag.

    BalasHapus
  18. seru yaaa, sekarang di rumah pun kita bisa berkarya dan cari duit :D tapi emang gak gampang sih prosesnya untuk jadi content creator tuh, pasti banyak yang dikorbanin juga

    BalasHapus
  19. Memang bener si ya, semua tergantung kita mau memulainya dulu apa engga, karna sebenernya banyak peluang

    BalasHapus
  20. meski sbg ibu rumah tangga kita tetap bisa berkarya ya mba. Yang terpenting kita mau belajar dan mencoba. Apalagi ada dukungan internet dri indihome.

    BalasHapus