Logo Komunitas BRT Network

Tips Persiapan Mudik Lebaran Lancar dan Aman

Tips Persiapan Mudik Lebaran
Tips Persiapan Mudik Lebaran 

 


Bulan Suci Ramadan baru saja memasuki hari pertama dan Perayaan Idul Fitri memang masih jauh, tapi tidak ada salahnya mempersiapkan mudik agar lancar dan aman bersama keluarga sedari sekarang. 


Mudik memang sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia sejak dulu. Kapan tepatnya? 


Disadur dari Wikipedia, Mudik merupakan  kegiatan perantau/pekerja migran untuk pulang ke kampung halamannya yang  identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan seperti perayaan  Idul Fitri, Natal & Tahun Baru, Idul Adha dan Hari besar Nasional. Namun mudik memang lebih identik dengan mudik lebaran ya. 


Kata mudik berasal dari kata "udik" yang artinya selatan/hulu yang memiliki sejarah sejak  urbanisasi yang terjadi besar-besaran di Batavia ( Jakarta) disertai dengan kegiatan suplai hasil bumi daerah kota Batavia yang diambil dari wilayah-wilayah Batavia  di selatan sehingga  muncul istilah milir-mudik. 


Teori lain menyatakan  kata "Mudik" berasal dari akronim dua kata dalam bahasa Jawa yaitu "Mulih dhisik" yang bermakna "Pulang dahulu". 


Seorang Antropolog UGM, Prof Heddy Shri Ahimsa-Putra bahkan menyatakan bahwa istilah mudik mulai dikenal luas di era tahun 1970-an pasca  masa orde baru melakukan pembangunan pusat pertumbuhan di kota besar yang menyebabkan masyarakat  melakukan urbanisasi ke kota besar lalu menetap untuk  mencari pekerjaan dan kembali pulang ke kampung halaman pada momen penting seperti perayaan hari besar keagamaan. 


Terlepas dari berbagai versi sejarah asal - muasal kata mudik, kegiatan mudik memang sudah menjadi kegiatan reguler setiap tahun yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia setiap tahun terutama ketika menghadapi Hari Raya Idul Fitri. 


Kegiatan mudik umumnya dilakukan bersama keluarga dengan mengunjungi sanak saudara di kampung halaman dalam rangka menjalin silaturahmi. Mudik lebaran memang kegiatan yang menyenangkan sekaligus membahagiakan karena akan bertemu sanak saudara. 


Namun ada hal - hal yang perlu diperhatikan agar mudik lancar dan aman bersama keluarga terutama ketersediaan jaringan internet cepat agar komunikasi dan aktivitas digital anda tetap dapat dilakukan selama mudik lebaran dengan lancar. 



Pengalaman Mudik Lebaran Bersama Keluarga


Saya dan keluarga berdomisili di Bandung, namun keluarga besar saya  berada di Cianjur dan Suami berada di Garut. Hai ini agak membingungkan memang karena kami tidak dapat mengunjungi Cianjur dan Garut dalam waktu bersamaan. Akhirnya kami memutuskan untuk membagi “jatah” mudik lebaran pulang kampung ke kota Cianjur atau Garut bergantian setiap tahun. 


Rasa bahagia bertemu sanak saudara dan keluarga besar di kampung halaman sangat terasa begitu kami touchdown di gerbang kota. Terlebih saya dan suami hanya dapat bertemu keluarga besar satu tahun sekali karena kesibukan kegiatan sehari-hari. Tak lupa kami membawa oleh-oleh khas Bandung seperti keripik pisang, kering tempe, oncom dan lain sebagainya. Apakah kami pulang membawa oleh-oleh? Tentu saja, hehe.

 

Setiap mudik lebaran ke Cianjur, saya selalu menyempatkan menyantap bubur Cianjur kesukaan saya dan pulang membawa manisan, kue mochi serta tauco. Begitu pula setiap kami mudik lebaran ke keluarga suami di Garut. 


Keluarga disana selalu membekali kami dengan hasil panen padi, hasil panen kebun seperti petay ( wow, maknyus ya? Hehe), opak siap goreng dan pisang serta alpukat. Sudah barang tentu barang bawaan kami lebih banyak ketika pulang dibandingkan ketidak datang ya, hehe.


Alhamdulillah setiap perjalanan mudik lebaran kami lancar karena kami memanfaatkan jaringan internet cepat untuk mengetahui informasi arus lalu lintas selama mudik. Sehingga kami dapat menghindari rush hour ketika berangkat mudik begitu pula ketika pulang. Tak lupa kami menyiapkan kuota Telkom Indonesia agar perjalanan mudik kami lancar dan kami masih bisa tetap berkomunikasi dan melakukan aktivitas digital selama perjalanan mudik lebaran.



Tips Mudik Lebaran Aman dan Lancar Bersama indiHome


Mudik yang aman dan lancar tentu dambaan setiap keluarga bukan? Aman dari kecelakaan dan aman dari kehilangan harta benda juga lancar diperjalanan tanpa hambatan. Agar anda dapat mudik lebaran aman dan lancar bersama keluarga. Yuk ikuti tips mudik lebaran berdasarkan pengalaman saya dan keluarga berikut ini : 


1. Buat Itinerary Mudik Lebaran


Agar mudik lebaran bersama keluarga aman dan lancar, ada baiknya anda membuat itinerary mudik lebaran anda seperti : 

  • Berapa jumlah anggota keluarga yang ikut mudik?
  • Berangkat menggunakan kendaraan apa?
  • Kemana tujuan mudik?
  • Berapa lama liburan?
  • Tanggal berapa keberangkatan dan pulang mudik lebaran?
  • Berapa biaya perjalanan mudik lebaran

Dengan membuat itinerary mudik lebaran, maka mudik dan liburan Idul Fitri anda akan terkendali, aman dan lancar. Anda dapat memanfaatkan jaringan internet cepat IndiHome anda dengan mengunduh aplikasi google sheet atau note untuk membuat itinerary mudik lebaran anda. Aplikasi jenis ini akan memudahkan  anda dalam membuat itinerary. 



2. Membeli Tiket Sebelum Hari Keberangkatan Mudik Lebaran


Setelah membuat itinerary mudik lebaran maka anda dapat mengetahui jenis kendaraan apa yang akan digunakan untuk mudik dan berapa jumlah anggota keluarga yang akan ikut mudik. 

Jika anda memutuskan mudik lebaran menggunakan moda transportasi kereta api atau Bus, anda dapat memesan tiket perjalanan jauh sebelum tanggal keberangkatan. Anda dapat memesan tiket bus atau kereta api melalui platform traveling dan pastikan jaringan internet cepat anda terhubung dengan baik agar pemesanan tiket berjalan lancar.



3. Persiapkan Kendaraan Mudik Lebaran


Jika anda hendak mudik lebaran menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, pastikan kendaraan anda dalam kondisi aman. Service kendaraan anda sebelum digunakan untuk mudik lebaran dan pastikan kondisi rem, mesin, oli dan lain sebagainya dalam kondisi prima.

Anda dapat memesan booking service kendaraan anda melalui platform aplikasi service kendaraan yang ada di kota anda. Cara ini lebih praktis lho. Pastikan jaringan internet IndiHome anda terpasang ya, agar pemesanan booking service tidak terkendala.



4. Buat Daftar Barang Bawaan 


Jangan sampai mudik lebaran membawa barang yang tidak perlu sehingga tidak terpakai dan terbawa pulang kembali dalam keadaan utuh tidak terpakai. Hal ini akan menyebabkan anda membawa beban muatan terlalu banyak. Pastikan barang bawaan anda sesuai dengan kebutuhan, seperti pakaian ganti anda dan keluarga, alat mandi, make up, obat-obatan, oleh-oleh yang akan dibawa untuk sanak keluarga, alat elektronik seperti charger dan lain sebagainya.



Tips perisiapan mudik lebaran
Tips perisiapan mudik lebaran


Mudik bareng jaringan internet cepat
Mudik bareng jaringan internet cepat



5. Memantau Informasi Terkini Arus Lalu Lintas


Manfaatkan layanan jaringan internet cepat IndiHome untuk memantau kondisi arus lalu lintas terkini agar perjalanan mudik anda lancar. Terlebih bagi anda yang hendak mudik menggunakan kendaraan pribadi. Dengan memantau arus lalu lintas anda dapat berangkat mudik pada jam-jam tertentu yang tidak terlalu padat sehingga mudik anda lancar tanpa mengalami kemacetan yang terlalu parah.



Pastikan Jaringan WIFI Rumah Terpasang dan Menyiapkan Kuota


Tidak hanya wifi rumah, pastikan wifi di rumah sanak keluarga anda terpasang agar aktivitas digital selama mudik lebaran tetap dapat dilakukan. Jika di tempat tujuan mudik anda tidak memiliki jaringan internet cepat, anda dapat menyiapkan kuota unlimited dari Telkom Indonesia.  



Kesimpulan


Mudik lebaran memang kegiatan tahunan yang menyenagkan ya, karena kita akan bersilaturhami dan temu kangen dengan keluarga besar yang jarang sekali bertemu. Untuk itu menyiapkan berbagai hal seperti yang saya sebutkan diatas cukup penting agar perjalanan mudik lebaran anda bersama keluarga aman dan lancar. 


Begitu pula terkait keberadaan jaringan internet cepat yang sangat dibutuhkan selama anda mudik lebaran. Tidak hanya akses wifi rumah tetapi juga kuota pada smartphone anda untuk membuat itinerary mudik lebaran secara online, memesan tiket, memantau arus lalu lintas hingga berkomunikasi dengan kerabat, teman dan klien anda selama mudik lebaran.


IndiHome merupakan provider internet yang menyediakan berbagai macam paket wifi rumah yang sesuai dengan budget dan kebutuhan aktivitas digital anda. Kelebihannya yang memiliki banyak layanan dan fitur dengan akses internet tanpa hambatan serta tahan terhadap cuaca akan sangat  membantu anda selama merencanakan mudik lebaran.  Pastikan jaringan internet cepat IndiHome anda terpasang dan siapkan kuota untuk smartphone anda dari Telkom Indonesia agar mudik anda aman dan lancar.


Selamat mudik lebaran terus piknik dan salam hangat untuk sanak keluarga tercinta anda. 

66 komentar

  1. Persiapan mudik bahkan beberapa bulan sebelumnya, apalagi pakai transportasi umum. Di sini keluarga besar, klo mudik berasa kayak pindah rumah🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saking banyaknya yang harus dipersiapkan dan dipastikan sudah siap berangkat, bahkan rencananya jalannya juga disusun sampai tanggal kepulangan dan nggak lupa sama perkiraan dana yang bakal dikeluarkan sih ya, makanya urusan mudik tuh persiapannya panjang dan dari jauh jauh hari.

      Hapus
    2. Betul itu. Jangankan yang mudiknya jauh. Saya aja mudik cuma beda kecamatan, wah persiapan nya banyak banget. Hehehe

      Hapus
  2. tahun ini jadi tahun pertama mudik bareng paksu nihhh, so excited tapi ya gitu y mba, harus atur waktu ke rumah orang tua dan mertua hihi... akses internet pas lebaran juga jadi kebutuhan penting tuh, mesti disiapin juga yaa

    BalasHapus
  3. Wah menyenangkan sekali ya kak liburan ama keluarga di kampung. Emang harus menyiasati utk lebaran bergantian di keluarga suami & istri biar ga saling iri. Yang penting tali silaturahmi ga putus. Selamat berlebaran kak.

    BalasHapus
  4. MasyaAllah jadi auto inget tauco kalau ngomongin Cianjur. Eh, ternyata ada Mochi juga, ya, dikira di Sukabumi doang adanya.
    Kalau silaturahmi lebaran ke keluarga atau orang tua itu memang legend banget, ya, bawa oleh-olenya sekresek pulangnya bawa sekarung.. wkwkwk

    BalasHapus
  5. Cianjur nya mana? Boleh ketemuan? Saya di Karangtengah.
    Kalau Garut, saya di Cilawu, perbatasan dengan Tasik sih...
    Saya biasanya sekarang kalau ke Garut pakai jalan lintas selatan.

    BalasHapus
  6. Kalo mudik memang segalanya harus dipersiapkan baik² yah, teh. Biar nggak cuma lancar diperjalanan tapi juga nyaman dan selamat pergi dan pulangnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener. Banyak banget emang yang harus disiapin sebelum berangkat mudik, bahkan sampai nanti pas perjalanan pulangnya gimana juga sudah harus dipikirkan dari jauh-jauh hari biar nyaman sepanjang momen libur lebaran.

      Hapus
  7. Memantau arus lalu lintas sih yang buatku juga nggak kalah penting setelah berbagai itinerary yang sudah diatur dengan segala rupa persiapan lainnya. Kalau jaringan nggak mendukung pas lagi di jalan tuh, repot banget. Kan nggak nyaman kalau sampai harus kejebak macet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi kalau mudik bawa balita ya kaan. Pasti ngga nyaman banget selama perjalanan jadi cepet bosen. Sesekali main hp gpp sih buat selingan biat ngga bete. Pastikan pake paket kuota unlimited dari Telkom Indonesia biar ngga putus2 koneksi.

      Hapus
  8. Wah penting banget nih tips mudiknya, jangan lupa bikin itinerary juga pokoknya. Apalagi buat yang bawa kendaraan pribadi harus memastikan pantau informasi terkini arus lalu lintas pake internet cepat. Biar update mana jalur yang macet dan bisa cari alternatif jalan lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Lewat jalan tol ataupun bukan, informasi lalulintas saat dalam perjalanan itu penting banget diketahui. Jadi internet emang harus terkoneksi ya

      Hapus
  9. Kalau mau mudik barang bawaan memang kudu seperlunya. Kalau kebanyakan yang ada rempong deh bawanya gimana coba, makan tempat pula kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. heem, kemaren pertamakali mudik sama Paksu bawa kendaraan sendiri malah jadi kaya boyongan, padahal mah ga dipake2 amat tuh barang yaa

      Hapus
  10. Persiapan m,udik jadi lebih mudah ya dengan bantuan internet provider IndiHome. Sebelum mudik bisa memantau Google maps juga, mana rute yang aman dan apa aja yang perlu dipersiapkan semua dapat diketahui dari internet.

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah aku udah sampai dengan selamat di kampung halaman sekarang. Mudik lebih awal Teh, demi menghindari antrian yang me gular. Daan emang butuh persiapan yang panjang sebelum mudik. Aku bahkan sudah buat itinerary mau ngapain aja saat mudik, jauh hari. Ini emang membantu banget. Oh ya dan satu lagi kuota unlimited dari Telkom Indonesia yang utama kupersiapkan. Agar mudik lancar bisa kirim-kirim kabar ke sanak keluarga yang lain.

    BalasHapus
  12. Saya suka Mochi nya Cianjur, apalagi packagingnya khas pake bambu. Mudik jarak dekat atau jauh tetap perlu memperhatikan informasi lalu lintas saat diperjalanan, memantau live maupun ulasan di artikel yang memberikan informasi lalu lintas, tentunya bisa dengan mengoptimalkan internet yang ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain manisan khas Cianjur, Mas Ugi. Beuh, sueger banget dah, atau kalau mau buat bumbu masakan, cobain tauco-nya yang otentik banget Cianjur-nya

      Hapus
  13. Lengkap banget tips and trik mudiknya mba
    Semoga mudiknya lancar yaa dengan jaringan IndiHome

    BalasHapus
  14. Selamat mudik kak Ekaaaa. Aku alhamdulillaah ngga mudik sih hehehe tapi alhamdulillah yaa skrg tuh jadi lebih mudah mau silaturahim karena ada internet, masyaAllah

    BalasHapus
  15. Jadii teringat tahun dulu pas masih merantau, mau lebaran mudik, memang banyak yg disiapkan.

    Terus, tadi pagi adik saya baru aja pulang kampung. Selain kesehatan, infonya, kesehatan juga harus dipersiapakan, dan harta benda.

    BalasHapus
  16. Bikin jadwal nih penting bgt. Maklum yak lebaran pasti ruame bgt. Jangan sampe udah pergi jauh2 tp zonk gegara nggak bikin jadwal dan ngabisin waktu di jalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah benar kak.
      Jadi istilahnya tuh kayak punya plan A plan B ya biar ada alternatif mau lewat mananya

      Hapus
  17. Aku baru tahu kalau mudik berasal dari kata udik. Memang benar banget kalau mudik itu persiapannya yang bikin pusing

    BalasHapus
  18. Aku pun dulu kalau Lebaran, giliran per tahun berkunjungnya. Tapi ya cuma Jakarta-Bandung aja sih gantian. Ingetnya sih macetnya aja nih kalau perjalanan jauh musim Lebaran. Jadi harus siap fisik, mental, dan kuota internet deh buat mantau lalu-lintas di jalan...

    BalasHapus
  19. Seruuu kalau baca pengalaman orang-orang yang mudik. Entahlah kalau mengalaminya sendiri :)) Pernah sih sekeluarga mudik-mudikan ke kampung ibu. Sampai sana yang ada malah cengo karena orang-orang yang dikenal ibu udah meninggal atau merantau semua. >.<

    BalasHapus
  20. Ikut senaaaang..
    Mudik tahun ini alhamdulillah banget ya.. sudah aman dan semoga sehat semua.
    Merasakan segala euforia persiapan mudik ini meskipun ribet, tapi tetep senyum karena bertemu dan berkumpul kembali dengan keluarga.

    BalasHapus
  21. koneksi internet yang bagus nih bisa memudahkan kita di perjalanan, sekaligus buat hiburan yaa apalagi yang mudiknya jauh banget

    BalasHapus
  22. Bahagia liat orang mudik, kek meriah gitu. Suasana persiapan sampai datang ke kampung halaman pasti memorable banget. Alhamdulillah ngga pernah mudik, walau ya...itu tadi...kek pengen mudik :)

    BalasHapus
  23. Memantau kondisi terkini arus lalu lintas ini penting banget saat mudik. Biar gak terjebak macet dan perjalanan lebih aman serta tenang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget, karena kudu pinter-pinter juga ya cari strategi mudik biar ga pusing di jalan

      Hapus
  24. Yang bikin repot mudik emang bawaannya seabrek hihi. Tapi gpp lah ya setahun sekali 🥰

    BalasHapus
  25. Lengkap banget tipsnya nih kak, berguna banget buat yang mau mudik lebaran.
    Tapi ribet ya kalo mudik bawa banyak barang/bawaan belum lagi kalo ada anak2.
    Itu harus ekstra heheheh :D

    BalasHapus
  26. iya nih kak enaknya kalau kita pas mudik juga buat kegiatan sama keluarga ya, apalagi kalau mudiknya bareng2 sama anak bakal lebih menantang juga hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, smpe skrgg tantanganku bawa anak pas bepergian apalagi pas ada acara di luar kota pas musim lebaran. huhu jadi tantangan tersendiri sampe kadang gabisa tidur

      Hapus
  27. Aaw, jadi inget pas kecil dulu mudik roadtrip dari Malang ke Bukittinggi. Dulu sih gada internet yak, cari rute pake GPS (Gerakan Penduduk Setempat), HAHA! Sekarang ada IndiHome, mudik makin mudah dan ga nyasar dibantu interrnet.

    BalasHapus
  28. Makasih banyak sharingnya mbak, ini ngebantu banget buat saya yang mudiknya pasti bawa anak hehehe

    BalasHapus
  29. Betar bentar kak, gimana cara internet unlimited?

    Mudik emang seru ya tapi butuh akses internet cepat biar bisa bikin itinerary dan biar gak nyasar juga, malah capek di jalan.

    BalasHapus
  30. Internet selama mudik sangat penting banget, terkadang walau semua sudah dipersiapkan sedetail mungkin tapi saat di perjalanan mudik ada aja yang harus di browsing untuk memastikannya.

    BalasHapus
  31. Saya paling bahagia menghadapi momen idul fitri dan mudik ke kampung halaman. Terutama jika THR nya mendukung, wkwk... Selain itu, fisik dan psikis juga harus sehat sehingga bisa silaturahmi dengan lancar.

    BalasHapus
  32. Betul banget Mbak. Aku dulu penakut, tapi jaman internet sekarang ini sudah nggak gitu khawatir selama ada internet. Apalagi kalau daftar wifi.id lewat indihome, biar keluar rumah masih bisa dapat internet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang udah seharusnya teknologi itu memudahkan dan ngebantu banget ya kayak IndiHome gini ya, kak?

      Hapus
  33. Sekarang mudik makin asyik karena jalan tol sudah dibuka. Ke Jawa juga makin cepat. Kalo capek tinggal ke rest area atau putar film/musik di sepanjang perjalanan. Internet nggak usah khawatir krn ada IndiHome dan WiFi id.

    BalasHapus
  34. Tips mudiknya lengkap banget, Kak. Segala persiapan terrinci dengan baik termasuk oemesanan tiket.

    BalasHapus
  35. Dulu, jamannya saya masih merantau di Jakarta, kalau waktu mudik bahagia banget. Bareng sama Om, Tante, Budhe, saudara sepupu, dan lainnya. Seseru itu, macet di perjalanan dan lainnya. Dulu saya hanya bisa mengandalkan kuota HP saja, kalau sekarang enak ya, sudah ada wifi by IndiHome. Mau konek internet di mana saja ok.

    BalasHapus
  36. Berkat jaringan internet lancar, saya bisa zoom ke semua keluarga, karna memang jaraknya jauh2, jadi wae lewat daring. Tapi alhamdulillah lancar zoom, mudik ke kampung istri juga selamat sampai tujuan.

    BalasHapus
  37. Persiapan mudik emg harus dibuat jauh2 hari. Bahkan bulan biar dpt tiket murah hehe. Bikin itinerary juga penting biar nggak bingung di jalan dan jadi buang waktu. Apalagi kalo lebaran padet bener jalanannya

    BalasHapus
  38. saya kemarin mudik sekeluarga ke banjarnegara juga alhamdulillah lancar kak. untung juga di rumah mertua sudah pakai indihome jadi nggak ada masalah internet di sana

    BalasHapus
  39. kalau zaman now, mudik nggak mudik yang penting internet lancar jadi memudahkan segalanya. noted memang mudik lebih mudah kalo kita buat itinerary

    BalasHapus
  40. Setuju ini kalau keberadaan internet sangat membantu dalam hal informasi mudik dkk. Termasuk resto terdekat, atm, dll

    BalasHapus
  41. Kalau mudik persiapan kudu mateng banget dari printilan kecil kecil sampe persiapan kendaraan yang mau digunakan. Harus bisa mengakomodir banyak kebutuhan. Internet juga jadi salah satu kebutuhan saat mudik ya

    BalasHapus
  42. saya setuju banget dengan tips mudik lebaran ini mbak, karena memang kita harus mempersiapkan segala sesuatu agar ketika dalam perjalanan tidak ada yang tertinggal. Nah, keberadaan internet juga sangat membantu di perjalanan

    BalasHapus
  43. Tips tips mudik seperti ini pastinya bermanfaat banget buat para pemudik dan pastinya bakal ngebantu banget dapat informaai apapun soal mudik

    BalasHapus
  44. Indihome memang bagus pelayanannya dan mau gerak cepat update kebutukan konsumen saat ini. (Gusti yeni)

    BalasHapus
  45. Mudik memang ribet, tapi selalu ngangenin dan menyenangkan.
    Bicara soal mudik dan internet, kehadiran internet sangat ngebantu banget sih, apalagi kalau naik kendaraan umum dan beli tiket secara online, butuh koneksi internet yang stabil kayak IndiHome.

    BalasHapus
  46. Mudik memang butuh persiapan ya mbak
    Biar saat mudik bisa lancar
    Beruntung ada internet cepat dari IndiHome
    Persiapan mudik jadi lancar deh

    BalasHapus
  47. Setiap perjalanan ini punya kisah.
    Pas mudik beberapa tahun lalu, aku melupakan tas bawaanku di sebuah hotel. Tapi sayangnya, pas balik, tas itu uda gak ada. Hiiks~
    Salahnya memang ketinggalannya bukan di dalam hotelnya, melainkan di area parkir.

    Jadi belajar kalo bepergian, teliti dulu dengan barang bawaan.
    Selain tetap saling menjaga anak-anak juga.

    BalasHapus
  48. Kami memang engga mudik, engga punya kampung halaman. Hiks...Main aja ke adik-adikku di Jakarta. Untungnya di rumah adik di JKT pun ada IndiHome. Nonton streaming aman, bahkan bisa ngejob tipis-tipis...

    BalasHapus
  49. Mudik jadi hal yang dinanti saat jelang Lebaran. Ngumpul bersama keluarga adalah kebahagiaan bagi Kita semua. Makanya persiapannya harus optimal Dari kendaraan, bawaan dan kondisi fisik juga harus fit

    BalasHapus
  50. Mudik emang jadi rutinitas identik dengan lebaran. Bener bahwa penting membuat itinerary biar liburan semakin terarah.

    BalasHapus
  51. ketika mudik memang penting juga memperhatikan jaringan internet. baik ketika perjalanan maupun ketika sampai di tujuan atau di suatu tempat. agar mudiknya semakin lancar. misalnya bisa mengaktifkan GPS atau google map ketika perjalanan

    BalasHapus
  52. Aku setiap pulang kampung setahun sekali, pasti sudah coret-coret itinerary sejak dari rumah. Soalnya di rumah udah pakai IndiHome dong. Jauh hari sebelum berangkat sudah aku siapkan. Tujuannya biar liburan di kampung maksimal. Kalau pun schedule berubah, yaaa gak jauh-jauh amat lah revisinya. Hehehe.

    BalasHapus
  53. Indihome emang solusi banget sih buat koneksi internet. Kemaren aku nyaranin ke keluarga suami buat pasang disana, karena pas lebaran disana, providerku beneran gak ada sinyal. Klo dirumahku sih uda pake indihome dari lama.

    BalasHapus
  54. Bagus ini tipsnya, memang penting melakukan persiapan sebelum pergi mudik.
    Ah, mudik, saya sendiri udah lama enggak mudik, udah enggak punya kakek dan nenek, juga udah tinggal di daerah yang lebih deket dengan saudara, kangen mudik.

    BalasHapus
  55. Bikin itinerary ini yang kadang lupa buat dilakukan, karena terasa "ah ngalir aja besok bla bla bla" dan hasilnya acakadut jadwal dan rute jalan2nya. ahaha. been there.

    BalasHapus