Logo Komunitas BRT Network

Apa Itu Korsvet dan Manfaatnya Untuk Pastry

Apa Itu Korsvet
Apa Itu Korsvet dan manfaatnya untuk pastry

Ketika pertama kali mengenal pastry, ada banyak sekali kosakata pastry yang terdengar asing bagiku, seperti korsvet. Apa itu korsvet? Kok terdengar seperti korset ya? Hihihi, iih beda atuh itu mah!

Ternyata, dalam dunia baking ada yang namanya shortening yang menurut Wikipedia merupakan lemak apa pun yang padat pada suhu ruangan dan digunakan untuk membuat kue kering dan produk makanan lainnya.

Sedangkan menurut cakesusumoo, shortening juga dikenal dengan nama lain “Mentega Putih” yang merupakan lemak yang dapat disantap yang digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti membuat adonan roti dan kue.

Terdapat beberapa jenis shortening, diantaranya butter atau mentega, Emulsified shortening (mentega putih), Margarin, Puff pastry shortening, Cooking oil (minyak) dan korsvet.

Ya! Korsvet adalah salah satu jenis shortening atau lemak yang digunakan untuk membuat kue pastry. Lantas apa saja fungsi korsvet dan manfaatnya untuk pastry? Yuk baca selanjutnya.

Apa Itu Korsvet?


Dikutip dari beberapa sumber, Korsvet adalah jenis salah satu jenis shortening yang digunakan untuk membuat pastry dengan sedikit kandungan air sehingga teksturenya kering dan padat jika dibandingkan mentega biasa. Karakter korsvet yang demikian menyebabkan hasil pastry yang renyah saat dipanggang.

Secara global, korsvet dibuat dari olahan lemak babi, tapi di Indonesia korsvet sendiri dibuat dari olahan lemak sapi mengingat kehalalannya.

Korsvet memiliki tekstur dan rasa yang berbeda dengan margarine. Korsvet lebih memiliki rasa gurih dibanding margarin atau mentega yang menyebabkannya mampu memberikan rasa pastry yang lebih gurih.

Korsvet adalah
Pengertian Korsvet 

Manfaat Korsvet untuk Adonan Pastry


Korsvet merupakan margarin khusus untuk membuat pastry baik jenis puff pastry ataupun danish pastry. Kelebihan korsvet adalah titik lelehnya di atas suhu tubuh, dapat diaduk, digiling dan dilipat tanpa harus diberi pelumas

Penggunaan korsvet dalam adonan pastry dapat membuat adonan menjadi lebih kuat, tidak retak saat melalui proses pelipatan dan penggilasan adonan.

Penggunaan korsvet dalam pastry juga diperlukan untuk menghasilkan tekstur yang pas seperti croissant misalnya dimana croissant memiliki karakter lapisan kulit yang banyak.

Jenis korsvet yang Umum Digunakan


Terdapat beberapa jenis korsvet selain dari olahan lemak sapi yang dapat digunakan untuk membuat pastry, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Korsvet mentah

Korsvet mentah merupakan korsvet yang tidak diproses lebih lanjut dan memiliki kandungan air yang lebih tinggi daripada jenis korsvet lainnya.


2. Korsvet olahan 

Korsvet olahan adalah korsvet yang memiliki tekstur lebih padat dan lebih kaya rasa daripada korsvet mentah. karena korsvet olahan dibuat melalui proses menghilangkan air dan kotoran.

3. Korsvet tawar 

Korsvet tawar adalah korsvet yang tidak memiliki rasa dan biasanya digunakan untuk membuat pastry yang memiliki rasa yang kuat, seperti pie pastry.

4. Korsvet garam 

Korsvet garam adalah korsvet yang memiliki rasa garam dan sering digunakan untuk membuat pastry yang memiliki rasa gurih, seperti pastry keju.

5. Korsvet organik 

Korsvet organic adalah korsvet yang dibuat dari susu organik yang dihasilkan dari sapi yang diberi makan rumput organik. Korsvet organi memiliki rasa yang lebih kaya dan lebih sehat karena tidak mengandung bahan kimia.

Korsvet olahan di marketplace
Korsvet olahan di marketplace

Cara Penggunaan Mentega Korsvet untuk Olahan Pastry


Cara menggunakan korsvet yang tepat dapat menambah aroma, citarasa, dan tekstur pastry jadi lebih crunchy. Cara penggunaan korsvet yang benar adalah dengan meletakan korsvet ke bagian tengah adonan pastry yang akan digiling secara berulang hingga hasil adonannya bagus.

Dikutip dari globalsolusiingredia.com, Korsvet harus selalu berada dalam suhu dingin ketika digunakan untuk membuat pastry karena jika korsvet menjadi terlalu lembut atau meleleh saat diolah, adonan pastry tidak akan terbentuk dengan baik dan mungkin tidak memiliki struktur yang cukup kuat untuk bertahan selama proses panggang. Hal ini dikarenakan korsvet memiliki titik lebur yang lebih rendah daripada mentega biasa

Kesimpulan

Korsvet nyatanya memiliki peranan penting untuk menghasilkan adonan pastry yang kuat, lentur dan hasil akhir yang renyah. Kita bisa mengganti korsvet dengan margarine tapi hasilnya tidak akan sebagus menggunakan korsvet. Pastry yang dihasilkan tidak akan mengembang sempurna seperti menggunakan pastry dan kurang crunchy.

Itulah alasan mengapa korsvet memiliki harga lebih pricey dibandingkan harga margarine.

Dalam pembuatan pastry, pemilihan jenis korsvet yang tepat sangat penting untuk menghasilkan hasil pastry yang renyah dan mengembang. Setiap jenis pastry memiliki penggunaan Jenis korsvet yang berbeda seperti korsvet mentah yang biasanya digunakan untuk membuat pastry sederhana, sedangkan korsvet olahan digunakan dalam pastry yang membutuhkan proses penggilingan dan pelipatan yang lebih banyak.

Umumnya, korsvet yang digunakan adalah jenis korsvet mentahdan olahan  yang banyak tersedia di marketplace dengan berbagai merek. 


Referensi : 
https://globalsolusiingredia.com/blog/korsvet-bahan-rahasia-untuk-membuat-pastry-lezat-dan-renyah
https://www.cakefever.com/korsvet-adalah/
https://smartpluspro.com/articles-detail/mengenal-shortening-varian-lemak-serbaguna-untuk-bakery
https://globalsolusiingredia.com/blog/korsvet-bahan-rahasia-untuk-membuat-pastry-lezat-dan-renyah#:~:text=Saat%20membuat%20pastry%20dengan%20korsvet,tetap%20dingin%20selama%20proses%20pembuatannya.

13 komentar

  1. OOh ternyata korsvet ada macam2 ya. Belum pernah bikin croissant atau pastry yg butuh korsvet nih. Tapi dulu pernah lihat video cara bikin kue pake korsvet, dioles, dilipat, dioles lagi, dan lagi, sampai dipanggang dan hasilnya adalah kue yang renyah.

    BalasHapus
  2. Pas awal liat judulnya hampir salah fokus, dikiranya Korset.. ternyata jauh, haha.
    Baru dengar banget tentang Korsvet ini dan jenisnya ternyata banyak juga, ya.
    Yang sedang belajar pastry harus tau banget nih tentang informasi ini

    BalasHapus
  3. saya juga awalnya salah bavanya, Mbak. korsvet saya baca korset hahaha. Dan ternyata banyak juga beragam lemak yang digunakan untuk membuat kue ya. Khusus Pastry, korsvet ini memang cocok, karena adonan kuat dan tidak retak. apalagi kan Pastry itu banyak lipatan juga.

    BalasHapus
  4. Baru tahu tentang korsvet ini, saya tahunya cuam butter alias mentega sama margarin aja. Tapi ternyata korsvet ini margarin ya... jadi kalau saga bilang korsvet ini adalah jenis margarin, bener gak sih Mbak saya?

    BalasHapus
  5. Walau belum pernah membuat sesuatu dengan bahan bernama Korsvet, minimal punya gambarannya sedikit. Soalnya tahunya mentega dan butter gitu hehe

    BalasHapus
  6. Bagiku korsvet adalah ... pengetahuan umum. Hehehe.... Aku suka makan pastry makannya sering nyari info tentang pastry. Tapi bikinnya mah enggak.

    BalasHapus
  7. kalau ingat Korsvet aku langsung ingat ama croisant sih. lagsung kepengen dong! salah satu pastry yang nikmat dan ngga perlu ditambahin yang aneh aneh. Jadi nambah lagi nih pengetahuan tentang pastry

    BalasHapus
  8. Salah satu rahasia membuat pastry yang lezat dan lipatannya banyak yaa.. selain itu juga memudahkan ketika dipanggang karena adonan pastry menjadi lebih kering dan lebih renyah.

    Menggunakan korsvet yang berkualitas menjadi salah satu kunci terpenting saat pembuatan pastry.

    BalasHapus
  9. Saya baru tahu kalau korsvet itu banyak macam jenisnya. Yang saya ingat kalau cari korsvet itu harus hati-hati karena banyak yang tidak halal. saya juga suka pastry, tapi belumsempat coba masaknya.

    BalasHapus
  10. Mbaaa aku bacanya juga awalnya korset T.T. setelah baca ternyata semacam lemak yang dipakai dalam pastry. Maafkeun ya mbaa hihi

    BalasHapus
  11. Ohh bener yaa mba, aku tuh kalo makan pastry kadang kalo yg ngga pas gitu justru "nyethak" di lidah dan itu menurutku jackpot banget dan susah ilangnyaaa, ngga suka kalo yg kek gitu :((

    BalasHapus
  12. Jadi ini yang bikin pastry enak rasanya. Baru tau. Mirip butter gak sih? Apa emang ini butter?

    BalasHapus
  13. Wah, terima kasih atas informasinya! Jadi korsvet ini bener-bener jagoan ya untuk bikin adonan pastry jadi lebih oke. Kayaknya harus coba nih buat bikin croissant yang teksturnya pas banget. Bikin ngiler! 😋🥐

    BalasHapus