Logo Komunitas BRT Network

Mengenal Metode Pembuatan Puff Pastry dan Lipatan Pastry

metode pembuatan puff pastry
Mengenal metode pembuatan puff pastry dan lipatan pastry

Diantara semua jenis pastry, puff pastry merupakan varian pastry yang paling banyak dibuat karena puff pastry merupakan dasar kue pastry. Puff pastry memiliki ciri khas tekstur ringan serta flaky dan berlayer. Untuk menciptakan puff pastry yang flaky dan berlayer, kita perlu memperhatikan metode pembuatan puff pastry dan lipatan pastry

Pada dasarnya, metode pembuatan puff pastry terdiri dari tiga tahapan yaitu persiapan bahan, pencampuran adonan dan lipatan pastry.

Adapun dasar membuat puff pastry, memiliki empat metode pembuatan puff pastry yang biasa digunakan dan terdapat dua jenis lipatan puff pastry.

Sangat penting untuk mengetahui dan memahami dasar- dasar metode pembuatan puff pastry karena dasar inilah yang merupakan kunci utama dalam membuat puff pastry.

Yuk baca selanjutnya untuk mengetahui dasar dari metode pembuatan puff pastry dan melipat puff pastry.

Dasar - Dasar Metode Membuat Adonan Puff Pastry


Apa itu Metode Pembuatan Puff Pastry? Jadi intinya, metode pembuatan puff pastry adalah metode membuat adonan puff pastry dimana adonan pastry disatukan dengan lemak pastry menghasilkan adonan pastry yang sudah jadi atau bersatu.

Pada dasarnya, puff pastry dibuat melalui tiga tahapan penting yang akan mempengaruhi hasil puff pastry yang flaky, renyah dan berlayer. adonan puff pastry dibuat melalui empat tahapan utama, yaitu :

1. Membuat adonan dasar pastry atau biasa disebut Détrempe 

Adonan Détrempe terbuat dari tiga bahan utama yaitu terigu, air, garam dan margarine lalu campur dan aduk hingga hampir kalis, bungkus dengan plastik transparan lalu simpan di lemari es (resting) selama 20-30 menit.

2. Menyiapkan Lemak Pastry

Menyiapkan lemak pastry ( bisa menggunakan korsvet, margarine pastry sheet, margarine unsalted butter atau membuat adonan margarine pastry sendiri yang terbuat dari mentega, terigu dan air dengan takaran lebih banyak margarine dibanding terigu).

3. Penggabungan Adonan Détrempe  dengan Lemak Pastry

Tahap ini merupakan tahapan cukup penting yang akan menghasilkan jumlah layer pada puff pastry dan penentuan puff pastry akan merekah dan flaky atau tidak. Terdapat empat metode pembuatan puff pastry dimana setiap metode memiliki perbedaan metode dalam penggabungan adonan puff pastry atau Détrempe dan lipatan lemak.

4. Proses Penggilingan dan Lipatan Adonan Pastry

Prose atau tahapan keempat dalam membuat pastry adalah menggiling dan melipat adonan pastry yang sudah jadi.  Proses ini dilakukan sebanyak 3-4 kali dimana setiap penggilingan dan melipat dijeda dengan mengistirahtkan adonan dalam lemasri es  selama 20 - 30 menit. Teknik ini dilakukan sebanyak 3-4 kali sebelum pastry dibentuk dan dipanggang.Teknik lipatan yang digunakan tergantung pada jenis pastry yang ingin dihasilkan.

Empat tahapan diatas merupakan tahapan dasar dalam pembuatan puff pastry. Setiap tahapan wajib dilakukan dan tidak boleh terlewat.

Jenis - Jenis Metode Pembuatan Puff Pastry


Metode Pembuatan Puff Pastry
Mengenal Metode Pembuatan Puff Pastry dan Lipatan Pastry ( sumber kingarthurbaking)

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa terdapat empat metode pembuatan puff pastry seperti yang dijelaskan oleh Faridah, dkk (2008) yaitu metode Inggris, metode Scotch, metode Perancis dan metode Belanda. Keempat jenis metode tersebut tergantung pada jenis pastry yang ingin dihasilkan.

1. Metode Inggris


Metode Inggris Puff Pastry
Metode Inggris Puff Pastry


Metode Inggris merupakan metode penggabungan adonan Détrempe dengan lemak pastry dimana adonan Détrempe digiling hingga berbentuk persegi panjang lalu lemak pastry menutupi 2/3 permukaan adonan yang digiling. Selanjutnya, 1/3 bagian ujung yang tidak tertutup lemak dilipat ke tengah adonan lalu bagian ujung lainnya dilipat ke tengah hingga menutup lipatan pertama.

2. Metode Scotch

Metode Scotch adalah metode pembuatan puff pastry dimana bahan adonan Détrempe dan dibentuk dadu terlebih dahulu kemudian dimasukan langsung kedalam adonan (metode roll-in).

Metode Scotch puff pastry
Metode Scotch puff pastry


Dalam metode ini potongan lemak roll-in tidak membentuk lapisan lemak. Pada metode Scotch biasanya menggunakan dua kali lipatan pastry tunggal dan satu kali lipatan ganda. Metode Scotch biasanya digunakan untuk membuat pie dan juga sausage rolls sementara di Indonesia, metode Scotch banyak digunakan untuk membuat bolen pisang.

3. Metode Perancis

Dalam Metode Perancis, adonan Détrempe digiling lalu dipotong berbentuk persegi kemudian di bagian tengahnya diberi lemak berbentuk persegi lalu lemak pastry dibungkus seluruhnya dengan adonan Détrempe.

Metode Perancis puff pastry
Metode Perancis puff pastry

Seperti pada gambar di atas, pada metode Perancis lemak pastry diletakan diatas adonan Détrempe dengan bentuk seperti amplop.

4. Metode Belanda

Metode Belanda puff pastry
Metode Belanda puff pastry

Metode Belanda adalah metode pembuatan puff pastry dimana lemak pastry dikombinasikan dengan terigu dengan takaran resep terigu dibagi dua menjadi 1/7 dari ⅓ dimana 1/7 -nya digunakan untuk adonan lemak pastry sementara ⅓ terigu digunakan untuk adonan Détrempe. Dalam Metode Belanda, lemak pastry ditutup seluruhnya ke dalam adonan Détrempe.

Teknik Melipat Adonan Puff Pastry


Dalam membuat pastry terdapat teknik dan metode melipat adonan pastry dengan lemak pastry menggunakan salah satu jenis metode pembuatan pastry yang menghasilkan adonan jadi lalu digilas dan dilipat menggunakan teknik lipatan khusus. Terdapat dua(2) teknik lipatan puff pastry, yaitu :

1. Lipatan tunggal (single fold method)


Lipatan tunggal Puff Pastry
Lipatan tunggal Puff Pastry


Lipatan tunggal (single fold method) adalah teknik lipatan pastry dimana adonan pastry yang sudah jadi dilipat dan digilas menjadi bentuk empat persegi panjang dengan ketebalan adonan setebal jari (jangan sampai kurang) atau sekitar 12mm. Lipatan pastry tunggal tersebut lalu dibagi menjadi 3 bagian kemudian ⅓ bagian ujung dilipat ke tengah.

2. Lipatan Ganda ( Book Fold Method)

Lipatan Ganda Puff Pastry
Lipatan Ganda Puff Pastry


Lipatan ganda adalah lipatan adonan jadi dimana adonan jadi dilakukan lipatan tunggal dahulu sebelumnya lalu adonan digilas hingga mencapai ketebalan 6mm. 

Adonan tersebut lalu dibagi menjadi empat bagian dimana bagian 1 dan 4 dilipat ketengah hingga membentuk seperti lembaran kertas ada buku tulis kemudian digabungkan hingga membentuk satu bentuk lipatan. Setelah adonan jadi dilipat seluruhnya akan terlihat empat bagian lipatan.

Hal - Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Membuat Adonan Pastry

Untuk menghasilkan puff pastry atau jenis produk pastry lainya berhasil renyah, flaky dan berlayer maka kita perlu memperhatikan teknik pelipatan yang tepat.

Misalnya, untuk membuat puff pastry maka kita harus menggunakan jenis lipatan lipatan single yang dilakukan secara berulang sebanyak empat kali dan maksimal sebanyak enam kali. Sementara untuk membuat danish dan croissant menggunakan lipatan single sebanyak tiga kali dan maksimal empat kali.

Selain banyaknya teknik lipatan yang dilakukan, kita i juga perlu memperhatikan hal - hal berikut ketika membuat adonan pastry, yaitu :
  1. Perbandingan adonan Détrempe dan adonan lemak pastry 1:1.
  2. Saat adonan pastry digilas, jangan digilas sampai tipis dengan optimum ketebalan sekitar 15 mm. Adonan pastry yang digilas terlalu tipis akan membuat adonan mudah pecah dan tidak mengembang saat dipanggang
  3. Proses resting atau penyimpanan adonan pastry dalam lemari es sebanyak empat hingga enam kali sangat perlu dilakukan agar gluten cukup terbentuk hingga adonan pastry elastis dan kuat.
  4. Setiap proses pelipatan dan penggilingan setelah resting, lakukan penggilingan dan lipatan selanjutnya ketika adonan masih dalam keadaan dingin dan beri tepung tabur tapi tidak terlalu banyak.

Kesimpulan


Dari pembahasan diatas, dapat disimpulkan bahwa :
  1. Metode pembuatan puff pastry adalah metode roll in atau penggabungan adonan Détrempe dan adonan lemak pastry
  2. Teknik lipatan puff pastry adalah teknik lipatan adonan pastry yang sudah jadi dimana adonan Détrempe dan adonan lemak pastry digabungkan menggunakan salah satu metode pembuatan puff pastry.

Semoga Mom tercerahkan dan tidak bingung ya. Intinya, dalam, proses membuat pastry adonan Détrempe dan adonan lemak pastry digabungkan menggunakan salah satu metode dari empat jenis metode lalu digilas dan dilipat menggunakan teknik lipatan puff pastry.

Membuat puff pastry atau produk pastry lainnya memang membutuhkan kesabaran ya Mom. Selain kesabaran ternyata sangat penting juga memperhatikan pemilihan jenis metode pembuatan puff pastry dan lipatan puff pastry yang akan digunakan untuk mendapatkan puff pastry yang renyah, flaky dan berlayer.


Referensi data, informasi dan gambar :

Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan 109, Vol. 1 No. 3 Juli 2021
https://www.theculinarypro.com/laminated-dough
http://eprints.uny.ac.id/66156/4/bab%20ii.pdf
https://simplesimon.com.au/products/first-steps-into-pie-making-2/recipes/puff-pastry/
https://filmapro.co.id/post/bakery-products/puff/basic-puff-pastry
https://smartpluspro.com/recipe-detail/teknik-membuat-puff-pastry-yang-renyah
https://eddkimber.substack.com/p/its-time-to-tackle-puff-pastry
https://marubishi-group.com/blogs/news/the-art-of-croissant-lamination
https://www.bakeinfo.co.nz/facts/flour-based-products/pastry/puff-pastry/
https://www.kingarthurbaking.com/blog/2018/11/26/how-to-make-croissants
https://slideplayer.info/slide/3203347/
https://www.youtube.com/watch?v=cv3jdteUCg8 ( Chef Indra From The Kitchen di channel youtube BakingWorld Official)


16 komentar

  1. Aku tim tukang makan aja kak, gak pandai dan gak telaten dalam buat kue2 atau masakan.. tapi kalo ada tips2 dan cara buat adonan seperti pastry ini suka aja membacanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak. saya kalau roti-rotian kayaknya mending beli aja karena capek nguleninnya. hehe

      Hapus
  2. lumayan banyak juga metodenya. Nggak heran kalau pas lihat videonya orang bikin kue dengan bahan dasar pastry sukanya pakai yang udah jadi. Tapi kita jadi tahu gimana bikin pastrynya.

    BalasHapus
  3. Apapun sajiannya kalau makanan enak pasti tidak berpikir panjang untuk dimakan.

    BalasHapus
  4. Membaca ini jadi ingat adikku yg hobi bikin kue..pasti senang dapat tips2 begini. Kuteruskan ke dia ah.. Terima kasih sharing nya ya..

    BalasHapus
  5. Jadi membuat puff pastry ini sekaligus belajar seni melipat dan bahkan beberapa negara punya metode pembuatan puff pastry masing-masing.

    BalasHapus
  6. Ternyata metode pelipatan puff pastry ini macem-macem ya. Berdasarkan megara juga. Aku kira asal lipat aja yang penting ada lipatannya. Heheh.

    BalasHapus
  7. Baru sekali aku nyobain bikin lapisan begini (buat croissant). Inget banget pakai metode liipat 3 itu. Sama pakai yang envelope pas ngelipat lemaknya. Jadi pengen belajar bikin puff pastry juga

    BalasHapus
  8. Ternyata banyak metode pembuatan puff pastry ya, buat yang lagi belajar ingin buat boleh dicoba coba nih

    BalasHapus
  9. Whoaaa buat orang yg gabisa kek saya, mendngan beli deh. Gak kebayang ribetnya kalau bikin, untung kk share ilmu kek ini

    BalasHapus
  10. Wih memudahkan banget ini buat yang gak bisa lipat lipatan kayak gini. Jujur, lipat melipat ini salah satu yang susah sih ahaha

    BalasHapus
  11. Butuh ketelitian dan ketekunan juga sih ya membuatnya ini.
    Mungkin diawal kelihatan ribet dan malas bikinnya, tapi kalau udah paham sih mudah banget pastinya

    BalasHapus
  12. Tekniknya bermacam macam dan sepertinya bisa kalau diikuti dengan baik dan benar.

    BalasHapus
  13. Aku jadi lebih penasaran kenapa ada metode Perancis dan Belanda ya? Sejarahnya tuh gimana kok bisa metode Perancis seperti itu dan berbeda dengan metode Belanda. Kayanya seru nih kalau bikin ini~

    BalasHapus
  14. Aku belum pernah bikin adonan pastry sendiri, sekarang karna ada yang instant tinggal langsung olah dan baking. Nanti aku pengen coba dari awal juga. Makasih sharingnya, Kak. Bisa dicoba nanti.

    BalasHapus
  15. wah ilmu nih, ternyata ada beberapa jenis metode pembuatan dan teknik melipat adonan Puff Pastry ya mba.. makasih mba eka <3

    BalasHapus