Logo Komunitas BRT Network

Resep Pastry Margarine Cheese Straws Ala Luvita Ho

pastry margarine


Sejak terjun ke dunia pastry, saya mempelajari segala macam resep pastry margarine dan korsvet hingga teknik serta pengetahuan. Termasuk siapa saja pastry chef terkenal dengan channel youtubenya.

Luvita Ho adalah salah satu pastry chef Indonesia yang cukup terkenal dan beliau merupakan pemenang master chef season 4. Channel youtube Luvita Ho dipenuhi dengan berbagai macam resep pastry, cake and bakery yang mudah untuk dicoba dengan hasil yang menggemaskan.

Salah satu video youtube yang Luvita Ho sajikan adalah, resep rough pastry yang menghasilkan puff pastry cheese straws yang dibuat dengan mudah dan hasil yang renyah serta enak.

Mau tahu resep pastry margarine renyah ala Lovita Ho? Yuk baca selanjutnya.

Pastry margarin itu apa?


Pastry margarine adalah pastry yang dibuat menggunakan lemak lipat utama yaitu margarine. Resep pastry margarine inilah yang saya bahas di artikel ini ya, bukan mengenai lemak pastry yaitu margarine.

Karena, jika kita mengetik kata kunci pastry margarine di laman pencarian Google, maka kita akan menemukan berbagai macam informasi terkait kata kunci tersebut. Mulai dari mengenai margarine yang digunakan dalam pastry hingga resep pastry menggunakan margarine. Bahkan ada juga yang membahas lemak margarine pastry itu sendiri. 

Di artikel saya yang lain juga tersedia resep pastry margarine yang menggunakan berbagai macam merk margarine. Tetapi setiap resep pasti memiliki takaran dan teknik membuat pastry yang berbeda.

Resep pastry margarine ala Luvita Ho di artikel ini juga memiliki takaran dan teknik serta jenis margarine yang berbeda tentunya.

Resep Pastry Margarine Ala Luvita Ho

Pastry Margarine  Ala Luvita Ho
Resep Pastry Margarine  Ala Luvita Ho



Cara membuat pastry margarine ala Lovita Ho ini sangat mudah dibuat dengan menggunakan bahan yang ekonomis dan mudah di dapatkan di supermarket, minimarket, toko bahan - bahan kue dan juga marketplace.

Selain bahan, Luvita Ho dalam resep ini juga menggunakan teknik rumbling yang menciptakan adonan puff pastry yang memiliki texture pasir layaknya adonan pie tapi di lipat- lipat untuk menghasilkan puff pastry yang berlayer.

Bahan - Bahan

  • Unsalted Butter biasa ( Mentega tawar lembaran untuk croissant/danish pastry dengan kandungan lemak 80%)
  • Tepung sedang atau tepung roti
  • Garam
  • Air dingin

Cara Membuat

  1. Aduk tepung dan garam lalu unsalted butter menggunakan pastry cutter hingga bersatu dan menghasilkan tekstur yang seperti pasir.
  2. Jangan mengaduk menggunakan tangan karena tangan panas sehingga akan melelehkan butter sementara butter untuk pastry harus dingin
  3. Tambahkan air dingin dari kulkas sedikit demi sedikit hingga menjadi gumpalan
  4. Jangan terlalu banyak diaduk karena tidak akan menghasilkan gluten seperti membuat roti atau cake
  5. Jika masih ada butter yang menggumpal gak apa-apa, jangan dihancurkan karena butter itulah yang nantinya akan membentuk layer pada puff pastry
  6. Aduk menggunakan pastry cutter hingga kalis dan aduk sebentar menggunakan tangan
  7. Bungkus adonan menggunakan plastik transparan lalu resting dalam freezer selama 20 menit
  8. Setelah 20 menit keluarkan adonan dari kulkas lalu beri tepung serbaguna agar mudah di rolling sampai mencapai ketebalan 6ml lalu lipat dari bawah ke atas lalu dari kanan ke kiri.
  9. Bungkus adonan lipatan pertama dengan plastik transparan dan resting selama 20 menit di kulkas.
  10. Lakukan hal yang sama sampai 2 kali lagi dengan total proses menggilas dan melipat sebanyak 4x
cara membuat pastry margarine
Cara membuat pastry margarine, lipatan pertama (gambar youtube Luvita Ho)

Lipatan Adonan kedua, ketiga dan Keempat

  1. Sebagai catatan, di awal lipatan atau lipatan pertama dan kedua jangan kaget kalau adonannya seperti masih ada mentega yang belum hancur, itu gak apa-apa ya karena si mentega nya belum menyatu dengan adonan dan biarkan saja jangan digilas hingga hancur. Karena nantinya si mentega ini yang akan menciptakan puff pastry yang berlayer
  2. Pada lipatan adonan terakhir yaitu yang ke-4, waktu resting dilakukan lebih lama yaitu 30 menit sebelum adonan dibentuk
  3. Setelah lipatan adonan ke-4 resting, keluarkan dari kulkas lalu gilas hingga mencapai ketebalan sekitar 6 mm
puff pastry margarine
Melipat adonan puff pastry margarine (gambar youtube Luvita Ho)

Membentuk Pastry Margarine Twist Straws 

  1. Lipat adonan menjadi dua bagian lalu potong bagian tengahnya hingga menciptakan dua bagian adonan
  2. Olesi kedua bagian adonan dengan kuning telur yang cukup banyak lalu taburi adonan pertama dengan keju dan garam
  3. Tutup adonan dengan topping keju dengan adonan yang tidak diberi apa apa lalu gilas hingga agak rata semua tapi tidak sampai tipis
  4. Rapikan sisi adonan
  5. Potong adonan menggunakan pisau atau pizza cutter dengan bentuk memanjang dari atas ke bawah
  6. Twist adonan yang sudah dipotong dengan cara memutar sebanyak 2x sehingga membentuk twist
  7. Simpan di atas loyang anti lengket atau gunakan kertas roti jika menggunakan loyang biasa
  8. Olesi adonan twist dengan kuning telur
  9. Panggang adonan dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya selama kurang lebih 20 menit atau jika adonan sudah terlihat mengembang dan berwarna kecoklatan
  10. Angkat dan siap disajikan
pastry margarine
Membentuk pastry margarine menjadi twist straws (gambar youtube Luvita Ho)

Resep pastry margarine luvita ho
Memanggang pastry margarine twist straws ala luvita ho (gambar youtube Luvita Ho)

pastry margarine luvita ho
Pastry margarine Luvita Ho (gambar youtube Luvita Ho)

Bagaimana? Cukup mudah bukan membuat puff pastry margarine ala Luvita Ho? Siap di eksekusi ya, hehe.

Kesimpulan


Ternyata membuat pastry margarine twist straws ala Luvita Ho sangat mudah ya. Bagian tersulitnya hanya pada kesabaran kita pada saat membuat adonan puff pastry margarine hingga terbentuk. Sabar melipat, menggilas lalu resting dan melakukannya sampai empat kali. Sambil nunggu, bisa dong ya beres-beres rumah atau browsing bahkan nyetrika sambil nonton drakor misalnya, hehehe

Btw, kalau mau yang simple bisa saja kita menggunakan pastry instan tapi hasilnya mungkin kurang jika dibandingkan membuat adonan puff pastry margarine sendiri ya.

Tapi kita bisa banget membeli margarine online di marketplace karena disana tersedia banyak sekali merk pastry margarine yang affordable hingga yang premium yang bisa gunakan.

Selamat mencoba!

13 komentar

  1. Sejak sering mampir ke blog Mbak Eka, saya jadi tau seputar pastry, termasuk margarine yang digunakan, dan teknik melipatnya. Dan memang kuncinya kesabaran ya, Mbak. Mbak Eka ini bisa sekali nanti buka toko pastry.

    BalasHapus
  2. keju kesukaanku, jadi langsung pengen coba :D

    BalasHapus
  3. Jadi Teh Eka bisnis bakery dan pastry gitu kah? Wahh ternyata ini ya cara bikin pastry dari awal, saya tahunya yg pake adonan pastry instan. Ternyata cukup mudah (kalau dibayangin tapi belum tahu prakteknya kayak apaaa).

    BalasHapus
  4. sebagai penggemar pastry terkadang penasaran juga sih pengen ngebuat sendiri, tapi masih bingung dan takut dengan tingkat kesulitannya. Apakah bisa berhasil atau ngga nih. Jadi penasaran akutuh

    BalasHapus
  5. Wah, nampaknya ini enak
    Aku penggemar pastry, tapi tentu saja tim beli
    Nggak bisa baking sama sekali
    Haha

    BalasHapus
  6. Resep pastry margarine ala Luvita Ho ini emang kelihatannya menarik dan mudah diikuti ya. Saya jadi pengen nyoba buat sendiri di rumah. Pasti seru juga bisa eksplorasi berbagai resep pastry lainnya dari channel YouTube-nya Luvita Ho. Semoga hasilnya juga selezat yang diharapkan! 🥐✨

    BalasHapus
  7. Dibayangan daku pastry itu bikinnya susah.
    Butuh detail dan kondimen yang tepat. Tapi pas baca resepnya kak Eka, sepertinya gak sesulit itu bikin pastry.
    Sehingga gak hanya bisa makannya aja yak, tapi semoga bisa bikinnya juga nih daku, aamiin hehe

    BalasHapus
  8. Waah aku tuh tadi ngiranya Luvita jebolannya Master Cheff eh ternyata udah jadi cheff profesional di bidang pastry ya kak. Hmm jadi pengen cobain kuenya, ngga pengen coba bikiinnyaaa

    BalasHapus
  9. Jadi membayangkan membuat layering pastry ala Lovita Ho.
    Kudu percobaan beberapa kali agar hasilnya sesuai dengan harapan yaa..
    Tapi resep pastry margarine ala Lovita Ho ini banyak banget yang suka karena the simplest one.

    BalasHapus
  10. Aku dari dulu sering mantengin yutubnya Luvita Ho, tapi gak ngeuh kalau beliau ternyata pemenang master chef season 4 ya teh. Pantes keren bangets. Aku jadi pengen nyobain bikin pastry margarinenya pas lihat bahan-bahan, tapi giliran di membentuknya keknya aku nyerah duluan.

    BalasHapus
  11. Wah, aku suka banget lho pastry yang rasanya gurih dan asin, kayak pastry dari mentega or ada tambahan keju gitu. Thank resepnya, Mbak, besok-besok aku mau coba bikin sendiri

    BalasHapus
  12. Wah, mba ini pasti rasanya gurih dan crunchy. Cara membuatnya pun sangat bisa ditiru. Boleh nih dicoba sebagai aktivitas seru bersama keluarga saat liburan.

    BalasHapus
  13. Enak nih. Buat yang biasa bikin kue, pasti mudah ya. Aku gak bisa. Hiks. Beli aja deh.

    BalasHapus