Logo Komunitas BRT Network

Perjalanan Luvita Ho, Jebolan MasterChef Menjadi Pastry Chef

Pastry Chef Luvita Ho


Halo Mombeb,
Ketika mengenal dunia pastry, tidak banyak Pattisier atau pastry chef yang saya kenal bahkan hampir tidak ada sih, hehe. Oleh sebab itu, ketika menyusun materi artikel terkait pastry, saya mencari referensi di YouTube dan beberapa situs atau blog food blogger. Hingga akhirnya saya menemukan seorang Pattisier  dari Indonesia bernama Luvita Ho.

Beberapa artikel resep pastry dan kue kering di mamajokaa mostly merupakan adaptasi dari resep Luvita Ho. Bukan tanpa alasan mengapa saya sangat menyukai dan kagum dengan Luvita Ho.

Awalnya saya kurang “ngeh” dengan sosok pastry chef yang satu ini. Setelah saya mengikuti resep kue kering luvita ho, saya jadi penasaran siapa sih sebetulnya Luvita Ho. Wah, ternyata Luvita Ho merupakan jebolan MasterChef!

Auto kepo dong dan pengen lihat skill memasak Luvita Ho selama di MasterChef. Setelah melihat tayangan ulang di Youtube, saya akhirnya “ngeh”.....oooh Luvita Ho tuh yang ini ya, hehe.

Yuk kita mengenal pastry chef Luvita Ho lebih dalam, siapa tahu kisah perjalanan karir nya menjadi pastry chef bisa menjadi inspirasi bagi kita semua dalam mewujudkan cita-cita dan passion.

Siapa Itu Luvita Ho


Pengikut setia tayangan MasterChef pasti tidak asing dengan Luvita Ho. Yes! Luvita merupakan pemenang MasterChef season 4. Setelah saya menyadari bahwa Luvita Ho adalah jebolan MasterChef saya baru “ngeh” kalau, “ Oh ini mah atuh saya juga tahu, pernah lihat beberapa episode yang ada Luvita Ho-nya disana”.

Luvita Ho masterchef
Luvita Ho juara MasterChef (sumber gambar okezone)

Dan ternyata Luvita Ho satu angkatan Master chef dengan Yulia Baltschun yang sekarang fokus menjadi fitness influencer. Jadi kalau Mom bertanya, siapa itu Luvita Ho? Jawabannya adalah, Luvita Ho adalah seorang Pattisier  jebolan Master Chef season 4.

Setelah tahu siapa itu Luvita Ho, pastinya ingin tahu juga dong bagaimana dia bisa masuk ke Master chef dan sejak kapan menyukai dunia memasak bukan? Yuk kita cari tahu bersama.

Awal Kecintaan Luvita Ho Terhadap Dunia Memasak


Untuk mengenal Luvita Hodiono lebih jauh, saya beneran searching interview dia di podcast dan saya menemukan podcast di channel YouTube Bicara ID bertajuk  Podcast Angkat Bicara yang mengupload interview dengan Luvita Ho sebanyak tiga episode.

Dari podcast tersebut saya menemukan bahwa, ternyata Luvita Ho tidak berasal dari keluarga chef atau yang bergerak dibidang kuliner. Luvita Ho justru memiliki bakat menggambar secara alami (wah seperti saya ya, wkwkwkwk). Namun bakat tersebut hanya sebatas hobi yang tidak dikembangkan atau dijadikan pilihan karir.

Mengapa? Karena Luvita Ho berpikir kalau dunia menggambar hanya sekedar hobi dan tidak benar-benar menjadi pilihan karir yang ingin dia jalani.

Agak epik memang mengingat kebanyakan orang akan menjalani karir yang sesuai passion atau bidang yang disukai. Berbeda dengan kebanyakan orang, Luvita Ho justru menginginkan pilihan karir yang belum pernah dicoba tapi dia sukai dalam prosesnya.

Ketika Luvita Ho berusia 15 tahun ketika duduk di kelas 1 bangku SMA, dia mulai berpikir mengenai pilihan karir yang ingin dipilih. Keluarga dan teman dekat menyarankan mengambil desain grafis atau seni murni mengingat Luvita Ho memiliki bakat menggambar. Namun Luvita Ho tidak ingin menjadi seniman gambar hingga akhir hayatnya, karena terbayang akan terasa jenuh.

Luvita Ho
Luvita Ho (sumber IG Luvita Ho)

Lalu, secara tidak sengaja Luvita Ho menonton Masterchef US season 1 dan mulai tertarik dengan dunia memasak. Sejak saat itu, Luvita Ho mulai belajar memasak dan membaca buku-buku terkait memasak. Secara konsisten dan fokus, Luvita Ho membaca buku dan belajar memasak hampir setiap hari.

Proses memasak dan membuat kue yang sering gagal justru membuat Luvita Ho semakin penasaran dengan hasil masakan dan kue yang bagus. Lalu di usia 17 tahun Luvita Ho menemukan kecintaannya pada pastry dan memantapkan diri untuk menggeluti dunia Pastry.

Masuk Masterchef Awalnya Gak Pede


Di usia 20 tahun, Luvita Ho didaftarkan mengikuti seleksi Master chef season 4, Awal masuk Master chef Luvita Ho merasa gak pede. Tapi karena Luvita Ho merasa ini kesempatan baginya untuk belajar lebih jauh terkait dunia memasak.

Berbekal pengetahuan dan skillnya dalam pastry, Luvita Ho tidak menyerah mengikuti kompetisi Master chef dan terus belajar.

Berkat Signature dish-nya, yaitu Caramel Chocolate Mousse in A Ball with Raspberry and Vanilla Crumb, Luvita Ho berhasil meraih nilai total 588 mengalahkan saingannya dan menjadi Master Chef Indonesia Season 4.

Dengan menjadi juara MasterChef di tahun 2015, Luvita Hi semakin yakin bahwa menjadi pastry chef adalah pilihan karir yang ingin dia jalani dan menjadi passionnya. Lalu pada tahun 2017, Luvita Ho membuka cake shop online dan menjadi YouTuber pada tahun 2019.

Perjalanan Menjadi YouTuber


Luvita Ho memiliki gaya yang unik dan "anak muda banget" disetiap video yang di uploadnya di Channel Youtube Miliknya. Gaya bicara yang kasual, asyik dan seakan mengajak bicara penonton sehingga mudah dimengerti membuat saya menyukai Luvita Ho.

Dengan Kualitas video tajam, bersih dan bagus dan angle pengambilan video yang juga menarik membuat saya betah berlama-lama menonton video-video di channel Youtube Luvita Ho. 

channel youtube Luvita Ho
 Luvita Ho membuat konten Youtube (sumber IG Luvita Ho)

Ternyata ada cerita unik dan menarik ketika Luvita Ho memutuskan membuat channel Youtube miliknya sendiri. Berawal dari putus cinta dan bangkit dari patah hati dengan membuat channel YouTube. 

Bagi Luvita Ho, putus cinta buka the end of the world. Melainkan i must to do something in my life dan gak boleh bersedih terlalu lama. Jadi, Luvita Ho memutuskan membuat channel YouTube sendiri tanpa membawa nama besar MasterChef. Wow, ini sih keren!

Namun bukan berarti perjalanan Luvita Ho menjadi Youtuber semulus kulit bayi.  Luvita Ho juga pernah mengalami masa-masa kelam menjadi YouTuber di tiga bulan pertama ketika jumlah viewer sedikit dan tidak ada yang subscribe. 

Tidak hanya itu saja, komentar negatif juga kerap Luvita Ho terima di setiap videonya yang tidak relevan dengan isi video. Komentar yang lebih sarkas terkait bodyshamming. Wah, Netizen yaaa ckckckck. 

Tapi Luvita Ho gak menggubris dan cuek. Mengapa? Karena jangan sampai karena satu komen gak penting merusak mood dan kerjaan. Lebih baik fokus aja membuat konten dan berbagi resep pastry. 

Tapi, bukan Luvita Ho namanya kalau menyerah begitu saja. Secara konsisten dan fokus, mau ada atau enggak yang nge-like atau nonton videonya, Luvita Ho tetap mengupload video secara konsiste. Hingga pada akhirnya di bulan ketujuh, video yang di upload Luvita Ho mulai memiliki viewers  dan subscriber cukup banyak. 


Buku Pastry Karya Luvita Ho 


buku masak Luvita Ho
 Buku masak  karya Luvita Ho (sumber IG Luvita Ho)

Sebagai bukti kecintaannya terhadap pastry, selain memiliki channel Youtube, Luvita Ho juga membuat buku memasak pasty and bakery yang terbit pada tahun 2022 berjudul : Buku Baking at Home-50 Resep Simpel & Anti gagal ala Luvita Ho.

Buku karya Luvita Ho yang pertama ini merupakan buku resep pastry dan bakery yang terdiri dari 4 kategori yang bersisi 50 resep secara keseluruhan yaitu: 
  1. Roti Pastry & Choux
  2. Cookies, Bolu & Cake
  3. Dessert/No Bake
  4. Pelengkap

buku luvita ho
Buku karya Luvita Ho (sumber Gramedia)

Detail Buku Luvita Ho
  • Jumlah Halaman 125
  • Penerbit Gramedia Pustaka Utama
  • Tanggal Terbit 21 Mei 2022
  • Berat 0.285 kg
  • ISBN 9786020661568
  • Lebar 17.0 cm
  • Bahasa Indonesia
  • Panjang 24.0cm


Biodata Lengkap Luvita Ho (Wikipedia)

Berikut biodata lengkap Luvita Ho yang disadur dari Wikipedia, yaitu : 
  • Nama Lengkap : 
  • Kelahiran : 28 Februari 1995 (usia 29 tahun), Jakarta
  • Pendidikan : SMAK Ketapang 2 Jakarta
  • Karir : Pastry Chef dan Owner Usaha Pastry & Bakery
  • Karya Buku: Baking At Home - 50 Resep Simpel & Anti Gagal Ala Luvita Ho
  • Riwayat pekerjaan :
  • Cakemosphere, Jakarta (2017–sekarang)
  • FOI Bakes & Co, Jakarta[2] (2018–2021)
  • YouTuber (2019–sekarang)
  • Riwayat pekerjaan
  • Cakemosphere, Jakarta (2017–sekarang)
  • FOI Bakes & Co, Jakarta[2] (2018–2021)
  • YouTuber (2019–sekarang)
  • Buku Baking at Home (2022), Gramedia Pustaka Utama, ISBN 978-602-06-6156-8
  • Acara Televisi : 2015 Kontestan MasterChef Indonesia musim keempat RCTI, 2016 Bintang Tamu Super Family 100 ANTV, 2018 Family 100 Indonesia GTV, 2019 MasterChef Indonesia musim kelima RCTI , Tamu alumni MasterChef Indonesia, Dahsyatnya MasterChef Indonesia, Tamu para pemenang MasterChef Indonesia, Bintang Tamu Family 100 Indonesia Bintang Bintang GTV, 2021 Presenter Kreasi Rasa Ramadhan (bersama Campina Es Krim) MNCTV

Kesimpulan


Melalui podcast di channel YouTube Bicara ID, Luvita Ho memberikan motivasi kepada siapapun yang hendak meraih impian dan passion sebagai pilihan karir untuk terus konsisten dan fokus. Jangan berhenti belajar meski dalam prosesnya sering mengalami kegagalan. Justru dengan kegagalan kita belajar untuk memperbaiki kekurangan hingga akhirnya menemukan keberhasilan.

Luvita Ho juga secara eksplisit mengatakan bahwa, jangan merasa puas dengan bakat alami yang dimiliki tapi cari dan gali passion apa yang benar-benar disukai, tidak merasa bosan dan passion tersebut membuat kamu gak berhenti belajar.

Begitu juga ketika memutuskan untuk fokus di satu bidang, maka fokus dan konsisten. Jangan biarkan hal-hal lain mendistraksi konsentrasi dan konsistensi.  Namun tetap mempertahankan kinerja pada porsinya gak sampai menjadi toxic buat diri sendiri seperti stress berlebih, lupa dengan lingkungan sekitar, overwork hingga jatuh sakit dan hal-hal semacam itu. 
" Lu gak akan selamanya kuat bergadang, Lu gak akan selamanya sehat. So, Stop kalau lu udah feel exhuasted dan pause! " Itulah yang Luvita Ho katakan di podcast Bicara ID. 

Wah menampar banget yaaa buat para bergadangers seperti saya, wkwkwkwk. Emang bener sih, mengejar passion gak perlu ambisus juga sampai jadi toxic dan menganggau kesehatan juga relation dengan orang lain.

Jadi untuk para Mom (dan juga saya) yang masih ragu dengan pilihan karir atau dunia yang ingin digeluti, coba gali dan cari hook dari passion itu sendiri yang membuat kita tidak menyerah tapi justru semakin menyukainya.

Seperti saya yang secara tidak sengaja menemukan pastry dalam sepotong ChocoChiz Pizza Hut secara tidak sengaja. Lantas apakah saya menemukan kecintaan terhadap pastry seperti Luvita Ho? Belum sih, hahahaha. Yaaa masih proses lah yaaa. Tapi bagi saya pribadi, menemukan passion baru selain dunia seni grafis dan menggambar merupakan hal baru yang memiliki excitement yang sama bahkan lebih.

Tapi ternyata, cikal bakal menyukai dunia kuliner sudah saya miliki karena sejak dulu saya sangat suka menonton acara memasak, tayangan YouTube terutama TASTY dan chef Gordon Ramsay.

Eh, loh kok jadi curhat? Wkwkw. Saya Jadi penasaran nih, bagaimana Mom menemukan passion di dunia kuliner dan memasak? Bagaimana proses menemukannya? Yuk berbagi inspirasi juga di kolom komentar yaaa.

quote luvita ho
quote motivasi dari luvita ho

Referensi: 
https://www.instagram.com/luvitaho/
https://www.gramedia.com/products/baking-at-home-50-resep-simpel-anti-gagal-ala-luvito-ho
https://id.wikipedia.org/wiki/Luvita_Ho
Channel YouTube Bicara ID bertajuk  Podcast Angkat Bicara 
https://kreasieskrimkita.com/author/chef-luvita-ho/

26 komentar

  1. Seumur-umur saya susah menemukan passion di dunia memasak atau kuliner. Bertolak belakang dengan suami saya. Doi malah hobinya memasak.

    BalasHapus
  2. wah ini, udah cantik jago pastry lagi.. idaman banget ini chef Luvita.. otw kepoin channel yuotubenya.. wkwkwk

    BalasHapus
  3. Saya kebetulan tidak mengenal Luvita Ho ini Mbak. Tapi setelah membaca ceritanya di sini, saya kagum. Di usia 15 tahun dia sudah mempunyai pemikiran yang matang. Walau punya kemampuan menggambar, dia tidak mau fokus di gambar saja. Justru keluar dari zona nyaman dan berhasil juga di dunia pastry di usia yang masih muda.

    BalasHapus
  4. Dari kontestan master chef kemudian berkembang menjadi owner usaha pastry & bakery, Youtuber, sampai membuat buku pula. Inspiratif nih perjalanan karir Luvita Ho.
    Teman-teman, terutama para remaja, bisa banget mencontoh kegigihan perjalanan hidup dari Luvita Ho yang bisa kita katakan bisa mewujudkan from zero to hero

    BalasHapus
  5. Keren ya. Dari usia 15 tahun memutuskan belajar masak dan akhirnya berani ikut Master Chef di usia 20 tahun. Dan sekarang jadi makin sukses.

    BalasHapus
  6. Luvita Ho ini asli keren bangetttt! Aku suka dengan prinsipnya untuk nggak menggubris komen nggak penting. Asli, baper karena komen nggak penting (pastinya negative comment) bener-bener ngerusak mood, bahkan bisa menghancurkan rasa percaya diri.

    BalasHapus
  7. kok aku ngga ngeh ya sama luvita ini.Padahal pas masih season awal itu rajin banget nontonin master chef. aku suka kata-katanya. bener banget emang harus fokus dan konsisten sama bidang yang sudah kita geluti. dan jangan sampai mengorbankan kesehatan.

    BalasHapus
  8. pernah beberapa kali nemu konten nya chef Luvita Ho di FYP tiktok, pembawaannya memang ramah dan asik. kalau liat videonya berasa kalau bikin kue tu gak susah. Tapi saya hanya suka nikmatin videonya gak suka bikin kuenya hehehe

    BalasHapus
  9. Wah menginspirasai sekali, ya. Biasanya orang memilih pekerjaan sesuai dengan passionnya tapi Luvita Ho beda. Dia lebih memilih karir yang belum pernah dicoba tapi disukai dalam prosesnya.

    BalasHapus
  10. Wah aku ngikutin master chef juga tapi angkatan 4 mah nggak tau kayanya haha. Taunya angkatan yg ada Fani, sama Jerry angkatan 7, kesininya udah jarang ngikutin lagi.

    Seru ya kalau lihat perjalanan yang menginspirasi gini, ternyata Luvita juga memulai dengan jalan yg tidak mudah.

    BalasHapus
  11. Aku ikutin bgt nih perkembangan Luvita di Masterchef. Apalagi di season 4 ini masih banyak yang tenar2. Dan Luvita ini emg kuat di pastry-nya sih. Mknya ga heran kl dia pny passion lbh ke pastry.

    Cocok bgt dgn passionnya. Dan smg bs mendunia berkat pastry2 yg dibuatnya. Sukses selalu ya Luvita Ho.

    BalasHapus
  12. Aku baru tau ternyata dia lulusan masterchef ya. Tapi emang harus punya bakat atau pilihan untuk maju sih. Bukunya sepertinya menarik.wajib beli ini mah

    BalasHapus
  13. Saya gak ngikuti Master Cheff pas angkatannya Luvito ini. Tapi saya tahu dama Luvito. Keren ya, selain aktif di sosial media, dia juga nulis buku dan punya spesialis sebagai pattisier.

    BalasHapus
  14. Ternyata ada ya chef yang mengkhususkan diri ke pastry. Baru tahu nih mbak 😊

    BalasHapus
  15. Jangan bangga dengan bakat alami yang dimiliki, tapi gali passion lain dan kembangkan. Ih, mantap sekali sih pesan yang disampaikan sama Luvita Ho ini. Benar sih. Kadang bekerja mengikuti bakat lahir itu ada jenuhnya dan kadang nggak mudah dilalui dan berpotensi bikin semua terasa nggak menyenangkan lagi. Mantap nih channel YouTube-nya malah dimulai selepas patah hati. Nggak jarang ya, patah hati malah ngasih berkah lain.

    BalasHapus
  16. Ternyata kak Luvita bikin buku juga ya? Wuah..
    Daku sempet ngikutin yang pas doi di Master Chef, bikin geregetan sekaligus dag-digdug, untungnya menang

    BalasHapus
  17. Meskipun tidak keluar sebagai juara, bakat dan passion Luvita di dunia kuliner tidak perlu diragukan lagi. Sejak saat itu, dia terus mengasah kemampuannya dan menjelajahi dunia kuliner, terutama di bidang pastry.
    wajar sih kalau sampai mengeluarkan buku berdasarkan pengalamannya, cocok buat dicoba dirumah karena anti gagal

    BalasHapus
  18. Keren ya chef Luvita ini. Bner2 keliatan passionate di bidang kuliner. Jadi youtuber juga, bikin buku juga iya. Sangat menginspirasi

    BalasHapus
  19. aku nonton juga nih masterchef season luvita ho yang kalau nggak salah setelah musim itu sempat vakum dan baru mulai lagi kompetisi masterchef beberapa tahun kemudian. beberapa resep luvita juga ada yang kurecook salah satunya muffin breadtalk

    BalasHapus
  20. Dulu saya ngikutin banget perhalanan Luvita pas di Master Chef. Inget banget jurinya Om Matteo dari Italia yg punya resto di Jkt dan penggemar gila MotoHP.

    Luvita pas di Master Chef udah kelihatan banget skill bikin kuenya. Pas di final keteku sama Deni (kalau gak salah). Dulu battle mereka mendebarkan.

    Pesan dari Luvita keren sih ini. Jangan begadang terus meskipun mengejar mimpi. Hahaha

    BalasHapus
  21. Keren banget masih muda udah jadi juara Master Chef. Btw, kadang patah hati ada hikmahnya juga ya...

    BalasHapus
  22. Luar biasa profil dan perjalanan hidup Luvita Ho.
    Selain berangkat dari sebuah kontestasi dan kini bisa dengan penuh percaya diri mendirikan bisnis dari hal yang paling ia cintai, bikin pastry dan menulis buku.

    BalasHapus
  23. Ngikutin juga kisah Luvita Ho ini dan keren banget ya dia, dari usia 15thn sudah belajar masak, lalu pas di Master Chef juga keren bangeet. Sukses terus Luvita

    BalasHapus
  24. Wow jadi pengen dapatin bukunya Luvita Ho nih, Kak eka. Asik nih buat nampah insight dan ilmu seputar pastry. Kayaknya kudu segera ke Gramedia nih. Penasaran banget sama isinya

    BalasHapus
  25. Aku tahu Luvita Ho ini karena sering masuk di artikel-artikel resep pastry yang ditulisin beberapa blogger. Ternyata Ho nya kepanjangan dari nama lengkapnya Hodiono ya. Baby face sekali wajahnya. Dah gitu ternyata pemenang MasterChef season 4. Keren banget sih nama youtubenya aja gak pake embel-embel masterchef

    BalasHapus
  26. Aku kayak pernah tau luvita ho ini deh, hihi..oh iya bener dari Mastercheff dan dulu aku sempet ngikutin pas tayang di TV, pas luvita ini jg deh kayaknya hahaha

    BalasHapus