Logo Komunitas BRT Network

Rekomendasi YouTuber Kuliner Untuk Belajar Pastry

YouTuber Kuliner

Halo Mombeb,
Belajar membuat pastry dan bakery tentu bukan hal yang mudah terlebih bagi kita yang masih pemula dan tidak punya latar belakang pendidikan kuliner. Berbekal rasa suka dan hobi, kebanyakan dari kita mengulik resep membuat pastry dan bakery dari buku dan tayangan video di platform seperti Youtube.

Namun dari sekian banyak YouTuber kuliner yang menyajikan resep membuat pastry dan bakery, tentunya membuat bingung bukan? Berikut 5 rekomendasi YouTube pastry dan bakery dengan resep yang mudah diikuti.

YouTuber Kuliner Adalah


Sebagian dari kita tentunya sudah mengenal profesi YouTuber kuliner yang sering disebut juga YouTuber makanan, food vlogger, food blogger atau food reviewer. Namun tahukah mom kalau keempat istilah tersebut memiliki arti yang berbeda?

Sebagaimana kita tahu bahwa content creator adalah sebutan bagi seseorang yang membuat content atau informasi baik berupa tulisan, gambar, video, audio, atau gabungan dari ketiganya yang diunggah di platform internet (YouTube, Instagram, Tiktok. Facebook. Twitter dan Blog pribadi). Profesi Content creator sendiri memiliki banyak jenisnya, ada yang mengkhususkan diri di edukasi, seni dan budaya, otomotif, literasi, dan kuliner.

Jadi, Content creator kuliner adalah salah satu jenis profesi content creator yang membuat konten kuliner berupa tulisan, gambar video, audio maupun gabungan keempatnya yang diunggah di platform internet.

Dikutip dari Yoursay.id, umumnya, content creator kuliner membuat berbagai jenis konten kuliner yang berkaitan dengan makanan seperti :
  1. Ulasan Kuliner yaitu membuat konten dengan mengulas resep dan cara memasak
  2. Ulasan Makanan yaitu membuat ulasan berbagai jenis makanan dan tempat makan (restoran, warung nasi, cafe, event kuliner dan jajanan tradisional)
  3. Kuliner dan Kesehatan yaitu mengulas kuliner dan makanan dari segi kesehatan
  4. Kuliner dan Budaya yaitu mengulas kuliner dan makanan dari segi sosial budaya
  5. Konten ASMR Mukbang yaitu membuat tayangan audiovisual daring di mana seorang content creator memakan sejumlah besar makanan sambil berinteraksi dengan audiens atau merekam aktivitas tersebut (Wikipedia).
Content creator kuliner memiliki berbagai jenis profesi yaitu :
  • YouTuber Kuliner
  • YouTuber Makanan
  • Influencer Makanan
  • Food Vlogger
  • Food Blogger
  • Food Travel

content creator kuliner adalah
Mengenal profesi Content Creator kuliner

Keenam istilah content creator kuliner di atas memiliki arti yang sama namun juga berbeda. Persamaannya adalah menyajikan tayangan audio visual dan tulisan makanan dan minuman. Perbedaannya adalah platform dan konsep yang digunakan.

Content creator kuliner yang mengkhususkan diri pada review makanan dan tempat makan biasanya disebut YouTuber makanan, influencer makanan, food travel dan food vlogger.

Lantas apa itu YouTuber Kuliner? YouTuber kuliner adalah salah satu jenis profesi content creator kuliner yang membuat konten kuliner (memasak dan menyajikan masakan) dalam format audio visual yang informatif dan menarik dan diunggah di platform YouTube. 

youtuber kuliner adalah
Definisi YouTuber kuliner

Perbedaan Antara YouTuber kuliner dan YouTuber makanan


Apakah YouTuber kuliner dan YouTuber makanan itu sama? Beberapa referensi menyebutkan keduanya sama persis, namun jika menelaah dari pengertian kata kuliner dan makanan, keduanya memiliki arti yang berbeda.

Menurut saya pribadi, YouTuber Kuliner berbeda dengan YouTuber makanan. YouTuber kuliner umumnya membuat konten memasak, ulasan jenis makanan tertentu, ulasan makanan dari daerah tertentu, ulasan sejarah makanan atau minuman dan ulasan mengenai upaya pelestarian makanan atau minuman dari daerah tertentu.

Sementara YouTuber makanan berfokus pada menyajikan tayangan video ulasan makanan dan tempat makan. Namun jika menelusuri sejarah awal hadirnya YouTuber makanan, para YouTuber ini menciptakan konten kuliner di YouTube yang meniru format acara memasak di televisi. YouTuber makanan terdahulu membuat konten cara dan tips memasak.

Dikutip dari Kompasiana, kuliner adalah istilah yang menggambarkan suatu kegiatan yang berhubungan dengan memasak. Istilah kuliner merupakan serapan dari bahasa inggris yaitu Culinary yang artinya teknik memasak, mempersiapkan, dan menyajikan makanan.

Namun, seiring berjalannya waktu, beberapa YouTuber makanan mulai merekam pengalaman makan di restoran atau kafe sehingga mereka sering disebut juga sebagai food vlogger karena mereka membuat konten konten video yang menarik dan informatif terkait ulasan makanan dan tempat makanan di platform YouTube tapi tidak menyajikan video cara dan tips memasak.

Saya sendiri menggunakan istilah YouTuber kuliner untuk menyebut content creator kuliner di platform YouTube karena penggunaan istilah kuliner yang lebih profesional jika dibandingkan dengan kata makanan.

Yuk Belajar Pastry dan Bakery dari 5 YouTuber Kuliner Berikut Ini


Untuk belajar pastry, kita dapat mengikuti kursus Pastry & Bakery yang banyak tersedia di kursus memasak dan sekolah pastry. Namun bagi ibu rumah tangga yang terkendala waktu dan tempat, belajar pastry dari YouTuber kuliner adalah cara mudah untuk belajar pastry.

Bagi Mom yang ingin belajar pastry dan membuat pastry sesuai resep ahli pastry maka kita perlu mengetahui YouTuber Kuliner yang kredibel yang memang mengetahui ilmu pastry meski tidak berlatar belakang lulusan pendidikan pastry atau memasak.

Berikut rekomendasi 5 YouTuber kuliner pastry Indonesia dan Luar negeri dimana kita bisa belajar ilmu pastry dan membuat pastry dengan penyajian audio video yang menarik informatif, mudah dipahami dan kualitas video yang bagus yaitu :

1. Luvita Ho

youtuber kuliner pastry
Luvita Ho, YouTuber kuliner pastry


Mombeb pembaca setia mamajokaa pasti sudah tidak asing dengan nama Luvita Ho. Beberapa resep pastry di mamajokaa, saya gunakan referensi dari YouTuber kuliner juara MasterChef Season 4 yang satu ini.


youtuber kuliner terkenal
youtuber kuliner terkenal Luvita Ho

youtuber kuliner terkenal
Channel YouTube Luvita Ho

Luvita Ho belajar pastry secara otodidak dari buku kuliner dan perjalanannya ke luar negeri mulai dari Jepang hingga Prancis. Selain itu, MaterChef adalah “sekolah” kuliner bagi Luvita Ho.

Luvita Ho sudah menjadi YouTuber kuliner di www.youtube.com/@Luvitaho. yang khusus menyajikan cara membuat dan tips pastry & bakery yang sesuai dengan keahliannya. Hingga saat ini channel YouTube Luvita Ho sudah memiliki 901 rb subscriber, 414 video dan sudah ditonton sebanyak 105.340.961 kali.

Luvita Ho sangat pandai membawakan setiap sajian resep pastry & bakery dengan gaya bahasa causal dan resep yang mudah diikuti. Luvita Ho juga kerap menyisipkan ilmu pastry dan baking di setiap penyajian resepnya. Seperti pentingnya penggunaan garam, teknik menguleni adonan hingga peralatan pastry yang perlu digunakan.

Selain itu, durasi video yang tidak terlalu panjang, suara jernih, musik yang sesuai dan kualitas video yang bagus serta estetik membuat saya betah berlama-lama menonton setiap video dari channel YouTubenya.

2. Anna Olson


YouTuber kuliner luar negeri
YouTuber luar negeri  Anna Olson

Dikutip dari Wikipedia, Anna Olson adalah seorang koki kue Amerika yang pernah menjadi pembawa acara Food Network Canada Fresh bersama Anna Olson dan saat ini menjadi pembawa acara serial pendek video eksklusif Twitter Sweet Something di akun Twitter Food Network Canada.

Anna lahir lahir pada 4 Mei 1968 di Atlanta, Georgia, dan dibesarkan di Toronto. Dia kemudian pindah kembali ke AS untuk belajar seni kuliner. Setelah memperoleh gelar dalam studi politik dari Queen's University dan sempat bekerja di dunia perbankan, Anna Olson mendaftar di program manajemen kuliner di Johnson and Wales University. 

Saat ini, Ontario Hostelry Institute dan Canadian Food and Wine Institute telah memberikan penghargaan atas kontribusinya yang berkelanjutan terhadap pengembangan budaya makanan Kanada. Dia sekarang tinggal di Welland, Ontario.

Anna Olson sudah menerbitkan 15 buah buku kuliner dan buku terbarunya, Set for The Holidays dan Baking Day with Anna, telah memenangkan Medali Emas di Taste Canada Cookbook Awards.

youtuber anna olson
Youtuber Kuliner anna olson

YouTuber kuliner luar negeri
YouTuber kuliner luar negeri Anna Olson

Anna Olson sudah menjadi YouTuber kuliner luar negeri @ohyum sejak 5 September 2015 bertajuk Oh Yum bersama with Olson dengan 1,48 jt subscriber, 609 video dan video yang sudah ditonton sebanyak 141.469.023 kali.

3. BakingWorld


channel youtube baking world
Channel Youtube Kuliner Indonesia Baking World

Youtuber Kuliner Indonesia Baking World
Channel Youtuber Kuliner Indonesia Baking World


BakingWorld adalah channel YouTube milik PT Dunia Boga Indonesia yang merupakan channel youtube yang sengaja dihadirkan sebagai media belajar membuat kue dengan mudah. BakingWorld sudah bergabung dengan YouTube sejak 6 Januari 2020 dan memiliki 11 rb subscriber, 345 video dengan video yang sudah ditonton sebanyak 690.394 kali.

4. Devina Hermawan


youtuber kuliner wanita Indonesia
Devina Hermawan, YouTuber kuliner wanita

Devina Hermawan lahir 11 November 1993 adalah jebolan finalis 7 besar MasterChef Indonesia season 5 yang belajar memasak secara otodidak. Devina Hermawan juga seorang YouTuber Kuliner Indonesia yang berprofesi sebagai penulis, dan instruktur memasak asal Indonesia.

Devina telah menerbitkan dua buku resep yaitu "Indonesian Fusion Foods" (2019) dan "Yummy! 76 Menu Favorit Anak" (2021) dan menjadi duta berbagai produk home appliance terutama yang berkaitan dengan dunia kuliner seperti Tefal, Quaker Oats, Winn Gas, XL Axiata, GrabMart, BOLA Deli dari FKS Food.

Selain itu, Devina Hermawan juga pernah memiliki program memasak "Dapur Devina" pada tanggal 12 Maret 2022 di TVRI. Devina juga memiliki menu kolaborasi dengan sejumlah brand seperti :
  • Nasi Bungkus Kekinian bersama dengan Wowteg! dari Sour Sally Group
  • Menu kolaborasi spesial Ayam Bumbu Rujak bersama Shihlin Taiwan Street Snacks
  • Steak and Fries Cafe de Paris Bersama Steak Hotel by Holycow!
  • menu kolaborasi spesial Iga Bakar Madu, Ketan Bakar Platter, Ayam Baby Liwet Ketan, dan Udang Sambal Raos bersama Bumi Aki Group dalam pembukaan restoran Bumi Aki cabang kota Bandung, Jawa Barat.
  • Bersama Healthy Go dari PT Dapur Sehat Indonesia mengkampanyekan makanan sehat tetapi tetap enak dikonsumsi.
  • Produk Nasi Goreng Hongkong dan Fettucini Lava Cheese burger bersama Yummy Choice, salah satu anak usaha milik Indomaret (PT Indoritel Makmur Internasional Tbk.) 
Prestasi Devina Hermawan sebagai Chef tidak diragukan lagi mengingat kerjasamanya dengan banyak brand membuktikan kredibilitas Devia sebagai chef.

channel youtube devina hermawan
Channel YouTuber Devina Hermawan

youtuber kuliner wanita
Channel Youtube Kuliner Wanita Indonesia, Devina Hermawan

Bicara soal profesinya sebagai YouTuber kuliner, Devia sudah bergabung dengan YouTube dan membuat konten kuliner masakan di channel @devinahermawan, makanan, minuman termasuk pastry & bakery sejak 28 Feb 2019 dengan 3,43 jt subscriber, 615 video dan video yang sudah ditonton sebanyak 496.279.946 kali.

Video kuliner yang di unggah Devina sangat detail, mudah dipahami, dan kualitas video jernih dan estetis.

5. Cooking tree 쿠킹트리

youtuber kuliner korea selatan
Cooking Tree, YouTuber kuliner Korea Selatan

channel youtube kuliner korea selatan
Channel YouTube kuliner cooking tree


Agak sulit menemukan siapa orang dibelakang Cooking Tree namun dari Youtube Channelnya @Cooking_tree saya menemukan bahwa cooking tree miliki seorang wanita asal Korea Selatan.

Cooking Tree sudah bergabung dengan YouTube sejak 18 Mei 2015 dengan 4,98 jt subscriber, 1.840 video dan video yang ditonton sebanyak 544.299.853 kali.

Yang paling menarik dari Cooking Tree adalah video yang diupload tanpa menyertakan chef dan suaranya. Video yang disajikan tanpa komunikasi hanya memperagakan cara membuat pastry, kue dan aneka dessert disertai bahan dan cara membuatnya dalam video.

Kualitas video dan angle pengambilan pun sangat bagus dengan kualitas video terbaik. Hal inilah yang membuat saya betah berlama-lama menonton dan belajar membuat kue di channel YouTube Cooking Tree.

Kesimpulan


Belajar pastry bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja bahkan hanya dengan menonton channel YouTube milik YouTuber kuliner terkenal. Terlepas dari permasalahan definisi YouTuber Kuliner atau YouTuber Makanan, kita bisa belajar sembari menikmati sajian video di kanal YouTube.

Diantara 5 rekomendasi channel YouTube Kuliner diatas yang menjadi favorit saya adalah tentu saja Luvita Ho dan Cooking Tree. Bahkan, resep brownies dan semprit ala Luvita Ho yang paling enak yang pernah saya coba.

Kalau mom, siapa YouTuber Kuliner favorit mom? Yuk share di kolom komentar ya.

Referensi :
https://www.youngontop.com/bagaimana-awal-mula-munculnya-food-vlogger/
https://maukuliah.id/jobs/food-vlogger
Channel Youtube Luvita Ho
Channel Youtube Anna Olson
Channel YouTube Devia Hermawan
Channel YouTube Cooking Tree
Channel YouTube BakingWorld
Wikipedia Anna Olson
Wikipedia Devina Hermawan

Posting Komentar