Logo Komunitas BRT Network

Rahasia Adonan Roti Pizza dan Resep Roti Pizza Ala Luvita Ho

Rahasia Adonan Roti Pizza dan Resep Roti Pizza


Hallo Mombeb, 
Sepotong pizza memang bisa membangkitkan mood seketika. Apalagi jika bisa menyantap pizza dengan topping favorit. Tidak jarang sebagian dari kita sengaja mengunjungi gerai pizza demi menikmati hidangan khas italia yang satu ini. 

Roti pizza dengan berbagai jenis ketebalan, thick or thin pizza dan topping yang beraneka ragam membuat pizza menjadi favorit banyak orang.

Bagi Mom yang suka memasak dan membuat pastry, pastinya penasaran juga apakah bisa membuat pizza sendiri senikmat di gerai pizza, iya kan? Tentu saja bisa. Kita bisa bereksperimen membuat pizza mudah dan lezat senikmat pizza favorit seperti  membuat roti pizza mini dengan one bite size yang lezat. 

Berikut saya share  resep roti pizza mini yang mudah dibuat ala Luvita Ho, seorang chef pastry jebolan Masterchef season 4. Kita bisa membuat resep mudah dengan resep Luvita Ho di rumah tanpa mixer dan hanya menggunakan oven tangkring saja! Wow menarik ya. Yuk baca selanjutnya.

Rahasia Adonan Roti Pizza yang Lezat


Sebelum lanjut ke resep pizza, yuk kita sama-sama pelajari dulu bagaimana membuat adonan pizza yang empuk tapi renyah. Mengapa? Karena adonan pizza yang terlalu tebal tentu tidak akan nikmat saat disantap dan terasa cekat di tenggorokan. Sebaliknya, jika terlalu tipis tidak mampu menopang topping yang diinginkan.

Berikut rahasia adonan pizza empuk dan renyah juga lezat yang saya kumpulkan dari berbagai sumber, yaitu :

1. Perhatikan penggunaan bahan


Pastikan menggunakan terigu protein tinggi (tepung khusus membuat roti) dari brand yang cukup terkenal penggunaannya, seperti segitiga biru misalnya. Penggunaan terigu protein sedang kiloan tanpa merk biasanya menghasilkan adonan yang tidak empuk, agak bau apek dan tidak renyah.

2. Perhatikan teknik menguleni


Terdapat teknik khusus dalam menguleni adonan pizza anti gagal yaitu mengayak tepung terigu sebelum digunakan untuk menghilangkan partikel terigu yang menggumpal dan mendapatkan terigu yang lembut

3. Tambahkan minyak zaitun

minyak zaitun untuk adonan roti pizza
Rahasia adonan pizza dengan menambahkan minyak zaitun


Selain menambah keharuman, minyak zaitun juga berfungsi menambah kekentalan adonan ketika di uleni. Selain itu, minyak zaitun juga dapat menghasilkan pinggiran priyang renyah dengan cara melapisi loyang dengan minyak zaitun sebelum dipanggang.

4. Trik agar adonan mengembang


Agar adonan mengembang, selain menggunakan ragi juga menggunakan trik pembagian adonan menjadi beberapa bagian. Pisahkan dan diamkan selama 1 jam lalu lalu keluarkan adonan dan melebarkan adonan setipis mungkin di bagian tengah tapi agak tebal di bagian pinggiran untuk pinggiran roti pizza.

Apakah adonan pizza awet? Adonan pizza dapat disimpan dan digunakan kembali selama 3-4 hari dengan penyimpanan freezer.

Resep Roti Pizza Mini Tanpa Mixer dan Oven Ala Luvita Ho


resep roti pizza mini tanpa mixer
Resep roti pizza mini tanpa mixer luvita ho (sumber channel Youtube Luvita Ho)


Resep pizza kali ini yang saya coba nanti adalah resep pizza ala Luvita Ho. Sudah tahu kan ya siapa itu Luvita Ho? Ya, beliau adalah juara Masterchef Season 4 dan saat ini memiliki bisnis pastry dan bakery.

Selain menjalani bisnis pastry & Bakery, Luvita Ho juga konsisten mengupload aneka resep masakan dan makanan terutama pastry & Bakery di channel Youtubenya @Luvitaho dengan 894 rb subscriber.

Cara pembawaannya yang menarik dan resep yang mostly sederhana dengan bahan yang mudah didapatkan, membuat saya konsisten mengikuti dan menunggu Luvita Ho berbagi resep di channel Youtubenya.

Salah satu resep yang ingin saya coba adalah sesep roti pizza mini tanpa mixer yang mudah dibuat dengan hasil lezat. Memang bukan pizza asli, tapi roti pizza mini ini nampak mudah dibuat meski prosesnya cukup lama ketika membuat adonan, tapi begitu pizza mini-nya matang, ehhmm cukup menggiurkan.

Membuat adonan pizza mini tidak perlu menggunakan mixer karena hasil adonan yang dibuat tidak terlalu membutuhkan penampakan serat pada seperti pada roti pada umumnya. 

Bahan - bahan :

  • 250 gr tepung roti/protein tinggi
  • 4 gr ragi instan
  • 40 gr gula pasir
  • 15 gr susu bubuk
  • 3 gr garam
  • 1 butir telur
  • 110 air dingin (kalo ruangan kalian dingin, pakai air biasa aja)
  • 30 gr mentega tawar

Topping :

  • 1/2 bombay
  • Saus tomat
  • Saus sambal
  • Jagung rebus
  • Sosis sapi
  • Keju mozarella/ metlted cheese
  • Mayonaise
  • Parsley / oregano kering

Cara Membuat :

  1. Siapkan tepung roti dalam mangkuk dan tambahkan ragi. 
  2. Aduk hingga rata sekitar 30-45 detik agar ragi tercampur rata dengan tepung
  3. Tambahkan gula, susu bubuk dan garam lalu aduk sampai rata
  4. Tambahkan 1 butir telur lalu aduk asal dan tambahkan air dingin secara perlahan. Tingkat kelembaban tepung sangat berpengaruh terhadap adonan, sehingga perlu penambahan air secara perlahan sedikit demi sedikit. Mentega juga tidak dimasukan terlebih dahulu karena jika ditambahkan mentega akan membuat texture adonan semakin basah. Aduk hingga adonan asal tercampur
  5. Tambahkan mentega bersuhu ruang (sudah lembek) dan aduk sampai tercampur hingga adonan tidak menempel di mangkok. Proses ini dilakukan selama kurang lebih 10-15 menit hingga adonan tidak menempel di mangkok, jadi bersabarlah mom, hehehe. Intinya sampai adonan halus dan tidak menempel di mangkok.
  6. Resting adonan dalam mangkok yang sudah diolesi mentega di bagian dasar mangkok selama 30 menit
  7. Sambil menunggu resting adonan, siapkan bahan topping seperti memotong bawang bombay, sosis dan merebus jagung
  8. Setelah adonan resting, bagi adonan menjadi beberapa bagian dengan berat gramasi tiap adonan sekitar 40 gram. Alasi alas/meja kerja dengan mentega agar adonan tidak lengket lalu bentuk setiap adonan bentuk bulat secara konsisten
  9. Resting semua adonan selama 15 menit 
  10. Panaskan oven pada suhu 180 derajat celcius selama 10 menit
  11. Setelah adonan resting, pipihkan adonan hingga tak ada udara dalam adonan dan tusuk bagian tengahnya dengan garpu agar bentuknya tidak membulat/menggembung setelah dipanggang
  12. Letakan adonan diatas loyang dan resting sambil memberi topping
  13. Tambahkan topping saus tomat tipis - tipis, lalu tambahkan bawang bombay terlebih dahulu, kemudian tambahkan jagung, sosis dan terakhir keju mozarella. Tambahkan saus sambal, mayonaise dan oregano sebagai hiasan. Panggang selama kurang lebih 12-14 menit hingga berwarna kecoklatan
  14. Roti pizza mini siap disantap bersama keluarga atau bestie.
membuat adonan roti pizza mini
Proses membuat adonan roti pizza mini (sumber channel Youtube Luvita Ho)

Proses membentuk roti pizza mini (sumber channel Youtube Luvita Ho)

memanggang adonan roti pizza
Proses memanggang adonan roti pizza mini Luvita Ho (sumber channel Youtube Luvita Ho)


Kesimpulan


Untuk Mom yang males bikin pizza dengan adonan the real adonan pizza, bisa banget bikin roti pizza mini dengabn resep di atas  dengan one bite size. Nampak lezat bukan?

Atau, agak tricky sih sebetulnya kita bisa skip bagian bikin adonan dan ganti dengan pastry instan Hehehe. Cuman hasilnya belum tahu apakah akan se-runchy tapi lembut seperti di resepnya Luvita Ho atau tidak. 

Dengan proses membuat adonan yang mudah, tentunya bisa diikuti tanpa hambatan ya mom. Hanya membutuhkan sedikit kesabaran ketika membentuk adonan agak kalis ya.

Sebagai catatan penting, untuk penggunaan keju, jangan gunakan keju cheddar karena sifatnya kering dan akan mengeras ketika dipanggang. Kita bisa menggunakan keju mozarella atau melted cheeze.

Yuk kita langsung eksekusi saja mom dan share hasilnya di kolom komentar yaaa.


Resep Roti Pizza mini
 Resep Roti Pizza Ala Luvita Ho

16 komentar

  1. Saya suka sekali pizza, Mbak. Dan memang yang enak itu yang rotinya sedang-sedang saja, tidak terlalu tipis, tidak terlalu tebal saja. Dan itu resep pizza mininya boleh dicoba di rumah ya. Apalagi tenyata bahan-bahan yang digunakan tidak ribet. Hanya mungkin yang harus diperhatikan kualitas bahan yang digunakan, dan teknik menguleni juga.

    BalasHapus
  2. Tips trik diatas ini nih banyak yang gak ditulis atau disebutin sama orang orang yang share resep bikin pizza. Jd walaupun udah ikutin resep kadang hasilnya masih kurang sesuai harapan.

    BalasHapus
  3. Teteh, tepung roti maksudnya terigu cakra kembar kan? Bukan tepung roti yang ada di luarnya risol mayo?

    Kalau daku nyoba resep no knead pizza no telur kok kalau udah dingin rotinya jadi keras. Mungkin lain kali mau coba resep pizzanya Chef Luvita ini.

    BTW dulu mamaku jualan pizza hehehhe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo teteh, iyaaa tepung terigu yang khusus untuk roti bukan "outer" aneka risoles atau katsu yaaa teh. OOhh aku lupa mention di artikel nih. Penggunaan telur dalam adonan roti kan bikin kalis dan ngebentuk gluten teh. Kalo gak pake telur setelah pizzanya atau rotinya dingin jadinya bantat atau keras.

      Hapus
  4. daku belum coba nih bikin adonannya pakai minyak zaitun
    pernahnya baru pakai minyak masak biasa
    bakalan lebih nikmat ya kak Eka rasanya, kalau pakai zaitun.
    pankapan di coba ah

    BalasHapus
  5. Menarik nih...aku suka bikin roti. Mau nyoba ah bikin pizza mini kayak gitu. Bisa ditaburin isi suka-suka. Nyam-nyam...

    BalasHapus
  6. Wahhh lengkap banget infonya mbaa. Kesukaan anak2 banget sih kalo pizza. Bisa dicoba nih buat takjil. Apalagi roti pizza mini tanpa mixer kayanya gampang ((kayanya)) wkwkw. Cobain ahh pizza ala Chef Luvita.

    BalasHapus
  7. Wah aku pengen banget deh kapan-kapan juga coba bikin pizza sendiri seperti ini.. Tapi kalau kita pakai kulit pastry yang sudah ready mungkin hasilnya tidak akan selembut atau seperti roti pizza ya mbak?

    BalasHapus
  8. waw, pizza. bs jd alternatif juga karena nggak beli PH. aku sering banget ngeliat orang bikin pizza di tiktok. tp yang dari roti ituloo mbak yg ala anak kos hehe. itu aja aku mau praktekin mager bener. videonya berujung di save di tiktok aja tanpa praktek haha

    BalasHapus
  9. Aku suka pizza. Tapi udah lama sekali nggak makan pizza. Jadi pingin buat sendiri pake resep ini dah.
    Bagiku soal pizza, emang yang paling penting adalah rotinya.

    BalasHapus
  10. Belum coba, but, aku simpan dulu karena anakku minta pizza terus. Mending bikin sendiri dah daripada beli ahaha

    BalasHapus
  11. Sebagai penikmat pizza dan segala macam roti, sepertinya resep ini mesti kucoba. Dulu-dulu kalo lagi rajin, suka bikin pizza juga, tapi nggak pakai minyak zaitun.

    BalasHapus
  12. Bis anih di recook buat produk pizza varian baru setelah lebaran. Selama ini bikin pizza mini buat dijual di sekolah anak, dan hasilnya bisa buat bayar sekolahnya sendiri.

    BalasHapus
  13. Waaah, resepnya lengkap banget, mulai dari bahan sampai langkah-langkah pembuatannya. Bisa nih kapan-kapan coba bikin roti pizza sendiri. Terus topingnya tinggal disesuaikan dengan selera. Thank sudah menuliskannya, Kak

    BalasHapus
  14. Panduan banget bikin pizza yang lezat ala Luvita Ho.
    Karena menurutku yang kadang makan pizza buat besokannya, adonan roti ini penting untuk tetap lembut meski uda ga hangat lagi.

    BalasHapus
  15. Aku dan keluarga tuh suka pizza, pengen nyoba bikin, tapi nggak ada oven... Huhuhu
    Next, bagi resep yang pizza teflon juga dong Kak ..

    BalasHapus