mamajokaa food blogger bandung

Yuk Buat Sendiri Resep Cromboloni Mudah dan Anti Gagal

resep cromboloni  mudah



Pernah booming akhir tahun 2023, Cromboloni viral nampak gentayangan hampir di semua platform sosmed terutama Tiktok. Semua berbondong - bondong mencari toko kue yang jual cromboloni terdekat, termasuk saya! wkwkwk.

Pernah kepikiran pengen mengunjungi Monsieur Spoon yang merupakan French Bakery terkenal karena original product pastry perancisnya, tapi malesin deh kudu ngantri demi sebuah Cromboloni viral. Teman saya malah seringnya kehabisan padahal udah ngantri for hours! Can you imagine? Nangis bombay deh.

Meski masa viralnya memudar, it's not too late kok buat nyobain kembali si Cromboloni tapi gak pake ngantri. Kita bisa banget membuat sendiri Cromboloni filling coklat dengan topping pistachio atau cheese choco mudah anti gagal dirumah. Mau tahu resepnya? Yuk baca selanjutnya.

Cromboloni adalah


Pastry dan Danish pastry memang terkenal dengan tekstur khasnya yang flaky dan berlayer. Berbagai inovasi dan kreasi pun bermunculan termasuk Cromboloni.

Meski gak semua suka karena gak bikin kenyang ( ya kali makan kudu pake nasi, wkwkwk) tapi sebagai cemilan atau sarapan Croissant ditemani seruput teh manis anget atau Ice Coffee latte, pastry tuh nikmat banget.

Kongkow sambil ghibah (eh)…..enak banget kalo ditemenin Puff Pastry atau Danish Pastry sambil seruput Ice coffee.

cromboloni adalah
Definisi Cromboloni


Jadi, pernah tuh ada yang tanya gimana ya cara makan pastry biar gak nempel gitu di langit langit mulut? Yaaa makannya sambil ditemani minuman dong, hehehe. Emang sih itu salah satu yang bikin malesin makan produk pastry, tapi memang dari sono-nya pastry tuh semacam cemilan yang ditemani teh atau coffe. Ibarat makan gorengan harus pake cengek sih, kek gitu lah kira-kira.

Asal Usul Cromboloni


Lantas, apa yang dimaksud Cromboloni? Cromboloni adalah kreasi unik dari perkawinan Croissant dan Bomboloni karya Scott Cioe seorang patisserie di Lafayette Grand Cafe and Bakery, Amerika Serikat pada tahun 2022.

Bomboloni itu apa? Menurut Wikipedia, Bomboloni adalah donat isi Italia yang secara etimologis terkait dengan bomba, yaitu jenis kue yang sama juga disebut "bomba" di beberapa wilayah Italia. Kalau di Indonesia, mirip donat bulat tanpa lubang dan ada isinya.

Jadi, kang mas Scott Cioe ini bikin something yang unik dan belum pernah ada dari Croissant. Tujuannya biar si Lafayette Grand Cafe and Bakery punya produk unik dan makin ramai dikunjungi orang. 

Kepikiran lah bentuknya spiral tapi gak mencuat ke atas melainkan bundar. Dengan adonan dasar Croissant yang menggunakan ragi, muncullah The Supreme atau New York Roll  (sebagian bule menyebutnya round croissant ) yang kini punya nama tenar Cromboloni.

Jadi sudah jelas ya kalau Cromboloni berasal dari Amerika Serikat dengan akar budaya Perancis tentunya. Rasa cromboloni bervariasi tergantung filling yang digunakan namun umumnya, rasa cromboloni renyah, lembut di dalam dengan filling coklat atau cream cheese.

penemu cromboloni
Scott Cioie,  penemu Cromboloni


Berapa harga cromboloni? Bakery and Cake Shop biasanya menjual Cromboloni mulai dari harga Rp 25.000 - Rp.60.000 untuk satu buah Cromboloni. Harga yang cukup pricey untuk sebuah kudapan ya Mom, terlebih kalori cromboloni 200 - 500 kkal per saji tergantung takaran bahan yang digunakan menjadi pertimbangan. Tapi, ofkors ini bukan halangan demi mencicipi rasa surgawi kuliner viral ini bukan? Auto zumba setelahnya ya, hehehe.

Resep Cromboloni Mudah dan Anti Gagal


Susah gak sih bikin Cromboloni? Cromboloni pakai adonan apa? Kalau mengikuti resep aslinya yang menggunakan adonan dasar Danish pastry atau Croissant, menurut kang mas Chef Cioe dibutuhkan waktu tiga hari, mulai dari membuat adonan, melapis-lapis pastry, memanggangnya di oven, hingga menambahkan topping yang sesuai.

Mas Scott Cioe menggunakan dua teknik membuat pastry sekaligus yaitu teknik pembuatan pastry dengan proses pembuatan bomboloni. Rumit kan yaaa?

Males dong bikinnya kalau rumit? Ya gak lah, kan sudah ada Danish pastry sheet! wehehehe. Dengan menggunakan Danish pastry sheet, kita bisa skip bagian bikin adonannya yang membutuhkan waktu hingga berhari - hari untuk folding dan resting.

Saya sendiri belum pernah membuat Cromboloni, tapi mencicipi? Ofkors. Sayangnya tidak seperti yang diharapkan dimana teksturnya flaky hingga kedalam. Jadi, saya ingin membuat Cromboloni sendiri dengan mengumpulkan beberapa resep.

Jadi, saya ngumpulin tuh beberapa resep yaitu resep dari dari tiga bersaudara asal Bandung yaitu Farah, Hani & Rani yang merupakan food blogger sekaligus fotografer di blog muchbutter dan resep dari channel Youtube dapurumi yang ternyata sudah membuat Cromboloni sejak 1 tahun yang lalu. Saya kombinasikan kedua resep tersebut dan semoga nanti hasilnya seperti yang diharapkan ya.

foto cromboloni
Foto Cromboloni karya muchbetter


Oia, sebelum lanjut pastikan Moms udah punya cetakan cromboloni yaaa, namanya Ring cutter. Banyak kok tersedia di marketplace. Ada yang bentuknya bulat tanpa dasar dan ada juga yang wadah bulat dengan tinggi sesuai dengan standar ukuran Cromboloni.

Bahan Adonan Cromboloni Viral Buat Sendiri

  • 250 gr Tepung terigu protein tinggi
  • 1/2 sdt Garam
  • 20 gr Margarin leleh
  • 1 Kuning Telur
  • 125 ml Susu cair full cream
  • 30 gr Gula Pasir
  • 1 sdt Ragi instan
  • 1/2 sdt Garam
  • 100 gr Korsvet/Margarin pastry merk gold bullion Danish pastry

Cara Membuat Adonan Cromboloni


Cara membuat adonan Cromboloni sama persis dengan membuat adonan Danish pastry kok. Pertama aduk terigu, garam, susu cair, margarine leleh dan kuning telur. Lalu uleni sampai semua bahan bersatu. Setelah itu resting sekitar 20 menit baru tambahkan korsvet Danish pastry. Lalu uleni dan gilas, buat lipatan tunggal lalu resting selama 2 jam. Lakukan hal yang sama hingga 2-4 kali lipatan tunggal.

Bahan Cromoboloni Mudah Anti Ribet

  1. 2 lembar Danish Pastry
  2. Selai coklat secukupnya
  3. Selai coklat
  4. Coklat compound
  5. Margarine
  6. Whipping cream
  7. ¼ cangkir kacang cincang
  8. Egg wash ( Kuning telur dan susu kental manis)

Cara Membuat Cromboloni Mudah

  1. Siapkan loyang dan alasi dengan kertas roti atau carlo
  2. Letakan ring cutter diatasnya
  3. Siapkan Danish pastry sheet, dinginkan suhu ruang lalu gilas dan potong menjadi 5 bagian
  4. Gulung potongan tersebut dengan cara menggulung ke atas seperti menggulung kertas. Jangan terlalu rapat juga jangan terlalu renggang.
  5. Proofing adonan Cromboloni selama 20 menit
  6. Siapkan oven dan panaskan pada suhu 200°C selama 10 menit
  7. Letakan Cromboloni diatas ring cutter dan olesi permukaan adonan Cromboloni dengan egg wash lalu pada suhu 200°C selama 20 menit.
  8. Setelah Cromboloni matang, diamkan beberapa saat lalu beri filling coklat menggunakan spuit dan piping bag
  9. Beri topping coklat dan taburi kacang cincang. Untuk membuat topping coklat kita bisa menggunakan lelehan ¼ cangkir coklat blok jenis compound dengan margarine lalu celupkan bagian atas Cromboloni ke dalam lelehan coklat.

Cara Membuat Filling Coklat


Cara praktis membuat filling coklat adalah menggunakan selain coklat. Tapi, selai coklat memiliki rasa too sweet yang bikin giung, jadi better kita bikin filling coklat dengan kadar manis pas. Gak susah kok, cukup dengan cara sebagai berikut :
  1. Lelehkan ¾ cangkir coklat dan campur dengan whipping cream menggunakan teknik double boiler
  2. Setelah bersatu, biarkan dingin hingga suhu ruang
  3. Setelah itu, masukkan ke dalam croissant menggunakan spuit dan piping bag. Mudah bukan?
resep cromboloni viral
Resep Cromboloni viral yang mudah


Kesimpulan


Resep cromboloni danish pastry diatas sangat mudah diikuti bukan? Pastinya. Sekarang kita bisa menikmati Cromboloni buatan sendiri dan bisa di kreasikan dengan filling coklat lain seperti strawberry, cheese atau matcha dengan topping mete, kismis atau pistachio.

Bahan cromboloni juga mudah dibuat jika kita berencana membuatnya selow aja, tapi kalau pengen cepet beres yaa gunakan saja Danish pastry sheet.

Apakah Cromboloni ini free gluten? Tentu tidak. Untuk membuat Cromboloni free gluten atau Resep Danish Pastry free gluten, kita membutuhkan terigu protein tinggi khusus free gluten seperti tepung beras, tepung mocaf atau tepung ketan. Selamat re-baking!


Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Cromboloni
https://travel.tempo.co/read/1813886/asal-usul-cromboloni-pastry-unik-yang-sedang-booming-di-berbagai-negara
https://muchbutter.com/new-york-roll/
https://www.usatoday.com/story/life/food-dining/2022/08/25/new-york-bakery-supreme-croissant-viral/7892553001/
https://www.instagram.com/lafayette380/

1 komentar

  1. Mampir ke mari jadi tergoda buat bebikinan cromboloni juga deh. Walau nama menu hasil kolaborasi klop dari croissant dan bomboloni ini sudah cukup lama bikin netizen banyak yang penasaran, nampaknya masih banyak yang suka dan cenderung doyan sama menu kue dengan isian manis satu ini.

    BalasHapus