mamajokaa food blogger bandung

Tertarik Memiliki Blog? Ikuti Cara Mudah Membuat Blog Gratis di Blogspot

 

cara membuat blog di blogspot

Buat Mom yang hobi menulis selain memasak dan membuat kue, memiliki blog dapat menjadi media menyalurkan hobi dan kemampuan menulis serta berbagi informasi kepada masyarakat luas. Mom  juga bisa loh membuat blog pribadi tentang makanan seperti mamajokaa. 

Bagaimana cara membuat blog? Alternatif mudah untuk membuat blog cukup banyak, salah satunya adalah platform gratis. Namun jika ingin memiliki website sendiri, Mom bisa menggunakan VPS murah yang berkualitas.

Blogspot atau Blogger, merupakan salah satu platform blog gratis yang paling populer dimana Mom bisa mencoba membuatnya. Saking mudahnya, Mom gak perlu jadi ahli pemrograman untuk membuat blog. Itulah kelebihan dari Blogspot.

Kelebihan lainnya, dengan menggunakan Blogspot Mom gak perlu khawatir dengan kode - kode rumit dan hanya fokus mempublish tulisan dan mengedit desain blog secara mudah. Selain itu, Blogspot juga memiliki interface yang ramah pemula dan intuitif untuk memandu KITA melalui proses pembuatan blog dengan sangat mudah. Lantas, bagaimana cara membuat blog gratis di Blogspot? Yuk baca selanjutnya.

Blog Adalah

kegiatan blogging
Cara membuat blog dan kegiatan blogging


Tidak semua orang tahu apa itu Blog, mungkin juga Mom kah? Jadi, menurut Wikipedia, Blog diambil dari kata weblog yang merupakan bentuk aplikasi web berbentuk tulisan-tulisan yang di publish sebagai konten postingan yang menampilkan berbagai konten tulisan mengenai berbagai topik pada sebuah halaman web.

Blog memiliki berbagai jenis niche atau kategori tergantung dari minat atau keahlian pemilik blog. Misalnya resep masakan, kuliner,  tutorial, tips kecantikan, kesehatan, pembelajaran dan lain sebagainya. Selain tulisan, blog juga dapat mengupload gambar, video, audio dan infografis.

Lantas untuk apa blog digunakan? Tergantung tujuan pemilik blog membuat blog. Bisa untuk jurnal harian, catatan pembelajaran atau website portofolio pribadi.

Membuat blog tidaklah sulit dan Mom bisa memulai dengan memilih platform yang akan digunakan. Setelah itu, Mom bisa mulai mengatur layout atau tata letak dan desain seperti yang Mom inginkan dan mulai menulis!

blog adalah
Definisi dan pengertian blog


Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membuat Blog


Berdasarkan pengalaman, membuat blog harus jelas terlebih dahulu tujuannya untuk apa. Dengan demikian kita akan lebih mudah membuat konten tulisan. Apakah untuk tujuan pribadi, portofolio atau kebutuhan profesionalisme dan bisnis. Untuk mempermudah menentukan tujuan, perhatikan hal - hal berikut ini :

1. Memilih Niche Blog


Niche blog adalah tema atau topik yang dipilih sesuai dengan bidang yang disukai atau diminati dengan pangsa pembaca tertentu. Misalnya kita memiliki skill atau minat terhadap makanan seperti mamajokaa. Maka kita bisa membuat blog dengan niche food atau makanan dan fokus menulis tentang makanan, rekomendasi kuliner, resep dan tips lainnya. 

Niche blog dapat memperkuat reputasi blog terhadap topik yang disukai di mata Google atau pencarian laman dimana kemungkinan terbesar artikel mu akan muncul dihalaman pertama pencarian.

2. Memilih Platform Blog yang Sesuai


Terdapat banyak platform yang menyediakan fasilitas menulis digital. Terdapat dua jenis platform blogging, yaitu platform gratis seperti Blogspot dan platform self-hosted seperti WordPress.com, Wix,, dan Tumblr.

3. Buat Nama Domain Sesuai Branding


Blog yang di publish maka akan memiliki alamat url di Internet yang disebut domain. Pilihlah nama domain yang mencerminkan niche blog atau branding yang ingin dibuat di blog. Misal blog dengan niche food, maka kita bisa membuat nama domain, Dapurku, Masakasik atau seperti mamajokaa nih yang merupakan akronim dari mama journal by eka, hehe.

Meskipun tidak secara langsung mempengaruhi kesuksesan blog, memilih nama domain yang relevan dengan niche dapat mempercepat pertumbuhan blog.

tips membuat blog
Hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat blog


Cara Mudah Membuat Blog Gratis di Blogspot


Blogspot, merupakan platform menulis digital pada laman web gratis yang berada di bawah naungan Google sejak 2003 dan didirikan pertama kali pada tahun 1999 oleh Pyra Labs. Kemudahan mengakses dan dashboard yang sederhana, membuat Blogspot menjadi platform yang banyak digunakan. Berikut cara membuat blog gratis di Blogspot dengan mudah, yaitu :

1. Buat Akun Blogspot


Mengingat Blogspot merupakan salah satu produk Google, maka kita harus memiliki email google (Gmail) untuk membuat akun di platform Blogspot. Bagaimana cara membuat akun Blogspot? Berikut caraya. 
  • Buka situs Blogspot dan log in dengan akun Gmail yang Mom miliki
  • Pilih tombol 'Create Your Blog' yang terletak di kanan atas
  • Pilih menu BLOG BARU pada dashboard di sebelah kanan lalu klik 'Create Blog'. Pastikan untuk membuat nama blog yang mewakili niche blog yang Mom pilih dan belum pernah ada sebelumnya.

buat akun di blogspot
Halaman beranda Blogspot dan membuat akun di Blogspot

memiih nama blog di blogspot
Membuat blog dan memilih nama blog di Blogspot

2. Membuat Postingan dan Halaman


Setelah blog baru tersedia, kita bisa memulai membuat postingan artikel caranya dengan memilih menu Postingan Baru atau 'New Post' dan akan muncul dashboard postingan.

Kita bisa mulai menulis artikel dengan tema yang Mom inginkan. Kita juga bisa mengatur font, ukuran font, heading, sub heading, warna font dan memasukan gambar serta link. Jangan lupa untuk mengisi judul, kategori artikel, url custom jika kita ingin url artikel sesuai dengan judul artikel lalu klik 'Publish'.


membuat postingan artikel di blogspot
Membuat postingan artikel baru di Blogspot

dashboard menulis artikel blogspot
Menulis artikel di Blogspot

3. Mengatur Tampilan


Ingin memiliki desain atau tampilan blog yang unik? Mengapa tidak? Kita bisa membuat tampilan sesuai template yang disediakan dengan mengklik menu Tema atau Theme di dashboard dan pilih template yang diinginkan. Setelah itu Mom bisa mengatur layout dan menambahkan widget atau fitur tambahan yang disediakan oleh Blogspot, seperti kategori/label, halaman, profil dan lain sebagainya dengan mengklik ‘'Add a gadget'.

4. Melihat Blog yang Dipublish


Untuk melihat tampilan blog, Mom bisa mengklik 'View your blog' dan jika Mom merasa masih ada yang kurang, Mom juga bisa menggunakan fitur pengaturan tambahan seperti pengaturan dasar dan privasi untuk menyesuaikan blog sesuai kebutuhan.


Kesimpulan


Tidak sulit bukan membuat blog secara gratis di Blogspot? Tentu saja. Saya sendiri sudah menggunakan platform blogspot sejak 2011 loh! hehe.

Dengan memiliki blog, Mom bisa membuat website pribadi sesuai kebutuhan, minat atau keterampilan seperti memasak misalnya. Jangan lupa untuk menentukan niche blog dan memilih nama domain yang relevan. Selamat blogging!

Posting Komentar