mamajokaa food blogger bandung

Check Disini Pastry Viral di Indonesia, Adakah Favoritmu?

pastry viral
Pastry viral di indonesia

Cromboloni pernah menjadi “ratu” di akhir tahun 2023 dan menjadi pastry viral se-antero dunia termasuk di Indonesia. Apakah sekarang masih menjadi pastry viral? 

Jika dilihat dari masih banyak tersedianya Cromboloni di cake & bakery shop juga usaha bakery teman yang masih menerima orderan Cromboloni hingga saat ini, itu artinya Cromboloni masih jadi ratu pastry viral Indonesia.

Tapi tahukah mom, jika pastry viral di Indonesia gak hanya Cromboloni? Yes, masih ada pastry viral lainnya loh. Yuk cek bersama, pastry viral di Indonesia. Adakah favoritmu?

Bagaimana Trend Pastry Terbentuk


Dunia kuliner akan selalu mengalami perubahan trend dengan kreasi, inovasi dan gaya penyajian yang berbeda dari tahun ke tahun.

Apa yang tengah viral di dunia biasanya akan mempengaruhi trend dan ke-viral-an dalam negeri. Mencari informasi di dunia maya terkait pastry viral apa saja yang ada di Indonesia ternyata mudah, karena semua sumber menyatakan hal yang hampir sama.

Namun, dari manakah Trend pastry viral ini berasal? Apakah ujug-ujug  (tiba-tiba) viral? Ternyata tidak Mom.

Beberapa jenis pastry viral di dunia termasuk Indonesia ternyata muncul tidak hanya karena trend di Tiktok dan kanal sosmed saja, tapi juga hasil analisa dari digital marketing dan lembaga asosiasi pastry dan bakery dunia seperti Mantel, Taste Tomorrow by Puratos dan lain sebagainya.

FHA-Food & Beverage mempublish artikel terkait pastry viral tahun 2024 dan ternyata sama dengan pastry viral di Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa sektor pastry dan bakery tidak “ujug-ujug” membuat viral salah satu atau beberapa jenis produk pastry saja tapi yang memang secara global juga sudah memiliki value the most favorite pastries in the world.

Langkah selanjutnya adalah mencari cara bagaimana mem-viralkan pastry tersebut di Indonesia lewat strategi digital marketing yang tepat dengan bantuan tangan ajaib para influencer di sosial media seperti halnya Cromboloni.

tren pastry karena apa
Trend Pastry di dunia dan indonesia


Trend Pastry dan Tren Dessert 2024


Tahukah Mom jika Pastry juga termasuk dessert? Ya! Pastry juga termasuk salah satu jenis dessert yang memiliki kombinasi bahan rasa manis dan mengandung lemak lalu di panggang atau di oven. Pastry juga biasanya menjadi cemilan teman seruput teh atau kopi.

Bicara soal tren pastry dan dessert ternyata memiliki tren yang sama mengingat kedua jenis kuliner ini masih berada dalam ruang lingkup Food and Beverage. Jadi, untuk Mom yang ingin tahu Pastry & Bakery Trends 2024, silahkan berkunjung ke artikel sebelumnya ya.

7 Jenis Pastry Viral di Indonesia, Adakah Favoritmu?


Seperti yang saya sebutkan diatas bahwa pastry viral di Indonesia hadir beriringan dengan tren pastry dunia. Ofkors mengingat apa yang sedang viral biasanya bisa menyebar dengan mudah ke seluruh dunia melalui jaringan internet termasuk viralnya suatu produk pastry.

Berikut 7 pastry viral di Indonesia yang saya rangkum dari beberapa sumber, yaitu :

1. Macaron

pastry viral macaron
Macaron, salah satu pastry viral di Indonesia


Macaron ya buka Macaroon karena kedua jenis pastry ini berbeda meski memiliki pelafalan yang sama yaitu “makarun”.

Macaron adalah biskuit berbentuk bulat kecil, memiliki variasi aneka warna, terasa sangat renyah di luar dengan bentuk seperti sandwich dengan krim lembut dan lumer di bagian tengah. Macaron dibuat dengan bahan - bahan seperti putih telur, tepung gula, gula rafinasi, tepung almond, dan pewarna makanan. Macaron adalah biskuit

Sedangkan Macaroon, adalah kue yang dibuat dari kelapa parut, susu kondensasi dengan rasa manis, putih telur dan ekstrak vanila.(bake.co.id)

2. Croissant


croissant viral
Croissant, pastry viral di Indonesia dan merupakan sumber inovasi kreasi dari Cromboloni


Croissant adalah hidangan pastry yang populer di Indonesia hingga saat ini. Banyak bakery atau toko roti yang mulai menjual croissant di awal tahun 2022 lalu hingga sekarang. Croissant merupakan salah satu jenis pastry yang digemari di negara asalnya yaitu Perancis, jadi Croissant akan selalu menjadi pastry viral.

Sebagai salah satu produk pastry viral dan merupakan pastry klasik, tentunya Croissant termasuk dalam produk trend pastry 2024 yang mengalami fase hibrida seperti Cromboloni atau inovasi kreasi seperti  Sandwich Croissant dan Chocolate Croissant.

3. Strudels

strudel viral
Strudel, pastry yang viral di Indonesia oleh Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar melalui produk Strudel Malang


Strudel adalah jenis pastry dengan isian yang biasanya manis, namun ada juga yang gurih. Strudel adalah bagian dari pastry Austria dan Jerman Tetapi juga populer Eropa Tengah. Di Italia strudel memiliki nama prodotto agroalimentare tradizionale.

Bagaimana Strudels bisa menjadi pastry viral di Indonesia? Ternyata bukan karena mengikuti tren pastry 2024 loh, melainkan dikarenakan menjadi oleh - oleh khas malang yang dipopulerkan oleh Teuku Wisnu dan Shireen yang membuka toko kue Malang Strudel.

Ide mereka sederhana, berangkat dari hasil berjalan-jalan ke Eropa dan mereka bertemu dengan strudel lalu jatuh cinta lantas mengembangkan strudels lokal dengan menggunakan buah apel asli malang yang berkualitas.

4. Cannoli

cannoli viral
Cannoli menjadi pastry viral di Indonesia karena tersedia di banyak restoran Italia di Indonesia

Begitu mendengar kata Cannoli, ingatan saya langsung tertuju pada judul film Korea yang dibintangi Kim Go Eun, Canola. Padahal jauh banget ya, hihihi.

Jadi, Cannoli adalah salah satu jenis pastry yang memiliki bentuk mirip risoles. Kemiripannya tidak hanya terletak pada bentuk tapi juga teknik memasak, yaitu di goreng. Bedanya, Cannoli menggunakan adonan pastry dengan filling krim manis yang biasanya mengandung keju ricotta.

Sementara risoles, tentu saja menggunakan kulit lumpia seperti resep risoles pisang coklat keju andalan mamajokaa.

Cannoli merupakan pastry asli Italia yang berasal dari Sisilia. Cannoli umumnya dicelupkan ke dalam coklat dan dihias dengan pistachio cincang atau manisan buah dengan tekstur kulit yang renyah. Cannoli it's another level of risoles italia ya.

Cannoli menjadi pastry viral di Indonesia karena tersedia di banyak restoran Italia di Indonesia dan juga cake & bakery shop.

5. Pretzels

pretzel viral
Pastry virall Pretzels


Bagi penggemar kue lebaran Monde, pastinya gak asing dengan salah satu bentuk kue keringnya yang mirip rajutan. Ya, kue tersebut terinspirasi dari bentuk Pretzels yang memang memiliki bentuk seperti rajutan.

Menurut Wikipedia, Pretzels adalah jenis pastry yang berasal dari Eropa, kemungkinan besar dari Jerman. Pretzels memiliki bentuk tiga simpul atau belitan dengan rasa asin dan sedikit manis dan biasanya disajikan dengan taburan garam kasar atau dicelupkan ke dalam lelehan coklat dan taburan almond.

Pretzels menjadi pastry viral di Indonesia berkat dibukanya cabang Auntie Anne's asal Amerika Serikat (AS) yang merupakan toko kue yang terkenal dan terbesar di dunia dengan produk pretzels.Sejak saat itu, Pretzels menjadi pastry viral di Indonesia dan banyak tersedia di sejumlah toko kue.

6. Eclair

eclair viral
Eclair, pastry viral di Indonesia merupakan pastry dengan adonan kue sus


Biasanya, kalau pagi hari jajan cemilan saya pasti memilih Eclair karena topping coklatnya menggoda selera. Tapi ternyata, Eclair yang merupakan pastry viral tidaklah sama dengan eclair-eclair-an yang saya sering beli.

Apa bedanya? Tidak ada isian krim atau custard, hehe. Ya wajarlah ya mengingat harganya juga jauh berbeda, wkwkwkwk.

Eclair original merupakan pastry khas Perancis yang dibuat dari adonan kue sus lalu dipanggang hingga berwarna keemasan lalu diisi dengan krim atau custard lalu diberi topping coklat atau matcha.

Eclair merupakan jenis pastry klasik yang sudah ada di berbagai toko roti dan cafe Di Indonesia. Maka tidak heran jika Eclair menjadi salah satu pastry viral di Indonesia.

7. Mille Feuille


kue pastry napoleon
Kue pastry Napoleon atau Mille Feuille viral di Indonesia


Salah satu teman saya pernah mengirimkan kue kering berlapis seperti sandwich yang di tengahnya ada krim dan itu rasanya enak banget. Teman saya bilang sih ini namanya pastry cake. Karena penasaran, saya mencari resep pastry cake ini di Youtube, dan ternyata nama pastry yang dimaksud adalah Napoleon atau Mille Feuille.

Ternyata pastry cake Napoleon atau Mille Feuille ini cukup viral di Indonesia. Buktinya teman saya menemukan produk pastry yang unik ini di salah satu toko kue langganan.

Jadi, sebetulnya apa itu Mille Feuille? Menurut Wikipedia, A mille-feuille dikenal dengan nama Napoleon di Amerika Utara, adalah makanan penutup Perancis yang terbuat dari puff pastry yang dilapisi dengan krim pastry.

Mille-feuille terdiri dari tiga lapis puff pastry yang diselingi dengan dua lapis krim pastry atau krim kocok, gula halus, coklat, remah kue, dan irisan almond. Beberapa variasi Mille-feuille dilapisi dengan lapisan gula atau fondant lalu dihias dengan membentuk garis-garis menggunakan lapisan gula dan coklat secara bergantian, dan disisir untuk menciptakan efek marmer.

Kesimpulan


Menelusuri Pastry viral di Indonesia ternyata seru karena kita menemukan beberapa jenis pastry yang jarang diketahui bahkan baru diketahui. Seperti saya misalnya yang baru tahu nama asli kue pastry Napoleon, Cannoli dan Strudels.

Saya sendiri sangat ingin mengenal Pastry viral strudels dan bagaimana membuatnya. Terlebih Strudels viral gara - gara pasangan Teuku Wisnu dan istrinya ya. Mungkin sebagai perbandingan, saya akan membelinya terlebih dahulu di toko pastry terkenal di cihapit yang juga sedang viral saat ini, yaitu Bien Patisserie Cihapit.

Dengan mengetahui apa saja pastry yang sedang viral di Indonesia, tentu saja menjadi referensi istimewa bagi pemilik usaha kue dan roti dengan menyediakan pastry viral. Outputnya adalah meningkatkan skala usaha bukan?

Bagaimana dengan Mom? Sudahkah mencoba semua jenis pastry viral diatas? Pastry viral yang mana yang menjadi favorit? Yuk share di kolom komentar.

Referensi :
https://momsmoney.kontan.co.id/news/bukan-cuma-cromboloni-4-pastry-perancis-ini-juga-viral-di-indonesia
https://www.prochiz.com/id/resep/kenali-perbedaan-antara-macaron-atau-macaroon-beserta-resep-membuatnya/
https://bake.co.id/apa-bedanya-macaroon-dan-macaron/
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2024/01/15/strudel-malang-kue-dengan-resep-tiruan-yang-tenar-menjadi-buah-tangan
https://ekbis.sindonews.com/read/933477/34/ekspansif-brand-kue-pretzel-asal-amerika-buka-cabang-ke-60-di-indonesia-1667707881

23 komentar

  1. Eclair ini kesukaanku. Cuma menurutku agak sulit nemu eclair, mesti ke toko khusus bakery atau mesti ke mall dulu untuk beli

    BalasHapus
  2. Dari semua pastry, aku udah pernah nyoba yang Macaron sama Croissant. Rasanya enak banget. Apalagi kalau pas lagi lapar. Kalau pastry lainnya belum pernah. Maybe kalau di tempatku ada yg jual sih

    BalasHapus
  3. Owalah macaron juga termasuk dalam jenis pastry juga. Kirain bukan lho, Kak. Kupikir macaron tuh ya semacam kayak bikin snack gitu.

    BalasHapus
  4. Oh iyaa macaroon dan eclair termasuk pastry ya. Ngebayanginnya kok enaaak gitu.

    Mengenai strudel dulu sempet heboh kan soalnya yg jual Apple strudel sebagai oleh-oleh khas Malang malah buka orang Malang.

    BalasHapus
  5. Saya seringnya coba yang croissant. Dan tertarik mau cobain yang kayak monde itu. Dan ternyata tren pastry ini karena proses juga ya. Tidak ujug-ujug viral. Tapi dibantu sosial marketing juga.

    BalasHapus
  6. Aku suka strudels, enak ada isiannya. Kalo croissant nggak begitu suka. Dia hampir kayak roti manis ya. Kalo macaron ini unik banget, ternyata masuk jenis pastry ya.

    BalasHapus
  7. Sebagai pecinta kuliner, tentu saya penasaran untuk mencicipi pastry-pastry viral ini. Dan benar saja, rasanya tidak mengecewakan! Tekstur yang renyah, rasa yang manis dan gurih, serta isian yang beragam membuat pastry-pastry ini begitu menggoda selera. Pokoknya yang asin gurih... beneran menggoda selera

    BalasHapus
  8. Pengen bikin croissant, tapi kayae mang aku nggak expert didunia perragian. Strudels ini kok menggugah selera banget jadi pengen cobain.

    BalasHapus
  9. aku pernah nyobain macaroon, emang enak banget dan soft gitu sih,, wkwk .. apalagi yang ku cobain isian selai kacang gitu,,

    BalasHapus
  10. Kalau saya tetep deh suka croissant, walaupun sekarang variasi pastry semakin banyak, apalagi yang gurih seperti daging ayam atau daging atau keju

    BalasHapus
  11. Maccaron enak sih, croissant kalau dingin kurang enak. Saya masih penasaran cromboloni tu gimana.

    BalasHapus
  12. Banyaknya ragam pastry memang membuat bahagia jiwa dan raga ya kak. Apalagi ada yang mudah ditemui juga nih pastry-nya. Walau ada beberapa yang belum pernah daku temuin, tapi mah urusan pastry daku ndak nolak dah haha

    BalasHapus
  13. Aku juga tahu macaron dari drama Korea, haha. Ada beberapa yang aku tahu meski belum mencobanya, hehe. Dan biasanya Bandung jadi pelopor keviralan tersebut teh. Apa-apa pasti dari Bandung kalau makanan tuh.

    BalasHapus
  14. Jujur aku ngga seberapa suka pastry. Jadi cuma pernah coba croissant original, crombolini, dan croffle aja itu pun kadang karena dikasih wkwkwk. Cuma kalo disuruh pilih suka yang croffle

    BalasHapus
  15. Mille crepes itu juga setipe kah sama mille feuille cake?
    Aku suka banget.
    Dan pas dibagi resep ama mbak sepupsku, katanya itu cake paliiiing mudah bikinnya.

    **asa gak percaya kalo yang hobi baking ngomong gitu, hehehe..
    Secara itu per-layernya kan kudu disiapin yaa.. Meski gak butuh alat panggang apapun.

    BalasHapus
  16. Cromboloni emg seenak itu kak. Org2 desa jg suka meski dgn versi yg lbh sederhana. Begitu jg croissant. Isi jajanan org nikahan jg selalu ada ini meski tdk selalu crunchy.

    BalasHapus
  17. aku suka macaroon. itu enak, lembut, mana cantik juga. kadang eman mau dimakan, hehe. kalau cromboloni, sempat ikut heboh juga. sempat ikut beli dan makan. tapi nyoba makan sekali, ya udah sih

    BalasHapus
  18. Suka semua dengan pastrynya tapi Mille Feuille karena ada buahnya jadi paling favorit biasanya, enak banget makan buahnya

    BalasHapus
  19. Ternyata jenis pastry itu cukup beragam juga ya. Saya seringnya coba yang croissant.
    Dan saya baru tau kalau macaron juga termasuk dalam jenis pastry. Jadi pengen nyobain semua jenis pastry-nya hehehe

    BalasHapus
  20. Karena aku berdomisili di daerah perbatasan, jadi nggak banyak makanan populer yang masuk kesini. Tapi, croissant ini benar-benar viral sampe ada disini. Tepatnya cromboloni nya sih. Enak banget lagi, jadi pengen beli lagi.

    BalasHapus
  21. Anak saya paling demen kalau menemukan makanan yang sedang viral. Apalagi waktu sedang viral-viralnya Crombolloni tuh. Begitu sudah dapat dan nyobain, ya sudah, puas dia, enggak ngajak nyari-nyari lagi.

    BalasHapus
  22. Jujurly, aku bukan yg tipe harus coba pastey yg viral² ya, wkwk.. Etapi, Eclair sama Cannoli keknya bakal jadi favoritku nih, karena ada isiannya, teus ada coklat²nya gitu, hehe..

    BalasHapus
  23. Jadi pengen nanya ke Kak Eka, ada pastry yang kalo dimakan tuh kesisa lengketnya di langit2 mulut tuh kenapa ya kak? Aku sampe trauma makan pastry takut lengket, tpi skrg engga sih ada banyak pastry yg enak skrg

    BalasHapus