mamajokaa food blogger bandung

Pastry & Bakery Trends 2024 Apa Saja? Yuk Cek Disini!

tren pastry
Tren pastry dan bakery 2024


Gak hanya fashion, warna, graphic design, desain interior, arsitektur dan tanaman saja yang memiliki tren setiap tahunnya, Pastry dan bakery juga memiliki tren. Untuk mengetahui trend fashion, arsitektur dan tanaman biasanya mengacu pada trend design tahunan yang dikeluarkan oleh WGSN.

WGSN adalah perusahaan trend forecasting yang berbasis di di London, New York, Hong Kong, dan São Paulo. WGSN memberikan analisis dan perkiraan desain produk, menyediakan konsultasi bisnis dan pemasaran kepada merek global dan klien.

Trends ada dikarenakan kebutuhan proses kreatif dan pengembangan suatu produk. Lantas apa saja Pastry & Bakery Trends 2024 dan bagaimana trends pastry dan bakery terbentuk? Yuk baca selanjutnya.

Pastry & Bakery Trends, Emang Ada?


Ada dong! Honestly, saya pribadi agak terkejut mengetahui bahwa pastry & bakery juga memiliki trends. Tapi ternyata, sektor pastry & bakery menjadi sektor kuliner unik yang dicintai dan diagungkan oleh masyarakat global sehingga, tentu saja memiliki trends tersendiri.

Trends Adalah


Trends itu apa? Dikutip dari Brainly, Trends atau tren adalah kecenderungan mutakhir ke arah mana pasar akan bergerak dan dipengaruhi oleh banyak hal, seperti perkembangan teknologi, era globalisasi, ketersediaan bahan baku, pergeseran selera, pergeseran budaya juga gaya hidup masyarakat.

Trends ada dikarenakan kebutuhan proses kreatif dan pengembangan suatu produk. Hal ini berkaitan erat dengan kebutuhan para pencipta atau desainer produk. Tanpa adanya sebuah tren, mereka akan mengalami kesulitan dalam memprediksi karya yang akan mereka garap.

Dengan demikian, trends mencangkup banyak hal namun umumnya memang terkait fashion dan design tapi pastry dan bakery juga memiliki trends.

Jadi, Pastry & Bakery Trends 2024 adalah produk, bahan baku, strategi pemasaran hingga packaging pastry dan bakery apa saja yang akan menjadi viral di sepanjang tahun 2024.

tren pastry adalah
Definisi trends dan pastry & bakery trends


Manfaat Mengetahui Trend Pastry & Bakery Bagi Pemilik Bisnis Kuliner


Mengetahui bahan baku apa saja yang akan menjadi hits tahun depan, dengan demikian pemilik usaha pastry & bakery bisa mempersiapkan hal ini

Dengan mengetahui trends pastry dan bakery, pemilik bisnis dapat mengetahui arah bisnis disesuaikan dengan perubahan selera dan preferensi konsumen serta perkembangan trends pastry dan bakery secara global untuk kesuksesan bisnis, berikut manfaat lainnya yaitu :
  • Sebagai salah satu upaya dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat
  • Menyesuaikan dan menciptakan variasi produk sesuai dengan trends
  • Lebih mudah dalam Membuat promosi yang sesuai dengan tren
  • Dengan mengetahui dan menyediakan produk pastry sesuai trends akan berbanding lurus dengan upaya strategi yang dilakukan dalam meningkatkan popularitas untuk memperoleh peningkatan jumlah pelanggan

Intinya, Apa manfaat mengetahui pastry & bakery trends? Pastry & Bakery trends sangat bermanfaat bagi pemilik bisnis F&B terutama pastry dan bakery. Dengan melihat trends, pemilik bisnis F&B dapat mempertimbangkan menjual produk yang tengah menjadi trend dan viral untuk meningkatkan pendapatan dan pengembangan usaha.

manfaat Pastry & Bakery Trends untuk bisnis kuliner
Manfaat Pastry & Bakery Trends untuk bisnis kuliner



Bagaimana Pastry & Bakery Trends Terbentuk


Tren ada dikarenakan kebutuhan proses kreatif dan pengembangan suatu produk. Hal ini berkaitan erat dengan kebutuhan para pencipta atau desainer produk. Tanpa adanya sebuah tren, mereka akan mengalami kesulitan dalam memprediksi karya yang akan mereka garap.

Darimana pastry & bakery trends muncul? Seperti halnya fashion, para fashion desainer-lah yang menentukan trends apa yang akan muncul tahun depan begitu juga dengan pastry & bakery. Berdasarkan data, analisis konsumen dan pasar serta hasil survei menjadi acuan para kritikus makanan, chef pastry & bakery serta pemilik bisnis cake & bakery untuk membuat trend pastry & bakery setiap tahunnya.

Saya menemukan bahwa pastry & bakery trends diperoleh dari hasil data dan analisis termasuk survey didalamnya yang dilakukan oleh perusahaan digital marketing dan penyedia analisis pasar seperti :

  • Innova Consumer Trends Balancing Priorities report
  • Taste Tomorrow Puratos
  • Mintel Global Food & Drink Trends
  • American Bakers Association : Consumer Trends
  • Euromonitor: Global Market Research & Industry Analysis
  • FYP dan trending di sosial media

Sebagai catatan, setiap tahunnya Innova Market Insights menerbitkan 10 Tren Teratas untuk tahun mendatang yang berfungsi sebagai peta jalan yang sangat diperlukan menuju peluang pasar masa depan, yang mencakup setiap aspek industri makanan dan minuman. Tren ini didasarkan pada survei konsumen global yang luas, jaringan peneliti dalam negeri dan pelacakan peluncuran produk baru sehingga hasilnya akan berbeda untuk setiap sektor.

bagaimana tren pastry terbentuk
Proses terbentuknya trend pastry dan bakery



Dimana Bisa Mengetahui Pastry & Bakery Trends


Innova Consumer Trends dan Mintel biasanya mempublish annual report beberapa bulan sebelum masuknya tahun baru, sekitar bulan Agustus - Desember. Beberapa pameran makanan terutama pastry & bakery juga bertugas sebagai “syiar” pastry & bakery trends tahun berikutnya seperti yang kerap diselenggarakan oleh Sigep dan FHA-HoReCa.

FHA-HoReCa kerap menyelenggarakan acara yang sukses dengan menyatukan jajaran pemasok global terkemuka terlengkap di Asia, menampilkan inovasi terbaru dan teknologi cerdas yang melayani industri jasa makanan & perhotelan yang berkembang pesat di kawasan Asia.

Sementera Sigep annual event yang diselenggarakan oleh IEG – Italian Exhibition Group. Sigep sudah berlangsung lebih dari 45 tahun dan menjadi titik acuan inovasi di seluruh sektor Jasa Makanan dan memberikan gambaran lengkap tentang semua perkembangan pasar baru, bahan baku, mesin dan peralatan, serta perabotan, pengemasan dan layanan di bidang pastry & bakery, gelato, coffee dan artisan.

10 pastry & bakery TrendS 2024 menurut FHA-HoReCa


FHA-HoReCa adalah jasa penyelenggara acara yang berkantor pusat di Singapura yang menyelenggarakan event terkait food and hospitality dengan spesialisasi sebagai berikut :
  • Bakery & Pastry
  • Speciality Coffee & Tea
  • Hospitality Technology
  • Hospitality Style
  • Hospitality Tradeshow
  • Patisserie Competition
  • Food & Hotel Asia
  • FHA Singapore
  • Hotel Suppliers
  • Foodservice & Hospitality Equipment
  • Asian Gelato Cup
  • Asian Pastry Cup

pastry viral luar negeri
Pastry Viral di Luar negeri menurut FHA-HoReCa

FoodnHotelAsia (FHA) kerap menyelenggarakan acara yang sukses dengan menyatukan jajaran pemasok global terkemuka terlengkap di Asia, menampilkan inovasi terbaru dan teknologi cerdas yang melayani industri jasa makanan & perhotelan yang berkembang pesat di kawasan Asia.

Dengan demikian, trend pastry dan bakery 2024 yang diterbitkan oleh FHA-HoReCa kredibel dan trusted ya mengingat skala perusahaan yang tidak main - main dan memiliki sources yang terpercaya.

Pada laman situsnya, FHA-HoReCa menerbitkan artikel terkait trend pastry & bakery 2024. Hal ini tentu dapat menjadi referensi pengadaan produk pastry sejenis untuk membantu pengembangan bisnis pastry dan bakery yang kita miliki, apa saja? Berikut produk pastry yang diramalkan akan viral tahun 2024, yaitu :
  1. Croissant
  2. Macaron
  3. Baklava
  4. Puff Pastry
  5. Danish Pastry
  6. Cannoli
  7. Éclair
  8. Tiramisu
  9. Strudel
  10. Mille-Feuille



Apa Saja Pastry & Bakery Trends 2024


Apa Saja Pastry & Bakery Trends 2024
Pastry & Bakery Trends 2024 secara global


Selain mengetahui pastry viral tahun 2024 menurut FHA-HoReCa, berikut pastry & bakery trends 2024 yang saya rangkum dari beberapa sumber, yaitu Taste Tomorrow Puratos dan Innova marketing insight

1. Bahan Baku Nabati, Free Gluten dan Less Sugar


Menurut penelitian, 56% konsumen di seluruh dunia tertarik pada pilihan produk roti berbahan nabati terutama di Timur Tengah dan Afrika (74%), Amerika Selatan (70%) dan banyak negara di kawasan Asia-Pasifik (68%). Selain itu, 52% percaya bahwa produk alternatif berbahan nabati ini rasanya sama enaknya dengan produk berbahan hewani.

Selain penggunaan bahan nabati, Bakery trends 2024 juga lebih memperhatikan kesehatan usus pada produk yang meningkatkan pencernaan melalui pemilihan serat yang digunakan sebagai bahan baku pada roti, pengurangan jumlah pemakaian gula dan bahan dengan Gluten-Free Oats

2. Evolusi Produk Pastry Tradisional


Inovatif produk pastry dan bakery memang unik dan hampir semua orang suka. Namun, trends 2024 untuk pastry dan bakery lebih mengarah pada keinginan konsumen untuk mencoba makanan baru yang merupakan evolusi produk pastry klasik yang sudah ada atau tradisional.

Inovasi berdasarkan bentuk bukan rasa. Berdasarkan hasil penelitian, konsumen lebih menyukai rasa yang sudah mereka kenal namun dengan bentuk yang berbeda sebagai variasi agar tidak bosan dan segar.

Salah satu evolusi produk pastry klasik adalah pastry hibrida yang menggabungkan dua resep pastry klasik seperti :
  • Pastry hibrida Cromboloni
  • Cronus hasil kreasi pastry chef Perancis Dominique Ansel
  • Crookie (croissant dan kue Oreo) hasil karya chef pastry Prancis Olivier Jansen-Reynaud
  • Donnoli (donat dengan cannoli)
  • Townie (brownies menjadi kue tart dengan bagian tengah yang lengket dan lapisan luar yang renyah)
  • macaron dengan es krim, menjadi sandwich es krim macaron
  • Cruffin yang merupakan persilangan antara croissant dan muffin

3. Penggunaan Bahan Produk Lokal


Taste Tomorrow melaporkan bahwa 39% konsumen membeli makanan produksi lokal setiap minggu. Dan dua dari tiga orang juga ingin mengetahui asal muasal makanan tersebut. Hal ini tentu saja akan berbeda di setiap negara tergantung ketersediaan origin bahan produk lokal yang tersedia.

Penggunaan bahan botani seperti bunga, daun, akar, biji atau batang tanaman, yang dinilai memiliki khasiat obat, aromatik, atau kuliner juga diprediksi akan menjadi trends di tahun 2024.

4. Pertanian berkelanjutan


Hasil analisa Taste Tomorrow dan Innova marketing insight menyatakan bahwa 65% konsumen kini mencari bahan baku botani yang berasal dari metode pertanian berkelanjutan.

5. Pengalaman Unik Dalam Menyantap


Pengalaman unik dalam menyantap produk pastry dan bakery menjadi acuan trends 2024 terutama dalam hal Ukuran. Konsumen lebih menyukai ukuran Mini atau Super Besar. Seperti yang dilakukan oleh chef pastry Philippe Conticini yang memperkenalkan croissant XXL dan pain au chocolat yang menjadi trendsetter trend croissant big size.

6. Penggunaan Bahan yang Lebih Asia


Selain bahan baku yang gluten free, tinggi protein dan low sugar, bahan lainnya yang juga akan menjadi trends di 2024 adalah bahan bahan yang berasal dari ASIA seperti Pandan, yuzu (dari keluarga jeruk) dan Inulin (serat nabati yang terdapat pada sayuran, sereal, dan buah-buahan terutama sawi putih sebagai pemanis ringan dan rasa netral )

7. Model Bisnis Pastry & Bakery Baru

  • Pastry & Bakery Artisan

Pastry & Bakery Artisan adalah produk pastry dan bakery yang dibuat secara handmade tanpa bantuan teknologi mesin dan mengedepankan motto Fresh from the oven. Di Bandung sendiri kini sudah mulai banyak bermunculan pastry & bakery artisan yang khusus menyediakan produk pastry dan bakery segar yang baru dipanggang.

  • Packaging Unik dan Eksklusif

Selain tagline fresh from the oven, ekslusifitas kemasan juga menjadi perhatian penuh pada produk pastry dan bakery di sepanjang tahun 2024

  • Layanan Online

Layanan online akan mendominasi bisnis pastry dan bakery tahun 2024. Oleh sebab itu, pemilik bisnis pastry dan bakery harus mulai menyediakan layanan ini karena sangat berkaitan erat terhadap preferensi cara membeli produk konsumen yang kini lebih menyukai semua hal dilakukan secara online.

Kesimpulan


Selain mengetahui poin utama apa yang menjadi Pastry & bakery trends 2024, kita juga perlu mengetahui produk pastry viral di Indonesia dan mancanegara sebagai preferensi penyediaan variasi produk seperti yang diterbitkan oleh FHA-HoReCa.

Pastry & Bakery trends 2024 nyatanya ada dan menjadi tolak ukur kemajuan sektor pastry dan bakery secara global dan lokal. Sebagai pemilik bisnis, kita perlu mengetahui trends apa saja yang akan muncul pada tahun berikutnya sebagai strategi pengembangan bisnis.

Dengan demikian, bukan tidak mungkin bisnis pastry dan bakery yang kita memiliki memperoleh moment popularitas dan bisnis berkembang secara berkelanjutan.


Referensi :
https://www.mentta.com/blog/en/pastry-trends-the-latest-emerging-fashions/
https://en.sigep.it/sigep/sigep
https://www.ifema.es/en/intersicop/news/sector/global-trends-pastry-bread-chocolate-2024#heading-anchor-1
https://www.pastrystar.com/pastry-and-bakery-trends/2024s-top-pastry-and-baking-consumer-expectations/
https://www.ircagroup.com/en/news/2023-pastry-bakery-trends~528933
https://bakeryinfo.co.uk/ingredients-reports/flavour-trends-whats-hot-in-bakery-in-2024/689801.article
https://fhahoreca.com/fha-insider/popular-pastries-in-the-world/
https://www.puratos.co.id/en/about-puratos
https://quescrem.es/en/blog-en/training/new-trends-in-pastry/
https://www.linkedin.com/showcase/fhahoreca/about/
https://event.navy/id/event/show/1207

29 komentar

  1. Gak hanya urusan gadget dan fashion aja kudu memahami trend yang berkembang, pastry pun perlu ya. Ini pastinya bisa meningkatkan nilai jual juga

    BalasHapus
  2. Makin beragam aja ya olahan pastry ini! Jadi penasaran dan pengen cobain semuanya hehehe.. Oh ya kak infonya dong kalau mau belajar bikin pastry bisa ke mana ya, apa kakak pernah membahas soal ini?

    BalasHapus
  3. Eclair ini favorite ku, semoga beneran jadi trend di 2024 ini biar lebih gampang belinya.

    BalasHapus
  4. Nah iyaaa Teh. Kalau 2023-2024 tren pastry ke crombolini dan teman2nya. Tren 2025 entah bagaimana bentuk kuenya.

    Tapi saya setuju nih. Sudah saatnya konsumsi kue yg low sugar. Biar sehat juga.

    BalasHapus
  5. Trend Pastry ini memang saya amati semakin berkembang. Saya dulu sering dikasih teman yang model kosongan kayak keong itu. Nah, sekarang modelnya beraham varian. Termasuk kemarin adik saya belikan ibu saya yang model persegi panjang dan isi cokelat. Enak, hanya untuk ibu saya ga cocok, karena teksturnya sangat kering. Jadi cucunya yang menghabiskan hehehe.

    BalasHapus
  6. Lucu amat gambar pastrynya, ada matanya, wkwkwk... Baru tau juga ternyata ada tren pastry, yang mana manfaatnya bisa dirasakan oleh pemilik bisnis F&B sebagai pertimbangan untuk menjual produk yang tengah ngetren dan viral dalam mencapai target penjualan.

    BalasHapus
  7. Tren pastry dan bakery di tahun 2024 menunjukkan evolusi industri yang menarik. Perpaduan inovasi rasa, kesadaran kesehatan, dan kepedulian terhadap lingkungan memberikan pilihan yang lebih beragam dan menarik bagi para pecinta kuliner.

    BalasHapus
  8. molly paling suka croissant nih mbak. apalagi sekarang udah banyak banget jenis2nya yg kekinian.

    BalasHapus
  9. Pastry and bakery nggak mau kalah ya. Ada trends nya juga.

    Croissant tuh kayak akrab banget. Aku pingin cari yang enak banget.

    Nggak sekedar yang kemasan di supermarket doang.

    BalasHapus
  10. Iya juga ya.. Tidak cuma fashion dan gadget, bahkan pastry & bakery pun ada trend-nya. Tahun sekarang begini, tahun depan udah beda lagi ya.. Bagus sih, inovatif!

    BalasHapus
  11. Trend kue sekarang banyak macamnya. Saya sampai sekarang pengin nyobain cromboloni ....

    BalasHapus
  12. Lucu-lucu aja ide gabungan croissant dengan jenis kue lain. Kapan itu viral, croffle. Ini ada croffin. Setuju, trend sekarang maunya yg sehat-sehat, dimana-mana muncul tawaran kue/roti gluten-free dan less sugar

    BalasHapus
  13. Aku penggemar Pastry
    Klo ke coffee shop, nggak lupa beli juga pastry yang ada disana

    BalasHapus
  14. Pastry juga ada trend ya teh, meuni menggoda pisan itu gambar-gambarnya, hehe. Masyarakat senang inovasi bentuk pastry ya daripada rasanya. Nggak heran sekarang banyak juga muncul bentuk pastry yang unik. Aku mah apa aja bentuknya dimakan, haha.

    BalasHapus
  15. Dalem pisan euy perkembangan pastry ini ya, teh, sampe ada collab namanya gitu. Kalo aku sih, cukup jadi penikmat aja, kalo disuruh bikin, gak dulu deh, tapi kalo teh Eka mau nemenin, aku sih ayok, hehe..

    BalasHapus
  16. Tiramisu dan Baklava masih menjadi pastri and bakery andalan saya mba, rasanya enak dan dari bentuknya menggugah selera saya juga, dan ternyata masuk dalam trens 2024 ya

    BalasHapus
  17. Dgn semakin banyak masyarakat sadar tentang kesehatan, kemungkinan emg tren pastry lbh ke less sugar ini sih. Soalnya banyak penyakit diabetes yg menyerang masyarakat.

    Selain itu evolusi pastry tradisional mkn menyeruak. Kue2 tradisional emg bnyk terlupakan sih. Smg ke depan mkn bnyk kue tradisional yg dipermak menjadi kue modern tapi tetap mempertahankan citarasa dan bahan2 tradisionalnya.

    BalasHapus
  18. Lagi banyak ya kak yang bahas bakery artisan. Aku jadi lebih teredukasi dengan macam-macam pastry. Padahal biasanya cuma lihat doank dan bahkan gak tahu bedanya pastry ama cake biasa.

    BalasHapus
  19. Keren yah.. ada trends pastry dan bakery dari tahun ke tahun.
    Kayanya memang sebuah keviralan sebuah makanan ini gak lepas dari sebuah riset para ahli juga yaa.. Gak hanya dari rasa, tampilan yang cantik tapi juga menjadi nilai jual di bisnis F&B.

    BalasHapus
  20. Dikira tren pastry dan bakery ini merujuk ke jenis-jenisnya, ternyata lebih luas cakupannya, ya untuk tren 2024 ini. Tapi ini bagus, karena ada item di antara tren itu penggunaan bahan alami dan penggunaan produk lokal yang jelas baik untuk kesehatan dan dukungan terhadap pelaku usaha dalam negeri

    BalasHapus
  21. Loh, macaron ini masuk pastry ya? Saya suka sama bentuk dan warna-warnanya, lucu dan cantik. Tapi belum pernah makan sampai sekarang. Dan ternyata masuk dalam daftar trends pastry tahun 202r.

    BalasHapus
  22. Kirain fashion aja ya yang punya trends. Ternyata bakery & pastry juga punya trends nya sendiri. Dan trends ini ternyata luas banget nggak hanya jenis-jenisnya aja. Sampai bahan baku pun jadi trend juga.

    BalasHapus
  23. Trend produk pastry yang memanfaatkan cita rasa lokal atau menu yang sudah ada sebelumnya kemudian dikolaborasikan jadi menu kekinian sih yang rasanya bukan hanya akan menjadi trend saja di tahun ini. Bisa jadi juga malah akan terus berkembang di tahun-tahun mendatang nih. Semisal cromboloni alias croissant bomboloni. Habis ini bakalan ada apa lagi ya?

    BalasHapus
  24. Wah baklava menjadi trend ya, klo aku sendiri seneng yang model soğuk baklava enak banget dan ngga eneg. Klo enclair ini pernah coba ngga enak. Aku malah pengen banget croissant.

    BalasHapus
  25. Bakery artisan semakin jadi tren di tahun ini ya, Mbak. Wah, bagus deh, akan lebih banyak pilihan nih jadinya untuk beli yang artisan ini. Alahamdulillah kalau trennya mengarah ke yang lebih sehat dan mengangkat kembali yang tradisional atau bercita rasa lokal.

    BalasHapus
  26. Cromboloni sedang naikdaum nih, harganya lumayan juga ya, ternyata ada media khusus uyuodate per pastry an ya, keren inovasinya

    BalasHapus
  27. Waaaa ternyata Pastry dan bakery juga punya tren kayak fashion, kecantikan, dan lainnya ya kak. Yang nentuinnya WGSN? Jadi salah satu tren pastry 2024 ada croissant di posisi pertama? Si croissant ini emang enak banget sih

    BalasHapus
  28. Belakangan ini trend pasty lagi seru-serunya. Ada banyak olahan pastry yang bisa dinikmati, gak jarang juga inovasinya bikin geleng-geleng kepala saking out of the boxnya. Wkwk

    BalasHapus
  29. Ternyata bakery juga ada trend nya ya. Buat pelaku usaha di bidang bakery penting banget untuk inovasi biar bisnisnya berkembang

    BalasHapus