mamajokaa food blogger bandung

Resep Sandwich Croissant Danish Untuk Sarapan

resep sandwich croissant danish



Bosen gak sih sarapan dengan nasi kuning? Lontong kari? Atau bahkan telur dadar dan nasi goreng? Oke oke, enak sih ya gak ada bosennya. Tapi kalau si bosen tetiba datang, gak ada salahnya mencoba sarapan ala orang Denmark loh, yaitu dengan Sandwich Croissant Danish! Wow kan?

Seperti apa sih rasanya? Yang pasti sih lezat ya sepertinya karena saya sendiri belum pernah mencoba, hihihi. Tapi pengen banget nih re-baking resep Sandwich Croissant Danish ala tiga blogger food luar negeri. Yuk kita coba!

Wajib Tahu! Perbedaan Puff Pastry, Danish dan Croissant


Sewajib itu ya untuk tahu perbedaan ketiga jenis pastry ini? Ya gak juga sih. Tapi kalau Mom ingin menjadi chef pastry atau membuka Cake & Bakery dan menyediakan produk pastry, maka wajib hukumnya mengetahui perbedaan ketiganya.

Jadi apa sih bedanya antara Puff pastry, Danish pastry dan Croissant? Berikut perbedaanya yaitu :

1. Puff Pastry


Puff pastry adalah salah satu jenis dari pastry khas perancis yang memiliki tekstur yang kering dan berlapis-lapis. Lapisan yang terdapat pada puff pastry dihasilkan dari adonan dengan bahan baku tepung terigu yang dilapisi dengan lemak padat (mentega pastry) sehingga didapatkan lapisan adonan dan lemak dalam jumlah yang banyak (Stevens, 1995 dalam Retnaningsih et al., 2006).

2. Danish Pastry


Danish pastry merupakan salah satu jenis pastry yang berakar dari perancis lalu dibawa ke Austria dan akhirnya Denmark. Danish pastry yang dibuat dari adonan yang mengandung telur, terigu protein tinggi, mentega dengan kadar lemak tinggi dan ragi dengan perbandingan adonan 200gr -250gr butter per 1 kg adonan.

Dengan demikian, Danish pastry memiliki tekstur tidak renyah dan fluffy seperti Puff pastry atau croissant melainkan crunchy namun lebih padat seperti roti.

Danish pastry umumnya dominan manis dengan isian atau topping seperti custard, selai, dan sebagainya. Setelah matang, Danish pastry biasanya diberi lapisan glaze atau fondant dan icing sugar.

3. Croissant


Croissant adalah jenis pastry yang awal mulanya berasal dari Turki yang diadopsi oleh baker di Perancis. Croissant dibuat dengan adonan dasar Puff pastry namun ditambahkan ragi namun dengan perbandingan penggunaan butter lebih banyak yaitu 300 gr butter per 1 kg adonan. Penggunaan butter yang lebih banyak menyebabkan croissant lebih renyah, richer, dan buttery dari Puff pastry dan Danish pastry.

4. Croissant - Danish


Dikarenakan kemiripan penggunaan ragi dan takaran butter, Croissant sering disandingkan dengan Danish pastry. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak patissier yang menggunakan adonan dasar Danish pastry untuk membuat Croissant dan terciptalah Croissant Danish seperti Sandwich Croissant Danish pada resep di artikel ini.

perbedaan puff pastry, danish pastry dan croissant
Perbedaan mendasar antara Puff pastry, Danish pastry dan Croissant


Tips Membuat Croissant Danish


Untuk membuat Croissant Danish, tidaklah sesulit yang dibayangkan. Kita bisa menggunakan Danish pastry sheet untuk membuat Croissant. Lebih mudah dan praktis sih ya. Tapi, jika kita ingin membuat adonan sendiri, maka kita perlu memperhatikan penggunaan butter atau mentega pastry dalam kondisi dingin namun tidak terlalu dingin agar tidak cepat meleleh saat di olah dengan adonan.

Selain itu, untuk menghasilkan Croissant Danish yang lebih crunchy dengan jumlah layer sedikit, lakukan lipatan tunggal sebanyak tiga kali lipatan tunggal saja. Sedangkan untuk Croissant Danish yang lebih empuk, maka lakukan lipatan tunggal hingga empat atau enam kali pengulangan.


Resep Sandwich Croissant Danish Scramble Egg ala Mamajokaa


Sarapan dengan Sandwich Croissant Danish Scramble Egg sangatlah cocok untuk pagi hari yang gak pake ribet, bikin kenyang dan bergizi. Bisa saja sih kita pesan online di Holland Bakery yang menyediakan Croissant Danish dengan label Croissant Beef (ssm Sandwich) seharga Rp. 9.200 ( cukup murah ya). Tapi, bukankah lebih nikmat dan pusas jika kita membuat Croissant Danish serupa bahkan lebih bervariasi dan lezat?

Resep Croissant Danish  Scramble Egg yang ada di artikel ini, terinspirasi dari tiga food blogger, yaitu : 

1. Inspirasi menu sarapan dari Meera 


Inspirasi utama Croissant Danish Scramble Egg saya peroleh dari mba Meera penulis di blog Nourish Deliciously. Dalam resep original mba Meera, dia menggunakan smoked salmon, olive oil dan alpukat dengan daun bayam. 

Tentu saja, ketiga bahan ini agak pricey, sulit di dapat dan mungkin tidak semua anggota keluara familiar dengan sandwich menggunakan alpukat. Jadi, saya modifikasi resepnya dengan resep dari mba Lauren Sephton yang menggunakan scramble egg dan lettuce dari resep Mba Holly sebagai pengganti bayam.

2.  Resep modifikasi dari  Lauren Sephton 


Resep mba Lauren sungguh menggugah selera, sayangnya dalam resep aslinya Mba Lauren penulis di blog abrightmoment menggunakan bacon atau daging babi, sosis babi madu, Melted cheese lalu dipanggang. 

Ofkors, gak bisa kan ya kita pakai daging yang digunakan Mba Lauren, penggunaan madu juga rasanya kurang familiar di lidah orang Indonesia. Jadi, inspirasi penggunaan daging saya ganti dengan inspirasi dari Mba Holly, yaitu menggunakan ham tapi Beef ham.

Tidak seperti resep mba Laura yang tidak menggunakan lettuce, saya menggunakan lettuce seperti di resep mba Holly agar lebih segar. 

Mba Lauren juga memanggang Croissant Danish karena menggunakan melted cheese sehingga rasa yang dihasilkan, gurih dan makin legit dengan scramble egg dan beef ham. Udah kebayang kan rasanya seeenak apa? Udah ngiler duluan nih saya, hahahaha.

3. Resep Croissant Danish Scramble Egg tanpa di panggang dari Holly Lofthouse


Untuk mom yang ingin Sandwich Croissant Danish ala mamajokaa tanpa dipanggang agar lebih cepat, bisa menggunakan resep yang terinspirasi dari resep mba Holly, penulis blog makanan di Life in the Lofthouse. yang menggunakan ham. Tapi saya subtitusi dengan Beef ham. 

inspirasi croissant danish scramble egg
Ide dan inspirasi menu sarapan dengan Croissant Danish Scrambe Egg

Sebagai catatan penting, mengingat membuat Croisant Danish membutuhkan prosess proofing selama 2 jam, maka sebaiknya membuat Croissant Danish di malam hari agar siap digunakan pada saat sarapan.

Berikut resep Sandwich Croissant Danish Scramble Egg ala mamajokaa yang terisnpirasi oleh mba Lauren Stephon yang saya bagi dalam tiga cara, sehingga mom bisa memilih cara mana yang lebih praktis untuk sarapan. 


Bahan Croissant Danish Scramble Egg ( porsi 4 orang)

  • 1 Lembar Danish Pastry Sheet
  • 4 porsi scramble egg
  • 4 Potong keju mozarella atau melted cheese
  • 4 Potong beef ham, Smoked Ham Beef atau Beef Slice.
  • 4 lembar Daun Lettuce (selada keriting) atau lebih nikmat dengan selada head lettuce atau selada bokor
  • Secukupnya Mustard
  • Secukupnya Mayonaise
  • Saos tomat
bahan membuat croissant danish scramble egg
Bahan Croissant Danish Scramble Egg 


Bahan Scramble Egg :

  • 4 Butir Telur
  • 1 sdm Minyak goreng
  • 1 gelas susu
  • Garam dan lada secukupnya

Cara Membuat Scramble Egg

  1. Kocok telur lepas dan tambahan susu, garam dan lada
  2. Siapkan wajan dan tambahkan minyak goreng, setelah panas masukan kocokan telur ke atas wajan
  3. Acak telur dan tunggu hingga matang

Cara Membuat Croissant Danish

  1. Keluarkan Danish pastry sheet dari lemari es biarkan agak bersuhu ruang
  2. Gilas hingga ketebalan 2 cm
  3. Potong bentuk segitiga memanjang
  4. Gulung segitiga dari dasar ke ujung dan buat seluruhnya untuk 4 atau lebih porsi sebagai cadangan
  5. Alasi loyang dengan carlo atau kertas roti
  6. Letakan Croissant Danish di atas loyang
  7. Tutupi Croissant Danish dengan plastik dan proofing selama 2 jam
  8. Siapkan oven dan panaskan hingga suhu 200 celcius
  9. Setelah proofing selama 2 jam, olesi permukaan Croissant Danish dengan egg wash dan panggang pada suhu 190 - 200 celcius  selama 15 - 20 menit

Cara  Membuat Sandwich Croissant Danish Scramble Egg Dipanggang

  1. Buat Scramble egg terlebih dahulu
  2. Jika ingin menggunakan beef slice, masak terlebih dahulu menggunakan mentega di atas pan fry
  3. Potong Croissant Danish dari bagian tengah tapi tidak sampai putus 
  4. Olesi permukaan belahan bagian bawah Croissant Danish dengan mustard
  5. Letakan Scramble egg diatasnya
  6. Tambahkan keju mozarella atau lebih nikmat dengan melted cheese karena memiliki rasa gurih dibandingkan mozarella yang plain
  7. Panggang sebentar hingga keju meleleh
  8. Letakan lettuce atau selada bokor diatasnya
  9. Letakan beef ham, Smoked Ham Beef atau Beef Slice diatasnya
  10. Tambahkan saus tomat dan mayonaise
  11. Sarapan Croissant Danish Scramble egg, siap di santap!
melting cheese croissant danish scramble egg
 Sandwich Croissant Danish Scramble Egg Dipanggang


Cara  Membuat Sandwich Croissant Danish Scramble Egg Tanpa Dipanggang


Bahan Tambahan :

4  Lembar keju Slice
Potongan tomat segar
  1. Potong Croissant Danish dibagian tengah tapi tidak sampai putus
  2. Letakan lettuce atau selada bokor diatas bagian bawah Croissant Danish
  3. Letakan cheese slice diatas lettuce
  4. Letakan Scramble egg diatas cheese slice
  5. Letakan Smoked Beef diatas scramble egg
  6. Tambahkan saus tomat dan mayonaise
  7. Sarapan Croissant Danish Scramble egg tanpa di panggan siap di santap!
sandwich croissant  danish tanpa di panggang
Sandwich Croissant Danish Scramble Egg Tanpa Dipanggang

Kesimpulan


Gak ribet kan membuat sarapan dengan Sandwich Croissant Danish ala mamajokaa yang terinspirasi dari tiga food blogger diatas? Gak lah ya. Bahan - bahan yang digunakan mudah diperoleh dan membuat Croissant Danish pun sama mudahnya.

Sekali - kali sarapan mewah, mudah dan bergizi dong dengan Croissant Danish Scramble egg yuk! Ikuti resep di atas dan selamat menikmati hidangan sarapan yang pastinya akan disukai keluarga. Sebagai dessert, kita bisa membuat Fruit Danish Pastry yang juga gak kalah enaknya.

Selain Croissant, Kita juga bisa loh Membuat Cromboloni Danish Kekinian Yang Mudah Dibuat menggunakan Danish pastry sheet. Asyik kan ya? Yaaah memang sih Danish pastry instan ini membantu banget proses membuat Danish pastry gak pake ribet. Selamat re-baking!

Referensi :
https://barecamedia.com/resep-dan-tips/detail/apa-perbedaan-danish-pastry-dan-butter-croissant
https://theartofbaking.org/danish-vs-croissant/
https://www.hollandbakery.co.id/snackbox/croissant-beef-ssm-sandwich
https://www.abrightmoment.com/recipes/maple-dijon-breakfast-croissant-sandwiches
https://life-in-the-lofthouse.com/club-croissants/
https://www.nourishdeliciously.com/?p=19219

8 komentar

  1. Masya Allah... ini sih udah cocok buka resto!
    Bagusss banget menggulung bentuk croissant-nya
    btw aku juga pernah buat croissant pakai puff dan danish pastry instant tapi belum se-pro ini sih, hahaha...
    btw, harga di Holland untuk croissant kenapa murce yah. Di family mart untuk pastry aja udah 12k

    BalasHapus
  2. Iih, croissant itu its my fav, say. Gak cuma sarapan, kalo santai pas sore juga bisa jadi kudapan. Sepanjang ini saia beli aja sih, mungkin setelah ini pingin nyobain bikin juga, hehe...

    BalasHapus
  3. Menarik banget 🤩 Bisa jadi ide sarapan yang berbeda dari biasanya. Paksu bakalan seneng nih dibekelin menu sarapan dengan tampilan ciamik dan topingnya banyak. Sandwich Croissant Danish Scramble Egg daru namanya aja udah kebayang bakalan yummy

    BalasHapus
  4. Pinter banget sih mbak bikin croissant, aku koq kalau baking-baking ga sabaran ya. Kayanya harus live cooking nih biar praktek bareng ☺

    BalasHapus
  5. Kebayang sih bakalan mevvah banget sarapan pakai croissant gini. Trus aku mungkin bakal melengkapinya dengan segelas susu segar. Tapi pas baca kalau proses bikinnya beneran lama, kalau mau sarapan begini, niat kuat buat mulai bikinnya di malam hari tuh harus beneran dieksekusi sih ya. Cakep banget pula bentukannya. Ya ampun Kak Eka bisa banget deh

    BalasHapus
  6. Waduh Mbak saya sih Nggak kebayang untuk mempraktekkan semua yang ada di resep yang Mbak tulis Karena lihat gambarnya aja udah auto kepengen nyobain semuanya nanti saya pengen minta bikinin ke mbak aja deh boleh ya

    BalasHapus
  7. berkat artikel ini akhirnya saya jadi tahu bedanya croissant, danish pastry dan puff pastry. Kayaknya saya lebih suka puff pastry deh karena sepertinya lebih cocok buat dimakan bareng kopi susu di pagi hari. hehehe..

    Bikin sendiri? sepertinya saya pilih beli aja deh. Saya kurang telaten kalau bikin pastry seperti ini. hehehe.

    BalasHapus
  8. Wah baru tau, ternyata untuk menggulung croissant ada tekniknya. Pantas aja gagal mulu pas di sesi menggulungnya. Alhasil lebih mirip piscok haha..

    BalasHapus