mamajokaa food blogger bandung

Apa Itu Strudel dan Sejarah Perkembangannya

apa itu strudel



Strudel, yang merupakan salah satu pastry viral di Indonesia ternyata sudah populer sejak tahun 2017 dan masih populer hingga saat ini. Teuku Wisnu adalah artis Ibukota yang mempopulerkan strudel hingga menjadikan strudel sebagai salah satu pastry viral di Indonesia.

Namun, Strudel itu apa? Jenis pastry seperti apa sih? Bagaimana asal usul Strudel? Yuk baca selanjutnya untuk mengenal Strudel lebih dalam.

Apa yang dimaksud dengan strudel?


Strudel adalah salah satu jenis pastry viral berlapis yang terbuat dari pastry filo dengan tekstur renyah tapi lembut di dalam disertai isian yang biasanya adalah buah apel.

Strudel adalah pastry viral dan masuk ke dalam salah satu produk pastry and bakery trends 2024. Strudel berasal dari Wina. Akarnya berasal dari abad pertengahan, dan mencakup budaya Timur Tengah serta Jerman.

Strudel diyakini sebagai kuliner khas Austria dan namanya berasal dari Jerman yaitu Strudel yang berarti kolam pusaran air. Di Jerman, Strudel memiliki nama 'apfelstrudel' untuk Strudel apel, dan 'topfenstrudel' untuk Strudel isian keju. Sementara di Wina, Strudel merupakan dessert dan cemilan teman seruput kopi.

studel adalah
Definisi Strudel dan asal usulnya


Makanan strudel dibuat pada tahun berapa?


Dilansir dari Wikipedia, Tidak ada tanggal pasti mengenai kapan Strudel diciptakan, tetapi resep Strudel dapat dilihat pada sebuah buku masakan kuno yang terdapat di Perpustakaan Wina, Austria yaitu Wien Bibliothek im Rathaus.

resep kuno strudel
Buku masakan kuno yang memuat resep Strudel di Wien Bibliothek im Rathaus.


Buku masakan kuno tersebut berasal dari tahun 1696 berjudul “Koch Puech” memuat dua resep Strudel yaitu Millirahmstrudel dan strudel lobak. Pada buku tersebut juga menyatakan kemungkinan bahwa Strudel merupakan turunan dari Baklava.

Baklava itu apa? Yuk kita telusuri bersama.

Asal Mula Strudel

Seperti halnya Pizza Margherita, Strudel juga memiliki sejarah panjang melintasi budaya dan benua dan membawa kita kembali ke Mesopotamia.

Menurut para ahli, Strudel merupakan perpaduan kuliner budaya yang berbeda. Strudel mirip dengan pastry tipis dari Turki yaitu Baklava yang menggunakan adonan puff pastry tipis dan berlembar (Phyllo Pastry) yang diisi dengan isian manis.

Strudel, Berakar Dari Phyllo Pastry Pada Masa Mesopotamia Kuno


Pastry tipis, berlayer dan berisi isian manis sudah ada sejak zaman kuno di Mesopotamia yang dibuktikan dengan adanya sebuah manuskrip tua yang ditulis pada abad VIII SM.

Manuskrip tersebut menggambarkan makanan penutup untuk istana Asyur yang terbuat dari lapisan tipis yang diisi dengan madu dan kenari, namun belum memiliki nama. Untuk mempermudah jalan cerita, kita sebut saja Phyllo Pastry Isian Buah.

Melalui Jalur Sutra, Pastry Phyllo dengan isian buah mengalami perjalanan panjang dari Asia Tengah ke Eropa Timur melalui para pedagang dan armada yang memperdagangkan rempah-rempah, kain, dan barang-barang berharga.



Berkat Jalur Sutra, Pastry Phyllo dengan isian pistachio dan madu tiba di Yunani pada abad ke-3 SM dan kemudian di Turki, yang menginspirasi lahirnya güllaç dan Baklava.

Namun, Baklava juga kemungkinan terinspirasi dari pastry sejenis berasal dari Timur Tengah dan Balkan yang disebut 'lauzinaj' yang terbuat dari kacang almond yang dihancurkan, dibungkus dengan adonan dan ditutup dengan sirup.

Resep 'lauzinaj' ditemukan dalam buku masak Arab abad pertengahan berjudul Kitâb al-Tabîkh yang berisi kumpulan resep yang terinspirasi dari Persia dan naskah aslinya dapat ditemukan di Perpustakaan Süleymaniye di Istanbul, Turki. Kitâb al-Tabîkh tersebut ditulis oleh Muhammad bin Hasan al-Baghdadi.
Kitab Al- Tabikh
Kitab Al- Tabikh

Kitâb al-Tabîkh Muhammad bin Hasan al-Baghdadi
Kitâb al-Tabîkh karya Muhammad bin Hasan al-Baghdadi

Lalu pada awal abad ke-11 kamus dialek Turki (Diwan Lughat al-Turk) mencatat roti yang dilipat atau disebut juga Yuvgha, sering dikaitkan dengan Yufka yang berarti satu lembar Phyllo.

Salah satu resep awal kue yang mirip dengan Baklava ditemukan dalam buku masak Tiongkok yang ditulis oleh seorang terapis istana dan ahli diet di Dinasti Yuan.pada tahun 1330 yaitu Yinshan Zhengyao.

Yinshan Zhengyao mendokumentasikan masakan Han Cina, Mongol dan Turki salah satunya menyebut resep güllach yang dibuat dari lapisan adonan tipis yang diisi kacang dan gula.

Buku masakah Yinshan Zhengyao
Buku masakah Yinshan Zhengyao

Munculnya Strudel di Wina, Austria


Ide tentang adonan tipis mungkin muncul melalui Turki ke Wina antara akhir abad ke-15, tepatnya pada tahun 1526 pada masa perluasan wilayah yang dilakukan oleh Sultan Suleiman Agung, Baklava masuk ke Hongaria dan selama hampir 200 tahun tetap berada di bawah kekuasaan Kekaisaran Ottoman.

Lalu pada abad ke-17 dimana dengan seiring berjalannya waktu, para koki pastry membuat Phyllo Pastry Isian Buah dengan kulit yang semakin tipis dan banyak lapisan. Adonan Phyllo Pastry Isian Buah yang semakin tipis kemungkinan dikembangkan oleh koki Sultan Ottoman di İstana Topkapi di Istanbul.

Strudel pun semakin berkembang dengan isi yang lebih bervariasi dan menjadi populer pada abad ke-18 pada masa Kekaisaran Habsburg (1278-1780) terutama Strudel apel dan dianggap sebagai hidangan nasional Austria. Strudel yang dibuat oleh orang Wina adalah strudel dengan lapisan tipis dan lembut serta isian apel yang manis dan asam.

Pada sebuah catatan perjalanan milik Penulis Amerika abad ke-19 Alice Lee Moqué, terdapat cerita mengenai Strudel yang dia pesan di di Hotel Petka di Gravosa ( Gruz ) ketika sedang melalui Dalmatia (Kroasia modern).

Perkembangan Strudel di Eropa


Manuskrip pertama yang memuat cara membuat Strudel berasal dari tahun 1827 yang terdapat pada buku resep bertajuk Great Vienna oleh Anna Dorn, yang menyebut Apfelstrudel.

Sementara itu, nama Strudel sudah digunakan untuk menyebut Baklava di Wina sejak tahun 1050 - 1350 dan tetap digunakan hingga saat ini.

Seiring berjalannya waktu, mulai dari puplaristanys di Wina, Strudel menyebar ke berbagai negara di Eropa Tengah, seperti Italia Utara, Republik Ceko, Slovakia, dan Slovenia.

Strudel Viral Di Indonesia

Lalu bagaimana dengan kisah masuknya Strudel di Indonesia? Strudel dibawa masuk ke Indonesia pada masa penjajahan Belanda dan kini, Strudel menjadi populer dan menjadi pastry viral berkat artis Teuku Wisnu.

Strudel Malang adalah produk Strudel yang menjadi oleh - oleh kuliner khas malang milik Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar. Cerita Berawal dimana keduanya santa menyukai Strudel ketika mengunjungi Eropa lantas membuatnya di Indonesia menggunakan apel malang, dan jadilah Strudel Malang.


Bahan - Bahan Strudel


Adonan strudel dibuat dengan bahan - bahan seperti tepung, air, dan sedikit minyak dengan Isiannya sangat bervariasi, seperti :
  • Strudel apel, adalah Strudel klasik yang diisi dengan apel yang diiris tipis, gula, kayu manis, dan terkadang kismis atau kacang-kacangan.
  • Strudel ceri adalah Strudel yang diisi dengan ceri serta sedikit almond
  • Strudel keju adalah Strudel yang diisi dengan campuran krim keju, bumbu dan rempah.
  • Strudel kacang adalah Strudel yang diisi dengan campuran kacang tanah, gula, dan rempah-rempah
Adonan dasar Strudel adalah Phyllo pastry, puff pastry atau shortcrust pastry. Adonan Strudel harus benar-benar mengembang dan memiliki banyak gluten menggunakan teknik yang sama dengan membuat kulit martabak yaitu melempar adonan ke atas papan. Maka tak heran memang jika Strudel memiliki lapisan kulit berlayer dan renyah persis martabak.

Kesimpulan


Strudel nyatanya memiliki sejarah panjang mulai dari abad ke 3 SM mulai dari Mesopotamia, mampir di China hingga akhirnya dibawa ke Wina pada masa Kekaisaran Ottoman. Wah, Strudel termasuk kuliner heritage ya Mom.

Ketika pertama kali melihat Strudel, saya mengira ini adalah martabak, hehehe. Tentu tidak digoreng melainkan dipanggang.

Menelusuri sejarah Strudel, nyatanya membuat saya semakin penasaran dengan resep Strudel apel klasik dan bagaimana cara membuat kulit adonannya hingga setipis itu dan berlayer tapi tidak rapuh.

Tapi untuk sementara, kita bisa menikmati the slice of Strudel, di Toko kue terdekat, yuk nyobain mom!

Referensi :
https://en.wikipedia.org/wiki/Strudel
https://recipes.net/articles/what-is-strudel/
https://www.kitchenproject.com/german/recipes/Desserts/Strudel/Strudel-History.htm
https://enjoyfoodwine.com/weird-history-of-strudel-mesopotamia-europe/
https://travel.okezone.com/read/2023/09/27/301/2890550/mengulik-sejarah-strudel-kuliner-legendaris-hidangan-para-raja-berusia-lebih-3-abad?page=all
https://www.liputan6.com/showbiz/read/5068904/teuku-wisnu-luncurkan-malang-strudel-home-living-tak-hanya-jual-roti?page=3
https://www.aplatefortwo.com/strudel-austria-vs-malang/
https://julianrolfe.com/2020/10/04/kitab-al-tabikh-the-book-of-recipes-cooking-with-the-caliphs-bethany-kehdy/
https://www.gamberorossointernational.com/news/en-news-in-evidenza/apple-strudel-history-traditional-recipe-and-tasty-variations/

Posting Komentar