mamajokaa food blogger bandung

Mengenal Cannoli, Pastry Khas Sisilia

sejarah cannoli dan asal usulnya


Pertama kali melihat penampilan Cannoli, dalam hati saya berfikir, “Atuhlah ini mah pangsit goreng dikasih isian”. Emang sih, penampilannya agak mirip ya meski yang jelas sih Cannoli ini pastry manis dan menggunaan adonan pastry bukan kulit pangsit.

Terus apa dong Cannoli itu? Penasaran gak sih, apa itu Cannoli?  Yuk kita mengenal Cannoli, sejarah dan asal usulnya.

Cannoli itu apa?


Cannoli yang kita maksud disini adalah pastry ya bukan istilah canoli (dibaca:ca-no-li) dalam tradisi Sunda yang artinya ahli perhitungan untuk hari - hari istimewa seperti pernikahan (duh jauh banget atuh ya artinya).

Cannoli adalah salah satu jenis pastry klasik yang viral baik di Indonesia maupun di Mancanegara yang memiliki bentuk seperti pipa berlubang di kedua ujungnya yang diisi dengan krim.

Bentuk tunggal nama Cannoli adalah Cannolo (kanˈnɔːlo] yang, artinya "tabung kecil" dan Secara etimologi bahasa, Cannoli merupakan nama serapan dari bahasa Arab "Qanawat".

cannoli itu apa
Pnegertian pastry Cannoli


Cannoli Berasal Dari Negara Mana?


Cannoli berasal dari Piana degli Albanesi, Sisilia. Cannoli merupakan salah satu kuliner utama dan populer di Sisilia dan di Italia, Cannoli disebut "cannoli siciliani".

Cannoli menjadi dessert musim semi dan lebih banyak hadir pada saat perayaan Fat Tuesday (Carnevale). Mengapa musim semi? Karena pada musim semi, domba akan menghasilkan lebih banyak susu sebagai bahan utama Ricotta yang menjadi isian Cannoli.

Sejarah dan Asal Usul Cannoli


Asal usul cannoli berasal dari “duplikat” resep cemilan khas Romawi kuno yang dikembangkan oleh orang Arab yang menginvasi Sisilia lalu dikembangkan oleh para biarawati biara di Caltanissetta, Sisilia. Bagaimana Ceritanya?

Cannoli, Pastry “Erotis” Berasal dari Romawi dan Yunani Kuno


Seperti halnya Pizza Marhgerita yang memiliki sejarah panjang, Cannoli juga memiliki sejarah dan asal usul unik yang berbeda dari pastry lainnya.

Dikutip dari BBC, Ada kisah erotis dari lahirnya pastry Cannoli dimana pada masa Yunani Kuno digunakan sebagai makanan persembahan selama peringatan Thesmophoria kepada dewi Persefone dan Demeter yang keduanya adalah Ibu dan anak yang merupakan Goddes atau dewi kesuburan dan keibuan.

Sehingga, tidak aneh jika pastry yang mereka buat memiliki bentuk erotis seperti Cannoli yang mirip lingga (alat kelamin pria) dan pastry lain yang mirip payudara.

Tapi, sejarawan lain menyatakan bahwa persembahan hidangan seperti Cannoli ini sudah ada sejak jaman Romawi Kuno dimana Cannoli digunakan sebagai persembahan untuk dewi Isis pada masa Mesir Kuno.

Jadi, nampaknya Cannoli merupakan bagian dari hidangan keagamaan ya, mirip ketupat yang harus hadir pada perayaaan lebaran Idul Fitri atau Idul Adha.


Cannoli Yunani
Cannoli, awalnya persembahan kepada Dewi - dewi Yunani



Munculnya Cannoli di Sisilia, Italia


Tidak muncul begitu saja, Cannoli menjadi cemilan khas Sisilia setelah melewati perjalanan yang panjang, sepanjang jalan kenangan, hehe.

Ini beneran, karena menurut sejarawan Italia, pastry yang sangat mirip dengan Cannoli sudah ada pada zaman Romawi. Pada tahun 70 SM ditemukan munculnya Cannoli dalam salah satu karya sastra Domenicus Caveosanus milik Marcus Tullius Cicero yang merupakan orator dan saudagar besar.

Cicero menyebut Cannoli dalam bukunya pada kalimat “tubus farinarius, dulcissimo, edulio exlacte factus” yang artinya Sebuah tabung yang diolah dengan tepung dan diisi dengan isian yang sangat manis yang terbuat dari susu (sumber:dessertadvisor-com).

Bukti penemuan Cannoli yang sudah ada sejak masa 70 SM sesuai dengan catatan sejarah penjajahan bangsa Arab di Sililia pada masa yang sama. Pada masa - masa penjajahan seperti ini biasanya terjadi pertukaran budaya mulai dari gaya hidup, berbusana hingga makanan. 

Dikutip dari Wikipedia, sejarah panjang lahirnya Cannoli di Sisilia sudah berevolusi antara abad ke-9 dan ke-11 di Sisilia yang pada saat itu sebagian besar wilayahnya dikuasai oleh orang-orang Arab. 

Orang - orang arab yang bermukim di Sisilia memperkenalkan gula di Sisilia terutama di suatu wilayah Italia Selatan provinsi Sisilia yang saat itu belum memiliki nama namun terkenal sebagai Castra Nicia (Benteng Nicia) sejak abad ke 406 SM.

Benteng Nicia merupakan sebuah benteng pertahanan dari pengepungan yang dibuat oleh Laksamana Hamilcar Barca  dari Kartago. 

Sebelumnya, setelah Perang Punisia Kedua (218 – 201 SM), Castra Nicia berada di bawah kekuasaan Romawi lalu pada tahun 829 M, wilayah yang sudah menjadi kota ini diduduki oleh kaum Saracen. Kartago lantas menjadi  nama sementara untuk menyebut wilayah berdirinya Castra Nicia

ilutsrasi perang punisia
Ilustrasi perang Punisia kedua, pasukan gajah mengingatkan saya sejarah kelahiran nabi Muhammad SW dan serangan pasukan gajah di film LOTR 


Nama Kartago, mirip dengan kata Arab نساء nisā' (berarti 'wanita') yang menghasilkan nama Saracen قلعة النساء Qal'at al-Nisā' ('Benteng Wanita') lalu berubah menjadi Caltanissetta.

Di kota Caltanissetta, atau “Kalt El Nissa inilah berdiri harem Saracen yang merupakan wilayah terpisah dalam rumah tangga muslim yang dihuni oleh istri, selir, dan pembantu wanita. Para wanita dalam harem punya banyak kegiatan seperti kerjaan domestik, which is kek nya sama aja dengan ibu - ibu jaman now ya, hehe. Memasak, mencuci, mengurus anak and ofkors bikin kue kayak aku, wkwkwk. 

Cannoli, adalah salah satu jenis kue yang dibuat oleh para wanita harem pada masa itu. Sebuah mitos menyatakan bahwa, Cannoli merupakan representasi rasa rindu pada suami ketika mereka tidak bertemu. 

Susah sih ya kalo kangen sama pasangan di abad ke 70 SM terus lama gitu gak ketemunya. Ya kali kita mah mudah tinggal chat aja atau Vcall gitu, laah mereka gak bisa dong marisol. Mau kirim surat kelamaan, ya udin! Bikin kue aja deh, biar suami happy juga begitu pulang sudah tersaji kue enak lambang rasa rindu, hehe. 

Cerita berlanjut setelah wilayah tersebut direbut oleh bangsa Normandia pada tahun 1086 dan sebagian besar harem ikut pulang kampung dan menyisakan  wanita Saracen yang sudah masuk Kristen lalu membawa  resep Cannoli. 

Namun, bicara soal asal usul nama Caltanissetta, masih terdapat diskusi dan perbedaan pendapat. Jika ingin tahu lebih lanjut soal asal usul nama dan sejarahnya bisa cek di Wikipedia ya. Yang jelas, sejarah Cannoli tidak luput dari pengaruh budaya bangsa Arab yang menjajah Sisilia. 


Sejarah Cannoli di Sisilia
Sejarah Cannoli di Sisilia


Salah satu bukti dokumen pertama yang memuat nama kota Caltanissetta berasal dari zaman Norman pada ke-11 dimana penulis sejarah Goffredo Malaterra pada masa Pangeran Agung Roger, menceritakan penaklukan Norman atas Sisilia dan menyebut nama Calatenixet.

Cannoli, Menjadi Pastry Suci Di Sisilia


Terus gimana ceritanya Cannoli menjadi pastry khas Sisilia? Agak epik sih ceritanya. Jadi, setelah masa - masa penjajahan bangsa Arab dan terjadilah pertukaran budaya termasuk kuliner, Cannoli sudah menjadi bagian dari cemilan di Sisilia bahkan hingga berabad - abad kemudian.

Cannoli yang awalnya sebagai pastry persembahan untuk para raja dengan cerita awal karena kangennya para istri bangsa Saracen kepada suaminya, lalu menjadi pastry suci setelah masa penjajah bangsa Norman.

FYI, Bangsa Norman tuh bangsa Viking yang merupakan suku nomaden yang berasal dari Norwegia. Hobi mereka emang pindah - pindah gitu dan nyari wilayah jajahan baru. Lantas, berlabuhlah mereka di tanah Sisilia pada abad ke 11.

Yang awalnya Sisilia kental dengan tradisi Arab, setelah kedatangan bangsa Norman, Sisilia menjadi wilayah yang kental dengan ajaran Katolik namun bersatu dengan ritual keagaamn Norman.

Seperti perayaan pengamatan titik balik matahari pada musim dingin menyatu dengan perayaan Natal dan ritual kesuburan menyatu dengan Paskah. Nah, disinilah mulai digunakannya Cannoli sebagai hidangan suci pada perayaan paskah sebagai simbol kesuburan.

Siapa yang membuat resep Cannoli asli? Mereka adalah para biarawati di biara yang terletak di kota Caltanissetta. Mereka membuat Cannoli yang mirip dengan lingga sebagai harapan dan doa kebahagiaan dan kesuburan dengan isian ricotta krim berwarna putih. Sudah, jangan dibayangkan terlalu jauh ya, wkwkwk.

Sebagai orang Asia dan muslim, ofkors tabu ya ngomongin organ seksual, tapi menurut Maria Oliveri, seorang pakar isu warisan budaya dari kota Palermo, organ seksual tidak tabu bagi masyarakat Yunani dan Romawi kuno justru dihormati sebagai simbol kelimpahan.

Layaknya sebuah National Treasure nih, resep asli Cannoli dijaga ketat oleh para biarawati selama berabad-abad dan diturunkan secara turun temurun dari generasi ke generasi tanpa pernah menuliskannya.

Yaah ibarat ibu mertua nih yang sekarang menurunkan resep Semur daging sapi khas keluarga H. Eyet kepada saya, hehe. Bedanya sekarang saya mencatat resepnya untuk diturunkan kepada anak - anak saya kelak.

Kembali ke cerita, lalu si Cannoli ini muncul selama Karnaval dan perayaan pra-Prapaskah sebagai simbol kesuburan dan tanda hasrat. Karnaval yang bisa menjadi ajang cari jodoh juga kali ya.

Karena selama karnaval berlangsung, warga masyarakat menggunakan topeng lalu berdansa dan mencari jodoh sambil menyanyikan lagu untuk membuat para wanita tertarik. Begini liriknya,

“ Ogni cannolu è scettru d' ogni Re... lu cannolu è la virga di Mosè"

Apa artinya? Cari sendiri ya, saya agak malu menerjemakhan disini, wkwkwk. Anyway, tradisi ini lantas menjadi tradisi yang terus hadir bahkan hingga saat ini.

Cannoli terbuat dari apa?


Terlepas dari sejarah Cannoli yang agak tujuh belas tahun keatas, tapi Cannoli merupakan pastry yang Cannoli yang renyah, manis dan nikmat.

Memang, mirip dengan kulit pangsit yang digoreng lalu diberi isian begitu pula Cannoli tapi yang jelas, kulit Cannoli dibuat menggunakan bahan dasar pastry yaitu tepung, mentega, gula, dan telur. Sementara kulit pangsit menggunakan terigu, tapioka dan telur.

Cannoli dibuat dengan cara di goreng (sama dengan cara membuat Bomboloni ) dan isian utamanya ada krim Ricotta.

Apa itu Ricotta? Ricottaadalah kirim keju yang dibuat dari dadih susu domba untuk membuta keju di Sisilia. Isian Ricotto biasanya di campur dengan vanilla, coklat, pistachio, wine, air mawar, atau bahan perisa lainnya. Maka gak heran kalau Cannoli punya rasa manis dan gurih.


cannoli terbuat dari
Bahan - bahan cannoli



Terus kalau kita mau bikin Cannoli gimana dong? Ya kali kudu import Ricotta dari Sisilia, duh berat di ongkir dooong, Tenang, kita bisa membuat resep Cannoli Originl Sisilia dengan menggunakan keju Ricotta yang sudah tersedia di marketplace. Aduhai banget kan? Gak perlu deh terbang jauh ke Italy kecuali mau honeymoon gitu, hehe. 

Tapi yang pasti, ketika membuat Cannoli pastikan keraknya tipis tapi adonannya tebal, cangkang harus di goreng dan begitu matang langsung diisi isian krim keju. Boleh ditambahkan meses atau pistcachio dan jenis kacang lain agar lebih enak.

Kesimpulan


Sudah cukup kenyang kah membaca sejarah panjang Cannoli yang agak bikin shy-shy cat? Hehehe. Tapi lucu kan ya dan unik, siapa sangka pastry pemujaan kesuburan yang satu ini menjadi salah satu pastry viral di Dunia dan di Indonesia.

Sekarang pastinya penasaran kan ya pengen nyobain Cannoli. Sok atuh berburu langsung ke toko kue atau yuk cobain bikin resep Cannoli original  aja biar lebih afdol gitu. 


Referensi :
https://atasteoftravel.wordpress.com/2011/06/21/making-cannoli-in-piana-degli-albanesi/
http://www.bestofsicily.com/mag/art208.htm
https://pergikuliner.com/blog/sejarah-singkat-cannoli-pastry-klasik-dari-italia
https://www.gandummas.co.id/en/highlight-detail/cannoli-dessert-favorit-dari-italia
https://www.streaty.com/blog/cannoli-all-you-must-know/
https://www.nationalgeographic.com/travel/article/secret-history-of-cannoli-palermo-monasteryhttps://www.bbc.com/indonesia/vert-tra-55714845#:~:text=Di%20masa%20Yunani%20Kuno%2C%20selama,dan%20kue%20wijen%20berbentuk%20payudara.
https://id.wikipedia.org/wiki/Demeter
https://www.ancient-origins.net/premium-preview/thesmophoria-0018230
https://facts.net/world/landmarks/11-astounding-facts-about-the-persephone-statue/
https://www.hellenic.org.au/post/the-thesmophoria-women-s-ritual-in-the-ancient-world
https://www.digitalparos.com/a-journey-into-the-abandoned-thesmophorion/(Paintingofthe Thesmophoric procession by the American artist Francis Davis Millet (1894-1897))
https://www.tribunnewswiki.com/2020/02/05/hari-ini-dalam-sejarah-5-februari-146-sm-berakhirnya-perang-antara-kekaisaran-romawi-dan-kartago
https://it.wikipedia.org/wiki/Storia_di_Caltanissetta
https://www.enjoysicilia.it/en/curiosities/origine-del-nome-caltanissetta/

17 komentar

  1. Saya baru tahu ada pastry cannoli ini, Mbak. Bentuknya mirip pangsit, tapi jelas beda rasa dan teksturnya hehehe. Tapi kalau lihat foto pertama, itu teksturnya bolong-bolong bikin geli, ya. Kalau orang yang punya rasa apa itu kalau lihat bolong-bolong, pasti ga mau makan. Padahal rasanya endul hehehe.

    BalasHapus
  2. sejarahnya lengkap bangeeeet. eh kalau di indonesia, bisa kan ya beli pastry ini? kayaknya menarik aja, soalnya enggak terlalu besar. pas gitu dimakan

    BalasHapus
  3. Ada pula ternyata pastry bernama Cannoli. Punya sejarah dan filosofi yang mengesankan ya.
    Sepertinya boleh dicoba nih bakaln seperti apa rasanya.

    BalasHapus
  4. Ternyata cannoli ada sejarah panjang dibaliknya ya. Menarik sekali. Sayangnya belum pernah nyobain. Bener mirip pangsit digulung terus digoreng

    BalasHapus
  5. Satu jenis pastry saja yaitu Cannoli ternyata memiliki sejarah panjang. Penasarannnnn gimana rasanya :D

    BalasHapus
  6. Loh iya mirip pangsit yang dikasih isian manis. Alhamdulillah kalau mau buat bahannya ada di marketplace ya teh, nggak usah jauh-jauh ke Italy, hehe. Cannoli ada tradisi bahasa sundanya ya, aku baru tahu ada istilah cannoli di Sunda 🙈

    BalasHapus
  7. Cannoli adalah hidangan penutup istimewa yang wajib dicoba oleh para pecinta kuliner. Perpaduan rasa manis, gurih, dan renyah pada cannoli, dijamin akan membuat ketagihan. JAdi penasaraannnnn aku tuh hehehehe

    BalasHapus
  8. Wah jadi penasaran pengen coba cannoli ini.. Sejarahnya panjang juga ya sampai bisa terhidang sekarang di meja makan kita

    BalasHapus
  9. Panjang amat sejarahnya. Kalo baca sejarah cannoli sambil makan, bisa abis berapa potong cannoli yak?

    BalasHapus
  10. Hemmmm, untuk sebuah pastry cannoli ternyata punya sejarah yang panjang. Kayaknya saya belum pernah makan deh. Tapi kelihatannya pasti lezat dan nikmat. Pokoknya mah kalo kuliner Italia mah saya suka... Meski cannoli sendiri dibawa dari Romawi dan Yunani...

    BalasHapus
  11. Oh ini namanya Cannoli ya. Aku pernah lihat pastry seperti ini pas ada undangan makan malam di resto Italia gitu. Ternyata pastry ini memang berasal dari Italia.

    BalasHapus
  12. Sekilas hampir mirip kebab nggak sih. Hehehe...
    Pastry erotis banget ya namanya. Lucu. Ono wae ya,,,

    BalasHapus
  13. Teh, aku sekarang tiap makan pastry, langsung kerekam blog mamajokaa.
    Rasanya informasi di blog ini beneran tertanam kuat buatku, yang biasanya cuma suka makan, tanpa memaknai sejarah masing-masing kemunculannya.

    Sejarahnya luar biasa yaa..
    Dari mulai bentuk dan penyebarannya, cannoli tetap sama. Aku jadi mencari makna “ Ogni cannolu è scettru d' ogni Re... lu cannolu è la virga di Mosè" dan aku menemukannya. segamblang itu makna "cinta" bagi mereka yaa..

    BalasHapus
  14. Canolli ini hampir mirip pastry keong apa sich itu namanya yang diisi vla gtu. Tapi model ini nggak corong ya,, enak banget itu dikasih keju, sama yang isi kacang pistachio.

    BalasHapus
  15. Yeaayyy... nambaah satu lagi pengetahuan tentang jenis pastry. Dan sepertinya saya paling tertarik sama pastry canolli ini. Nunggu resepnya deh dari Mbak Eka.

    BalasHapus
  16. Ehhh iya kalau dilihat sekilas kayak pangsit goreng dikasih isian gitu ya mbak hahaha...
    Btw, keliatannya enak banget nih. Kayaknya aku belum pernah makan deh nih pastry Cannoli..

    BalasHapus
  17. Duh aku lihat gambarnya auto ngiler banget ini.. Meski bentuknya kayak pangsit goreng ya ternyata panjangan juga sejarah canolli ini.

    BalasHapus