mamajokaa food blogger bandung

Apa itu L-Theanine dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Apa itu L-Theanine


Pernahkah Mom mendengar tentang senyawa bernama L-Theanine? Namanya memang terdengar asing ya, tapi tahu gak kalau ternyata L-Theanine punya banyak manfaat lho bagi kesehatan kita. 

Yuk, kita bahas lebih dalam apa itu L-Theanine dan bagaimana cara kerjanya di dalam tubuh.

Apa Itu L-Theanine?


L-Theanine adalah asam amino unik yang ditemukan secara alami terutama dalam teh hijau dan teh hitam. Senyawa ini memiliki struktur molekul yang mirip dengan glutamat, salah satu neurotransmitter utama di otak. Namun, meskipun mirip, efek L-Theanine di tubuh berbeda dengan glutamat.

L-Theanine pertama kali ditemukan pada tahun 1949 oleh ilmuwan Jepang bernama Yajiro Sakato. Ia menemukan senyawa ini saat meneliti komposisi kimia daun teh. Sejak saat itu, L-Theanine menjadi salah satu senyawa yang banyak diteliti karena potensi manfaatnya bagi kesehatan.

Meski merupakan kandungan dalam teh hijau atau teh hitam, L-Theanine sebenarnya bukan hanya terkandung dalam daun teh. Senyawa ini juga dapat ditemukan dalam beberapa jenis jamur dan bakteri. Namun, konsentrasi L-Theanine tertinggi memang terdapat di dalam teh hijau dan teh hitam.


l theanine adalah
Pengertian L- Theanine 


Manfaat L-Theanine Bagi Kesehatan


Lalu, apa saja manfaat L-Theanine bagi kesehatan kita? Berikut ini adalah beberapa manfaat L-Theanine yang sudah terbukti secara ilmiah:

1. Menurunkan Stres dan Kecemasan


Salah satu manfaat utama L-Theanine adalah kemampuannya dalam menurunkan stres dan kecemasan. Senyawa ini dapat meningkatkan kadar neurotransmitter GABA di otak, yang berperan dalam menenangkan dan meredakan ketegangan.

Beberapa penelitian menunjukkan, konsumsi L-Theanine dapat menurunkan kadar kortisol, hormon stres, dalam tubuh. Selain itu, L-Theanine juga dapat meningkatkan produksi serotonin dan dopamin, neurotransmitter yang terkait dengan suasana hati yang positif.

Nah, dengan kemampuannya dalam meredakan stres dan kecemasan ini, L-Theanine bisa jadi suplemen yang tepat buat Mom yang sering merasa tertekan atau cemas, lho.

2. Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus


Selain meredakan stres, L-Theanine juga terbukti dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus. Senyawa ini dapat meningkatkan gelombang alfa di otak, yang terkait dengan relaksasi dan kewaspadaan.

Beberapa studi menunjukkan, konsumsi L-Theanine dapat meningkatkan kemampuan kognitif, seperti perhatian, pemrosesan informasi, dan ketajaman mental. Selain itu, L-Theanine juga dapat membantu mengurangi kelelahan mental saat melakukan tugas-tugas yang membutuhkan banyak konsentrasi.

Jadi, kalau Mom sering merasa sulit berkonsentrasi atau cepat lelah saat belajar atau bekerja, coba deh tambahkan asupan L-Theanine ke dalam rutinitas harianmu.

3. Mendukung Kesehatan Jantung


Selain memberi manfaat pada otak, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa L-Theanine dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperbaiki profil lipid dalam darah. Hal ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Senyawa ini terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) dalam darah. L-Theanine juga dapat membantu merelaksasi pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan darah.

Nah, dengan kemampuannya dalam menjaga kesehatan jantung ini, L-Theanine bisa jadi suplemen yang bagus buat Mom yang ingin menjaga kesehatan kardiovaskular.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur


L-Theanine juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Senyawa ini dapat menenangkan pikiran dan menurunkan stres, sehingga dapat memudahkan kita untuk tertidur dan tidur lebih nyenyak.

Beberapa penelitian menunjukkan, konsumsi L-Theanine dapat membantu meningkatkan total waktu tidur, mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk tertidur, serta meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan. Hal ini karena L-Theanine dapat meningkatkan produksi serotonin dan melatonin, hormon yang berperan dalam mengatur siklus tidur-bangun.

Jadi, kalau Mom sering mengalami insomnia atau tidur yang tidak berkualitas, coba tambahkan asupan L-Theanine ke dalam rutinitas harianmu, yuk!

manfaat  L-Theanine  untuk kesehatan
Manfaat  L-Theanine  untuk kesehatan


Cara Kerja L-Theanine di Tubuh


Nah, bagaimana sih L-Theanine bisa memberikan manfaat-manfaat tersebut? Mekanisme kerjanya di dalam tubuh adalah sebagai berikut:

  • L-Theanine dapat melewati sawar darah-otak dan masuk ke dalam otak.
  • Di otak, L-Theanine dapat meningkatkan kadar neurotransmitter GABA, serotonin, dan dopamin. Neurotransmiter ini berperan dalam mengatur suasana hati, stres, dan fokus.
  • L-Theanine juga dapat menurunkan kadar hormon stres, seperti kortisol.
  • Selain itu, L-Theanine juga dapat meningkatkan gelombang alfa di otak, yang terkait dengan relaksasi dan kewaspadaan.
Singkatnya, L-Theanine bekerja dengan mempengaruhi sistem saraf pusat dan neuroendokrin di dalam tubuh. Senyawa ini dapat memodulasi aktivitas neurotransmitter dan hormon-hormon yang terkait dengan stres, suasana hati, dan fungsi kognitif.

cara kerja L-Theanine
Cara kerja L-Theanine

Cara kerja L-Theanine di otak
Cara kerja L-Theanine di otak


Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai apa itu L-Theanine dan bagaimana cara kerjanya di dalam tubuh. Manfaatnya yang beragam mulai dari menurunkan stres, meningkatkan konsentrasi, menjaga kesehatan jantung, hingga membantu tidur tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Yuk, mulai konsumsi makanan atau suplemen yang mengandung L-Theanine untuk mendapatkan manfaat-manfaatnya!

7 komentar

  1. kalau sedang bad mood kayaknya perlu konsumsi L-Theanine ini ya kak yang dapat menurunkan kadar kortisol, hormon stres, dalam tubuh agar dengan suasana hati kembali positif.

    BalasHapus
  2. Oh, pantesan pas minum teh ada efek-efek seperti yang Mba paparkan di atas. Ternyata ini berasal dari manfaat L-Theanin.

    BalasHapus
  3. Wah bisa meningkatkan fokus gini cocok buat pecatur juga nih, yang lebih banyak duduk dan berpikir.

    BalasHapus
  4. Jadi tambah ilmu nih. Apalagi L-theanine ini ada di teh ya. Tapi aku cenderung ke kopi daripada teh. Fungsinya mirip-mirip ya, buat konsentrasi dan meningkatkan mood biar makin semangat dan positif.

    BalasHapus
  5. Selain safron, ternyata ada juga L-theanin ya dengan fungsi hampir mirip. Terima kasih infornya.

    BalasHapus
  6. Saya justru baru tahu ada teh hitam juga ya, karena lambung saya tidak ramah dengan teh dan kopi jadi kurang paham ada teh hitam.

    BalasHapus
  7. baru tahu nih L theanine itu, ternyata banyak manfaatnya ya buat kesehatan kita, apalagi kecemasan itu tergolong berat juga sih ya.

    BalasHapus