mamajokaa food blogger bandung

Resep Cannoli Original Sisilia Menggunakan Bahan Lokal


resep cannoli original


Diartikel sebelumnya kita sudah cukup kenyang akan pengetahuan sejarah panjang Cannoli. Sudah bacakan? Belum? Ohhh baca dulu dong biar afdol menyantap Cannoli menggunakan resep ini sambil membayangkan bagaimana Cannoli dulu tercipta.

Yang sudah baca artikel sebelumnya, tahan tawa yaaa, wkwkwk.

Well, sekarang waktunya kosongkan perut dan bersiap menyantap hidangan “orang dewasa” yang bisa disantai anak-anak juga, yaitu Cannoli klasik menggunakan bahan lokal. Apa dan bagaimana membuat Cannoli original Sisilia, yuk baca selanjutnya.

Bahan Lokal Untuk Adonan Kulit Cannoli


Cannoli adalah pastry, so udah pasti menggunakan bahan adonan pastry yaitu terigu, mentega dan telur. Yuk kita bahas bahan adonan kulit Cannoli.


bahan kulit cannoli
Bahan - bahan untuk membuat Cannoli


Terigu Lokal Untuk Membuat Cannoli


Terigu yang digunakan adalah tepung serbaguna. Kalau di Indonesia, kita bisa menggunakan merek tepung terigu protein sedang seperti Segitiga Biru, Wilmar Tulip, Sania dan lain sebagainya. Tapi saya sarankan jangan tepung kiloan yang tanpa merek ya.

Kenapa? Karena saya pernah bikin kue pakai tepung terigu non-merek karena budget minimalis, dah hasil tuh minimalis juga alias kurang bagus. Tekstur gak ngepros, rasa agak bau gak enak meski udah pake mentega merek bagusan dikit. Apalagi ini untuk Cannoli dengan rasa original, ofkors gunakanlah tepung terigu protein sedang terbaik ya. 

terigu untuk cannoli
Terigu lokal untuk membuat Cannoli


Mentega Lokal untuk Membuat Cannoli


Mentega untuk membuat Cannoli adalah mentega bukan margarine ya. Kita bisa menggunakan merek Blue Band, Anchor, Wijsman, atau yang lainnya.

Kenapa harus mentega bukan margarine? Mentega terbuat dari produk susu yang diolah menjadi krim. Sedangkan margarin merupakan produk non-susu yang dibuat sebagai pengganti mentega. Sementara resep aslinya adalah menggunakan olahan produk susu, yaitu mentega.

Selain itu, mentega biasanya memang lebih banyak digunakan untuk membuat kue karena punya kadar lemak jenuh yang lebih tinggi sehingga memberi tekstur yang baik pada kue setelah dipanggang.

Yang terbaik dari mentega adalah, dia tuh tahan terhadap suhu panas jadi oke banget digunakan untuk menggoreng.

mentega untuk bikin cannoli pakai apa
Mentega untuk membuat Cannoli


Telur Untuk Cannoli


Telur yang digunakan untuk membuat kulit Cannoli adalah telur ayam dan jumlahnya tergantung resepnya. Tapi yang pasti, gunakan telur ayam bersuhu ruang jangan yang disimpan di kulkas.

Terus, pastikan telurnya punya keseimbangan ukuran antara kuning telur dan putih telurnya. Sering kan kita ketemu telur yang putih telurnya lebih banyak ketimbang kuning telurnya.

Gimana cara menentukan telur yang bagus? Begini caranya : 
  1. Telur yang bagus tuh dia punya warna yang pekat dan lebih cerah
  2. Jangan pilih telur dengan warna cangkang  dipenuhi bintik-bintik
  3. Jangan pilih telur dengan ukuran terlalu kecil karena biasanya, telur berukuran kecil berasal dari ayam yang masih muda dan memiliki ukuran kuning telur kecil.
  4.  Gocangkan telur sedikit saja, kalau terasa "koclak" atau terasa bergoyang di dalam, itu artinya telur sudah tidak bagus
  5. Untuk membuat kue dan pastry, pastikan untuk memilih telur berbentuk bulat, karena telur dengan bentuk bulat memilii kuning telur lebih banyak

telur yang bagus untuk bikin cannoli
Telur untuk membuat Cannoli

Bahan Utama Kulit Cannoli Non-Halal


Berdasarkan resep asli Cannoli original dari nonnabox, ciaobellakitchen dan recipesfromitaly yang merupakan food blogger pituin (asli) orang Italia, menggunakan wine baik itu jenis white wine vinegar dan atau Marsala wine. Bahkan ciaobellakitchen menggunakan sweet wine dan rum. Selain wine, resep aslinya juga menggunakan lemak babi.

Sebagai umat muslin yang Insyallah Taat ya, ofkors gak bisa kita pakai bahan - bahan non-halal tersebut. Lantas apa yang perlu dilakukan? Diganti dengan apa? Lemak babi tentu diganti dengan mentega sementara wine, ya sudah, skip aja!

Tapi kalau pengen ada rasa asem-semnya mirip wine, kita bisa pakai Apple Cider Vinegar ya jangan asam cuka. Ya kali mau bikin rujak cuka, hehehe.

Untuk membuat Cannoli dengan rasa asli tanpa wine, jangan lupa untuk menggunakan kayu manis ya, ini salah satu bahan yang kudu ada dan wajib hadir dalam adonan.

Ricotta Itu Apa


Pada artikel sebelumnya mengenai Mengenal Cannoli, disebutkan bahwa Cannoli original menggunakan keju asli Italy yang terkenal yaitu Ricotta.

Apa itu Ricotta? Ricotta adalah keju segar yang tidak dibuat dari susu melainkan dari air dadih sisa pembuatan keju lain, biasanya keju Pecorino.

Ricotta bisanya dibuat dari dadih sisa pembuatan keju dari susu kambing atau domba, namun seiring perjalanan waktu dan inovasi varian, kini Ricotta juga dibuat dari dadih susu sapi.

ricotta itu apa
Ricotta untuk Cannoli


Dimana bisa menemukan Ricotta? Berapa harga keju Ricotta? Mahal tidak?

Well, kita gak perlu terbang jauh ke Italy demi mendapatkan 500gram Ricotta sesuai dengan resep dibawah ini. Tapi, cukup rebahan sambil buka smartphone dan aplikasi marketplace, baik toko orange maupun hijau. Mudah bukan?

Tersedia aneka brand keju Ricotta di marketplace seperti Yummy dan Greenfiled. Berapa harga keju Ricotta di marketplace? Untuk gramasi 250gram rata-rata dijual mulai dari Rp.32.000. Cukup affordable gak sih? Kalau dirasa kemahan, bisa di switch dengan keju cheddar tapi jangan harap bisa merasakan Cannoli original ya.

Resep Cannoli Original Sisilia


Untuk membuat Cannoli original kali ini, saya menggunakan resep dari nonnabox, ciaobellakitchen dan recipesfromitaly yang saya combine dan subtitusi agar bisa dibuat lebih aman dan tentram untuk warga Indonesia.

Siapa sih nonnabox, ciaobellakitchen dan recipesfromitaly? Mereka adalah food blogger asli orang Italia, jadi soal resep pastry Italia tentu gak akan diragukan lagi ya.

Recipes From Italy adalah dua emak-emak kece dari Milan yang hobi cooking and baking, sementara Ciao Bella Kitchen adalah blog makanan yang dimilik Dani.

Dani adalah seorang mantan fashion design yang beralih menjadi food blogger setelah bekerja di event/food design company yang mengelola luxury events and creativity. Wah Mba Dani keren amat ya! Oia, mba Dani sekarang stay di Brussels dengan suaminya yang seorang drummer hardcore (wow!) sekaligus pakar ekonomi.

Oke kita lanjut menuju resep Cannoli dan cara membuatnya.

Bahan Kulit Cannoli

  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 butir telur
  • 20 gram mentega (1 ½ sdm)
  • 35 gram gula halus ( Bisa menggunakan gula pasir yang di blender hingga halus)
  • 1 sdt bubuk coklat pahit ( cocoa powder )
  • 1 sdt bubuk kayu manis
  • 1 sdt bubuk kopi atau kopi instan tanpa gula
  • 1 sdt garam halus
  • 1 sdt vanila
  • 50 ml apple vinegar ( pengganti wine)
  • 2 liter minyak goreng


bahan kulit cannoli
Bahan - bahan yang digunakan untuk membuat kulit Cannoli




Bahan Isian Cannoli

  • 500 gram cangkir keju Ricotta
  • 180 gram gula pasir
  • 60 - 100 gram dark chocolate
  • pistachio cincang ( atau bisa pakai mete/almond)
  • gula bubuk untuk hiasan
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt ekstrak vanili
  • 1 sdt bubuk kayu manis

bahan isian cannoli
Bahan - bahan yang digunakan untuk membuat  isian untuk Cannoli

Catatan : resep asli dari Cannoli Sisilia, mostly menyarankan jumlah gula setengah dari berat Ricotta, tapi kita bisa menyesuaikan dengan kadar manis yang diinginkan, misalnya 1/3 dari berat Ricotta.

Cara Membuat Kulit Cannola

  1. Siapkan semua bahan dan mangkok besar
  2. Masukan terigu, gula, kayu manis, cocoa powder, kopi bubuk dan garam
  3. Masukan mentega lalu aduk hingga bahan tercampur rata
  4. Tambahkan Apple vinegar
  5. Campur adonan lalu uleni selama 5 menit hingga adonan kalis
  6. Setelah adonan kalis, bentuk adonan menjadi bulat lalu bungkus dengan plastik dan simpan dalam lemari es selama 30 menit.
  7. Setelah resting selama 30 menit, Keluarkan adonan kulit Cnoli dari dan giling hingga mencapai ketebalan sekitar 3 mm
  8. Potong adonan menggunakan ring cutter (atau mangkok sedang/kecil) dengan diamter 10 cm - 12 cm
  9. Siapkan cetakan Croissant yang terbuat dari besi berbentuk tabung
  10. Tempelkan adonan Cannoli dengan cara dililitkan pada cetakan Croissant
  11. Basahi ujung lipatan dengan sedikit air dingin dan tekan hingga menyatu untuk mencegah adonan terbuka saat digoreng
  12. Siapkan cangkang cannoli dan letakkan di piring
  13. Siapkan minyak dalam wajan besar dan panaskan
  14. Goreng Cannoli selama satu atau dua menit hingga berwarna coklat keemasan lalu angkat dan tiriskan di atas tisu dan biarkan dingin.
  15. Keluarkan Cannoli dari tabungnya.

cara membuat kulit cannoli
Cara membuat kulit Cannoli (sumber recipesfromitaly)

Cara Membuat Isian Ricotta Cannoli


Catatan : Membuat isian Ricotta disarankan dilakukan dua hari sebelum membuat Cannoli

  1. Keringkan keju ricotta jika disimpan dalam lemari es sebelumnya, Saran pengeringan dari resep aslinya adalah keringkan selama 1 hari sebelum pembuatan Cannoli agar isian Cannoli tidak menjadi encer
  2. Campurkan Ricotta dengan kepingan coklat, gula, vanila, kayu manis, garam
  3. Masukan adonan isian Ricotta ke dalam wadah kedap udara, dan masukkan ke dalam lemari es.
  4. Pada saat kulit Cannoli sudah siap, keluarkan adonan isian Ricotta, didinginkan pada suhu ruang lalu masukan ke dalam piping bag
  5. Isi Cannoli dengan isian Ricotta dan harus diisi pada saat akan disajikan, hal ini untuk mencegah cangkang menjadi terlalu lunak
  6. Hiasi bagian ujung Cannoli yang sudah diisi Ricotta dengan pistachio cincang, buah manisan atau meses.
  7. Letakkan di piring saji, taburi dengan gula halus, dan sajikan.

Kesimpulan

Setelah membaca resep Cannola original di atas, apakah terasa mudah? Atau sulit? Mungkin yang agak ribet adalah membuat isian Ricotta ya karena membutuhkan waktu dua hari pengerjaan. But i think it’s worthy dengan hasilnya sih.

Tapi, tidak ada kendala berarti ya untuk pembuatan adonan kulitnya. Ingin yang sat set dan gak ribet menguleni? Pakai Pastry sheet instan aja dong! Hehehehe.

Seperti resep pastry lainnya yang menggunakan pastry sheet instan, misalnya Pastry viral Pretzels yang akan saya bahas di artikel selanjutnya. Yuk langsung eksekusi aja dan mari nikmati perayaan perjodohan, eh kebersamaan bersama pasangan keluarga dengan sajian nikmat Cannoli.

Referensi :
https://www.recipesfromitaly.com/sicilian-cannoli-recipe/
https://www.nonnabox.com/authentic-italian-cannoli-recipe/
https://ciaobellakitchen.com/sicilian-cannoli/


19 komentar

  1. Nggak semua rasa asam di makanan bisa diatasi dengan asam cuka ya, Kak. Heheheehe...

    Misalnya Cannoli original ini. Kita pakainya Apple Cider Vinegar.

    BalasHapus
  2. Ricotta dan Canoli ini kalau gak salah daku pernah dengar di acara Master Chef.
    Sayangnya daku belum pernah coba buat maupun menyatapnya haha.
    Namun resepnya kak Eka bisa nih dicoba pankapan

    BalasHapus
  3. Wahh cannoli ini termasuk pasta ya? Saya belum pernah nyoba nih, ternyata bisa dibikin sendiri dari terigu dll. Cukup rumit ya bikinnya. Kalau cannoli dijadikan hidangan lain (misalnya dikasih saus) bisa kah?

    BalasHapus
  4. Ini kalo kulit cannoli-nya ga sama dgn kyk yg asli, apakah rasanya ga begitu beda? Atau malah hambar? Bgm pun kulit ini emg menentukan rasa cannoli-nya ya kak.

    Walau kita emg ga bs menolerir lemak babi dan wine-nya ya. Tp smg aja rasanya ga kalah jauh dgn kyk aslinya ya kak.

    BalasHapus
  5. Belum pernah ngerasain dan bikin nih. Kayaknya enak banget pakai kayu manis. Pasti wangi. Aku suka kue pakai kayu manis. Tapi cannoli ini itungannya masuk pasta ya? Buat makan berat atau camilan?...Kalau beli aja di mana yah?...hehe...

    BalasHapus
  6. wah ternyata bisa dibuat dari bahan lokal ya. rasanya masih mirip dengan versi aslinya kan ya? ehm ... ini kayaknya enggak cuma buat camilan aja. bisa dong buat makan besar juga

    BalasHapus
  7. Keren nih mbaknya rajin eksperimen. Canolli yang bule banget pun bisa dibuat dari bahan lokal, jadi homemade dan lebih irit pastinya.

    BalasHapus
  8. bener2 deh yaaa kalo liat gini berasa mudah, tapi gatau nanti kalo dipraktekkan kek mana tuh wwkwkw. Jadi inget mastercheff kalo denger dan baca istilah2 baking gini

    BalasHapus
  9. cannoli ini mirip seperti kue sus yak kalo diliat dari isiannya.. hmm jadi pengen icipin wkekwk

    BalasHapus
  10. Aku belum pernah sih ngerasain Cannoli, kayaknya sih enak. Apalagi kalau bisa ngebuat sendiri ya mbak pasti bakalan happy karena ngerasa puas. Pengen nyoba deh

    BalasHapus
  11. Kirain karena aku nggak jago masak makanya perkuean yang dibuat pakai tepung kiloan kok hasilnya beda dengan pakai tepung kemasan yang bermerek. Ternyata memang ngefek ya.

    BalasHapus
  12. Cannoli ini masih asing buatku karena baru tahu setelah baca di blog ini. Dari penampilan cukup yummy untuk dicoba ya

    BalasHapus
  13. Referensi resep cannoli yang mudah sih ini. Ntni aku bakal coba bikin sendiri dengan baham bahan yang murah hehehe

    BalasHapus
  14. Kaget akutuh ada bahan non halal, tapi untungnya bisa dan ada penggantinya ya, teh.

    BalasHapus
  15. Canoli itu enak. Aku pernah cobain saat diundang makan malam di rumah teman
    Kebetulan suaminya orang Itali
    Suaminya masak aneka makanan khas Itali, salah satunya ya cannoli ini

    BalasHapus
  16. Untuk bikin Cannoli ini mashaAllaa~
    Perjalanannya sungguh panjang dan untuk newbie, pasti membutuhkan banyak penyesuaian hingga dapet "click"nya dimana.

    Tapi aku jadi belajar cara memilih telur yang baik nih..
    Selama ini aku milih telur yang ukuran sedang, gak terlalu besar dan terlalu kecil. Dengan harapan kalau buat masak jadi pas porsinya. hehehe..

    BalasHapus
  17. Jadi cannoli ini masuknya pasta ya? Di Indonesia ada yang sudah jual cannoli belum ya?

    BalasHapus
  18. Wah, resep Cannoli ini bikin ngiler banget! Gak nyangka ternyata bahan-bahan lokal bisa dipakai juga, mulai dari tepung terigu Segitiga Biru, mentega Blue Band, sampai pengganti wine dengan apple cider vinegar. Tips pilih telur yang bagus juga sangat membantu, jadi bisa dapetin hasil terbaik. Meski agak ribet, terutama untuk isiannya, tapi pasti worth it banget rasanya.

    BalasHapus
  19. Mantap nih ilmu dan resepnya. Selagi ada bahan substitusi yang halal, Cannoli tetap berasa original. Btw tipsnya ok juga nih tentang memilih tepung, mentega, juga keju.

    BalasHapus