mamajokaa food blogger bandung

Yuk Membuat Bomboloni Asli Italia yang Enak Banget


resep bomboloni asli italia
Yuk Membuat Bomboloni Asli Italia yang Enak Banget


Cromboloni emang enak, gak heran karena ‘ibunya cromboloni adalah Bomboloni. Cromboloni adalah hasil perkawinan Croissant dan Bomboloni. Nah, gak afdol kan kalo gak kenal dengan Bomboloni? Iya kaaan?

Jadi, Bomboloni atau disebut juga Bombolone dan sebagian menyebut Bambalouni adalah sejenis donat tapi bukan donat , bingung gak sih? hehe. Tapi apakah donat termasuk pastry? Well, donat termasuk bakery. Tapi seperti yang pernah saya bahasa di artikel sebelumnya bahwa bakery bagian dari pastry juga, jadi overall ya masih keluarga pastry.

Yuk baca selanjutnya untuk tahu apa itu Bomboloni, asalnya dari mana dan gimana cara bikinnya.

Bomboloni itu apa sih?


Dikutip dari Wikipedia, Bomboloni atau Bombolone adalah donat isi Italia yang disantap sebagai makanan ringan dan hidangan penutup (dessert). Nama kue ini secara etimologis terkait dengan bomba dan jenis kue yang sama juga disebut " bomba " ( jamak : bombe ) di beberapa wilayah Italia.

Mengapa disebut bom atau granat? Karena Bomboloni memiliki bentuk bulat penuh seperti bom dengan isian atau filling didalamnya.  

bomboloni adalah
Definisi Bomboloni

Asal Usul Bomboloni


Bomboloni yang merupakan donat Brioche dengan bentuk bulat seperti bom, nyatanya tidak hanya terkenal di Italia namun juga seluruh dunia hingga negeri Paman Sam. Bomboloni kerap menjadi kuliner khas yang ada di setiap acara festival dan karnaval.

Bahkan di Amerika serikat, terdapat festival khusus untuk Bomboloni yaitu Bombolone Fest yang selalu diadakan setiap tahun. Bombolone fest didirikan oleh Paola Sinisgalli seorang baker kebangsaan asli Italia yang berdomisili di New York City dan Jeff Woelker pemilik The Underground Donut Tour in Chicago.


bomboloni fest
Bomboloni yang dihadirkan di Bomboloni fest

tshirt bomboloni fest
Festival Bomboloni yang menyediakan Tshirt khusus


Berawal dari Roti Brioche di Perancis


Bomboloni merupakan jenis donat Brioche yang sudah ada sejak abad ke-16 di Prancis. Brioche adalah roti kaya rasa, diperkaya dengan telur, gula, dan mentega, dan dengan teksturnya yang padat, Brioche merambah ke ranah viennoiserie, Perancis.

Asal usul kata "Brioche" tidak diketahui secara pasti, namun kata Brioche diyakini berasal dari kata kerja Perancis Norman kuno yaitu, "brier" yang diasosiasikan dengan kata kerja Perancis modern "broyer", yang berarti "menggiling atau menghancurkan".

Bomboloni Terinspirasi dari Krapfen

Roti Brioche lantas menyeberang melintasi Jerman dengan nama Krapfen yang merupakan roti Brioche Austro-German yang dibuat dari adonan ragi dan kemudian digoreng dengan minyak atau lemak babi.

Beberapa orang berpendapat bahwa Krapfen berasal dari kata Jerman kuno yaitu "krafo", yang berarti panekuk. Namun ada juga yang berpendapat bahwa krapfen berasal dari Austria dari seorang pembuat kue bernama Cäcilie Krapf, pada tahun 1815.

Lahirnya Bomboloni di Italia


Roti Brioche juga muncul di Italia dengan nama Bomba yang diadaptasi dari resep krapfen yang populer di Tuscany sejak berabad - abad lalu. Berbeda dengan Krapfen Bomboloni tidak memiliki lubang ditengahnya.

Dilansir dari TasteAtlas, Bomboloni berasal dari Tuscany dan jadi kudapan manis yang selalu ada di acara festival dan karnaval. Bicara soal sejarah dan asal usul memang pelik dan dibutuhkan analisis lebih jauh, namun yang jelas berdasarkan informasi yang beredar, Bomboloni kini banyak dikenal dengan nama “krapfen” atau “kraffen” yang dipercaya berasal dari daerah Trentino Alto-Adige yang awalnya berada di bawah kekuasaan Austria yang lahir dari kombinasi sajian Italia dengan pengaruh Austrian dan Bavarian sekitar tahun 1600.

Bomboloni kini banyak tersedia di cake & bakery shop di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Bomboloni harganya berapa? Di Indonesia, Bomboloni tersedia di toko roti dan kue dengan harga mulai dari Rp.5000 namun ada juga yang menjual hingga Rp 200.000 untuk 1 lusin Bomboloni.

sejarah  bomboloni
Asal usul Bomboloni


Bomboloni dan donat apa bedanya?


Jika asal muasalnya adalah donat, lantas apa bedanya antara Bomboloni dan donat? Cukup berbeda. Apa saja perbedaannya?

1. Asal usul 


Bomboloni memiliki sejarah panjang yang berawal dari Perancis, lalu Jerman, Austria dan Italia. Sedangkan Donat, dipercaya berasal dari Amerika Utara yang dibawa oleh imigran Belanda yang terinspirasi dari Bambalouni ( Arab : بمبالوني) yang merupakan donat Tunisia terbuat dari adonan tepung yang digoreng dengan minyak lalu ditaburi gula atau direndam dalam madu.

2. Adonan 


Bomboloni terbuat dari apa? Pada dasarnya Bomboloni dan donat memiliki adonan yang sama yaitu tepung, mentega, telur, ragi, dan gula.

Namun, Bomboloni umumnya menggunakan bread improver. Sementara donat hanya menggunakan ragi agar adonannya mengembang. Selain itu, adonan donat hanya membutuhkan waktu proofing selama 30 menit sedangkan proofing adonan bomboloni membutuhkan waktu hingga satu jam.

3. Bentuk


Meski teori saya berbeda dengan hasil penelitian Wonderopolis dimana lubang pada donat merupakan hasil kreasi Hanson Gregory asal Amerika Serikat di tahun 1847 ketika dia sedang bekerja di kapal laut. Namun yang jelas, donat dengan bentuk lubang ditengah memang mirip dengan bentuk Bambalouni yang juga memiliki lubang di tengah. Bedanya, donat memiliki tekstur lebih padat dan ukuran lebih kecil. Sementara Bambalouni lebih pipih dan besar.

Berbeda dengan donat ataupun Bambalouni, Bamboloni memiliki bentuk bulat padat dengan isian di dalamnya dan topping.


Bambalouni
Bambalouni dari Tunusia

4. Tekstur 


Meski sama-sama digoreng, Donat dan Bomboloni memiliki hasil akhir tekstur yang berbeda dimana donat lebih empuk dan kempes sedangkan Bomboloni lebih padat namun crunchy.

Hasil akhir tekstur dan rasa yang berbeda antara Bomboloni dan donat dikarenakan perbedaan proses pembuatan, penambahan bread improver pada Bomboloni dan lamanya proofing.

5. Filling atau Isian


Donat tidak memiliki filling atau isian melainkan aneka varian topping, sementara Bomboloni memiliki isian creamy seperti coklat, cream cheese, pistachio atau custard, selai buah, dan fla susu. Bomboloni juga bisa diberikan topping Taburan gula bubuk , coklat atau kreasi lainnya.

Sekarang sudah tahu kan apa itu Bomboloni, asal usulnya serta perbedaannya dengan Donat? Yuk kita lanjut membuat Bomboloni.

Resep Bomboloni Asli Italia


bomboloni the baking fairy
Bomboloni karya Valentina, The Baking Fairy


Untuk membuat resep Bomboloni asli Italia, maka tentu saja kita harus menggunakan referensi resep asli Italia bukan? Oleh sebab itu, dalam artikel kali ini saya menyadur resep Bomboloni buatan “warga” asli italia yaitu Bomboloni {italian doughnuts} dari Valentina yang merupakan seorang Pediatric physician assistant dan food blogger di The Baking Fairy. Valentina adalah keturunan asli Italia namun saat ini tinggal di Texas, USA.

Dengan menggunakan resep tersebut, kita dapat membuat Bomboloni asli Italia dan membuat Bomboloni kreasi sendiri dengan aneka filling dan topping sesuai imajinasi dan selera kita.

Bahan-Bahan

250 g tepung roti
250 g tepung serbaguna
75 g gula pasir
100 g mentega tawar, pada suhu kamar
20 gr ragi kue segar atau 1 bungkus 7 gr ragi instan kering
7 g sendok teh garam
150 g (3 butir) telur utuh berukuran besar
40 gr 2 kuning telur
110 g air hangat
kulit 1 jeruk
1 sendok teh ekstrak vanila
gula pasir untuk pelapis

Cara Membuat

  1. Larutkan ragi dalam air hangat lalu diamkan hingga mengembang.
  2. Campur semua bahan adonan kecuali telur utuh lalu uleni. Kita juga bisa menggunakan stand mixer dengan cara mencampur semua bahan tadi kecuali telur lalu kocok dengan kecepatan sedang selama 5 menit, lalu kecepatan tinggi selama 5 menit.
  3. Masukan telur utuh lalu kocok dengan kecepatan sedang hingga adonan halus dan elastis terbentuk.
  4. Setelah semua bahan tercampur, Uleni selama beberapa menit dan proofing dengan suhu ruang selama 2 jam
  5. Setelah proses proofing selama 2 jam, gulung adonan dan pipihkan hingga setebal 1,5 cm dan potong bulat menggunakan ring cutter atau mangkok kecil.
  6. Pindahkan semua adonan yang sudah dibentuk ke atas loyang yang sudah diberi lapisan kertas roti, tutup dengan serbet dan proofing kembali selama 90 menit
  7. Setelah proofing yang kedua kalinya selama 90 menit, siapkan wajan dan panaskan minyak dengan suhu antara 170-180 C
  8. Goreng Bomboloni bersamaan tapi tidak menumpuk dan wajan tidak penuh.
  9. Goreng Bomboloni selama 3 menit di untuk bagian bawah dan balikan, goreng bagian bawah selama 3 menit hingga berwarna coklat keemasan, lalu tiriskan.
  10. Setelah ditiriskan, dalam kondisi masih hangat taburkan gula halus diatas Bomboloni atau gulingkan dalam gula halus dalam mangkuk hingga seluruh bagian Bomboloni tertutup gula halus.
  11. Masukan filling atau isian ke dalam “perut” Bomboloni menggunakan spuit dengan filling sesuai selera.

Kesimpulan


Bagaimana? Mudah bukan membuat Bomboloni asli italia ala mba Valentina? Tentu saja. Sekarang saya tahu kenapa Bomboloni punya tekstur empuk, padat tapi crunchy, hal ini karena ternyata dalam adonannya menggunakan tepung roti! Waahh gak nyangka kan?

Karena sebagian Bomboloni yang pernah saya coba yaa teksturnya gak jauh beda dari donat biasa sih, hanya bentuknya saja yang mirip Bomboloni terus dikasih filling coklat atau selai strawberry dan blueberry.

Yuk re-baking resep Bomboloni asli Italia dan di next artikel, saya akan share resep Bomboloni ala Luvita Ho dengan filling Coffee custard cream dan Creme Brulee. Wah bikin penasaran kan? Ditunggu ya.

Referensi :
https://travel.tempo.co/read/1810653/apa-perbedaan-donat-bomboloni-dan-cromboloni
https://en.wikipedia.org/wiki/Bombolone
https://www.starbucks.co.id/menu/food-list/core-menu/bakery/nutella-bombolone
https://www.bombolonefest.com/
https://www.thebakingfairy.net/2016/05/bomboloni-italian-doughnuts/
https://www.slurrp.com/article/berliners-to-bomboloni-the-history-of-brioche-doughnuts-1694087733722
http://www.latunisienne.fr/bambalouni-ou-le-fameux-beignet-tunisien/

Posting Komentar