Logo Komunitas BRT Network

Mengenal Sejarah Pizza, Ternyata Sudah Ada Sejak Abad ke 6 SM


mengenal sejarah pizza



Halo Mom Beb,
Bicara soal pizza, tahu gak gimana sejarah pizza dan asal usul pizza? Gak tahu? Sama dong! Hihihi. 

Sejujurnya, bagi saya pribadi menelisik perjalanan panjang sejarah terciptanya pizza cukup menarik loh, karena kita akan menemukan banyak fakta manerik dan tak disangka. Juga ada banyak pendapat dan sudut pandang yang berbeda.

Namun yang pasti, siapapun mengakui kelezatan slice of pizza hingga digandrungi oleh seluruh warga dunia. Setuju? Yuk kita cari tahu bersama, bagaimana asal usul pizza bisa tercipta yang ternyata sudah ada sejak zaman persia loh!

Sebelum membaca lanjut, yuk tarik nafas, ambil bantal dan ngemil pizza oven tangkring buatan sendiri (udah bikin kan? resepnya ada di artikel sebelumnya ya). 

Saya akan menceritakan sebuah dongeng panjang dan menarik tentang sejarah pizza Italia, berasal dari manakah pizza berawal dan mengapa pada akhirnya pizza bisa mendunia.

Pizza Itu Apa? Termasuk Pastry atau Bakery?


Pizza merupakan makanan khas Italia yang mendunia dan bahkan banyak muncul di acara televisi dan film. Ingat film kartun Teenage Mutant Ninja Turtles yang seluruh tim ninja-nya sangat suka pizza? Tidak hanya Teenage Mutant Turtle Ninja, pizza juga kerap muncul sebagai makanan ikonik di film Deadpool. 

Bahkan sepenggal kisah perjalanan Julia Robert mencari jati diri dalam film EAT-PRAY-LOVE pun menceritakan nikmatnya pizza asli Naples, Italia (yang beneran bikin ngiler). Seperti halnya croissant yang melegenda di seluruh dunia, pizza pun sama. 

scene makan pizza film eat pray love
Julia Robert menyantap pizza asli Napoli di film Eat, Pray, Love (sumber Decider)

Lantas pizza itu apa sih sebetulnya?

Sejarah pizza wikipedia menyatakan bahwa Pizza merupakan hidangan asal Italia berupa adonan roti yang dipanggang berbentuk lingkaran dan pipih dengan aneka topping seperti sosis dan ham dilengkapi saus tomat, keju mozarella, oregano dan bahan makanan tambahan lainnya.

Lantas sebetulnya pizza termasuk pastry atau bakery? Jika dilihat dari bahan adonannya, roti dan kulit pizza memiliki bahan yang sama yaitu terigu, ragi, air dan minyak.

Tetapi, menurut Kate, penulis blog The Pantry Mama 2023 menyatakan bahwa adonan roti dan pizza sesungguhnya berbeda dimana rasio bahan-bahan yang digunakan membuat adonan roti dan kulit pizza berbeda. Hal ini menyebabkan adonan roti dan kulit pizza berbeda. Jadi, pizza termasuk bakery ya mom tapi bagian dari pastry seperti yang pernah aku jelaskan tentang jenis-jenis pastry sebelumnya.

Sejarah Panjang Terciptanya Pizza


Mengapa disebut sejarah panjang? Karena ketika membicarakan pizza, maka kita perlu menelisik asal mula bentuk pizza sebagai roti pipih dengan topping diatasnya yang ternyata sudah ada sejak jaman batu.

Jika kebanyakan referensi menyatakan bahwa pizza awalnya hidangan masyarakat kurang mampu yang menjadi populer berkat istri Raja Umberto I yaitu Ratu Margherita dari Savoy, referensi lain bahkan memaparkan fakta unik dan menarik yang menyatakan bahwa pizza sudah ada sejak zaman Persia, Yunani dan Romawi kuno. Wah menarik ya?

Roti Adalah Cikal Bakal Pizza


Menurut What's Cooking America, bentuk pizza paling awal merupakan roti mentah yang dipanggang di bawah batu api lalu dibumbui dengan berbagai topping berbeda dan digunakan sebagai pengganti piring dan peralatan untuk menyeduh kaldu atau kuah daging.

Selanjutnya, What's Cooking America juga menyatakan bahwa ide penggunaan roti sebagai piring sesungguhnya berasal dari masyarakat Yunani yang memakan roti bulat pipih yang dipanggang dengan berbagai macam topping yang dikonsumsi oleh pekerja dan keluarganya karena merupakan makanan yang hemat dan nyaman.

Fakta Baru Pizza, Kata Pizza Sudah Ada Sejak Abad Kegelapan


What's Cooking America juga menyatakan bahwa kata pizza diyakini berasal dari kata Italia Kuno yang berarti “titik”, yang kemudian menjadi kata Italia “pizzicare”, yang berarti “mencubit” atau “memetik” dengan catatan sejarah yang mendokumentasikan kata pizza pada tahun 997 M di Gaeta, Italia.

Fakta menarik ini juga dinyatakan oleh CNN Indonesia yang menyatakan bahwa terdapat penelitian mengenai pizza yang dilakukan oleh Giuseppe Nocca dimana telah ditemukan penggunaan awal kata pizza dalam catatan gereja di Gaeta, Lazio dimana catatan tersebut merupakan bagian dari perjanjian sewa pada masa Dark Ages atau Zaman Kegelapan yang tertulis pada 997 Masehi.


Giuseppe Nocca
Giuseppe Nocca dan penemuannya terkait pizza (sumber Liviuim) 


Dokumen perjanjian sewa pada masa Dark Ages tersebut ditulis dalam bahasa latin namun menyebut hidangan pizza untuk para uskup dalam kalimat “ do doudocim pizzas”. 

Berdasarkan penemuan tersebut, Giuseppe Nocca meyakini bahwa kata pizza pada akhirnya digunakan untuk menyebut hidangan roti pipih bertoping yang dibakar dibawah batu api dalam bahasa daerah atau bahasa sehari-hari di Italia.

Fakta ini membuktikan bahwa pizza awalnya merupakan hidangan untuk para uskup gereja di Italia. Dokumen tersebut juga menyatakan bahwa setiap perayaan natal dan paskah, para uskup akan menerima 12 jenis pizza sebagai bagian dari pembayaran atas penggunaan tanah di mana pabrik penggilingan telah dibangun.

Penelitian yang dilakukan Nocca belum disahkan atau tervalidasi oleh sejarawan dalam sebuah konferensi namun yang jelas penemuan tersebut membuktikan bahwa pizza memang benar-benar hidangan khas Italia yang seiring perkembangannya, pizza kembali populer di milenium berikutnya.

Wah menarik ya? Ternyata pizza lebih dari sekadar makanan khas Italia melainkan memiliki catatan sejarah yang unik jika ditelusuri.

Perjalanan Penemuan Pizza Dari Masa Ke Masa


Yuk kita telusuri beberapa fakta menarik yang dinyatakan oleh terkait roti pipih yang dipanggang dibawah batu api yang kelak menjadi cikal bakal pizza.

1. Penemuan Roti Pipih Pada Abad ke-6 SM


Roti yang dipanggang dan diberi toping keju dan kurma sudah ada sejak zaman Kekaisaran Persia dimana para prajurit Darius Agung (521-486 SM) membuat roti panggang bertoping sebagai bekal perjalanan jauh.


2. Penemuan Adonan Bulat Pipih Pada Abad ke-3 SM


Marcus Porcius Cato (234-149 SM), juga dikenal sebagai Cato the Elder adalah penulis sejarah pertama Roma yang menulis tentang adonan bulat pipih yang diberi minyak zaitun, rempah-rempah, dan madu yang dipanggang di atas batu.

ilustrasi Marcus Porcius Cato
Ilustrasi Marcus Porcius Cato, ai Cato the Elder penulis sejarah Romawi (sumber Fine art America)

3. Penemuan Roti Pipih d Romawi pada Abad ke-1 SM

Dalam versi terjemahan “The Aeneid” yang ditulis oleh Virgil (70-19 SM), menggambarkan asal usul bangsa Romawi yang legendaris, menggambarkan kue atau lingkaran roti sebagai berikut :

“Di bawah pohon yang rindang, sang pahlawan membentangkan meja-Nya di atas rumput, dengan kue-kue roti; Dan, bersama para pemimpinnya, dia memberi makan buah-buahan hutan. Mereka kenyang; dan, (bukan tanpa perintah dewa) makanan rumahan mereka diberangkatkan, gerombolan lapar. Berikutnya menyerang parit mereka, dan segera melahap untuk memperbaiki makanan yang sedikit, kue tepung mereka. Ascanius mengamati hal ini, dan tersenyum berkata: “Lihat, kami melahap piring yang kami makan.

Dalam tulisan tersebut menyatakan cikal bakal pizza dimana roti pipih yang mereka sebut kue tepung dijadikan alas makanan (melahap piring yang kami makan).


buku The Aeneid  karya Virgil
buku The Aeneid  karya Virgil 70-19 SM (sumber Goodreads)

4. Pizza Dalam Reruntuhan Tragedi Pompeii Pada Abad ke-1 Masehi


Resep pizza kemudian ditemukan dalam penggalian di Pompeii dalam sebuah buku masakan besar milik Marcus Gavius ​​Apicius berjudul “De Re Coquinaria.”

Marcus Gavius ​​Apicius adalah seorang ahli kuliner yang kerap mencatat resep-resep termasuk resep yang melibatkan penempatan berbagai bahan di atas dasar roti (roti yang dilubangi). Salah satu resepnya adalah roti dengan topping daging ayam, biji pinus, keju, bawang putih, mint, merica, dan minyak.

Marcus Gavius ​​Apiciusdan dan buku De Re Coquinaria
Marcus Gavius ​​Apiciusdan dan karyanya, buku "De Re Coquinaria" (sumber : nyamcenterforhistory.org)


Lalu pada abad 79 M, dalam abu setelah Gunung Versuvius pasca tenggelamnya Pompeii pada tanggal 24 Agustus 79 M oleh letusan gunung api tersebut ditemukan bukti kue tepung pipih yang dipanggang dan dimakan oleh masyarakat Pompeii dan Neopolis.

Barang bukti tersebut berupa toko-toko yang lengkap dengan lempengan marmer dan peralatan dagang lainnya yang menyerupai restoran pizza konvensional. Bukti - bukti tersebut dipamerkan di Museo Nazionale di San Martino & Certosa, Naples, Campania, Italy dan bukti - bukti tersebut disebut I pizzaiolo.

5. Penemuan Pizza Pertama dengan Topping Tomat Pada abad ke 16


Pada tahun 1522, tomat dibawa kembali ke Eropa dari Dunia Baru (Peru) dan masyarakat miskin di Napoli menambahkan tomat baru ke dalam adonan ragi mereka dan menciptakan pizza sederhana pertama. Pizza pertama Napoli merupakan adonan yang terdiri dari tepung, minyak zaitun, lemak babi, keju, dan rempah-rempah.

Namun kala itu, roti pipih dengan aneka topping tidak disebut dengan Pizza melainkan Pai Neapolitan. Tidak hanya disantap masyarakat Napoli, Pie Neapolitan juga disantap oleh prajurit Raja Muda Spanyol di restoran bernama Tavern of the Cerrigloi.

6. Pizza Adalah Hidangan Petani Miskin Napoli Pada abad ke-17


Pizza mencapai popularitasnya di di kalangan pengunjung Napoli yang berkelana ke daerah miskin untuk mencicipi hidangan petani yang dibuat oleh laki-laki yang disebut “pizzaioli” di Napoli pada abad ke-17.

7. Pizza Berkembang Pesat Pada abad ke- 18 dan 19

Abad ke 18 merupakan awal popularitas pizza dimana pizza naik kelas yang awalnya merupakan makanan kelas bawah kemudian digemari keluarga kerajaan seperti Raja Napoli, Ferdinando IV (1751-1821).

Raja Ferdinando mengizinkan juru masaknya memanggang beberapa pizza di oven di istana musim panasnya di Capodimonte. Bahkan Pizza menjadi hidangan favorit istri Ferdindo, yaitu Ratu Maria Carolina d'Asburgo Lorena (1752-1814).


Ilustrasi  Metier Neapolitan kuno atau penjual pizza abad ke-19
Ilustrasi seorang penjual pizza pada abad ke 19 (sumber meisterdrucke.ie)


Abad ke 18 juga merupakan abad dimana pizza mulai berkembang pesat sejak kisah pizza Margherita mencuat dan menjadikannya cikal bakal pizza di Italia dan menyebar ke seluruh dunia. Namun ada fakta menarik nih terkait kisah ini, seperti apa? Yuk baca selanjutnya ya.

Lalu pada abad ke 19, masyarakat Napoli gemar sarapan yang tentu saja hal ini berbeda dengan masyarakat Indonesia yang gemar sarapan dengan nasi goreng, nasi kuning, lontong kari atau bubur ayam. Tidak hanya sebagai santapan sarapan, pizza juga dijual di jalanan Napoli saat makan siang, dan makan malam.

Pizza Napoli yang populer saat itu merupakan pizza dengan adonan roti yang dipanggang dalam oven pembuat roti dalam sebuah nampan besar dengan topping sederhana berupa jamur dan ikan teri.

Popularitas pizza pun makin menggila dimana kios-kios didirikan dengan menghadirkan adonan pizza dan topping yang disesuaikan dengan pesanan pelanggan alias pizza custom. di mana adonan dibentuk sesuai pesanan pelanggan. Sejak saat itu pizza pun semakin mendunia.

Konspirasi, Fakta dan Mitos Sejarah Pizza Margherita Pada abad ke 18


Berbagai referensi yang saya temukan, menceritakan asal muasal pizza berasal dari abad ke 18 dimana pizza Margherita muncul dan menjadi terkenal.

Dikisahkan bahwa pada tahun 1889, Raja Italia yaitu Umberto I (1844-1900) dan istrinya bernama Ratu Margherita di Savoia (1851-1926) berlibur di Naples berlibur, mengunjungi istana. Lalu, seorang pizzaioli (koki pizza) paling populer saat itu bernama Raffaele Esposito istrinya bernama Maria Giovanna Brandi, menyiapkan tiga jenis pizza berbeda untuk sang Ratu Margherita yaitu :
  • Pizza dengan lemak babi, keju, dan basil
  • Pizza dengan bawang putih, minyak, dan tomat
  • Pizza dengan mozzarella, basil, dan tomat (dengan warna bendera Italia)
Ratu Margherita sangat menyukai jenis pizza terakhir yang memiliki warna seperti bendera Italia kemudian dia mengirim surat ke restoran pizza milik Raffaele Esposito untuk mengucapkan terima kasih.

Dokumen resmi ucapan terimakasih tersebut tertanggal Juni 1889 dan ditandatangani oleh Galli Camillo yang merupakan kepala meja Rumah Tangga Kerajaan. Dokumen tersebut dapat dilihat di restoran pizza milik Raffaele Esposito bernama Pizzeria di Pietro e basta così ( Pizzeria di Pietro dan hanya itu).

surat dari ratu margherita untuk Raffaele esposito
Dokumen surat dari ratu margherita untuk Raffaele esposito yang dipertanyakan keasliannya (sumber scottspizzatours.com) 


Pizza yang disukai Ratu Margherita lantas menjadi pizza ikonik yang menjadi terkenal hingga saat ini. Raffaele Esposito pun dinobatkan sebagai bapak pizza dan pizza buatannya menjadi standar evolusi pizza masa kini dan mengukuhkan Napoli sebagai ibu kota pizza dunia.

Fakta kisah diatas tercantum dalam buku Fine di un Regno karya Raffaele De Cesare yang diterbitkan pada tahun 1895 yang menyebutkan bahwa Pizzeria di “Pietro” telah beroperasi selama lebih dari satu abad.

Bukti tersebut juga diperkuat dalam buku pizza La Neapolitan karya Gabriele Benincasa yang menyatakan bahwa restoran pizza Raffaele Esposito sudah berusia lebih tua. Hebatnya, restoran tersebut masih ada sampai sekarang namun berganti nama menjadi Pizzeria Brandi yang diambil nama belakang Giovanni Brandi. 

Pizzeria Brandi saat ini
Pizzeria Brandi, Napoli Italia saat ini, terlihat pada gambar rrestoran Brandi, plakat memorial 100 tahun penemuan pizza Margherita dan tungku perapian pembuatan pizza Brandi (sumber lucianopignataro.it)
 
Sejarah pizza margherita
Sejarah terciptanya pizza margherita

ilustrasi Raffaele Esposito
ilustrasi watercolor Raffaele Esposito

Ilustrasi Ratu Margherita
Ilustrasi Ratu Margherita

Namun, benarkah kisah terciptanya pizza Margherita diatas valid meski tertuang dalam dua buku terkenal?


Meski sejarah pizza Margherita banyak diungkap sebagai asal muasal terciptanya pizza, lain halnya dengan yang dinyatakan oleh situs napolike yang merupakan portal promosi teritorial Napoli dan Campania, Italia yang bersumber pada penemuan National Geographic. 

Dalam sebuah artikel di situs nationalgeographic.co.uk yang di posting oleh Bradden Phillips pada 19 April 2022 yang menyatakan bawa kisah tersebut palsu. 

Sejarawan makanan telah menemukan lubang keganjilan pada kisah tersebut yang salah satunya adalah hidangan pizza yang dimaksud dalam kisah tersebut tersebut telah ada  tiga dekade sebelum kunjungan rombongan kerajaan Ratu Margherita ke Napoli. 

Penulis Emanuele Rocco bahkan sudah menulis dalam kumpulan esai tahun 1853 tentang adat istiadat Neapolitan yang mendeskripsikan pizza sebagai roti pipih dengan topping “basilico, muzzarella, e pomodoro” atau basil, mozzarella, dan tomat.

Emanuele Rocco adalah seorang kritikus sastra dan musik Italia, pustakawan, penyair dan pustakawan  yang terkenal karena studinya tentang leksikografi Italia dan Neapolitan. . Rocco juga merupakan seorang  Profesor sastra dan penerjemah dari bahasa Yunani dan Latin juga  tokoh sastra terkemuka antara kerajaan Dua Sisilia dan penyatuan Italia. Rocco lahir di Ferrol , 27 November 1811 dan meninggal di  Napoli , 9 Juni 1892.


Patung Emanuele Rocco


Selain penemuan essai Emanuele Rocco, peristiwa restoran Esposito juga tidak terdapat dalam catatan lokal  "La Gazzetta del Regno d'Italia" tidak menyebutkan kunjungan ratu atau surat Galli kepada Esposito.   

Begitu juga dengan penerbit lokal The Gazette of the Kingdom of Italy, yang selalu menerbitkan berita kerajaan juga tidak menyebutkan kunjungan ratu atau surat Galli kepada Esposito. Bhkan setelah dilakukan pencocokan antara contoh tulisan tangan Galli  dengan tanda tangan surat yang dikirimkan ke Esposito, hasilnya tidak cocok. 

Jadi bagaimana bisa muncul kisah pizza margherita dan mensyahkan Raffaele sebagai pelopor pizza italia? National Geographics mengindikasikan terjadinya konsprasi demi menghidupkan nama Brandi sebagai brand pizza terkenal di Italia.

Wah!!! udah seperti cerita drakor ya? Hihihi. Tapi ini  menarik sih, mengingat ketika menulis artikel ini saya membaca banyak referensi artikel online baik dalam maupun luar negeri yang rata-rata semua informasi tersebut mengemukakan fakta yang sama yaitu kisah fenomenal Rafaello dan Ratu Margherita. 

Berdasarkan hasil penemuan sejarahwan makanan, ternyata bukan Galli yang menulis surat itu atas nama ratu, lantas siapa yang menulisnya? Petunjuk mengarah pada  pada nama penerima surat yaitu Raffaele Esposito Brandi. 

Anehnya, mengapa Raffaele Esposito menyandang nama keluarga istrinya yaitu Brandi? Karena secara tradisional, pria Eropa tidak menggunakan nama belakang istri mereka. Namun, terdapat dua orang terkait dengan restoran pizza tersebut yang akan memilikinya yaitu Giovanni dan Pasquale Brandi, keponakan Maria Giovanni Brandi yang mengambil alih restoran pizza tersebut pada tahun 1932.

Salah satu teori sejarahwan makanan mengatakan bahwa Brandi bersaudara  mencoba menghidupkan bisnis membuat konspirasi berupa tipuan kisah pizza Margherita setelah mengganti nama perusahaan tersebut menjadi Pizzeria Brandi pada tahun 1932.  

Nampaknya, Brandi bersaudara dengan sengaja memanfaatkan kisah-kisah kaum monarki yang kerap menyantap jajanan kaki limadi Napoli yang sudah tersebar luas seperti yang diberitakan pada tahun 1880 pada surat kabar Il Bersagliere terkait berita Ratu Margherita memuji produk-produk koki pizza.

Dibalik mitos dan kontroversi sejarah lahirnya pizza Margherita, nyatanya restoran pizza Esposito masih beroperasi sampai sekarang namun berganti nama menjadi Pizzeria Brandi. Sampai detik ini, kebenaran kisah fenomenal pizza Margherita masih dipertanyakan.

Kesimpulan


Bagaimana Mom beb, sudah pusing membaca kisah perjalanan panjang penemuan pizza? Saya yakin gak lah ya, Justru sebaliknya, sangat menarik mengetahui seluk beluk perjalanan sejarah terciptanya pizza.

Hal yang paling menarik adalah, ternyata pizza awalnya merupakan roti yang terbuat dari adonan sederhana terigu yang dijadikan alas makan lalu diberi topping ala kadarnya seperti jamur, ikan dan ayam. Tanpa saus ataupun keju apalagi sosis dan daging sapi atau ham.

Terlepas dari kontroversi dan perdebatan validnya kisah Pizza Margherita, sebagai pastry lover sata ingin sekali mencoba pizza asli Napoli, dan ketika kesempatan itu datang kelas tentu saja tidak akan saya tolak, hehe. 

Jadi, jika mom beb ingin membuat pizza homemade sederhana tentu bukan masalah karena awalnya pizza memang sesederhana itu.

Semoga informasi mengenai asal usul pizza dalam artikel mamajokaa kali ini bermanfaat dan menambah pengetahuan. Siapa tahu besok - besok mom beb jadi kepengen jadi ahli pizza dan membuka usaha pizza? Mengapa tidak. Mom bisa berinovasi membuat pizza rasa baru dengan aneka topping khas sendiri. Menarik bukan?


Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Piza
https://www.pantrymama.com/difference-between-pizza-dough-and-bread-dough/
https://www.papawoodyspizza.com/the-history-of-pizza/
https://puratos-philippines.blogspot.com/2009/
https://vocal.media/feast/pizza-through-the-centuries
https://www.meisterdrucke.uk/fine-art-prints/Italian-School/1001515/Old-Neapolitan-metiers%3A-a-pizza-seller---19th-century-watercolour---Naples-Museo-Nazionale-di-San-Martino.html
https://www.scottspizzatours.com/blog/today-is-the-125th-anniversary-of-the-pizza/
https://allthatsinteresting.com/raffaele-esposito
https://www.medcom.id/rona/wisata-kuliner/4KZ6ERwK-sejarah-panjang-pizza-makanan-si-miskin-hingga-anggota-kerajaan
https://tirto.id/sejarah-pizza-dan-benarkah-memang-berasal-dari-italia-ed2v
https://gardaindonesia.id/2023/07/asal-usul-pizza-dan-ragamnya/
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150212035855-262-31509/pizza-awalnya-adalah-sajian-untuk-para-uskup/
https://whatscookingamerica.net/history/pizza/pizzahistory.htm
https://www.independent.co.uk/life-style/food-and-drink/news/pizza-did-not-originate-in-naples-claims-food-historian-10036998.html
https://www.nationalgeographic.co.uk/history-and-civilisation/2022/04/pizza-margherita-may-be-fit-for-a-queen-but-was-it-really-named-after-one
https://it.wikipedia.org/wiki/Emmanuele_Rocco

Referensi gambar

https://nyamcenterforhistory.org/tag/de-re-coquinaria/
https://gannet39.com/2016/01/14/11723/
https://www.lucianopignataro.it/a/pizzeria-brandi-dellinvenzione-della-pizza-margherita-nel-1889/18571/
https://www.scottspizzatours.com/blog/happy-pizza-margherita-day-2021/
https://en.wikipedia.org/wiki/Raffaele_Esposito
https://www.lavinium.it/una-storia-antica-di-grande-attualita-che-rivive-nelle-pagine-dellaffascinante-libro-falerno-il-vino-dei-cesari/
https://nationalgeographic.grid.id/read/133888548/darius-agung-penguasa-cemerlang-dari-kekaisaran-persia-akhemeniyah?page=all
https://www.goodreads.com/book/show/12914.The_Aeneid
https://www.wikidata.org/wiki/Q974141
https://www.facsimiles.com/facsimiles/apicius-de-re-coquinaria
https://twitter.com/historyandfood/status/1373946557343629314
https://www.taccuinigastrosofici.it/ita/news/antica/spuntini-letterari/De-re-coquinaria-Apicio.html
https://www.rmg.co.uk/collections/objects/rmgc-object-42003
https://openlibrary.org/books/OL14017537M/La_fine_di_un_regno_%28Napoli_e_Sicilia%29.
https://www.napolike.com/the-origins-of-the-daisy-are-false%2C-the-national-geographic-questions-everything
https://www.nationalgeographic.co.uk/history-and-civilisation/2022/04/pizza-margherita-may-be-fit-for-a-queen-but-was-it-really-named-after-one

19 komentar

  1. Wah, sangat menarik ya awal mula pizza ini. Berarti pizza dulu memang makanan yang sederhana banget ya. Dan sekarang yang bikin pizza mahal karena toppingnya ya.

    BalasHapus
  2. Wah sejarahnya panjang ya. Ternyata memang makanan kelas bawah awalnya. Lalu naik kelas jd makanan kelas atas. Sampai skrng ya. Pizza itu memang seenak itu sih.

    BalasHapus
  3. Kebayang yaa.. Pizza pada awalnya yang dihidangkan untuk pemuka agama/ uskup.
    Berarti menunjukkan makanan dengan kesederhanaan namun tetap memenuhi kebutuhan gizi. Tapi sedari awal pizza Italia hadir dengan cara memanggangnya yang bikin adoanan kering di luar namun tetap empuk ketika dimakan. Yummiii~

    BalasHapus
  4. Saya sangat suka pizza Mbak. Mau roti tipis atau tebal. topingnya juga suka apa saja, dengan pinggiran ada tau ga ada hahhaa. Dan saya baru tahu sejarah pizza ini. Saya tahunya pizza memang dari Italia

    BalasHapus
  5. pizza yang awalnya makanan rakyat dengan topping aneka sayuran dan saus tomat berkembang pesat saat dikenalkan ke Eropa dan Amerika. Jadi makanan yang paling gampang diterima dan sekarang jadi cemilan yang menyenangkan yah

    BalasHapus
  6. huaah berarti daku salah nih.
    soalnya pernah bikin pizza yang sama aja dengan adonan roti wkwkwk.
    tapi karena ponakan pada demen, jadi ya udah dilanjutin gitu, hihi
    siip kak Eka artikelnya, jadi gak keblinger deh soal pizza

    BalasHapus
  7. Aku baru tahu kalo pizza tuh bakery ya kak. Aku kira ya pastry krnn beragam bahan yg dipake ya masuk pastry. Tp emg irisannya tipis bgt sih. Kyk bedain tomat itu masuk buah/sayur. Hehe. Pasti pada bingung nih terutama yg jarang ke dapur.

    Krn sdh ada sejak zaman baheula, pizza ini emg bisa disantap dgn mudah oleh segala usia ya kak.

    BalasHapus
  8. Pizza memiliki sejarah yang panjang banget, ya. Bahkan sudah melewatinya berabad-abad. Banyak kisah tentang asal muasal pizza, bahkan ada kisah palsunya juga.

    Kalau saya suka banget makan pizza dg toping keju dan sosis.

    BalasHapus
  9. Pizza memiliki sejarah yang panjang banget, ya. Bahkan sudah melewatinya berabad-abad. Banyak kisah tentang asal muasal pizza, bahkan ada kisah palsunya juga.

    Kalau saya suka banget makan pizza dg toping keju dan sosis.

    BalasHapus
  10. Suka banget saya sama pizza apalagi pizza dengan toping keju melimpah, ternyata makanan satu ini udah ada sejak lama yaa.

    BalasHapus
  11. Ternyata pizza yang saat ini sering kita konsumsi bukan makanan baru ya, Kak. Sudah tua banget ternyata usianya, sudah sejak 6 SM. Berapa ribu tahun berarti?

    BalasHapus
  12. Panjang juga ternyata sejarah pizza ini. Tapi kalau penggunaan keju sepertinya udah jodoh dari sononya ya... Mereka seperti sepaket udah lah gitu

    BalasHapus
  13. Wow ga disangka panjang sekali sejarah pizza ini ya. Anak-anakku suka banget tapi udah berbulan-bulan ini gak makan pizza karena merk kesayangannya diboikot hiks.

    BalasHapus
  14. Waaah? Aslii tuh sejak 6M? berarti termasuk khazanah kuliner kuno yaa kak Eka. sumpah baru tahu lho aku kalo pizza udah ada dariduluuuu bangett

    BalasHapus
  15. Menarik sekali, ternyata makanan seperti pizza ini ada sejarahnya juga ya. Udah lama sekali adanya ya.. sejak 6 SM

    BalasHapus
  16. Saya jadi paham betul sekarang bagaimana pizza bisa menjadi makanan ikonik yang disukai oleh banyak orang di seluruh dunia. Seru banget ya, mengikuti jejak sejarah panjang dan menariknya pizza dari zaman dahulu hingga sekarang. Siapa sangka, pizza awalnya hanya roti sederhana yang kemudian berevolusi menjadi hidangan yang disukai semua orang. Aku jadi kepengen mencoba pizza asli Napoli juga nih setelah membaca ceritanya! 🍕😊

    BalasHapus
  17. wow, sejarah pizza nya lengkap ya sepertinya.. aku selama ini makan pizza ya tinggal hap! xD haha.. thank you ya sharing wawasannya <3

    BalasHapus
  18. Wih, lengkap sekali kakak...Saya jadi tahu tentang sejarah Pizza ini. Suka makan tapi nggak tahu sejarah ternyata kurang nggreget ya...Mantap banget nih artikel.

    BalasHapus
  19. Wah, lengkap sekali ulasan tentang sejarah pizza ini
    Maklum selama ini nggak tahu sejarahnya tahunya cuma makan saja
    Haha

    BalasHapus