Logo Komunitas BRT Network

Cara Membuat Kulit Pastry Tanpa Korsvet Mudah dan Tahan Lama

membuat pastry tanpa korsvet
Cara Membuat Kulit Pastry Tanpa Korsvet Mudah dan Tahan Lama


Hallo Pastry Lover,
Ketika mau bikin pastry jenis apapun, pernah gak sih kepikiran membuat kulit pastry tanpa korsvet? Mengingat harganya yang pricey ya pasti pernah lah ya. Tapi sebetulnya bisa gak sih membuat puff pastry tanpa korsvet? Tentu saja bisa,

Kita bisa membuat kulit pastry tanpa korsvet menggunakan lemak halal untuk menggantikan penggunaan korsvet ketika membuat adonan kulit puff pastry. Tapi, tentu saja ada hasil yang berbeda. Puff pastry yang dibuat tanpa menggunakan korsvet hasilnya kurang mengembang dan kurang gurih.

Meski demikian, cara membuat puff pastry tanpa korsvet juga masih oke kok. Hasil puff pastry nya masih mengembang meski gak merekah se-merekah menggunakan korsvet.

Yuk cobain cara membuat kulit pastry tanpa korsvet dengan resep dari patissier terkenal yaitu Anna Olson yang dapat kita coba.

Korsvet bisa diganti dengan apa?


Untuk Mom yang baru mengenal pastry pasti bertanya - tanya, apa itu Korsvet? Jadi, korsvet yang juga disebut lemak pelapis (roll-in-fat) adalah salah satu jenis lemak yang digunakan untuk membuat pastry yang memiliki kandungan air sedikit sehingga teksturenya kering dan padat jika dibandingkan mentega biasa.

Korsvet digunakan dalam pastry karena bisa menghasilkan pastry yang berlapis - lapis, mengembang, merekah, flaky dan renyah. 

Awalnya (dan sebagian di negara lain) korsvet dibuat dari olahan lemak babi, tapi di Indonesia korsvet dibuat dari olahan lemak sapi dan lemak nabati mengingat nilai kehalalannya.

Kita bisa memperoleh korsvet halal di marketplace dan toko bahan kue dengan harga yang bervariasi, Namun harga korsvet memang lebih pricey jika dibandingkan harga margarine atau mentega.

Lantas penggunaan korsvet bisa diganti apa ? Jika mom ingin membuat pastry tanpa korsvet, mom bisa menggunakan jenis lemak dibawah ini, yaitu :
  • Mentega
  • Margarine
  • Butter
  • Unsalted Butter
Penggunaan lemak lain selain korsvet dalam membuat kulit pastry seperti butter atau mentega, akan menghasilkan pastry yang tidak sebagus menggunakan korsvet, oleh sebab itu jangan heran jika mom bertanya-tanya kenapa puff pastry tidak mengembang? Karena tidak menggunakan korsvet pastry.

Resep Kulit Pastry Tanpa Korsvet Ala Anna Olson


Membuat Kulit Pastry Tanpa Korsvet
Cara Membuat Kulit Pastry Tanpa Korsvet


Resep Kulit Pastry Tanpa Korsvet
Resep Kulit Pastry Tanpa Korsvet Ala Anna Olson


Anna olson adalah seorang Pastry Chef terkenal yang juga seorang penulis buku masak dan Food Traveler dari Kanada.

Anna Olson juga seorang selebriti pastry chef yang memiliki siaran televisi sendiri di di Food Network Kanada dengan nama acara “Bake with Anna Olson” selama dua dekade dan sekarang hadir di acara “Great Chocolate Showdown” dan  “The Marilyn Denis Show”. Wah, jadi Mba Anna Olson ini benar-benar pastry chef terkenal ya Beb. 

Anyway, Anna Olson memiliki channel pastry di youtube bertajuk Oh Yum With Anna Olson.

Well, aku gak akan bahas lebih lanjut soal mba Anna Olson dan nanti aku bahas di artikel terpisah ya. Aku mau share resep puff pastry mengembang tanpa korsvet ala Anna Olson yang bisa banget kita recook

Resep puff pastry tanpa korsvet ala Anna Olson ini menghasilkan sekitar 1,4 kg adonan kulit pastry yang jika tidak digunakan dapat disimpan dalam freezer.

Metode Membuat Kulit Pastry Tanpa Korsvet yang Digunakan Anna Olson


Metode apa saja yang sering digunakan dalam pembuatan adonan puff pastry? dalam dunia pastry, terdapat tiga metode pembuatan adonan puff pastry yang bisa digunakan, yaitu Metode Inggris, Metode Perancis, dan Metode Skotlandia.

Dalam resep kulit puff pastry tanpa korsvet ala Anna Olson ini menggunakan metode Perancis tetapi langkahnya disusun terbalik. 

Maksudnya? Jadi, jika cara membuat puff pastry tanpa korsvet menggunakan metode Perancis yang sebenarnya dibuat dengan cara membungkus satu blok mentega (beurrage) dengan adonan tepung/air (détrempe) lalu dilipat, maka Anna Olson justru melakukan sebaliknya yaitu melipat adonan dengan mentega.  Lantas apa alasannya Anna Olson menggunakan metode Perancis secara terbalik?

Ternyata menurut Anna Olson, metode Perancis terbalik akan menghasilkan puff Pastry yang sangat bersisik dan empuk, mengembang secara merata dan mudah digulung meski dibuat tanpa menggunakan korsvet!.

Waah! Ternyata ini adalah rahasia menghasilkan Puff Pastry mengembang tanpa korsvet ala Anna Olson! Wah layak banget di coba ya. Resep kulit pastry tanpa korsvet dari Anna Olson ini dibuat melalui tiga tahapan, yaitu :
  1. Tahap membuat Beurrage atau mentega lipatan pengganti korsvet
  2. Tahap membuat adonan kulit pastry
  3. Tahap Menyatukan Beurrage dan adonan kulit pastry

Bahan - Bahan

Beurrage (Mentega lipatan)
  • 3 cangkir (675 g) mentega tawar (unsalted butter) suhu kamar
  • 1 cangkir (150 g) tepung serbaguna
Bahan Kulit Pastry Ekonomis Tanpa Korsvet
  • 4 cangkir (600 g) tepung serbaguna
  • 1 cangkir (250 ml) air dingin
  • 1/2 cangkir + 1 sendok makan (130 g) mentega tawar, pada suhu kamar
  • 1 sendok makan (12 gram) gula
  • 2 sdt (10 gram) garam
  • 1 sendok makan (15 ml) jus lemon atau cuka putih

Cara Membuat Kulit Puff Pastry Tanpa Korsvet

1. Menyiapkan Beurrage
  • Kocok mentega dengan tepung menggunakan mixer atau menggunakan spatula hingga halus dan tercampur rata
  • Lapisi loyang persegi berukuran 8 inci dengan plastik dan masukkan beurrage ke dalam loyang, ratakan lalu dinginkan selama 30 menit.

Menyiapkan adonan mentega lipat
Menyiapkan adonan mentega lipat


2. Membuat Détrempe (Kulit Puff Pastry)
  • Haluskan semua bahan Détrempe menggunakan mixer dengan kecepatan rendah lalu tingkatkan kecepatan dan setelah semua bahan menyatu selama 4 menit. Kita juga bisa mencampur semua bahan menggunakan spatula hingga tercampur rata.
  • Setelah adonan menyatu, bentuk adonan menjadi persegi berukuran 8 inci, bungkus dan resting dalam freezer selama 30 menit

Membuat adonan pastry tanpa korsvet
Membuat adonan pastry tanpa korsvet


3. Tahap Menyatukan Beurrage dan adonan kulit pastry

  • Keluarkan Beurrage dari freezer dan pindahkan ke meja kerja yang sudah ditaburi tepung dan gulung beurrage menjadi persegi panjang sekitar 16-x-9-inci.
  • Angkat adonan sesekali untuk memastikan tidak menempel pada permukaan kerja
  • Tempatkan détrempe di tengah-tengah beurrage dan lipat beurrage hingga menyelimuti seluruh détrempe.
  • Gulung adonan menjadi persegi panjang berukuran 20 x 10 inci, beri tepung pada adonan dan permukaan kerja sesuai kebutuhan.
  • Lipat menjadi tiga bagian, tapi pastikan untuk membersihkan sisa tepung dengan sikat kue sebelum melipat.
  • Putar adonan 90 derajat dan ulangi menggulung adonan menjadi persegi panjang berukuran 20 x 10 inci, sikat dan lipat menjadi tiga.
  • Bungkus adonan, beri label #1 (untuk lipatan pertama) dan dinginkan minimal 2 jam hingga sehari.
  • Untuk lipatan kedua, gulung kembali adonan menjadi persegi panjang berukuran 20 x 10 inci, bersihkan sisa tepung dan lipat menjadi tiga. Putar adonan 90 derajat, ulangi penggulungan dan pelipatan lalu bungkus dan beri label adonan dengan angka #2 dan dinginkan minimal 2 jam hingga sehari.
  • Untuk lipatan terakhir, gulung dan lipat adonan menjadi tiga bagian untuk terakhir kalinya (kali ini cukup sekali). Adonannya sudah jadi, namun harus dibungkus dan didinginkan minimal 2 jam sebelum digunakan.
  • Adonan puff pastry dapat disimpan di lemari es hingga 4 hari, atau dapat dibagi-bagi dan dibekukan hingga 3 bulan. Cairkan di lemari es sebelum digunakan.

Tahap Menyatukan Beurrage dan adonan kulit pastry
Tahap Menyatukan Beurrage dan adonan kulit pastry

Kesimpulan


Ternyata bisa banget ya membuat kulit pastry tanpa korsvet dengan mudah dan tahan lama. Terlebih menggunakan metode pelipatan tradisional yang terbalik seperti dalam resep Anna Olson untuk menghasilkan pastry yang mengembang.

Resep kulit pastry ekonomis tanpa korsvet ala Anna Olson diatas menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat ya Mom dan bonusnya, Mom bisa menyimpan kulit pastry untuk digunakan kembali selama 4 hari. Cukup awet ya.

Penggunaan korsvet pastry dapat diganti dengan mentega, margarine atau butter ya Mom. Sesuaikan gramasi nya dengan jumlah adonan kulit pastry yang diinginkan. Jangan khawatir, meski puff pastry tanpa korsvet hasilnya masih tetap bagus kok. Tetap flaky dan renyah.

Itulah cara buat kulit pastry tanpa korsvet dengan mudah dan tahan lama, Selamat mencoba dan menghasilkan aneka jenis pastry yang crunchy, flaky dan nikmat untuk anak-anak dan keluarga tercinta. 


Referensi : 
Resep dari channel youtube Anna Olson 

21 komentar

  1. Ah postingannya bermanfaat banget kak untuk yang suka baking dan membuat pastri, makasih sudah sharing. Emang penting banget tahu bahan-bahan yang halal ya kak

    BalasHapus
  2. Banyak juga ya metode pembuatan pastry tradisional yang masih bisa ditiru sampai sekarang. Pasti seru jika bisa mempelajari teknik memasak dari orang luar negeri. Berasa kaya pengetahuannya.

    BalasHapus
  3. Pengetahuan baru yang perlu dicoba dalam kuliner. Bisa dijadikan resep untuk racikan makanan yang punya enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak, karena jadi memudahkan kita buat bikin pastry sendiri ya sesuai dengan kreasinya kita mau kayak gimana hehe

      Hapus
  4. Yang ahli bikin kue pasti punya tips2 rahasia buat bikin kuenya jadi lebih oke. Termasuk mba Anna Olson ini ya punya trik jitu gimana caranya bikin kulit pastry yang tetap renyah tanpa korsvet. Menarik !

    BalasHapus
  5. Informasi yang cukup lengkap dan menarik banget ini! Ga sabar langsung mau cobain pakai cara ini, semoga aja berhasil

    BalasHapus
  6. seru sih ya melihat proses bikin kue atau roti gini apalagi kalau pas kita belajar bikinnya dan ternyata berhasil lebih senang lagi deh

    BalasHapus
  7. Wah ini sih bakal bermanfaat dana berguna banget untuk belajar masak. Dengar-dengar sih bikin pastry ini susah dan lumayan tricky. Ditambah aku pun enggak ada skill masak sama sekali. Artikelnya bisa jadi wawasan hari.

    BalasHapus
  8. Padahal kalo udah ngomong pastry itu udah khas banget sama korsvet ya mam, tapi ternyata banyak alternatif lain penggantinya. Ini bisa membantu mereka yang suka pastry tapi gak boleh korsvet, misal kayak punya trigliserida tinggi. Makasih sharingnya mamaaa...

    BalasHapus
  9. Aku lemah banget dalam hal perkuean. Beberapa kali pernah coba bikin tapi gagal dan alhasil mending beli sekarang. Tapi lihat resep ini kok pengen coba, next misal coba semoga endak gagal, hehe

    BalasHapus
  10. Kapan ya bisa praktik langsung bikin roti dari step awal gitu buatan sendiri. Niatnya kurang kuat padahal seneng banget makan paastry

    BalasHapus
  11. Suka sama roti, pastry dan teman-temannya. Tapi enggak yakin tuk bikin pastry sendiri soalnya bikin donat dan kue nastar aja udah tepar. Btw makasih resep dan tutorialnya kak, mana tau nanti nekat bikin, hehe.

    BalasHapus
  12. Setelah baca artikel ini jadi penasaran ingin bikin roti tanpa korsvet kaya di atas

    BalasHapus
  13. Sebagai orang yang jarang baking atau bebikinan seperti ini, rasanya jadi ikutan meresapi. Oo, ternyata begini cara buat kulit pastry bisa berlapis-lapis dan crunchy seperti yang ada di cafe-cafe itu. Korsvet pun saya baru kenal dari tulisan ini Kak. Jadi tambah deh pengetahuan saya..

    BalasHapus
  14. Hmmm, aku orang yang seneng masak dan sering pada gak percaya "Hah? Masa kamu cowo hobinya masak?" kekekeke
    Tapi serius, dari segala macam masakan apapun, membuat roti dan kue masih jauh keahlianku disana. Kayak masih perlu banyak belajar. Namun setelah baca ini, aku jadi terinspirasi buat bikin dan dimulai dari hal sederhana kayak gini hehehe

    BalasHapus
  15. Baking lover pasgi suka nih sama artikelnya kak eka.. lengkap dan detail hihi otw praktek...

    BalasHapus
  16. Wah baru tahu kalau korsvet itu berbeda dari butter ya.. Jujur aku pengen banget ikut les pastry sih supaya bisa bikin aneka camilan yang enak-enak

    BalasHapus
  17. Baca ini sambil manggut-manggut
    Maklum, nggak bisa baking
    Selama ini tim langsung beli kalau pengen pastry

    BalasHapus
  18. Belum pernah bikin pastry, pertama karena gak tau resepnya, kedua karena bahan-bahannya lumayan mahal hehe. Tapi pas baca ini ternyata bisa kalo gak pake korsvet ya..

    BalasHapus
  19. Kalau pastry instan itu, yang udah jadi berarti pake korsvet semua ya kak?

    BalasHapus
  20. manteb neh, aku coba share ke mama mertua karena beliau yang sering buat kue2 gitu

    BalasHapus