Logo Komunitas BRT Network

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Mulut Yang Jarang Diketahui

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Mulut


Siapa yang tidak mengenal jeruk nipis? Pastinya tahu ya. Jeruk nipis banyak digunakan dalam masakan sebagai additional rasa asam dan segar terutama untuk sambal dan makanan berkuah seperti sup, mie dan soto. Bahkan jeruk nipis juga kerap menjadi additional rasa segar pada seblak dan bakso.

Tidak hanya sebagai additional rasa pada masakan atau makanan, jeruk nipis juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan mulut yang jarang diketahui termasuk saya. Manfaat jeruk nipis yang saya tahu adalah sumber Vitamin C. Tapi ternyata, tahukah Mom jika jeruk nipis memiliki manfaat lain untuk kesehatan mulut termasuk bau mulut dan sakit gigi? Wahhh tiak disangka bukan?

Yuk baca selanjutnya untuk mengetahui cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis dan manfaat jeruk nipis untuk kesehatan lainnya berikut ini.

Mengenal Tanaman dan Buah Jeruk Nipis


Tanaman jeruk nipis memiliki nama ilmiah Citrus aurantifolia (Cristm.) Swingle merupakan tanaman endemik Indonesia dan juga negara-negara di Asia Tenggara. Beberapa sumber bahkan menyatakan bahwa tanaman jeruk nipis berasal dari Cina, Birma Utara, dan Himalaya.

Jeruk nipis tumbuh subur pada daerah yang beriklim tropis. yang berasal dari famili Rutaceae dengan genus Citrus. Jeruk nipis dapat tumbuh di Indonesia pada dataran rendah hingga ketinggian 1000 m dari permukaan laut. Tanaman jeruk nipis akan tumbuh dengan baik baik pada tanah alkali dan terpapar sinar matahari secara langsung.

jeruk nipis adalah
Mengenal jeruk nipis


Secara morfologi, tanaman jeruk nipis memiliki tinggi 150-350 cm dengan buah berbentuk bulat berdiameter 3,5-5 cm, berkulit tipis berwarna hijau serta bunga berwarna putih. Umumnya, tanaman jeruk nipis akan berbuah pada umur 2,5 tahun. Buah Jeruk nipis memiliki karakteristik aroma yang terasa kuat dan rasa yang khas dan rasa asam yang tinggi.

Kandungan Nutrisi Buah Jeruk Nipis


Ternyata jeruk nipis memiliki banyak kandungan nutrisi selain Vitamin C. Berikut kandungan nutrisi dalam 100 gram buah jeruk nipis, yaitu :
  • Energi 44 kalori
  • Beta karoten 23 mikrogram
  • Fosfor 22 miligram
  • Kalium 108,9 miligram
  • Kalsium 18 miligram
  • Karbohidrat 10 gram
  • Lemak 0,2 gram
  • Natrium 3 miligram
  • Niacin (Vitamin B3) 0,2 mikrogram
  • Protein 0,5 gram
  • Riboflavin (Vitamin B2) 0,03 mikrogram
  • Serat 0,4 gram
  • Tembaga 0,06 miligram
  • Tiamin (Vitamin B1) 0,01 mikrogram
  • Vitamin C 20 mikrogram
  • Zat besi 0.2 miligram
  • Zinc 0,1 miligram
Ternyata buah jeruk nipis memiliki kandungan nutrisi yang besar selain Vitamin C, yaitu kalium, Beta karoten, Fosfor, Kalsium dan energi.

nutrisi jeruk nipis
Kandungan nutrisi jeruk nipis


Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Mulut dan Gigi

jeruk nipis untuk kesehatan mulut
Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan mulut

Tahukah mom jika jeruk nipis bermanfaat untuk menjaga dan mengobati kesehatan mulut dan gigi? Hal ini tentu tidak banyak diketahui bukan? Berikut manfaat jeruk nipis untuk kesehatan mulut dan gigi, yaitu :

1. Mengobati Sariawan


Jeruk nipis yang bersifat antibakteri dan antiinflamasi dapat membantu mengobati sariawan dan membantu dalam proses penyembuhan.

2. Mengatasi Bau mulut


Jeruk nipis mengandung anti bakteri dapat membasmi bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung anti radang alami yang dapat mengurangi risiko radang gusi.

Mom dan anggota keluarga dapat menggunakan air perasan jeruk nipis sebagai obat kumur alami untuk menghilangkan bau mulut. Caranya dengan mencampurkan 5 sendok teh perasan jeruk nipis dengan sejumput garam dan segelas air hangat lalu kumur-kumur hingga rongga mulut bersih.

cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis
Cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis

3. Mengobati Sakit Gigi


Umumnya sakit gigi disebabkan oleh adanya peradangan bakteri pada gigi yang bolong atau patah. Zat antibakteri yang terkandung dalam jeruk nipis dapat mengobati sakit gigi. Caranya dengan meminum langsung perasan jeruk nipis.

4. Mengobati amandel


Jeruk nipis juga bermanfaat untuk mengobati amandel. Caranya dengan merebus tiga kulit jeruk nipis dan ditambahkan air sebanyak ¾ gelas. Air rebusan kulit jeruk nipis ini kemudian digunakan sebagai obat kumur alami.

Manfaat  Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Tubuh Lainnya


Dengan kandungan nutrisi yang cukup tinggi terutama Vitamin C, kalium, Beta karoten, Fosfor, Kalsium dan energi , jeruk nipis memiliki manfaat cukup besar untuk kesehatan. Diantaranya adalah sebagai berikut :

jeruk nipis untuk kesehatan tubuh
Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh

1. Obat antibakteri dan antiinflamasi


Berdasarkan hasil penelitian tahun 2012 berjudul Uji Aktivitas Antibakteri Air Perasan Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia, Swingle) Terhadap Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus aureus secara In Vitro karya Ninditha Retno Pradani, Fakultas Kedokteran Universitas Jember menyatakan bahwa, Salah satu bakteri yang menyebabkan infeksi pada manusia yang sering ditemukan adalah Staphylococcus aureus yang merupakan patogen utama pada manusia yang masuk melalui luka dan menyebabkan infeksi.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa air perasan jeruk nipis mempunyai kemampuan menghambat pertumbuhan bakteri S. aureus secara in vitro. Hal ini ditunjukkan dengan terbentuknya diameter zona hambat pada media Mueller Hinton. Semakin tinggi konsentrasi perasan jeruk nipis maka kemampuan menghambat pertumbuhan bakteri S. aureus semakin besar.

Selain itu, Jeruk nipis juga mengandung senyawa kimia yang dapat digunakan sebagai obat. Salah satunya ialah minyak atsiri yang digunakan sebagai bahan antibakteri.

Jeruk nipis juga dapat menyembuhkan luka secara alami karena jeruk nipis merupakan obat alami antiseptik dan antiinflamasi yang bisa mengurangi infeksi dan mempercepat penyembuhan luka.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh


Sudah tidak diragukan lagi manfaat jeruk nipis untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan produksi sel sehat untuk membunuh mikroba penyebab penyakit. Vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis juga merupakan sumber antioksidan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan mempertahankan sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

3. Menjaga Kesehatan Jantung


Kandungan Flavonoid dalam jeruk nipis dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan mengurangi peradangan. Flavonoid dalam jeruk nipis juga dapat menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan metabolisme dan mempromosikan penurunan berat badan.

4. Mencegah diabetes


Jeruk nipis yang mengandung serat sebanyak 0,4 gram dalam setiap 100 gram jeruk nipis dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan mengatur penyerapan gula ke dalam aliran darah yang dapat membantu mengurangi risiko lonjakan gula darah bagi penderita diabetes.

5. Melancarkan sistem  Pencernaan


Kandungan serat yang dimiliki jeruk nipis dapat membantu mencegah sembelit dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Air jeruk nipis yang bersifat asam dapat membantu air liur memecah makanan dan merangsang pengeluaran enzim-enzim pencernaan.

Jeruk nipis juga dapat menjaga keseimbangan pH Tubuh Dimana awalnya sifat asam jeruk nipis akan menjadi alkalis setelah dicerna.

6. Mengatasi gangguan saluran pernapasan


Ramuan herbal turun temurun dalam mengobati batuk dan melancarkan saluran pencernaan salah satunya adalah menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis dapat membantu mengatasi serangan batuk dan mengencerkan dahak di tenggorokan serta mengurangi rasa sakit akibat batuk.

Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C dan minyak atsiri yang terdapat pada daging jeruk nipis dan kandungan kaempferol dan flavonoid pada kulitnya yang memiliki sifat anti kongestif..

7. Menjaga kesehatan kulit


Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan kulit nyatanya menjadikan jeruk nipis sebagai salah satu komposisi sebagian banyak produk kesehatan kulit dan skincare.

Vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis dapat membantu pembentukan kolagen dan antioksidan yang membantu melawan tanda-tanda penuaan. Vitamin C dalam jeruk nipis juga dapat membantu mencerahkan kulit, meredakan jerawat, mengecilkan pori-pori, dan menghilangkan kulit mati melalui eksfoliasi.

Kesimpulan


Tidak hanya Mom, saya juga baru mengetahui manfaat jeruk nipis untuk kesehatan mulut dan gigi. Ternyata jeruk nipis dapat digunakan untuk mengatasi masalah bau mulut dan sakit gigi. Mom dapat mencoba resep ramuan herbal jeruk nipis diatas ya.

selain mengonsumsi jeruk nipis, jangan lupa untuk menyikat gigi secara rutin menggunakan pasta gigi terbaik yang ada dipasaran. Selamat mencoba.

Posting Komentar