Tampilkan postingan dengan label kesehatan. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label kesehatan. Tampilkan semua postingan


Lakukan 5 Hal Ini Ketika Anak Demam.



Cemas, sedih dan bingung adalah hal yang sering saya rasakan ketika Keenan dan Kilan demam.  Apalagi kalau demamnya sampai 39°C dan naik turun - turun selama 3 hari.
Kalau udah kayak gini, saya stress sekaligus kelelahan. Gak jarang saya juga akhirnya ikutan sakit dan insrek - insrekan, idung meler dan kepala dungdeng.
Kalau saya sakit sih gampang, tinggal makan yang banyak terus makan obat, banyak rebahan sambil ngedrakor terus tidur. Besoknya auto jag - jag waringkas.
Tapi anak - anak beda, perkara demam yang naik turun kayak naik jungkit - jungkitan gak bisa jadi normal cuman rebahan dan banyak makan doang. Kadang makan obat penurun panas juga masih gak turun - turun.
Lantas apa yang harus dilakukan kalau anak demam? wajar gak sih kalo anak sering demam?


Anak sering demam wajar gak sih?


Anak usia 1 - 6 tahun rentang mengalami demam. Wajar sih, karena pada usia tersebut anak - anak sedang mengalami perkembangan yang cukup pesat baik secara kognitif dan motorik. Sistem kekebalan tubuh juga belum terbentuk sempurna. Maka, menjadi hal yang sangat wajar ketika anak terpapar virus atau kelelahan menjadi mudah sakit dan demam.
Penyebab demam juga beraneka ragam. Berdasarkan pengalaman, penyebab anak - anak saya sering demam biasanya karena :
1. Main seharian di luar rumah tapi menolak makan siang. 
Kalau anak-anak udah main seharian diluar, pasti mereka keringetan jibrug. Bukan hanya keringetan tapi juga kena aingin besar diluaran sana. Malamnya, udah pasti pegel- pegel ditambah mual dan akhirnya muntah. Masuk angin ini mah. Biasanya kalau udah kayak gini mereka demam.
Biar gak kaya gini lagi solusinya, saya paksa mereka makan siang atau saya udag - udag nuturin mereka main dan nyuapin makan siang. Daripada daripada kaann mereka masuk angin nanti, lebih repot.
2. Kebanyakan minum minuman dingin kemasan.
Keenan, anak pertama saya sejak kecil kalau udah minum minuman kemasan gelas yang seribuan pasti langsung demam. Saya gak tahu kenapa bisa kayak gitu. Mungkin ada kandungan dalam minuman tersebut yang gak cocok dengan pencernaan dan tubuh auto ngelepas pertahanan tubuh dan demam. Hal ini terjadi sampai sekarang.
Jadi, sampai sekarang saya selalu melarang dia jajan minuman gelas seribuan. Otomatis beli yang mahal dong!! Wkwkwk 😂 dan anehnya fine - fine aja tuh kalo beli minuman yang agak mahalan dikit. Apa ini pengaruh harga? Hahaha, gak juga kayaknya.
3. Terpapar orang sakit flu, pilek dan batuk
Ini sih gak anak - anak aja yang langsung ikutan sakit dan demam, orang dewasa juga ya.
4. Diare
Kedua anak saya sering demam kalau lagi diare. Wajar sih ya, tubuh lagi berperang melawan virus dan bakteri di usus jadi pasti demam.
5. Terkena penyakit tertentu.
Typus, cacar dan demam berdarah adalah penyakit yang juga rentang dialami anak - anak. Kalau udah terkena penyakit di atas, udah pasti anak - anak demam.

Penyebab demam emang rupa - rupa. Tapi biasanya penyebabnya ya itu - itu aja. Saya sih biasanya mencatat setiap anak - anak sakit dan demam. Jadi kalau mereka demam lagi oleh penyebab yang sama, udah tahu harus ngapain.

Lakukan 5 Hal Ini Ketika Anak Demam


Kalau anak - anak udah demam naik turun terus ngapain dong? Langsung bawa ke dokter? Saya sih gak pernah langsung bawa ke dokter. Saya lakukan 5 hal dibawah ini sebelum akhirnya membawa ke dokter kalau gak ada perubahan.
1. Balur parutan bawang merah dan kayu putih
Resep turun temurun ya kalau anak - anak demam pasti badan, punggung dan kaki langsung dilumuri potongan atau parutan bawang merah dan dicampur kayu putih. Kalau hanya masuk angin biasa, diare dan si kakak minum minuman kemasan sih, pakai cara ini ampuh. Biasanya besoknya si demam turun.
Tapi kalau demam karena bapil, gak cukup cuman di Balur pake ramuan ini. Harus ditambah Paracetamol juga.




2. Balur Daun Ludih



Daun ludih bisa banget buat nurunin demam anak - anak. Cara ini cukup ampuh lho sama halnya dengan balur bawang merah dan kayu putih. Saya pernah pakai ramuan ini ketika Kilan masih bayi begitu juga kakaknya.
Daun ludih atau gedi punya bentuk mirip daun singkong, bahkan punya bentuk batang dan tangkai yang sama.
Daun ini memang agak susah nyarinya. Karena jarang banget orang sengaja nanem daun ludih di halaman rumahnya apalagi di perkotaan. Untungnya saya tinggal di perkampungan, masih banyak yang nanem daun ludih. Biasanya sengaja ditanam depan rumah atau di pinggiran sawah dan kebun. Kebetulan tetangga saya punya banyak tanaman daun ludih. Caranya gimana bikin ramuan daun ludih? 
  • Siapkan setengah gelas air dalam baskom kecil atau rantang untuk daun ludih.
  • Siapkan Daun ludih 2 - 3 lembar
  • Masukan daun ke dalam air dalam baskom
  • Remas daun hingga agak halus
  • Balur punggung, badan dan kaki anak dengan remasan daun ludih
3. Minum rebusan cacing kering atau minum kapsul cacing
Kalau ibu -ibu punya sawah atau tetangga nya yang punya sawah, bisa banget bapaknya anak - anak disuruh nyari cacing tanah disana. Jangan cacing dipekarang rumah apalagi Solokan. Karena cacing tanah di sawah dan tanah pekarang rumah itu beda.
Agak jijik memang, tapi ramuan ini lumayan ampuh juga buat nurunin demam pada anak.
Usahakan nyari cacing tanah cukup banyak ya, kira - kira 10 ekor. Terus bersihkan lalu rebus dalam panci hingga menyisakan 3 gelas. Ambil takaran 1 gelas dan Langsung kasih ke anak yang sedang demam. Minum rebusan sisanya ya. Dikasih jangka waktu seperti minum obat 3x sehari.
Kalau gak mau repot nyari cacing ke sawah, langsung cuss ke apotek dan beli cacing kering atau kapsul cacing. Lebih praktis sih 😂

cacing kering obat demam
Cacing kering tersedia di apotek

Kapsul cacing tersedia di apotek
Kapsul cacing tersedia di apotek, biasanya segini 15ribuan



4. Minum Paracetamol
Biasanya selain dibalur bawang merah dan kayu putih atau daun saya juga kasih Paracetamol. Biasanya si demam lebih cepat turunnya.
Tapi kalau sambil minum rebusan cacing, kasih jeda waktu 2 - 4 jam sebelum dikasih paracetamol.
5. Bawa Ke Dokter
Balur bawang plus kayu putih udah, tapi gak mempan. Lalu coba dengan daun dan daun binahong, demam masih belum turun juga. Kasih cacing deh akhirny, eehh masih belum turun juga. Udah dikasih paracetamol juga masih gak turun.Panik dong saya!!
Pernah tuh kejadian kayak gini. Segala ramuan dikasiin selama 3 hari. Tapi tiap hari beda - beda treatment ramuan. Dicoba yang a lalu yang b kalo gak berhasil. Gak berhasil semua? akhirnya ya tentu atuh bawa ke dokter.
Demam naik turun apalagi selama 3 hari, penyebab utamanya adalah kekebalan tubuh. Jadi, pake ramuan tradisional di atas gak bisa nurunin demam yang naik turun. Harus ke dokter.
Biasanya dokter bakalan kasih obat penurun panas ( tetep ya itu mah wajib ), antibiotik dan vitamin. Kalau penyebab demamnya bapil, dikasih juga obat buat bapilnya. Kalau karena diare, ya dikasih obat diare syrup atau attapulgite dan zinc.

Antisipasi Biar Gak Sering Demam


Biar anak gak sering demam, disiplin dan ketat menjaga aktivitas serta asupan makanan dan minuman jadi hal yang harus banget diperhatikan. Saya jadi disiplin untuk hal - hak berikut biar anak - anak gak sering demam :

  1. Say no to minuman kemasan gelas
  2. Makan gak boleh telat
  3. Cuci tangan sebelum makan
  4. Abis main dari Balong atau sawah langsung mandi
  5. Gak main air atau minum yang dingin - dingin kalau matahari terik
  6. Gak langsung mandi kalau abis main badan keringetan semua
  7. Gak terlalu lama di kamar mandi apalagi mandi sambil main air di jolang sambil pura - pura renang. Gak boleh banget pokoknya
  8. Kalau ada temennya yang lagi bapil, dengan terpaksa gak main sama temennya itu dulu
  9. Kalau mamah atau Babah lagi bapil, gak boleh makan satu piring dan sendok juga minum dari gelas yang sama dengan anak - anak.
  10. Gak main diluar kalau angin lagi besar dan matahari terik. Juga kalau lagi hujan. Walau kata iklan mah main hujan itu baik kok buat anak, tapi saya sih melarang meski anak - anak selalu saya kasih booster vitamin buat daya tahan tubuh. Main airnya gak nangung, saya ajak renang aja sekalian. Biar puas 😂

Demam emang bikin ketar ketir

Iya banget kan?? Tapi sekarang gak cemas lagi sih. Kalau anak - anak demam, saya cari tahu penyebabnya dan langsung kasih treatment ramuan diatas. Kalau selama 3 hari demamnya masih naik turun, saya gak ragu lagi dong langsung bawa ke dokter.
Kalau mom gimana pengalaman mengatasi demam pada anak - anak mom's ? Puny cara yang berbeda? Cerita dong di kolom komentar 🥰

testimoni dari penderita sakit batu empedu




Beberapa hari yang lalu saya membaca Testimoni Mosehat untuk sakit Batu Empedu dan sembuh setelah mengkonsumsi Mosehat. Subhanallah, ada yang sembuh setelah mengkonsumsi 3 minggu. Ternyata memang kita bisa mengkonsumsi Mosehat untuk sakit batu empedu kita. Saya jadi teringat pengalaman saya pernah menjadi penderita sakit batu empedu.
Saya pernah terkena sakit batu empedu yang gejalanya sudah terasa sejak tahun 2016. Karena saya kerap mengalami kolik batu empedu lantas saya berobat ke rumah sakit. Dokter bedah menyarankan saya untuk segera melakukan pengobatan dengan tindakan operasi pengangkatan kantong empedu.
Tetapi karena satu hal dan yang lainnya saya menunda hal tersebut. Hingga akhirnya sakit batu empedu saya semakin parah dan mengakibatkan terjadinya migrasi batu empedu ke saluran empedu juga peradangan kantung empedu. Akibatnya seluruh tubuh saya menguning dari ujung kepala hingga mata. Sehingga pada bulan September 2021 silam akhirnya kantong empedu saya diangkat.
Tidak ada tindakan pengobatan lain selain pengangkatan kantong empedu saking sudah terlalu parahnya sakit batu empedu yang saya derita. Saya akui ini kesalahan saya karena menunda pengobatan baik dengan dokter maupun alternatif melalui ramuan jamu - jamuan. Jika memang saya memilih menunda berobat ke dokter, ada baiknya memang saya berikhtiar berobat alternatif yang tepat. Seperti mengkonsumsi Mosehat untuk sakit Batu Empedu saya.
Sayangnya memang saat itu saya belum berjodoh dengan Mosehat dan akhirnya harus melalui proses operasi pengangkatan kantong empedu. Tapi tidak mengapa, untuk menjaga kesehatan saya tidak akan menyerah dan  tetap berencana mengkonsumsi Mosehat.
Saya sudah konsultasi dengan Mosehat terkait hal ini melalui layanan whatsapp mereka. sebaiknya saya mengkonsumsi Mosehat untuk sakit Batu Empedu setelah pasca operasi pengangkatan kantong empedu untuk menjaga daya tahan tubuh.
Terlebih sekarang saya sudah tidak lagi memiliki kantong empedu, otomatis daya tahan tubuh saya akan bekerja ekstra untuk menjaga tubuh dari serangan virus dan bakteri. Karena tugas ini sebelumnya dilakukan oleh kantong empedu dalam tubuh saya.
Bagi anda yang juga sedang mengalami sakit batu empedu, saya sarankan mencoba mengkonsumsi Mosehat sebagai pencegahan dan juga pengobatan. Jangan sampai terlambat seperti saya.

Mosehat Untuk Pengobatan Batu Empedu


Mosehat merupakan obat berupa jamu tetes yang mengandung ekstrak daun kelor yang diformulasikan oleh LAB berpengalaman . Mosehat untuk pengobatan batu empedu sudah diolah secara higienis dan Modern. Mosehat mampu menyembuhkan sakit batu empedu seperti gambar dibawah ini.

mosehat mampu mengobati sakit batu empedu seperti
Gejala sakit batu empedu bisa sembuh dengan Mosehat


Kandungan Mosehat Untuk Pengobatan Batu Empedu


Mosehat merupakan jamu yang mengandung ekstrak daun kelor ( Moringa Oleifera ). Mosehat Extra Moringa termasuk tanaman yang direkomendasikan oleh WHO untuk kesehatan karena Mengandung :
  • 7 x vitamin C pada jeruk,
  • 4 x calcium pada susu
  • 4 x vitamin A pada wortel
  • 2 x protein pada susu
  • 3 x potasium pada pisang
Selain itu, tanaman daun kelor juga sudah banyak digunakan oleh banyak masyarakat dari berbagai etnis untuk untuk mencegah dan mengobati lebih dari 300 jenis penyakit.

mosehat terdiri dari apa saja?
Kandungan utama dalam Mosehat



Selain ekstrak daun kelor, Mosehat juga mengandung Nigella Sativa Dan Propolis. MOSEHAT mengandung kadar antioksidan tinggi karena mengandung perpaduan antara ekstrak daun kelor, nigella sativa dan propolis. Mosehat juga mampu menyeimbangkan hormon steroid dan meredakan peradangan dan mampu mengobati Batu Empedu Secara efektif.

Kapan Sebaiknya Mengkonsumsi Mosehat?

Sebaiknya anda mengkonsumsi Mosehat Sekarang juga. Bukan hanya untuk menjaga kesehatan tetapi bagi anda yang mulai merasakan gejala sakit batu empedu seperti :
  1. Sakit pada bagian perut kanan atas hingga perut dan punggung
  2. Merasakan meriang disertai mual, muntah
  3. Cairan urine berwarna kuning gelap
  4. Mengalami Diare
  5. Mengalami sakit Maag
  6. Pada tingkat yang lebih parah dapat menyebabkan mata kuning dan seluruh badan terasa gatal
  7. Merasakan Kolik mulai dari hitungan jam hingga berhari-hari
Anda dapat mengkonsumsi Mosehat dengan hanya meneteskan mosehat sebanyak 8-10 tetes ke dalam 50 ml air hangat. Gunakan sendok plastik atau kayu dan diminum 3 x sehari. Mosehat tersedia hanya satu ukuran saja, yaitu netto 30 ml.

Keamanan Mengkonsumsi Mosehat


Anda tidak perlu khawatir terkait produk Mosehat, karena Mosehat sangat Aman digunakan untuk mengobati batu empedu pada ibu hamil dan ibu menyusui.
Mosehat juga sudah teruji secara klinis memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan serta sudah terdaftar di BPOM dengan nomor BPOM TR 193 627 491. Mosehat sudah memiliki lisensi halal dengan nomor LPPOM-00130140370122

Manfaat Lain Mosehat


Selain untuk pengobatan batu empedu, Mosehat juga memiliki manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit sebagai berikut :


mosehat bisa menyebuhkan sakit apa saja
Penyakit yang bisa sembuh dengan Mosehat


Banyak sekali ya manfaat dari Mosehat ini. Bagi anda yang penasaran dengan testimoni Mosehat, bisa langsung berkunjung ke situs mosehat atau menonton video di bawah ini.

Testimoni Mosehat


Jaga Kesehatanmu Sekarang Juga


Salah satu penyebab timbulnya penyakit dalam tubuh adalah sembrono dalam memfilter makanan yang masuk ke dalam tubuh terutama penyakit batu empedu. Selain karena faktor kelebihan hormon dan stress, batu empedu juga bisa muncul akibat mengkonsumsi lemak secara berlebihan. lemak berlebih akibat mengkonsumsi nasi berlebihan, gorengan, tetelan, mie bakso dan menggoreng menggunakan minyak berlebih.
Oleh sebab itu yuk jaga tubuh kita dari penyakit batu empedu dan juga penyakit lainnya dengan mengkonsumsi Mosehat secara rutin. Bagi anda yang membutuhkan Mosehat untuk sakit batu empedu atau menjaga kesehatan pasca operasi pengangkatan batu empedu, silahkan langsung menghubungi tim admin marketing Mosehat di nomor whatsapp +62 813-2462-9950 atau mengunjungi akun instagram @mosehatid.
Harga Mosehat yang terjangkau yaitu hanya Rp 195.000 menurut saya sangat layak di beli. Mengingat manfaatnya yang luar biasa terhadap sakit batu empedu dan juga penyakit lainnya.
Semoga lekas sembuh ya bagi anda yang sedang sakit, terutama sakit batu empedu. Melalui ikhtiar mengkonsumsi Mosehat  dan bersabar semoga sakit anda segera sembuh. 

Referensi
testimoni.id
akun instagram testimoniid
Wikipedia
pengalaman penderita kusta




Pengalaman Penderita Kusta Terhadap  Stigma Kusta. Kita semua tahu bahwa pasien penderita kusta selalu diberikan stigma negatif sejak dulu, bahkan ketika penyakit kusta pertama kali ditemukan hingga sekarang ketika dunia bersiap memasuki metaverse.
Rasanya its doesnt make sense at all kalau penderita kusta masih merasakan stigma dijaman metaverse hari gini. Tapi nyatanya mereka masih merasakan efek stigma negatif terhadap mereka.
bagaimana cara membasmi tikus dna kecoa dirumah



Cara Membasmi Tikus dan Kecoa di rumah, No. 3 Paling Ampuh. Membasmi tikus dan kecoa di rumah nampaknya sudah menjadi pekerjaan rutin kita para emak-emak ya. Meski di halau, di buang dan dibersihkan napak tilasnya si tikus dan kecoa, eh dateng lagi dan dateng lagi. Sampai kita berfikir, ini nih gak bisa dibasmi apa ya? kok susah bener. Masalahnya bukan jadi gak nyaman tapi juga masalah kesehatan dan off course peralatan dapur juga makanan kadang ikut digigit tikus kan?

Penyebab Hama Ada di dalam Rumah


Tau gak? para hama seperti tikus, kecoa, rayap, nyamuk hingga lalat sering banget nongol sampai bersarang di rumah karena apa?
  1. Perpindahan : Biasanya gak sengaja ikut kita pindahan rumah atau bawa barang dari rumah lain. Biasanya si kecoa atau rayap gak sengaja ngikut sembunyi di balik barang yang kita bawa.
  2. Timbunan Barang
  3. Tersedianya sumber makanan : Seperti makanan sisa yang gak lekas dibuang, dibiarkan di pojokan atau bahkan area terbuka sampai jamuran
  4. Rumah kotor dan bau
  5. Kebun berantakan dan terdapat sarang tikus
  6. Sampah
  7. Ventilasi rumah buruk
  8. Lembab

Dampak Negatif Adanya Tikus, Rayap dan Kecoa Di Rumah


Selain rumah jadi kotor, bau dan jijik ada beberapa dampak negatif yang ditimbulkan jika hewan seperti tikus, rayap dan kecoa bersarang di rumah kita. Diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. keracunan makanan
  2. Diare/Keracunan makanan
  3. Alergi Digigit
  4. Rentan penyebaran penyakit leptospirosis, salmonellosis, plague, typhoid dan juga hantavirus pulmonary sindrom.
  5. Furniture rumah dari kayu rentan rapuh dan patah
  6. Ngeri ya ngebayangin dampak negatifnya. Jadi gimana nih caranya mengusir tikus, rayap, kecoa hingga lalat? Yuk simak caranya berdasarkan pengalamanku

Cara Membasmi Tikus, Rayap dan Kecoa


1. General Cleaning
Bersihkan, buang dan tutup pintu masuk tikus. Misalnya lubang yang tak terlihat. Bisa kita tutup dengan semen permanen agar tikus gak masuk lagi
2. Rapihkan peralatan dapur dan perabot lainnya. Tempatkan barang atau perabot dalam rak atau lemari yang bersih, usahakan terbuka dan sudah dibersihkan. Jangan ditumpuk ya. Karena riskan jadi sarang kecoa atau rayap lagi.
Ini nih yang paling ampuh karena kita dibantu oleh tim yang berpengalaman terkait pengendalian dan pembasmian hama dirumah kita. Jika dilakukan secara berkala, hama gak bakalan betah lama - lama diem dirumah kita.

Dimana jasa penyemprotan desinfektan Yang Tepat? FUMIDA jawabannya


Yess. Jadi aku nemu satu jasa penyemprotan desinfektan yang kredibilitas nya gak diragukan lagi mom. Dilansir dari situs FUMIDA, FUMIDA adalah sebuah perusahaan pengendalian hama (Pest Control) yang memiliki tujuan untuk melindungi keluarga dan bisnis dari hama yang dapat merugikan.

jasa pembasmi tikus dan kecoa terpercaya
Fumida Basmi Tikus. Source : situs Fumida


Fumida juga didukung oleh tim manajemen dan teknisi yang berpengalaman dan ahli pada bidangnya masing-masing. Teknisi Fumida juga telah melalui berbagai pelatihan untuk memenuhi standar teknisi pest control profesional, seperti pelatihan oleh lembaga resmi yang diadakan oleh ASPPHAMI.
Pengalaman Fumida terkait pest control one time service gak main-main mom, udah lebih dari 10 tahun loh. Fumida telah berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam layanan .
Fumida udh ada dimana aja sih? sudah ada di kota-kota besar di seluruh Indonesia, diantaranya JABODETABEK, Bandung, Semarang, Makasar, Yogyakarta, Solo, Malang, dan kota besar lainnya.

Paket Jasa Penyemprotan Desinfektan Fumida

Paket apa aja yang kita peroleh saat menggunakan Fumida di rumah kita :
  1. Roach Control (Pengendalian Hama Kecoa)
  2. Ant Control (Pengendalian Hama Semut)
  3. Fly Control (Pengendalian Hama Lalat)
  4. Mosquito Control (Pengendalian Hama Nyamuk)
  5. Wasp & Bee Control (Pengendalian Hama Tawon)
  6. Bugs Control (Pengendalian Hama Kutu)
Selain bantu kita membasmi tikus, rayap dan kecoa di rumah, Fumida juga layanan jasa :
  1. Anti Rayap Pra Konstruksi
  2. Anti Rayap Pasca Konstruksi
  3. Pest Control One Time Service
  4. Pest Control Mobile
  5. Pest Control Station
  6. Fumigasi

Bersihkan rumah sekarang juga!

Yess, jangan nunggu lama-lama mom. Aku sih biasa general cleaning minimal sebulan sekali dan secara berkala decluttering barang yang udah gak terpakai. Menggunakan jasa penyemprotan juga bisa menjadi pilihan pendukung yang ampuh mom dan aku mau coba. kalau mom gimana? ada pengalaman romantis dengan tikus? iiihh jangan sampai ya, hehehe

salam hangat,
mamajokaa
penyakit kusta bisa sembuh gak sih? bisa dong



Penyakit Kusta Bisa Sembuh, Jangan Dijauhi menjadi tagline mamajokaa mulai hari ini. Tagline yang muncul karena ikutan talkshow tentang kusta. Lebih dari sekedar seru, talkshow bareng Ruang Publik KBR hari ini juga memberikan insight mengenai kusta. Bahwa kusta BISA SEMBUH loh.
Wait, sebelum terpelongo-pelongo dalam hati bertanya terus gugling apa itu penyakit kusta, saya mau kasih tau dulu tentang apa itu kusta. 

Apa itu Penyakit Kusta?


Saya yakin pasti dari kita banyak yang gak tau seperti apa penyakit kusta itu sebetulnya. Ada juga yang gak peduli dan bahkan beropini, " Di keluargaku gak ada yang kena kusta, so what bother? “ …oh no my darling. Don't ever say that. Ini masalah penting loh.
Penyakit kusta adalah penyakit yang menyerang jaringan kulit dan saluran pernapasan yang diakibatkan oleh bakteri kronis. Mungkin ada yang pernah denger kata lepra atau Morbus Hansen? nah itu nama lain dari kusta.
Bakteri apa sih penyebab kusta ini? namanya adalah Mycobacterium leprae. Nah si Mycobacterium ini begitu masuk kedalam tubuh bakalan langsung menyerang sistem saraf terus merusak jaringan lain bahkan sampai ke tulang dan menyebabkan cacat hingga lumpuh.

bakteri penyebab penyakit kusta
Bakteri Mycobacterium leprae ( foto halodoc )




penyakit yang bisa bikin cacat salah satunya adalah kusta
Cacat Tangan akibat kusta ( foto halodoc)

Nah!!! garis bawahi dong, kusta bisa MENYEBABKAN KELUMPUHAN atau DISABILITAS. Nah, sudah jelas kan kenapa saya bilang ini penting dan gak bisa diabaikan? Bukan nakut - nakutin, justru sebaliknya.
Kita gak pernah tahu bakteri penyebab penyakit kusta ini bakal menyerang siapa dan kapan. Amit - amit sih, gimana kalau keluarga kita yang kena atau tetangga? akan lebih baik kan kalau kita tahu tentang penyakit ini, tahu gejalanya dan tahu harus gimana menanganinya juga tahu informasi yang valid mengenai penyakit kusta. Jadi jangan merasa gak enak sama tetangga, kalo sekiranya kita udah curigesyen ya kasih tau. Tapi dengan cara yang baik ya. 
Karena, pasti kebanyakan dari masyarakat tahunya kalau pasien kusta harus dijauhi karena menular dan bla-bla-bla. Stigma negatif juga kerap membuat penderita kusta makin merasa terpuruk sehingga sulit disembuhkan. Mirip covid lah, rame-rame dijauhi, padahal yang harus dijauhi adalah penyakitnya! bukan orang yang terkena penyakitnya!!
Beruntung saya bisa ikutan Talkshow Ruang Publik KBR dengan tagline “Yuk, Cegah Disabilitas karena Kusta!”. Dapat informasi talkshow ini melalui komunitas yang mamajokaa ikuti, yaitu 1 minggu 1 cerita. Nontonya pun sambil nunggu panggilan dokter karena hari ini jadwal lepas selang pasca operasi kantong batu empedu September lalu.

live streaming youtube tentang kusta


hadir dong di talkshowhnya kbr tentang kusta

penyakit kusta pasti sembuh selama mau berobat


Talkshow yang dihadiri dua praktisi keren yaitu Ibu Dokter Dr. dr. Sri Linuwih Susetyo, SpKK(K) yang merupakan ketua Kelompok Studi Morbus Hansen (Kusta) Indonesia PERDOSKI dan Pak Dulamin, yaitu Ketua Kelompok Perawatan Diri (KPD) Kec. Astanajapura Cirebon.
Dari talk show ini mamajokaa jadi tahu, apa sih kusta? bagaimana gejalanya? apa langkah pencegahannya dan apa obatnya? katanya bisa sembuh kan? Wait! semua bakal mamajokaa bahas ya.
 

Apa sih Gejala Kusta


Gejala utama dari tahap awal yang harus diwaspadai adalah BERCAK YANG TIDAK BIASA dan ada DALAM WAKTU YANG CUKUP LAMA , gak ilang-ilang diikuti dengan mati rasa di bercak itu. Dikasih obat pun gak ada perubahan, nah AYO SEGERA KE DOKTER!

Kalau si bercak dan mati rasa aja kurang cukup buat jadi alasan ke dokter, berikut gejala lain dari penyakit kusta, yaitu :
  1. Kulit gak berkeringat
  2. Muncul luka dari bercak tapi gak sakit atau gatal
  3. Ada pembesaran saraf di siku atau lutut
  4. Otot lemas dan lemah
  5. Mata kering dan jarang berkedip
Jadi kalau punya gejala-gejala di atas, jangan cuek - cuek aja karena menganggap ini mah bercak biasa aja. Bercak ini gak bisa sembuh kalau pake salep antibakteri biasa. Tetapi ada obat khusus yang harus dikonsumsi penderita kusta dalam rentang waktu tertentu dan juga treatment terhadap si bercak agar sembuh dan hilang sama sekali. Biasanya terapi penyembuhan penyakit kusta ini berlangsung selama 6 - 12 bulan.

Bagian Tubuh Paling Rentan Terkena Disabilitas Karena Penyakit Kusta


Bagian tubuh yang paling rentang terkena disabilitas karena penyakit kusta adalah yang berfungsi untuk kegiatan sehari-hari seperti mata, kaki, tangan dan kaki meski bercaknya ada di punggung.
Hal ini karena bercak menandakan bahwa bakteri sudah menyerang area bercak dan mulai menyerang area saraf. Nah, bagian tubuh yang dekat bercak itu yang terkena potensi disabilitas. Misal, bercak di punggung maka bagian tubuh yang rentan terkena adalah bahu, lengan dan tangan.

Penularan dan penyebaran Penyakit Kusta


Penyebaran penyakit kusta di Indonesia adalah antar manusia. Dan orang sehat bisa tertular oleh penderita yang basil atau bercaknya banyak. Tetapi jangan takut, daya tular penyakit kusta ini rendah dan tergantung pada daya tahan tubuh orang yang akan tertular.
Bicara soal bagaimana mencegah penyebaran penyakit kusta antar manusia adalah menjaga daya tahan tubuh dan sanitasi. Terkesan gak uwow banget ya, tapi itu dasar dari menjaga daya tahan tubuh loh. 
Kalau kita gak jaga daya tahan tubuh dengan baik, gak makan makanan bergizi dan seimbang, jarang olahraga, bagaimana bisa daya tahan tubuh terbentuk? kalau daya tahan terbentuk bakteri dan virus ya ogah lah bersarang dalam tubuh.
Tapi gimana nih kalau ada penderita kusta? apa yang harus dilakukan orang sehat agar tidak tertular?
Karena kusta adalah penyakit menular antar manusia, maka kalau ada penderita kusta harus segera dibawa ke dokter dan diberikan pengobatan. Ingat Ya di bawa ke dokter, bukan dijauhi terus dikurung di ruangan tertentu. Duh Tega. Mulai sekarang, gak ada lagi ya stigma kusta harus dijauhi.
Dan penderita kusta jangan merasa insecure ya, karena penyakit ini bisa sembuh kok selama mau ke dokter menjalani pengobatan dan terapi. Kabar baiknya, penderita yang sudah menjalani pengobatan dan terapi maka daya tularnya juga menurun.
Hal yang paling utama jika mengalami kusta di tahap yang agak parah, maka penderita harus tetap happy dan semangat, juga ingat selalu dengan Tuhan. Tingkat stress yang meningkat akan memperparah gejala yang dirasakan. Harus tetap sabar dan ikhlas. Ingat yaa. 
Pesan Pak Dulamin nih, “ Ikhlas dan menerima” penyakit kusta dan menjalani pengobatan adalah kunci penyembuhan penyakit kusta. Jadi begitu ada bercak yang tidak biasa itu, ke dokter ya. Belum terlambat kok, jangan nunggu sampai cacat.

Langkah Preventif Penyebaran Penyakit Kusta


Bicara soal angka, pada tahun 2017 tercatat bahwa 6,6/1 juta penduduk terkena penyakit kusta. Angka ini jauh dari angka target yaitu 1/1juta penduduk. Lantas apa sih langkah pemerintah untuk mencegah penyebaran?
Sebetulnya udah banyak kok langkahnya tapi belum maksimal aja, masih kurang. Ada lembaga non profil atau LSM, yaitu NLR Indonesia yang cocern dan fokus terjadap kusta dan disabilitas. NLR terus aktif menggaungkan isu kusta di Indonesia dan konsekuensinya. Acara talkshow KBR yang saya ikuti juga salah satu upaya menyebarluaskan informasi kusta loh. Bukan hanya itu, praktisi dokter yang concern di kusta juga banyak. Salah satunya ya Dokter Sri yang menjadi narsum talkshow kali ini.
Ada pesan penting dari Pak Dulamin sebagai penderita sekaligus praktisi pemerhati penyakit kusta bersama kelompok KPD di Cirebon adalah : 
Adanya harapan pemerintah lebih banyak memberikan informasi melalui media seperti flyer, poster dan lain sebagainya di puskesmas. Poster yang mencantumkan informasi lengkap mengenai penyakit kusta. Bahwa obatnya ada dan bisa diperoleh secara gratis.
Hal ini pun di sepakati oleh Ibu Dokter Sri Linuwih Susetyo yaitu bersama kita bisa, berintergasi, keroyokan dan jemput bola karena kusta bisa disembuhkan.

Yuk Bantu Penyebaran Informasi Penyakit Kusta


Sekarang, sahabat mamajokaa udah tau kan apa itu kusta dan bagaimana cara mencegah penyebaran penyakit kusta? udah gak ada lagi stigma  kan ya?
Nah sekarang giliran kita dong yang bantu pemerintah, Dokter Sri Linuwih Susetyo dan juga Pa Dulamih untuk menyebarluaskan informasi mengenai penyakit kusta. Caranya? jangan hanya komen di artikel ini, tapi juga share di social media kalian dan ajak teman-teman netizen untuk lebih aware dan peduli tentang penyakit kusta. Jangan menyerah untuk menyebarluaskan informasi kusta ya. 
Tunggu apa lagi? stop dulu nonton drakornya. Share artikel ini sekarang juga! (^_^)

Salam sehat,
Mamajokaa