Logo Komunitas BRT Network

Lakukan 5 Hal Ini Ketika Anak Demam



tips jika anak demam





Cemas, sedih dan bingung adalah hal yang sering saya rasakan ketika Keenan dan Kilan demam.  Apalagi kalau demamnya sampai 39°C dan naik turun - turun selama 3 hari.

Kalau udah kayak gini, saya stress sekaligus kelelahan. Gak jarang saya juga akhirnya ikutan sakit dan insrek - insrekan, idung meler dan kepala dungdeng.

Kalau saya sakit sih gampang, tinggal makan yang banyak terus makan obat, banyak rebahan sambil ngedrakor terus tidur. Besoknya auto jag - jag waringkas.
Tapi anak - anak beda, perkara demam yang naik turun kayak naik jungkit - jungkitan gak bisa jadi normal cuman rebahan dan banyak makan doang. Kadang makan obat penurun panas juga masih gak turun - turun.

Lantas apa yang harus dilakukan kalau anak demam? wajar gak sih kalo anak sering demam?

Anak sering demam wajar gak sih?

Anak usia 1 - 6 tahun rentang mengalami demam. Wajar sih, karena pada usia tersebut anak - anak sedang mengalami perkembangan yang cukup pesat baik secara kognitif dan motorik. Sistem kekebalan tubuh juga belum terbentuk sempurna. Maka, menjadi hal yang sangat wajar ketika anak terpapar virus atau kelelahan menjadi mudah sakit dan demam.

Penyebab demam juga beraneka ragam. Berdasarkan pengalaman, penyebab anak - anak saya sering demam biasanya karena :

1. Main seharian di luar rumah tapi menolak makan siang. 

Kalau anak-anak udah main seharian diluar, pasti mereka keringetan jibrug. Bukan hanya keringetan tapi juga kena aingin besar diluaran sana. Malamnya, udah pasti pegel- pegel ditambah mual dan akhirnya muntah. Masuk angin ini mah. Biasanya kalau udah kayak gini mereka demam.

Biar gak kaya gini lagi solusinya, saya paksa mereka makan siang atau saya udag - udag nuturin (kejar) mereka main dan nyuapin makan siang. Daripada daripada kaann mereka masuk angin nanti, lebih repot.

2. Kebanyakan minum minuman dingin kemasan

Keenan, anak pertama saya sejak kecil kalau udah minum minuman kemasan gelas yang seribuan pasti langsung demam. Saya gak tahu kenapa bisa kayak gitu. Mungkin ada kandungan dalam minuman tersebut yang gak cocok dengan pencernaan dan tubuh auto ngelepas pertahanan tubuh dan demam. Hal ini terjadi sampai sekarang. Jadi saya harus tegas kalau Keenan pengen minuman kemasan ya saya tidak mengizinkan. 

3. Terpapar orang sakit flu, pilek dan batuk

Ini sih gak anak - anak aja yang langsung ikutan sakit dan demam, orang dewasa juga ya.

4. Diare

Kedua anak saya sering demam kalau lagi diare. Wajar sih ya, tubuh lagi berperang melawan virus dan bakteri di usus jadi pasti demam.

5. Terkena penyakit tertentu.

Typus, cacar dan demam berdarah adalah penyakit yang juga rentang dialami anak - anak. Kalau udah terkena penyakit di atas, udah pasti anak - anak demam.

Penyebab demam emang rupa - rupa. Tapi biasanya penyebabnya ya itu - itu aja. Saya sih biasanya mencatat setiap anak - anak sakit dan demam. Jadi kalau mereka demam lagi oleh penyebab yang sama, udah tahu harus ngapain.

Lakukan 5 Hal Ini Ketika Anak Demam

Kalau anak - anak udah demam naik turun terus ngapain dong? Langsung bawa ke dokter? Saya sih gak pernah langsung bawa ke dokter. Saya lakukan 5 hal dibawah ini sebelum akhirnya membawa ke dokter kalau gak ada perubahan. 

1. Balur parutan bawang merah dan kayu putih

Resep turun temurun ya kalau anak - anak demam pasti badan, punggung dan kaki langsung dilumuri potongan atau parutan bawang merah dan dicampur kayu putih. Kalau hanya masuk angin biasa, diare dan si kakak minum minuman kemasan sih, pakai cara ini ampuh. Biasanya besoknya si demam turun.

Tapi kalau demam karena bapil, gak cukup cuman di Balur pake ramuan ini. Harus ditambah Paracetamol juga.




2. Balur Daun Ludih

Daun Ludih
Daun ludih bisa banget buat nurunin demam anak - anak. Cara ini cukup ampuh lho sama halnya dengan balur bawang merah dan kayu putih. Saya pernah pakai ramuan ini ketika Kilan masih bayi begitu juga kakaknya.

Daun ludih atau gedi punya bentuk mirip daun singkong, bahkan punya bentuk batang dan tangkai yang sama.

Daun ini memang agak susah nyarinya. Karena jarang banget orang sengaja nanem daun ludih di halaman rumahnya apalagi di perkotaan. Untungnya saya tinggal di perkampungan, masih banyak yang nanem daun ludih. Biasanya sengaja ditanam depan rumah atau di pinggiran sawah dan kebun. Kebetulan tetangga saya punya banyak tanaman daun ludih. Caranya gimana bikin ramuan daun ludih? 
  • Siapkan setengah gelas air dalam baskom kecil atau rantang untuk daun ludih.
  • Siapkan Daun ludih 2 - 3 lembar
  • Masukan daun ke dalam air dalam baskom
  • Remas daun hingga agak halus
  • Balur punggung, badan dan kaki anak dengan remasan daun ludih
3. Minum rebusan cacing kering atau minum kapsul cacing

Kalau ibu -ibu punya sawah atau tetangga nya yang punya sawah, bisa banget bapaknya anak - anak disuruh nyari cacing tanah disana. Jangan cacing dipekarang rumah apalagi Solokan. Karena cacing tanah di sawah dan tanah pekarang rumah itu beda.

Agak jijik memang, tapi ramuan ini lumayan ampuh juga buat nurunin demam pada anak.

Usahakan nyari cacing tanah cukup banyak ya, kira - kira 10 ekor. Terus bersihkan lalu rebus dalam panci hingga menyisakan 3 gelas. Ambil takaran 1 gelas dan Langsung kasih ke anak yang sedang demam. Minum rebusan sisanya ya. Dikasih jangka waktu seperti minum obat 3x sehari.

Kalau gak mau repot nyari cacing ke sawah, langsung cuss ke apotek dan beli cacing kering atau kapsul cacing. Lebih praktis sih 😂

cacing kering obat demam
Cacing kering tersedia di apotek

Kapsul cacing tersedia di apotek
Kapsul cacing tersedia di apotek, biasanya segini 15ribuan



4. Minum Paracetamol

Biasanya selain dibalur bawang merah dan kayu putih atau daun saya juga kasih Paracetamol. Biasanya si demam lebih cepat turunnya. Tapi kalau sambil minum rebusan cacing, kasih jeda waktu 2 - 4 jam sebelum dikasih paracetamol.

5. Bawa Ke Dokter

Balur bawang plus kayu putih udah, tapi gak mempan. Lalu coba dengan daun dan daun binahong, demam masih belum turun juga. Kasih cacing deh akhirnya, eehh masih belum turun juga. Udah dikasih paracetamol juga masih gak turun. Panik dong saya!!

Pernah tuh kejadian kayak gini. Segala ramuan dikasiin selama 3 hari. Tapi tiap hari beda - beda treatment ramuan. Dicoba yang a lalu yang b kalo gak berhasil. Gak berhasil semua? akhirnya ya tentu atuh bawa ke dokter. Kalau ditunggu lebih lama kasian anak menderita karena demam. 

Demam naik turun apalagi selama 3 hari, penyebab utamanya adalah kekebalan tubuh. Jadi, pake ramuan tradisional di atas gak bisa nurunin demam yang naik turun. Harus ke dokter.

Biasanya dokter bakalan kasih obat penurun panas ( tetep ya itu mah wajib ), antibiotik dan vitamin. Kalau penyebab demamnya bapil, dikasih juga obat buat bapilnya. Kalau karena diare, ya dikasih obat diare syrup atau attapulgite dan zinc.

Antisipasi Biar Gak Sering Demam


Biar anak gak sering demam, disiplin dan ketat menjaga aktivitas serta asupan makanan dan minuman jadi hal yang harus banget diperhatikan. Saya jadi disiplin untuk hal - hak berikut biar anak - anak gak sering demam :
  1. Say no to minuman kemasan gelas
  2. Makan gak boleh telat
  3. Cuci tangan sebelum makan
  4. Abis main dari Balong atau sawah langsung mandi
  5. Gak main air atau minum yang dingin - dingin kalau matahari terik
  6. Gak langsung mandi kalau abis main badan keringetan semua
  7. Gak terlalu lama di kamar mandi apalagi mandi sambil main air di jolang sambil pura - pura renang. Gak boleh banget pokoknya
  8. Kalau ada temennya yang lagi bapil, dengan terpaksa gak main sama temennya itu dulu
  9. Kalau mamah atau Babah lagi bapil, gak boleh makan satu piring dan sendok juga minum dari gelas yang sama dengan anak - anak.
  10. Gak main diluar kalau angin lagi besar dan matahari terik. Juga kalau lagi hujan. Walau kata iklan mah main hujan itu baik kok buat anak, tapi saya sih melarang meski anak - anak selalu saya kasih booster vitamin buat daya tahan tubuh. Main airnya gak nangung, saya ajak renang aja sekalian. Biar puas 😂
  11. Membersihkan rumah dan basmi tikus dan kecoa. Karena kotoran dan tikus dan kecoa juga bisa menjadi saran penyakit nantinya. 

Demam emang bikin ketar ketir


Iya banget kan?? Tapi sekarang gak cemas lagi sih. Kalau anak - anak demam, saya cari tahu penyebabnya dan langsung kasih treatment ramuan diatas. Kalau selama 3 hari demamnya masih naik turun, saya gak ragu lagi dong langsung bawa ke dokter.

Kalau mom gimana pengalaman mengatasi demam pada anak - anak mom's ? Puny cara yang berbeda? Cerita dong di kolom komentar 🥰

13 komentar

  1. Sangat informatif banget . Anak balita sering demam , hampir tiap bulan. Daya tahan kurang ketika perubahan cuaca. Saya sangat tertarik dengan ulasan Daun ludih atau gedi . Wah baru tau itu khasiatnya, coba nanti saya tanya ke tukang tanaman. Thanks info.

    BalasHapus
  2. Dibalur bawang putih sama bawang merah emang ampuh banget ya. Andalan para emak nih. Dan tuk daun ludih jujur saya baru tau sekarang dan baru lihat juga wujudnya. N tuk cacing kering saya taunya buat obat tipes ternyata bisa juga buat turunin demam. thx for share mamaJokaa

    BalasHapus
  3. auto searching daun gedi karena semula saya pikir daun pepaya jepang, jenis daun yang sering saya buat lalap
    Ternyata bukan, hehehe
    jadi penasaran dengan daun gedi, bisa dibuat lalap gak ya?
    Karena saya sering makan lalapan daun binahong, enak lho

    BalasHapus
  4. Ponakan daku masuk angin kak, cocok dia dengan bawang merah dan kayu putih. Btw, daun ludih daku baru dengar kak. Boleh nih untuk tipsnya.

    BalasHapus
  5. Demam emang bikin panik sih ya mba, apalagi kalau udah diminumin Paracetamol tapi demamnya nggak turun. Huhu

    Btw cacing biasanya buat nurunin demam tipes, aku punya tipes tiap kumat selalu minum cacing, Alhamdulillah langsung reda demamnya.

    BalasHapus
  6. kapsul cacing itu kalau nggak salah memang ampuh ya menyembuhkan penyakit tipus atau apa gitu. tapi saya baru tahu nih mbak tanaman ludih ini. bentuknya kayak pohon pepaya ya daunnya

    BalasHapus
  7. Penyebabnya emang familiar banget ya bund, karena anak-anak emang sekarang mayoritas seperti itu. Btw, aku baru tahu ada yang namanya daun ludin terus bentuknya mirip daun singkong kayak gitu. Biasanya ramuan seperti ini khas daerah tertentu, ada yang pakai daun dadap serep juga.

    BalasHapus
  8. Anak-anak yang demam memang tidak bisa disepelekan ya mbak.apalagi sebagai ibu sudah pasti Kita cemas banget jadinya

    BalasHapus
  9. Wah iya, saat anak demam ibu pasti khawatir ya mbak
    Sebab demam itu bisa jadi tanda penyakit lainnya
    Makanya perlu cara yang tepat saat menghadapi anak demam

    BalasHapus
  10. Bawang merah dan kayu.putih itu andalan banget sejak lama. Kalau anak demam pasti.coba pakr itu.dulu, kalau 2 hari ga sembuh langsung ke dokter.

    BalasHapus
  11. emang paling panik kalau anak udah tiba-tiba demam aja :( aku lebih andelin bawang merah sama minyak telon sih, minyak kayu putih anakku masih kepanasan hihi

    BalasHapus
  12. baru tahu istilah daun yang kayak daun ketela itu kayak daun jarak bukan mbak? aku kalo anak demam selain skin to skin tak balur minyak but but mbak .

    BalasHapus
  13. Kaak sepanjang baca artikel aku gak berenti ngakak wkwkwkwkwk.
    Suka banget gaya penulisannya, ringan, lucu, tapi pesan nya mengena banget.
    Semangat nulisnya yaaa ❤️❤️

    BalasHapus