RED Asia Inc. Luncurkan "RED AI For Indonesia” Bantu Bisnis dan UMKM Akses Teknologi AI

RED Asia Inc. Luncurkan "RED AI For Indonesia”
 RED Asia Inc. Luncurkan RED AI For Indonesia


Pernahkah Mom’s mendengar istilah ChatGPT, chatbot, asisten virtual, dan asistensi pembelajaran? Pastinya pernah ya. 

Istilah - istilah tersebut di atas terdengar hightech dan modern ya? Tidak heran memang karena istilah- istilah tersebut di atas merupakan istilah yang ada dalam industri AI  (Artificial Intelligence) atau Kecerdasan buatan.

Kecerdasan Buatan (AI) itu apa sih? Jadi, AI adalah teknologi di bidang ilmu komputer yang dikhususkan untuk memecahkan masalah kognitif yang umumnya terkait dengan kecerdasan manusia, seperti pembelajaran, penciptaan, dan pengenalan gambar. Teknologi AI mampu membantu berbagai pekerjaan manusia mulai dari yang mudah hingga yang rumit. Aplikasi khusus AI mencakup sistem pakar, pemrosesan bahasa alami, pengenalan suara, dan visi mesin. (Henny Purwanti, Direktorat Hukum dan Hubungan Masyarakat, Kementerian Keuangan RI)

Tahukah Mom jika M-Banking, sosial media termasuk di dalamnya filter instagram hingga laman pencarian internet (search engine) juga menggunakan teknologi kecerdasan buatan?

Yap! Teknologi AI nyatanya sudah masuk dalam kehidupan sehari-hari dan bahkan sudah sering kita gunakan. Di era teknologi digital saat ini, teknologi AI tidak hanya sudah digunakan dalam kehidupan sehari - hari seperti teknologi asistensi misalnya, tapi juga turut serta dalam mendorong perubahan di berbagai sektor, termasuk bisnis dan UMKM.

Mom yang punya bisnis dan UMKM yuk angkat tangan!

Sebagai pemilik bisnis atau UMKM, tentunya kita ingin usaha yang kita jalani berkembang dan mampu bersaing di era teknologi digital bukan? Untuk itu, yuk mulai aware dengan teknologi AI dan mulai tidak hanya bersentuhan tapi memanfaatkan teknologi AI sebagai akselerator dalam melakukan digitalisasi pemasaran untuk meningkatkan penjualan.

Gaptek? Sulit memahami teknologi AI? Jangan khawatir karena sudah ada agensi digital di Indonesia yang juga merupakan perusahaan konsultasi AI yang bisa Mom ajak diskusi dalam memberikan solusi pemanfaatan teknologi AI untuk usaha yang Mom jalani yaitu RED Asia Inc.

Agensi digital di Indonesia
Agensi digital di Indonesia, RED Asia

RED Asia Inc. sebagai digital agency Indonesia terpercaya saat ini telah meluncurkan Inisiatif "RED AI For Indonesia” dengan menyiapkan layanan dan produk teknologi AI yang mampu mendukung kinerja bisnis dan UMKM.

Lantas apa sih sebetulnya RED AI? Teknologi AI apa saja yang ditawarkan? Yuk baca selanjutnya.

Tujuan RED Asia Inc. Meluncurkan "RED AI For Indonesia”


Artificial Intelligence (AI) memungkinan semua negara di dunia bersaing dan berlomba dalam pengembangan teknologi AI. Adopsi teknologi AI dan kemamampuan melibatkan diri dalam Industri Al akan menjadi daya unggul kekuatan global suatu negara.

Indonesia saat ini sedang berada dalam tahap bersaing dalam industri AI secara global. Untuk itu, Indonesia perlu memaksimalkan potensi AI dengan menetapkan regulasi, meningkatkan kualitas SDM, meningkatkan dan mempertahankan kepercayaan user, melakukan investasi untuk pengembangan teknologi AI, dan mudahnya aksesibilitas terhadap teknologi AI itu sendiri.

Di sinilah peran agensi digital di Jakarta seperti Red Asia Inc. dalam turut serta membantu negara dalam meningkatkan aksesibilitas teknologi AI kepada semua lapisan masyarakat, terutama pelaku bisnis dan UMKM.

RED Asia Inc. adalah perusahaan pemasaran digital dan teknologi yang sudah berpengalaman di industri pemasaran digital selama lebih dari dua dekade. RED Asia Inc. bersama dengan anak perusahaannya, seperti Redcomm, Salt dan Insignia meluncurkan jasa konsultasi penerapan AI pada perusahaan-perusahaan di Indonesia bertajuk Ready to Evolve and Disrupt with AI.

Teknologi Al RED Asia
Teknologi Al RED Asia

RED Asia Inc. sebagai digital agency Indonesia melalui RED AI For Indonesia berupaya mendorong transformasi serta inovasi lanskap bisnis di Indonesia agar mampu bersaing baik secara lokal maupun global.

Inisiatif Red Asia Inc. yang bertajuk Ready to Evolve and Disrupt with Al bertujuan untuk menjadi penghubung antara bisnis termasuk UMKM dan teknologi AI dengan menyediakan layanan piranti dan solusi bagi bisnis dan UMKM untuk mengembangkan usahanya.

Lantas layanan jasa apa saja yang ditawarkan oleh RED Asia Inc. melalui inisiasi RED AI for Indonesia terkait teknologi Al?
  • Menyediakan piranti serta solusi yang dapat diakses perusahaan lokal dalam mengembangkan bisnis.
  • RED AI bisa menjembatani kesenjangan antara perusahaan di Indonesia dengan teknologi AI.
  • Memberikan layanan transformasi bisnis dengan AI.
  • Mengadakan program pendanaan untuk akselerasi startup berbasis AI di Indonesia.

Apa Keuntungan UMKM Memakai Teknologi AI?


Artificial Intelligence (AI) memberikan banyak manfaat bagi pelaku bisnis dan UMKM di Indonesia, di antaranya :
  • Membantu meningkatkan penjualan
  • Membantu perekrutan tenaga kerja lebih banyak yang akan berdampak positif terhadap peningkatan Produk Domestik Bruto (PDB) serta efisiensi ekonomi Indonesia.
  • Membantu UMKM bersaing secara efisien dengan perusahaan besar dengan cost lebih rendah
  • Membantu transformasi digitalisasi pemasaran bisnis dan UMKM

RED Asia Inc. yang merupakan digital agency Indonesia ·melalui RED AI For Indonesia, bersama dengan perusahaan-perusahaan di bawah naungan Red Asia Inc, telah mempersiapkan layanan dan produk teknologi AI yang akan mendukung kinerja bisnis dan UMKM yaitu SALTX.AI, INSIGNIA IQRED-AINSTEIN, ASK-DEA, dan RED AI-VENTURES.

Kecerdasan Buatan untuk UMKIM
Keuntungan menggunakan kecerdasan buatan untuk UMKIM

5 Layanan Implementasi Teknologi AI RED Asia Inc. untuk Bisnis dan UMKM


RED AI For Indonesia yang diinisiasi oleh agensi digital di Jakarta, RED Asia Inc. telah mempersiapkan layanan dan produk teknologi AI yang dapat mendukung operasional bisnis dan UMKM, di antaranya adalah sebagai berikut :

Teknologi AI RED Asia
5 Layanan Implementasi Teknologi AI RED Asia Inc. untuk Bisnis dan UMKM

1. SALTX.AI

SALTX.AI adalah layanan konsultasi yang memberikan solusi transformatif berbasis AI. SALTX.AI memiliki tim ahli yang mampu memanfaatkan teknologi AI mutakhir untuk memberikan solusi terkait pengembangan dan permasalahan bisnis dan UMKM seperti meningkatkan pendapatan, meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional, mendorong proses pengambilan keputusan berdasarkan data, serta meningkatkan pengalaman konsumen atau pelanggan.

Pelaku bisnis dan UMKM dapat bekerja sama dengan SALTX.AI untuk berkonsultasi terkait usaha yang tengah dijalani, strategi pemasaran dan permasalahan lainnya.

2. INSIGNIA IQ

INSIGNIA IQ merupakan pusat manajemen data yang Didukung AI yang menghubungkan beragam sumber data, mengubah format, dan memastikan semua data berkualitas  murni. Semua layanan terintegrasi dan tersedia melalui platform tunggal yang disempurnakan dengan AI. 

INSIGNIA IQ juga menghasilkan pengetahuan dalam bentuk narasi dan mengubah kumpulan data yang kompleks menjadi cerita yang dapat dipahami oleh semua orang dengan berbagai latar belakang dan keahlian.  Layanan yang disediakan oleh INSIGNIA IQ  dapat diakses dan dapat ditindaklanjuti.

3. RED-AINSTEIN

RED-AINSTEIN adalah Asisten AI yang mempelajari jutaan data, memadukan kecerdasan AI dengan kreatifitas tim Redcomm secara terus menerus setiap hari tanpa henti, untuk meningkatkan efektifitas pemasaran digital bagi user tanpa terkecuali pelaku bisnis dan UMKM.

Adapun teknologi AI yang dilakukan oleh RED-AINSTEIN adalah sebagai berikut :
  1. secara continue mempelajari perilaku dan perkembangan pasar
  2. Mempelajari perilaku, progress dan strategi para pesaing,
  3. Mempelajari dan menganalisa percakapan di media sosial
  4. Mempelajari dan menganalisa riset pemasaran
  5. Sebagai teknologi asisten pembelajaran, RED AINSTEIN yang menjadi bagian dari tim kreatif Redcomm dapat menjadi pemantik bagi tim kreatif yang terbiasa melahirkan ide-ide segar dan brilian.
  6. Piranti Red AInstein diklaim mampu bekerja 100 kali lebih cepat daripada aktivitas biasa manusia.

Jadi, RED AISNTEIN mampu memberikan ide atau saran strategi awal sekaligus memvalidasi terhadap ide-ide yang telah direncanakan oleh pelaku bisnis dan UMKM. Jika bisnis atau UMKM sudah memiliki ide-ide bagus, maka RED AINSTEIN akan memperkuat ide-ide tersebut sekaligus memberi gambaran sisi-sisi yang tak terlihat atau blind spot, termasuk mencermati hal-hal apa yang bisa dilakukan pelaku bisnis dan UMKM namun tidak dilakukan pihak pesaing. Menarik bukan?

4. ASK-DEA

ASK-DEA merupakan asisten pemasaran digital berbasis teknologi AI yang dapat digunakan secara self-service bagi bisnis dan UMKM yang diprakarsai oleh Redcomm.

Dengan memanfaatkan ASK-DEA, bisnis dan UMKM dapat lebih mudah menetapkan strategi pemasaran digital dan media sosial yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan terlebih bagi brand yang masih berada dalam tahap awal pengembangan.

ASK-DEA
Avatar ASK-DEA

ASK-DEA dapat meningkatkan peluang bisnis dan UMKM di tahap awal pengembangan untuk lebih menonjol dari kompetitor. Sebagai dukungan untuk pertumbuhan UMKM, RED AI For Indonesia memberikan akses ASK-DEA kepada 100 UKM di Indonesia agar mereka dapat merasakan bagaimana AI dapat mengoptimalkan kampanye pemasaran mereka.

5. RED AI-VENTURES

RED AI-VENTURES adalah akselerator dana yang khusus dirancang untuk sektor AI yang sedang berkembang di Indonesia.

RED AI-VENTURES mengidentifikasi dan membina startup yang tengah berkembang yang dan memiliki visi yang kuat terhadap teknologi AI. Lebih dari sekedar investasi modal, RED AI-VENTURES memberi akses ke jaringan strategis yang luas, dukungan operasional langsung, dan bimbingan bagi para perintis startup.

Kesimpulan


Saya sendiri semakin paham terkait teknologi AI dan implementasinya dalam strategi pemasaran digital terlebih bagi pelaku bisnis dan UMKM. Namun, sejujurnya meski saya sendiri adalah pelaku UMKM yang memiliki usaha di bidang fashion yang mengandalkan pemasaran digital di sosial media, saya masih tetap “buta” terkait bagaimana menganalisa, merancang dan melaksanakan strategi pemasaran digital. Untuk itu, bekerja sama dengan jasa digital agency Jakarta perlu dilakukan.

RED Asia Inc. yang merupakan perusahaan yang bergerak di industri dengan implementasi digital teknologi dan AI, melalui Redcomm yang merupakan digital agency indonesia menjadi jawaban atas keresahan saya sebagai pelaku UMKM terkait strategi pemasaran digital. Redcomm sebagai Campaign Asia Agency of the Year 5 tahun berturut-turut menjadi bukti keunggulan Redcomm dalam industri pemasaran digital.

Di antara lima layanan implementasi teknologi AI RED Asia Inc. untuk Bisnis dan UMKM di atas yang manakah yang membuat Mom tertarik untuk mengembangkan bisnis dan UMKM Mom? Tertarik untuk mencoba kelima layanannya? Well, don't hesitate, Mom bisa segera bekerja sama dengan digital agency Jakarta yaitu RED Asia Inc. sekarang juga.

48 komentar

  1. Banyak juga ya asisten AI sekarang. Bisa buat kembangin UMKM biar lebih maju.

    BalasHapus
  2. Hoo aku baru tahu kalau mbangking juga dibantu oleh AI. Banyak juga ya kehidupan sehari-hari kita yang sudah menggunakan AI. Kemana aja aku selama ini nggak sadar 😂

    Bagi UMKM pasti menguntungkan banget nih bisa membantu strategi marketing. Jadi bantu memajukan UMKM di Indonesia.

    BalasHapus
  3. Banyak banget layanan implementasi teknologi AI dari AI Red Asia Inc ini. Musti aku baca pelan-pelan nih masing-masing kekhasannya apa? Aku baru pakai Chat GPT nih Kak. Kemarin ini malah nyoba Bing Image Creator

    BalasHapus
  4. Hampir setiap individu mesti beradaptasi dengan teknologi AI ini. Termasuk pelaku bisnis seperti UMKM. Kalo nggak, pasti bakalan tertinggal jauh dengan kompetitor. Teknologi AI ini benar-benar membantu memudahkan aktivitas manusia yaa. Keren sih ini

    BalasHapus
  5. RED Asia ini inovatif ya, ga kaget kalau memang mereka banyak dipercaya untuk pemasaran di dunia digital, memanfaatkan AI untuk membantu kinerja tim pemasaran sehingga lebih luas jangkauannya ide yang cerdas

    BalasHapus
  6. Inovatif nih RED AI apalagi digunakan untuk produk pemasaran digital jadi bisa langsung dikenali oleh pembeli ya produk pebisnis

    BalasHapus
  7. Bukan cuma para pebisnis skala besar, pelaku UMKM pun mesti melek teknologi ya di jaman digital ini, salah satunya teknologi kecerdasan buatan. Mesti tahu juga kalau kini sudah ada RED AI For Indonesia ini

    BalasHapus
  8. Jujur aja, adanya AI sudah saya rasakan dan banyak manfaatnya. Kini adanya Red AI saya harap bisa membantu untuk pengusaha UMKM untuk berkembang

    BalasHapus
  9. Di jaman kemajuan teknologi sekarang ini tuh gimana pinter-pinternya kita memaksimalkan potensi yang ada. Bahkan urusan bisnis ada juga kecerdasan buatan yang bisa membantu, kayak Red AI.

    BalasHapus
  10. Inovasi yang tepat ini, tepat momennya, dan tepat sasaran untuk membntu UMKM bisa makin naik kelas dan bisa bersaing secara global.

    BalasHapus
  11. Beberapa waktu yang lalu diskusi dengan suami terkait AI ini, ternyata sudah lama hadir, cuma dulu namanya beda, secara suami kan kuliahnya elektro biasa buat program berbasis AI juga, dan sebetulnya ternyata memang banyak membantu manusia, tergantung bagaimana kita emmanfaatkan teknologi tersebut ya

    BalasHapus
  12. Era teknologi sekarang bisnis juga harus mengikuti dong. Adanya RED AI For Indonesia ini pasti bakal ngebantu banget buat bisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan produk yang memang dibutuhkan masyarakat, di sisi lain bisa membuat masyarakat juga makin mudah nemuin produk yang diinginkan

    BalasHapus
  13. UMKM juga perlu pakai bantuan teknologi canggih kayak RED AI For Indonesia agar bisa berkompetisi di dunia global

    BalasHapus
  14. Ini asli keren sih inovasi keluaran RED Asia Inc. Apalagi 5 macam layanannya bisa dimanfaatkan sama UMKM untuk tingkatin bisnisnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti peluang buat pelaku usaha UMKM ini bisa makin berkembang ya kak dengan pemanfaatan AI tersebut.. wuaah semangat semangat

      Hapus
  15. Keren ya Mbak inovasi dari Red Asia Inc ini, apalagi membantu UMKM dan pelaku bisnis juga..

    BalasHapus
  16. Keren banget kalau bisnis kita bisa pakai layanan berteknologi AI ini. Insya Allah bisa semakin berkembang.

    BalasHapus
  17. pernah pake chatgpt nyobai hihihi lumayan bgt deh kemampuannya... selalu inivasi ya red asia ini ... sukses selaluhhhh

    BalasHapus
  18. Baru tahu kalau Indonesia juga menjadi saah satu negara yang mengembangkan AI. Ini tentu kabar baik. Agar Indonesia bisa menampakkan banyak perkembangannya di dunia teknologi. Supaya bisa membantu kemajuan masyarakat lokal itu sendiri.

    BalasHapus
  19. Terus terang saya gaptektentang teknologi termasuk AI ini, dan syukurlah tulisan ini memberikan pencerahan padaku. Terima kasih sharing infonya ya..

    BalasHapus
  20. Para pelaku usaha bisa sangat terbantu nih dgn adanya layanan red ai for Indonesia. Dan semoga benar2 bs membuat perekonomian Indonesia jd lebih maju.

    BalasHapus
  21. jangkauan AI benar-benar makin luas. kalau gini, memang wajib terus belajar hal baru, biar enggak tertinggal dari yang lain

    BalasHapus
  22. Tertarik untuk menggunakannya sebagai bagian dari pengembangan usaha kecil saya. Terima kasih infonya.

    BalasHapus
  23. Wah, dengan adanya digital agency seperti grup RED Asia Inc ini umkm semakin terbantu ya, dan bisa memanfaatkan teknologi AI untuk meningkatkan branding usaha mereka.

    BalasHapus
  24. AI kalau dimanfaatkan dengan baik bisa jd teman bertumbuh bisnis secara digital yang pesat ya. Bahkan ga hanya bisnis besar, UMKM pun bisa. Melalui digital agency kaya redcomm membantu bgt ya mba.

    BalasHapus
  25. keren yaaa inovasi yang dibangun dari RED Asia Inc ini. Bisa membantu UMKM biar jadi semakin naik kelas dan bisa bersaing secara global.

    BalasHapus
  26. RED Asia pintar menangkap peluang ya, selain itu komitmennya untuk memajukan bisnis Indonesia termasuk UMKM, 5 produknya ini banyak membantu ya

    BalasHapus
  27. Layanan yang disediakan RED AI for Indonesia, memang pas untuk kebutuhan UMKM. Semisal ASK-DEA untuk memaksimalkan pemasaran. Kebanyakan UMKM sekarang terutama yang baru terjun ke dunia digital, langsung sat set promo nggak mikirin dulu apakah promonya tepat sasaran atau tidak.

    BalasHapus
  28. peran AI dalam bisnis digital sangat benar-benar mempenagruhi yaa sekarag. Rugi banget kalo sampai gak kita manfaatin sebaik mungkin. Apalagi dengan hadirnya Red AI For Indonesia yang sudah sangat membantu dan menjawab kebutuhan UMKM di zaman sekarang. Semoga kedepanya para pelaku UMKM bisa naik daun dengan bantuan teknolgi dari AI ini. aamiin

    BalasHapus
  29. Jika ingin sebuah bisnis naik kelas emang mesti menjadikan AI sebagai kawan, ya, Mba. Pebisnis yang bjaksana tentu bisa memanfaatkan peluang ini.

    BalasHapus
  30. Keren banget, teknologi semakin canggih. UMKM wajib banget nih mengandalkan Red Asia ini karena sangat membantu banget

    BalasHapus
  31. wah mantep banget ini, sekarang AI membantu di setiap sektor yaa, memudahkan kita. bahkan curhat aja udah bisa pakai AI

    BalasHapus
  32. CS nya aplikasi my telkomsel misalnya kalo kita tanya apa jawabnya apa, pasti itu CS nya Ai😅

    BalasHapus
  33. Ooohh baru tahu aku, ternyata media sosial dan fitur pencarian di internet juga termasuk AI ya? Berarti selama ini kita sudah akrab ya, Mbak dengan AI ini. Tinggal manfaatkan aja sesuai kebutuhan.

    BalasHapus
  34. Memang sebaiknya sekarang ini mengikuti dan belajar teknologi yang semakin berkembang. Ternyata ada banyak manfaat yang bisa diimplementasikan teknologi dalam kehidupan, seperti Red AI for Indonesia yang membantu pengembangan UMKM

    BalasHapus
  35. Aplikasi yang aman dan nyaman untuk UMKM di masa teknologi tinggi ini ya kak semoga semakin maju

    BalasHapus
  36. Gercep banget RED AI, langsung meluncurkan produk yang bisa digunakan UMKM. Yang pasti kita semua juga harus terus berkembang, luwes, namun juga memperhatikan hak cipta dari aset-aset AI.

    BalasHapus
  37. Rasanya baru saja terheran-heran dengan AI model chatGPT dan sejenisnya yang bisa mentransformasi banyak hal dengan mudah dan cepat. Dan rasanya dulu hanya bisa dijangkau oleh perusahaan-perusahaan yang besar. Sekarang Red AI sudah ada dan siap untuk support mulai dari UMKM. Harus terus banyak belajar memang ya kita.

    BalasHapus
  38. Wiiih, keren ya sekarang. AI sudah bisa menjangkau UMKM. Tinggal gimana UMKM bisa memanfaatkan teknologi ini agar bisa berkembang...

    BalasHapus
  39. Keberadaan AI di masa kini memberi opsi yang banyak sekali ya untuk berbagai aksi dan solusi untuk meningkatkan penjualan, bisa juga untuk marketing juga, belum lagi bagi UMKM, keberadaan AI bisa membantu sekali

    BalasHapus
  40. Kalau diluar Jakarta bisa juga ya menjalin kerjasama? Karena sepertinya ampuh banget ini ya untuk mendongkrak kesuksesan

    BalasHapus
  41. Dengan AI ini mampu membantu para UMKM untuk lebih mempromosikan usahanya ya

    BalasHapus
  42. keren sih ini, teknologi AI membantu umkm Indonesia. semoga kedepannya umkm indonesia terus maju ya, Aamiin

    BalasHapus
  43. Dulunya, aku kalau denger AI suka nyambungnya sama hal-hal yang berbau virtual dan hanya untuk dunia entertain, tapi ternyata penggunaan lebih luas membuat perusahaan pemasaran digital dan teknologi juga memanfaatkan teknologi pemasaran digital bersama RED AI dari Redcomm. Canggih banget yaah..

    BalasHapus
  44. Keren sih yaa Redcomm ini, ngga pernah mati gaya, selalu ada inovasi untuk digitalisasi marketing kek gini, harapannya semoga Indonesia semakin menduniaaa!

    BalasHapus
  45. Ya Alloh mom, lengkap banget penjelelasannya. Saya makin paham tentang AI, terlebih tentang Red AI. Anw jika tertarik dengan Red AI menghubunginya ke mana, ya mom?

    BalasHapus
  46. Wah, banyak juga ya layanan AI yang disediakan Redcomm, keren nih inovasinya dalam dunia digital, bisa mendukung bisnis para pelaku usaha dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini khususnya pada AI.

    BalasHapus
  47. Sekarang UMKM harus bener-bener melek digital salah satu caranya dengan memanfaatkan AI di Red AI.
    Bisa menghemat budget untuk bayar karyawan

    BalasHapus