Logo Komunitas BRT Network

Cara Merawat Oven Tangkring Aluminium Agar Tidak Cepat Rusak

cara merawat oven tangkring
Cara merawat oven tangkring aluminium (sumber gambar Hock dan Canva)


Halo Mom beb,
Mom yang sedang hobi baking menggunakan oven tangkring, perlu banget nih untuk tahu gimana cara merawat oven tangkring alumunium agar tidak cepat rusak. Karena, kalau oven tangkring sudah rusak tentu tidak bisa digunakan lagi bukan?

Katanya oven tangkring alumunium dan stainless steel itu anti karat? Memang benar. Tapi bukan berarti tidak akan mengalami kerusakan.

Yuk lanjut baca untuk mengetahui tips membersihkan oven tangkring agar tidak cepat rusak terutama untuk oven tangkring alumunium.

Pentingnya Membersihkan Oven Tangkring


Tentunya kita tidak ingin oven tangkring kesayangan mengalami kerusakan akibat keteledoran lupa membersihkan bukan? Saya paham betapa lelahnya harus membersihkan peralatan baking termasuk oven tangkring pasca membuat kue dan pastry.

Sepenting apakah membersihkan oven tangkring? Oven tangkring yang kotor akibat sisa pemanggangan dan perapian serta memiliki kerak sisa pemanggangan dan kerak putih akibat korosi akan menyebabkan rak oven macet ketika akan dikeluarkan.

oven tangkring kotor
Oven tangkring yang kotor selain membaut macet rak juga tidak terlihat estetis ( Sumber dok pribadi)

Proses Korosi Pada Oven Tangkring Aluminium


Mom pasti bertanya, bukankah oven tangkring aluminium anti karat? Berarti gak perlu repot-repot membersihkan dong? Ehhmm, sudah bingung belum? Hehehe.

Perlu mom ketahui jika material aluminium umumnya tidak berkarat. Jadi benar adanya statement produk oven tangkring alumunium yang menyatakan anti karat tapi material alumunium bisa mengalami korosi yang menyebabkan munculnya karat kerak putih.

Perlu kita ketahui jika proses berkarat dan korosi memiliki pengertian yang berbeda. Jadi apa sebenarnya karat itu?

Karat adalah salah satu bentuk korosi akibat proses oksidasi yang disebabkan oleh interaksi air atau uap air yang dialami oleh material besi dan baja. Karat akan meninggalkan kerak berwarna oranye dan menyebabkan lapisan besi mengalami pengeroposan.

Sedangkan korosi merupakan proses pengikisan logam yang disebabkan oleh oksidasi yang menyebabkan timbulnya lapisan kerak putih yaitu aluminium oksida yang merupakan lapisan pelindung pada area aluminium yang terkorosi agar material tidak rusak.

korosi aluminium adalah
Proses terjadinya korosi

korosi aluminium
Aluminium yang mengalami kororsi (sumber https://www.researchgate.net/figure/Different-forms-of-corrosion-a-general-surface-corrosion-b-filliform-corrosion-c_fig5_354771149)

proses korosi pada logam
Pada gambar diatas, terlihat perbedaan proses korosi pada logambesi dan galvalum (sumber https://ilmukomunikasi.uma.ac.id/2023/07/29/sejarah-terjadinya-korosi-dan-erosi/)


Tapi, oven tangkring alumunium juga bisa mengalami korosi cukup parah hingga terjadi pengeroposan yang membentuk lubang-lubang kecil kasat mata. Lantas bagaimana cara mencegah korosi sumuran pada oven tangkring aluminium?

Untuk mengatasi terjadinya korosi sumuran maka diperlukan cat pelapis untuk mencegah dan mengatasi munculnya kerak tersebut. Untuk itu cukup penting memilih oven tangkring yang memiliki lapisan cat yang mampu mencegah proses korosi karena ketika material aluminium dikombinasikan dengan pengecatan akan menjadi lebih tahan lama.

Jadi meski oven tangkring aluminium memiliki kerak putih, tetap harus dibersihkan ya agar tak terjadi korosi lebih parah yang menyebabkan oven tangkring tidak dapat digunakan.

Mom bisa membersihkan sisa - sisa kerak pemanggangan, kerak putih korosi dan jelaga bara api setelah oven tangkring dingin atau ketika mom sudah agak senggang. Untuk peralatan pastry yang memang digunakan langsung membuat adonan pastry, tentunya harus segera dibersihkan ya mom. 

Tetapi lain halnya dengan oven tangkring. Tidak mungkin juga membersihkan oven tangkring setelah digunakan karena masih panas kan? hehe.

Cara Merawat Oven Tangkring Aluminium


Agar oven tangkring alumunium kesayangan dapat terjaga dan terawat dengan baik sehingga bisa digunakan dalam waktu lama kita perlu merawatnya dengan baik. Berikut cara merawat oven tangkring alumunium, yaitu :
  • Baca petunjuk membersihkan oven tangkring
  • Bersihkan sisa makanan dan kerak sisa pemanggangan di dalam oven minimal seminggu sekali
  • Gunakan bahan alami untuk membersihkan kerak
  • Gunakan produk pembersih oven
  • Bersihkan rak oven tangkring
  • Bersihkan bagian dalam oven tangkring
  • Bersihkan bagian luar oven
  • Hindari penggunaan pembersih mengandung asam anorganik

merawat oven tangkring aluminium
Cara merawat oven tangkring aluminium (sumber gambar Hock dan Canva)


Mom bisa melakukan tips di atas secara konsisten ya agar oven tangkring alumunium yang kita miliki bisa tetap berfungsi dengan baik, tidak macet, tidak kotor, tidak berkerak dan memanggang pastry dengan hasil memuaskan.

Cara Membersihkan Oven Tangkring Aluminium

Membersihkan oven tangkring alumuniuim sebetulnya tidaklah sulit namun harus segera dibersihkan setelah oven tangkring dingin dan tidak digunakan. Mom bisa menggunakan cara membersihkan oven tangkring alumunium berikut ini, yaitu : 

1. Jangan Bersihkan Oven Tangkring Aluminium dengan Asam anorganik


Jangan gunakan pembersih yang menggunakan asam anorganik seperti asam sulfat atau asam klorida. Mengapa? Karena aluminium merupakan logam yang relatif reaktif terhadap beberapa asam anorganik dimana jika aluminium terkena asam anorganik akan menghasilkan gas hidrogen dan membentuk senyawa-senyawa aluminium yang larut dalam air.

Senyawa - senyawa tersebut seperti aluminium klorida (AlCl3) atau aluminium sulfat (Al2(SO4)3) akan mengakibatkan terjadinya korosi pada permukaan oven tangkring aluminium.

Bagaimana dengan cuka? Dikutip dari Kompas, jauhkan produk pembersih berbahan dasar cuka dari panci aluminium karena kandungan asam yang tinggi akan menyebabkan aluminium terkikis, membuatnya rentan terhadap karat, dan menjadi tidak efektif. Namun kita dapat menggunakan cuka untuk membersihkan kerak yang terdapat pada oven tangkring yang dikombinasikan dengan bahan lain dengan kadar konsentrasi tidak terlalu pekat. 

2. Bersihkan Noda dan Kerak Menggunakan Pasta Baking Soda dan Air


Kita dapat menggunakan pasta soda kue dan air untuk membersihkan bagian luar dan dalam oven tangkring, rak dan juga kaca. Caranya adalah dengan mencampur  1/2 cangkir (90 gram) soda kue dan sekitar 3 sdm air untuk membentuk pasta. Oleskan pasta soda kue ke seluruh bagian oven tangkring yang akan dibersihkan kecuali elemen pemanas.

Mom juga bisa menggunakan larutan baking soda yang bisa di semprotkan ke seluruh bagian oven tangkring yang akan dibersihkan. Caranya adalah dengan menambahkan 2 sendok makan baking soda ke dalam botol semprot dan setengah gelas lalu semprot bagian yang akan dibersihkan dan diamkan selama 1 jam hingga kotoran, noda dan kerak terasa lebih lunak, lalu lap dengan kain yang sudah dibasahi air hangat.

3. Membersihkan Rak Oven Tangkring Dengan Sabun Cuci Piring dan Air Panas


Kerak dan jelaga bara api yang terdapat pada rak oven tangkring aluminium dapat dibersihkan dengan cara merendam rak oven kedalam larutan sabun cuci piring dan air panas lalu diamkan semalaman. Semua kotoran akan mudah dihilangkan setelah digosok sedikit di pagi hari.

4. Bersihkan oven tangkring dengan larutan cuka setelah menggunakan baking soda


Untuk memudahkan membersihkan noda dan kerak, kita bisa menggunakan pasta baking soda yang sudah dibuat sesuai resep di atas lalu oleskan ke seluruh bagian yang akan dibersihkan. Diamkan selama 12 jam.

Sambil menunggu, kita bisa membuat larutan cuka dengan cara campurkan ½ cangkir cuka putih dan 2 cangkir air hingga membentuk larutan cuka. Setelah 12 jam, semprotkan larutan cuka ke permukaan yang diolesi pasta baking soda lalu segera lap dengan kain yang dibasahi air hangat.

Baking soda yang digunakan boleh merek Butterfly dengan nama produk SODA KUE ya bukan baking powder. 

Cara ini cukup efektif membersihkan kerak pada oven tangkring karena dikutip dari situs parapuan.com, ketika larutan cuka dicampur dengan baking soda, asam asetat dari cuka akan memecah baking soda dan melepas gas karbon dioksida. Hal ini dapat mempermudah mengangkat noda dan kerak permukaan oven tangkring.

cara membersihkan oven tangkring
Cara membersihkan oven tangkring aluminium (Sumber gambar Shopee)

Kesimpulan


Itulah beberapa tips membersihkan oven tangkring dan juga merawat oven tangkring aluminium agar tidak cepat rusak dan dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Meski oven tangkring aluminium memang tahan karat namun bisa mengalami korosi yang cukup parah jika tidak dirawat apalagi dibersihkan. Mom bisa mencoba tips diatas agar oven tangkring alumunium kesayangan bisa terus digunakan untuk membuat puff pastry, croissant atau bolen pisang. 

Selain itu, oven tangkring aluminium yang bersih tentu akan menambah nilai estetik dapur kita bukan? Kegiatan membuat pastry pun akan lebih menyenangkan dan makin semangat ya, selamat mencoba.

Referensi :
https://www.allmetalsfab.com/does-aluminum-rust/
https://hock.id/blogs/news/3-tips-merawat-oven-aluminium-hock-agar-awet
https://www.sunlight.co.id/articles/tips/cara-membersihkan-oven-dengan-sunlight.html
https://sajiansedap.grid.id/read/103624043/cara-membersihkan-oven-tangkring-yang-berkerak-dan-kotor-sekali-usap-pakai-bahan-ini-langsung-kinclong?page=all
https://www.kawanlama.com/blog/tips/cara-membersihkan-aluminium
https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/03/111500976/hindari-5-benda-ini-tidak-boleh-dibersihkan-dengan-cuka-?page=all
https://www.maintenancechemical.com/2016/03/30/dapatkan-alumunium-berkarat-rust-bullet
https://www.parapuan.co/read/533340748/mengapa-cuka-dan-baking-soda-ampuh-bersihkan-noda-ini-alasannya?page=all#:~:text=Ketika%20cuka%20dicampur%20dengan%20baking,membersihkan%20noda%20ya%2C%20Kawan%20Puan.
https://id.wikihow.com/Membersihkan-Oven
https://ilmukomunikasi.uma.ac.id/2023/07/29/sejarah-terjadinya-korosi-dan-erosi/

Posting Komentar