Logo Komunitas BRT Network

Resep Thin Crust Pizza Oven Tangkring Mudah dan Enak

Resep Thin Crust Pizza Oven Tangkring




Halo Mom beb,
Hayo siapa disini yang suka banget pizza? Suka pizza varian apa? Eh seringnya makan pizza dimana? Bisa gak bikin homemade pizza menggunakan oven tangkring? Wah banyak amat pertanyaannya, hihihi.

Aku pribadi suka banget pizza terutama pizza hut dengan kulit yang tipis seperti Pizza melts. Nyobain pizza yang lain, balik lagi ke Pizza Hut! wkwk. Bahkan, aku jadi suka pastry gara-gara Pizza Hut juga sih. Udah tau kan ceritanya? hehe.

Bicara soal pizza, kalau lagi males keluar rumah apa lagi hujan enaknya sih bikin pizza sendiri ya.

Bisa gak ya bikin pizza sendiri pakai oven tangkring? Ofkors bisa! Aku udah nyobain dan cara bikin pizza pakai oven tangkring ini gampang banget. Rasa pizza oven tangkring juga enak kok, selama kita pakai bumbu dan bahan lain yang bagus. Mau tahu resep pizza oven tangkring yang enak, lembut tapi crunchy? Yuk baca selanjutnya.

Pizza Itu Apa?


“Pizza itu apa mah” Celoteh anak pertamaku ketika pertama kali mengajaknya makan pizza.
“ Pizza itu enak Ken, ada rasa keju, sosis , daging pake saos tomat terus ada cabe yang manisnya. Semuanya di taro di atas roti yang bentuknya bulat seperti bulan”
“ Ohh roti aneka rasa ya mah?” Jawabnya,
“ Yaaah …. iya deh iyaaa pizza itu roti aneka rasa, hehehe” Jawabku agak ragu,

Ternyata sulit ya menjelaskan tentang pizza kepada anak balita, hihihi. Aku juga penasaran sih, sebetulnya pizza itu makanan atau cemilan sih? Asalnya darimana dan bagaimana sejarah ditemukannya?

Jadi menurut Wikipedia pizza adalah hidangan gurih asal Italia berupa adonan roti berbentuk lingkaran dengan toping saus tomat, keju mozarella dan bahan makanan tambahan lainnya yang kemudian dipanggang.

pizza adalah
Definisi Pizza

Sementara itu, dikutip dari Altohartley menyatakan bahwa pizza pertama di dunia hadir di restoran di kota Naples, Italia pada tahun 1873. Lalu pada tahun 1889, seorang juru masak ternama Raffaele Esposito yang juga pemilik restoran di kota Naples membuat terobosan dalam membuat pizza berupa pizza yang dilengkapi dengan toping di atasnya dimana sebelumnya pizza pada masa itu dibuat sangat sederhana, tanpa topping.

Ternyata pizza sudah muncul sejak abad 18 dan masih bertahan hingga sekarang. Bahkan pizza saat ini memiliki banyak inovasi dan variasi. Tidak hanya soal inovasi dan variasi, tapi juga teknik memanggang yang awalnya menggunakan oven batu bata menjadi menggunakan oven modern mulai dari oven listrik, oven gas, oven deck bahkan oven tangkring dan teflon.

Namun banyak pemula yang masih ragu keenakan pizza yang dipanggang menggunakan oven tangkring, padahal pizza oven tangkring juga sama enaknya dengan pizza yang dipanggang menggunakan oven deck.

Mengenal Jenis Kulit Pizza


Mungkin selama ini kita hanya mengetahui pizza dengan bentuk bulat saja tanpa tahu bahwa pizza juga memiliki jenis berdasarkan adonan kulit pizza. Apa saja jenis adonan kulit pizza? Berikut jenis adonan kulit pizza yang dikutip dari akcrust.com yaitu :

1.  Thin Crust Pizza

thin crust pizza
Thinrust pizza varian new york style pizza (sumber Feeling Foodish)

Thin crust pizza adalah pizza dengan kulit tipis di bagian tengah dan renyah di bagian luar. Karena Thin crust pizza memiliki kulit pizza yang tipis dan ringan, maka kita tidak bisa memberikan topping yang banyak dan berat namun bisa membuat variasi thin crust pizza dengan resep thin crust pizza sebagai berikut :
  • Neapolitan Pizza
  • New York Style Pizza
  • St. Louis Pizza
  • California Pizza

2.  Thick Crust Pizza

Thick crust pizza
Thick crust pizza varian Detroit style pizza (sumber A Cozy Kitchen)


Thick Crust Pizza adalah pizza yang memiliki kulit dengan ketebalan minimal 1,27 cm. Dengan kulit pizza yang tebal, thickcrust pizza bisa dibuat dengan menggunakan saus cukup kental dan topping beraneka ragam dengan jumlah lebih banyak dari topping thin crust pizza.  Thick crust pizza memiliki varian resep berikut, yaitu :

  • Detroit Style Pizza
  • Chicago Style Pizza
  • Greek Pizza
  • Grandma Pizza

Penting bagi kita untuk mengetahui jenis adonan kulit pizza yang akan buat karena mempengaruhi bahan yang digunakan dan durasi pemanggangan.

Dikutip dari kompas, menurut Andrew Heyzer yang merupakan pemilik Giulia’s Chicago Pizzeria,menyatakan bahwa durasi memanggang pizza harus disesuaikan dengan jenis kulit pizza yang digunakan, apakah thin crust pizza atau deep dish pizza (Thick crust pizza).

Berapa lama memanggang pizza di oven tangkring? Thin crust pizza harus dipanggang menggunakan suhu yang tinggi sekitar 265-275 derajat celcius dengan durasi memanggang selama 10 menitan. Sedangkan thick crust pizza membutuhkan durasi pemanggangan selama 30 menit dengan suhu 225 derajat Celcius.

Mengapa Membuat Thin Crust Pizza Oven Tangkring?


Awalnya aku juga sangsi apakah bisa membuat pizza menggunakan oven tangkring. Terlebih aku belum pernah membuat pizza sama sekali yang bahkan menggunakan teflon yang paling sederhana saja juga belum pernah.

Tapi setelah mencoba membuat pizza oven tangkring, ternyata caranya sangat mudah dan hasilnya enak dengan sentuhan aroma khas pizza hut.

Aku memutuskan membuat thicn crust pizza karena akudan keluarga kurang menyukai pizza dengan roti yang tebal. Kami sekeluarga menyukai roti pizza yang tipis, renyah dan tidak terasa “meleg” atau seret di tenggorokan.

Yuk simak cara membuat pizza oven tangkring selanjutnya dengan resep mamajokaa alias resep sendiri. Untuk menggunakan merek dari setiap bahan boleh di subtitusi ya mom, tapi jika ingin hasilnya sama persis dengan pizza oven tangkring buatan mamajokaa yang ada aroma khas Pizza Hutnya, boleh disamakan saja ya mom.

Resep Pizza Oven Tangkring Renyah dan Enak


resep thin crust pizza

Bahan :

  1. 1 lembar Pastry Instan ukuran 30x30 cm
  2. 1 buah Bawang Bombay
  3. Secukupnya Saus tomat Delmonte
  4. Secukupnya Saus cabe delmonte (Jika suka pedas)
  5. 165 gram Keju Kraft Cheddar
  6. 3 buah sosis Kanzler (bisa diganti sosis bratwurst Kimbo atau So Good)
  7. Paprika (optional)
  8. Kertas roti seukuran loyang yang digunakan


Cara Membuat Thin crust pizza : 

  1. Siapkan oven tangkring dan panaskan selama 10 menit menggunakan oven dengan suhu 200 - 250 derajat celcius
  2. Siapkan loyang dan tutupi alas loyang dengan kertas roti
  3. Keluarkan adonan pastry instan dari freezer dan langsung potong 30x30cm lalu gilas hingga ketebalan sekitar 0,5 - 1 cm
  4. Potong bagi dua adonan pastry instan yang sudah di gilas sehingga masing-masing adonan yang sudah dipotong memiliki ukuran sekitar 15x15 cm
  5. Tusuk - tusuk permukaan atas adonan pastry instan menggunakan garpu
  6. Olesi adonan pastry instan dengan saus tomat Delmonte hingga tertutup rata
  7. Iris tipis bawang bombay dan taburkan ke atas adonan pastry
  8. Potong melingkar atau bulat sosis lalu taburkan ke seluruh adonan pastry
  9. Potong memanjang paprika ( bagian ini optional ya, kebetulan ana-anak gak suka paprika jadi saya gak pakai paprika di resep ini)
  10. Tutupi seluruh permukaan atas adonan dengan keju kraft cheddar yang sudah diparut
  11. Panggang pizza menggunakan oven tangkring di bagian rak tengah dengan suhu selama 10 menit pada suhu tinggi sekitar 265 derajat celcius
  12. Setelah thin crust pizza terlihat matang, keluarkan dari loyang dan pindahkan ke atas piring saji
  13. Thin crust pizza ala mamajokaa siap di santap bersama keluarga

thin crust pizza dipanggang menggunakan oven tangkring
thin crust pizza dipanggang menggunakan oven tangkring alumunium

thin crust pizza  oven tangkring
Thin crust pizza  oven tangkring ala mamajokaa, penampilannya kurang oke ya tapi soal rasa mantap dong!


Sebagai catatan penting, dikarenakan thin crust pizza merupakan pizza dengan hasil roti pizza yang tipis, usahakan jangan menggunakan toping terlalu banyak. Jika ingin menambah kornet atau lembaran ham, perhatikan jumlahnya dan sesuaikan gramasinya dengan jumlah 3 buah sosis pada resep ini.

Kesimpulan


Ternyata membuat thin crust pizza tidak sesulit yang dibayangkan bukan? Hanya dengan menggunakan adonan pastry instan kita bisa membuat pizza homemade di rumah.

Untuk jenis pastry instan, aku menggunakan merek Stella’s. Hasil pizza homemade buatan mamajokaa menggunakan Stella’s renyah dan gurih. Thin crust pizza yang dibuat pun memiliki aroma khas pizza hut, Menurut pendapatku, rahasia aroma ini terdapat pada penggunaan saus tomat Delmonte.

Aku kurang tahu apakah pizza hut menggunakan saus Delmonte juga atau tidak, tapi itulah aroma pizza hut yang aku rasakan ketika menikmati pizza homemade buatan sendiri.

Bagaimana dengan mom? Sudah pernah membuat pizza homemade? Bagaimana hasilnya? Yuk berbagi cerita di kolom komentar.

12 komentar

  1. BTW ini gak pake oregano ya? Wahh ternyata bisa bikin pizza pake adonan pastry instan ya jadi gak usah capek nguleni dough sendiri. Aku suka bikin sih terutama kalo habis idul adha wkwkkw tapi pizza yg kulitnya tebel.

    BalasHapus
  2. Saya suka pizza, Mbak. Mau kulitnya tebal atauj tipis, toping apa saja suka hahaha. Dan paling happy pas adik ipar saya traktir pizza hut limo yang satu meter. Dan ternyata tidak rumit buat pizza ya, Mbak. nanti dicoba nih, apalagi di rumah ada oven tangkring juga hehehe.

    BalasHapus
  3. Ternyata keberadaan Pizza udah lama juga ya mbak. Sejak abad 18 udah ada lho. Pantes sih kalau sampai sekarang nih makanan di kenal banget bahkan di luar negara asalnya, Italia. Pengen buat pizza juga biar bisa dimakan bareng-bareng di rumah hehe

    BalasHapus
  4. Saya lagi cari pizza yg gembul ky PH tapi jarang bgt .. hampir gak ada yg menarik hehe.. punya langganan tp udah tutup.. bagi resep yg pizza rotinya gembul dong kaak

    BalasHapus
  5. Wah iya, kita bisa bikin pizza dengan mudah
    Memanfaatkan pastry instan yang dijual dipasaran
    Pakai oven tangkring pun bisa ya

    BalasHapus
  6. daku juga bikin pizza pakai oven tangkring kak Eka.
    simple dan praktis, ya selain memang punya oven nya ya itu hehe.
    tapi dari resepnya ada yang beda nih, boleh ah pankapan nyobain resepnya kak Eka

    BalasHapus
  7. Iya sih. Satu-satunya pizza yang kunikmati ya itu. Cuma memang kayaknya kudu beralih ke pizza home made dah. Atau bikin sendiri saja. Kudu menyiapkan oven dan bahan-bahan dulu dah.

    BalasHapus
  8. Saya pernah lihat di drama Korea yang adegannya makan pizza tapi tipis. Saya sampe ngiler saking pengennya. Karena saya suka pizza, tapi gak suka roti. Jadi kalau lihat pizza yang tipis jadi berasa cocok gitu. Nah, kayaknya pizza di drama korea itu yang thin cust pizza.

    BalasHapus
  9. Kami sekeluarga suka banget pizza. Ternyata bikin pizza bisa pake oven tangkring yaaa. Aku juga suka thin crust pizza, kriuk bangettss. Eh bikinnya ternyata cukup mudah asalkan langsung dieksekusi haha. Bisa jadi alternatif menu takjil buka puasa nih mbaa. Makasih yaaa..

    BalasHapus
  10. Saya belum pernah buat pizza pakai adonan pastry. Ide bagus ini. Terima kasih resepnya, Mbak.

    BalasHapus
  11. Wah aku baru tahu mba kalo bisa bikin pizza bisa pake pastry instan. Soal penampilan udah oke kok mba menurutku. Bisa dicoba nih mumpung ibuk punya oven juga di rumah

    BalasHapus
  12. Whooaaa bisa nih dipake resepnya kak Eka buat anakku si penggemar Pizza sampe kalo udah malesss banget beli dan bikin yang "normal" yaudah pake roti tawar ajaa hahaha.

    BalasHapus