Pengalaman Seru Kelas Gratis BRT Network


mamajokaa ikut kelas gratis BRT network 2021
gambar : unsplash free images




Akhirnya mamajokaa berjodoh juga dengan kelas gratis BRT network. Berjodoh setelah hampir 1,5 tahun cuman bisa iri dan mupeng baca artikel temen-temen blogger yang ikut kelas gratis BRT Network. Hari-hari emak jadi terasa penting dan seru sekarang, karena terasa punya proyek, ngoprek dan banyak tugas nya mak! wkwkwk
Semua berawal dari seorang sahabat blogger di komunitas Blogging yang sharing formulir pendaftaran Kelas gratis BRT. Momentnya pas banget sih dengan mamajokaa yang baru lahir. Jadi mumpung blognya masih bayi jadi kenapa gak sekalian aja nih saya belajar SEO langsung dari master nya yang sudah terkenal sejagat raya per-blogging-an.
Tujuan utama bukan soal naikin angka DA, tapi gimana caranya bisa menulis artikel sesuai kaidah SEO dan artikel terindex google. karena pengalaman saya di blog artjoka.com masalah indexing udah jadi masalah lahir batin saya deh. Gak tau mesti diapain. Jadi, saya bersyukur sekali bisa ikutan kursus blogger SEO nih dan gratis, hehehe.

Kenalan Dulu Dong Dengan Kelas Gratis BRT Network


Tak kenal maka tak sayang, yuk capcus kenalan dulu. Sebagai warga twitterland yang taat, BRT network udah pasti saya follow dong. Seingat saya waktu itu sekitar tahun 2019 awal, BRT Network ngadain support blogger follow to follow untuk blogger yang baru muncul atau baru ikutan. saya termasuk salah satunya.
BRT Network sendiri merupakan singkatan dari Blogger Ruang Tunggu yang kemudian menjadi wadah untuk belajar dan berbagi ilmu kepada blogger. Bukan hanya terkait menyoal pembelajaran, BRT Network juga sering memberi support berbagi cuan lewat beberapa job pada blogger. 
Kelas gratis BRT Network menjadi salah satu program yang nampaknya rutin diadakan oleh  BRT Network. Sebuah kelas belajar SEO dengan gratis untuk blogger tanpa syarat. Baik itu blogger lama atau baru, baik blogger dengan DA tinggi ataupun rendah. Saya sebagai blogger dengan traffic acak adut dan indexing selalu bermasalah, adanya kursus ini seperti pintu ajaib doraemon.

Siapa aja sih Mentor Kelas Gratis BRT Network


Mentor di kelas SEO dari BRT network ini adalah master-nya SEO bagi saya yang sudah terkenal dan lama malang melintang menjadi blogger. Ada siapa saja gerangan?

  1. Kak Pewe
  2. Kak Priyo
  3. Kak Monica Anggen
  4. Kak Gilang Gemaulani
  5. Kak Marita Ningtyas
  6. Kan Zen

Dari semua mentor beberapa sudah saya kenal di komunitas dan memang terkenal senior dan aktif sharing kursus blogging kepada blogger tanpa syarat dan gratis. Saya rasa kursus blogging seperti Kelas gratis BRT network ini merupakan bentuk perhatian dan dukungan kepada para blogger. Terasa sekali kepedulian dan semangat saling membantu disini.
Siapakah mentor favorit saya? Boleh gak sih ya kalau saya bilang semua saya suka? tapi itu benar. Semua mentor di kelas gratis BRT network menjadi mentor kesayangan saya dan banyak membantu progress belajar saya mengenai SEO. Semua mentor berperan satu sama lain saling mendukung blogger yang loadingnya lama seperti saya.
Kak Monica yang galak ( ehemm, minta gelas plus tanda tangan nanti ya kak, hehe ) jelas bikin saya merasa harus disiplin dan gak main - main di kelas ini, gak sekadar nongol, baca chat lalu ngilang gitu aja. Gak serius ya di kick.
Kak Priyo dan Pewe yang sangat teknikal menyoal membahas dan membantu kasus dari teman - teman blogger. Begitu pula kak Zen, Marita dan Gilang.

Peserta dan Sistem Belajar Kelas Gratis BRT Network


Peserta Kelas Gratis BRT Network


Peserta kelas gratis BRT Network yang sekarang ada 79 orang sudah termasuk admin dan mentor juga sudah hasil eliminasi babak 1 dan 2. Yess, kursus SEO ini ada sistem eliminasi dan kick.
Dari 79 peserta kursus SEO gratis ini sebagian ternyata saya udah kenal bahkan satu grup di komunitas lain tanpa saya “ngeh” karena tidak save nomor whatsappnya. agak lucu juga sih, hehehe. Peserta juga dibagi kedalam beberapa kelompok dan saya termasuk kelompok F dengan 7 orang anggota blogger.


Kelompok tujuh kelas SEO  BRT network
ilustrasi oleh mamajokaa




Sistem Belajar Kelas Gratis BRT Network


Jangan pernah membayangkan ini kursus SEO udah mah gratis terus belajar enak gitu, tinggal stand by di grup dan G-meet lalu nulis - nulis materi. Oh tidak Marisol!!! Ini kelas SEO yang sistemnya belajar sendiri.
Semua berawal dari masang extensi chrome Meta Seo Inspector dan taraaa….ketahuan deh blog saya acak-adut dalemannya. Awalnya saya kira, ini gak terlalu penting loh masih bisa diakali dengan cara A dan begitu seterusnya. 
Tapi kita bicara bahasa google kan? ya udah ikutin aja aturan google kalau mau di index google. Kecuali itu browser punya bapak emak kita, bebas- bebas aja, hehehe.
Nah, hasil Meta SEO ini terus jadi tugas gimana caranya hasilnya jadi oke-oke-oke. Kalau gak lolos di tugas 1-3 sampai deadline, udah kick!! bye!! Hiks. Untungnya saya bisa dan kuat-kuatin ngerjain tugas meski kepala cenat-cenut dan sakit perut karena tegang.
Ada materi tentunya dong, ini dibagiin mentor di grup. Tapi di google meet, kita bahas kasus langsung dan gak kaya webinar yang pemateri kasih materi terus kita nyimak sambil makan keripik atau seruput kopi. Kita ikutan pusing juga sambil buka laptop, praktek langsung di blog kita. kerutan nambah dah. ini gimana ya, itu gimana ya? aduh ketinggalan deh, hahahaha. Abis ini langsung pengen facial deh, wkwkwk
Selain belajar mandiri, kelas SEO ini juga ada aturan yang gak bisa di ganggu gugat. Yaitu tidak ada japri-japrian mentor selama kelas berlangsung. Ketauan japri langsung kick. Maksudnya sih tentu untuk kemaslahatan bersama ya, semua kasus di pecahkan dan dicaro solusinya bersama - sama di grup. 

Kesan Terdalam Di Kelas Gratis BRT Network


Kesan saya di kelas SEO ini dalem banget. Karena, jujur terasa berat banget buat saya. Bukan soal kak mon yang galak ya, hehehe. Tapi karena saya harus merelakan ganti template dan pilih template yang datar, gak cantik, serius dan gak gue banget!!!
Apalagi saya kan maniak banner dan suka gonta ganti banner apalagi sidejob saya kan tukang bikin ilustrasi banner. Jadi gimana ceritanya blog sendiri gak pake banner? wkwkwk
Tapi demi bisa di index mbah gugel, ya sudahlah saya terpaksa ikhlas dulu aja deh. Dan seneng banget sih begitu bagian common and open graph gak merah-merah lagi, rasa sedihnya terbayar dong.


pasang META SEO Inspector untuk tugas kelas SEO






Saya juga suka ngulik-ngulik meski kepala cenat-cenut dan ada masa nya saya mentok gak tau nih harus diapain yang error dan ada masanya pengen nyerah dan pasrah. Tapi tetep lanjut dong. 
Selain soal template dan banner, saya juga ngerasa "kegilaan" saya  drakor favorite dan  nonton konser BTS Online terkikis, karena toh masih bisa saya tonton nanti dan gak ilang juga episodenya. Ah gak sebanding juga sih dengan kelas seo ini, hehe. Mending ikut kelas SEO lah.
Terus, saya agak khawatir nih kesehatan ngedrop. Karena saya kan ceritanya masih dalam masa pemulihan pasca operasi, itu yang namanya selang cairan empedu masih setia nempel di perut. Bikin gak nyaman dan gak enak tidur. Terus sekarang dengan beraninya saya ikutan kelas yang intens dan ketat! gimana ceritanya sih mak???
Yakin bisa ikut gak nih? sanggup gak? bisa gak nih ngikutin kelas ini sampai akhir? sanggup gak dengan kondisi badan masih 70%? siap ngerjain tugas dan ngoprek? sementara saya bertekad gak mau lagi terlalu “kerja keras” setelah sakit kemarin.
Tapi ternyata, meski bertekad begitu, blogging udah jadi belahan jiwa saya. Gak bisa ditinggal gitu aja. Justru, kalau saya gak aktif dan ngoprek blog bisa gila saya karena stress soal pemulihan yang lambreta ini alias lama. 
Jadi, meski kelas SEO ini berkesan creepy alias menyeramkan bagi saya tapi saya enjoy dan jadi pengalaman yang seru. Juga materinya gak kentang apalagi kaleng-kaleng. Daging semua. Jadi, saya tinggalkan kesan creepy dan siapkan mental dimarahi mentor kalo bertanya ulang soal topik yang sama dan diancam dapet gelas. Mau deh gelasnya, hehehe

Apa Kata Mereka Tentang Kelas Gratis BRT Network

Kak Hanat


Menurut pengakuan satu kelompok saya nih, kak Hanat Futuh Nihayah, ia merasa happy dengan kursus SEO gratis dari BRT network ini. Blogger dari Banyumas Jawa Tengah ini ternyata udah ngeblog sejak tahun 2013 dan mulai aktif total tahun 2018, beli domain, pasang adsense dan terima job CP. 
Semangat Kak Hanat ingin upgrade ilmu supaya bisa belajar seluk-beluk blog besar sekali lho. Selain itu menurut kak Hanat mentornya juga komunikatif dan informatif, selalu fast respon kalau ada kebingungan yang dirasakan oleh para peserta kelas. Meski kelas gratis tapi ada aturannya.
Kesulitan Kak Hanat hanya satu, typical emak-emak sih sama dengan saya, yaitu soal membagi waktu, Ini peer kita semua ya Bu. Sama juga nih dengan Confession nya kak Iiid teman blogger satu kelompok juga dengan saya. Soal membagi waktu antara kerja, domestik, anak dan belajar SEO.

Kak Iid


Kak Iid atau Hydriani adalah blogger asal Medan Sumatera Utara dan tahun 2018 mulai serius aktif ngeblog dan buat TLD pada waktu itu. Samaan ya kita bertiga nih, mulai aktifnya tahun 2018. Kak Iid sangat terkesan dengan kelas SEO Blogger BRT network yang gratis ini karena bisa menambah ilmu seputar blog (seo, kode html dll ) agar bisa diterapkan langsung dalam profesi ngeblog. Couch Marita dan Mas priyo adalah couch yang paling berkesan untuk kak Iid.

Kesimpulan, Mau Ikutan Kelas Gratis BRT Network Gak?


Gimana nih sahabat mamajokaa? setelah baca tulisan emak kali ini berminat ikut gak kalo ada lagi next session? ikutan lah. Jangan banyak mikir atau takut karena ke-creepy-an yang saya ceritain. Percayalah, sangat baik untuk kesehatan blog kita dan juga diri kita sendiri. Melatih mental juga jadi punya banyak teman dan jadi orang yang gak people pleasure juga.
Maksudnya? karena ini sistem mandiri dan kita semua berkorban banyak untuk kelas SEO ini, jadi kalo ada yang males-males, leyeh-leyeh dan gak fokus ya mau gak mau kita harus tegas menegur dan wapri berkali-kali sampai gak ada respon ya minta mentor solusinya gimana.
Bukan hanya itu, ini perkara kelangsungan hidup blog kita, masa iya mau artikel gak ke index terus? trafik segitu aja? bingung ngubek GSC dan GA, optimasi artikelnya gimana? Ngaku Bingung tapi gak ada aksi sama aja bohong kan?
Pokonya beneran deh, setelah ikutan Kelas Gratis BRT ini hari-hari emak terasa penting karena banyak tugas, kasus yang ingin dipecahkan dan bikin penasaran dan ilmu yang bakal di kasih mentor di setiap chat di grup.  
Semoga sahabat mamajokaa berjodoh di kelas gratis BRT Network selanjutnya ya, Dan semoga kami kelompok F juga lulus semua dan bisa ikutan lagi next session (*eh) wkwkwkwk.
Share pengalaman sahabat mamajokaa dong tentang belajar SEO baik secara mandiri maupun kursus atau kelas khusus kaya gimana. Di kolom komentar yaa.

60 komentar:

  1. Sebenernya pengen mbaaaa, tapi kayaknya masih bentrok Ama kerjaan πŸ˜…. Yg ada aku yakin malah dikick paling pertama secara udah ga fokus di awal 🀭.

    Ngerti banget, SEO dkk nya ini bukan hal gampang. Perlu belajar , praktek dan jam terbang 😊. Makanya aku ga pengen asal juga kalo mutusin utk ikut. Aku harus pastiin dulu waktuku bener2 free supaya fokus kesana. :)

    BalasHapus
  2. Asyiiikk. Semoga bertahan sampai akhir yaaa kak ekaa

    BalasHapus
  3. Uhuk domain baru uhuk 🀭 Alhamdulillah ya Mak ikutan kelas BRT Network gratis di tengah kesibukan Mbak Eka dan masih pemulihan. Salut sama semangat belajarnya. Semoga lulus dan lanjut trus ya 😘😘

    BalasHapus
  4. Ketinggalan pelajaran deh Tom mak. Kayaknya gara-gara nomor saya hilang itu kali, pakai nomor sementara jadi tidak dapat informasinya. Next ajakin Tom mak yaa. Jangan lupa! Tom ada dimana-mana kok. Wkwk

    Keren, selalu keren tulisan emak. Hehehe

    Terbaik. :)

    BalasHapus
  5. ciyeee..
    artjoka beranak akhirnya wkwk..

    aku juga puengen banget aslinya ikut Kelas BRT lagi, tapi akhir tahun ini suibuk bangett. sayang sekali aku tidak bisa menjadikannya prioritas untuk saat ini.

    Mudah-mudahan kelas berjalan lancar, berhasil sampai akhir, dan berkah ya, Teh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ndak tahu dulu kenapa manggilnya emak kak. Tapi seru juga kok beda dari yang lain panggilannya. Wkwk

      Yang prioritas kadang kalah sama yang selalu ada untukmu kak. Wkwk Kehaluan dimulai.

      Hapus
  6. Omaigat jadi kangen join kelas blogging tapi masih bentrok sama sekolah apalagi udh kelas 12 auto vakum dulu wkwkwkwk. Jadi kangen pengen join kelas blogging. Sukses terus mamajoka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama. Saya juga kangen join kelas blogging kayak gini. Dulu pernah ikut yang diadain sama brt juga, emang asyik sihh

      Hapus
  7. Keren teh eka, semangat yaa... pengen ikutan kelas-kelas kaya gini, tapi kondisi lagi gak memungkinkan... keep sharing ya teh :)

    BalasHapus
  8. Rameeee dan seruuu bacanya, apalagi ikutan langsung. Qadarullah blm berjodoh ikutan klsny di tahun ini. Semoga berjodoh di tahun depan. Info2 ya kaka klo nnt BRT adain kelas lagi 😍😍

    BalasHapus
  9. Pernah nyobain Meta Seo Inspector, dan hasilnya memang bikin kaget .. ternyata amburadul banget blog aku. Tapi ya gitu lah aku... , tahu amburadul itu satu hal. Meluangkan waktu belajar buat mbenerinnya itu hal lain yang sering ngga (di)sempat(kan). Ahahaha.

    BalasHapus
  10. Wuaaaah pingiiin kayanya menarik nih , tapi waktunya masih padet kerjaan abdi anak huhuhu, semoga tahun depan bisa fokus lagi ah...

    Makasih info nya🀩

    BalasHapus
  11. Keren ih mba Eka ikut kelas BRT. Pasti banyak ilmu yg didapat. Semangat ya mba.. belajar SEO emang harus disiplin dan antusias

    BalasHapus
  12. Semoga bertahan sampai akhir teh Eka...aku mau dong ikutnya, jadi pengen semoga next bisa ikutan aamiin

    BalasHapus
  13. Aduuh, semangatnya teh Eka mengalahkan semangatku, haha..
    Kalo aku jujur sih udah nyerah duluan, emang dasar males, wkwk..

    Semangat terus teh Eka, jaga kesehatan juga yaa *kiss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih, kangen nih sama kak ini siapa namanya? Aduh lupa. Kelamaan ga kontak-kontakan sih. Wkwk

      Hapus
    2. Woy! Kangen tapi lupa nama, cemana sih. Wkwk..

      Kamu nggak ikut kelasnya kemaren?

      Hapus
    3. Sekarang ingat woi. Kak Risky. Lupa lagi pake S apa Z. Seingat aku sih pake S yaa kak? Ga ikutan saya girl, dapat informasinya terlambat. Wkwk

      Hapus
  14. Uhuuuuy akhirnya akhir tahun 2021 bisa ikutan yaa.. Semoga ga sampe di kick dan lulus sampai akhir ya teh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. Teh Eka mah seterong. Pasti bisa nih sampai lulus, hehe..

      Hapus
  15. wahhhh, mau dong ikutan kelasnya kak,
    bermanfaat banget, apalagi juga gratis.

    BalasHapus
  16. Saya yang cuma mikirin asal bisa nulis di blog, harus ikutan BRT season depan kali ya mbak Eka. Dulu sering sih belajar per-SEO-an, tapi gak ada mentornya.
    Kayaknya asyik juga ada eliminasinya segala. Udah kayak kompetisi aja. πŸ˜…
    Asli sih ini, tahun depan wajib ikutan.

    BalasHapus
  17. Bener" bikin iri semangatnya mama satu ini bisa keep produktif meski banyak terpaan. Tulisannya renyah bikin penasaran lebih dalem ttg kelas BRT. Semoga next session bisa ngintip kelasnyaπŸ˜„

    BalasHapus
  18. Aku jadi pengen ikutan juga deh teh kelasnya seru nih kayaknya menantang hahaha

    BalasHapus
  19. Seru banget ikutan kelasnya sayang kegiatan off line udah mulai lagi jadi agak tersendat sama rutinitas yang kembali normal semoga akan ada kesempatan buka kelas lagi agar bisa ikutan

    BalasHapus
  20. Aku kok baru nyadar yaaa...artjoka punya adik, mamajokaa. Keren banget dirimu. Semangaat lulus ya di kelas BRT. Aku baca artikelnya jadi ikut belajar deh...

    BalasHapus
  21. Aku pernah ikut kelasnya mas Pewe dan BRT Juga. Wowwww amazing pokoknya hahaha, kerja keras pokoknya. Aku utak Atik sampe malem demi blog

    BalasHapus
  22. Pasti akan sangat menyenangkan ya Mbak bisa mengikuti kelas yang banyak manfaatnya. Sukses selalu, Kak.

    BalasHapus
  23. wah, seru juga ya Kelas Gratis BRT Network. Jd banyam dapat ilmu dan Bisa memotivasi kita untuk jadi blogger yg lebih baik

    BalasHapus
  24. belum pernah belajar khusus dan intens tentang SEO. pengen banget belajar tentang SEO bersama BRT network. apalagi bisa gratis, he he

    BalasHapus
  25. barokallah ya mbak, harus dimanfaatkan bener-bener kelasnya gratis pula
    aku gak pernah ikutan, semoga ada rejeki ikutan aamiin

    BalasHapus
  26. Saya dulu sempat ikutan postingan BRT yang viral itu. Keren yaa support blogger follow to follownya.

    Mentornya juga keren-keren. Beberapa saya kenal, kayak Mba Monica, Mba Ge, Mba Marita, dan Mba Zen. Ah semua rata-rata udah tahu. Jago mereka.

    BalasHapus
  27. Aih saya jadi makin pengen ikutan kelas kek gini lho kk. Gimana caranya?

    BalasHapus
  28. Ini tuh beneran seru memang kak wkwkwk aku ikutan tahun lalu dan kalau diibaratkan daging, BRT itu wagyunya hahaha. Premium! Sukses terus kak!

    BalasHapus
  29. Kelas gratis BRT ini jangan sampe disia2kan ya kak karena ilmunya daging banget, dan semoga lulus sampe akhir kelaa ya. Semangat

    BalasHapus
  30. Caranya ikutan gimana mba? beberapa artikelku belakangan ini juga jadi susah terindex, padahal dulu lancar-lancar aja. entah kenapa. Mua banget ikut kelasnya.

    BalasHapus
  31. Semangatt, Mbak. Aku udah ikut bulan Juni lalu dan sukses hampir pingsan. *untung gak jadi pingsan, hehehee...

    BalasHapus
  32. Asik bisa dapet ilmu tambahan ya kak. Jadi makin maknyus belajar SEOnya. Biar mudah keindex juga tulisan kita. Soalnya belakangan ini, peluang langsung diindex kaya semakin menyempit wkwkwkwk atau emang karena blogku aja nih yang masih harus dioprakoprek. Aku jadi pengen belajar juga di brt

    BalasHapus
  33. Ooh ini blog baru ya kak hehe
    Aku tuh waktu liat ada blog mamajoka keingetnya kak eka yang punya artjoka.

    BalasHapus
  34. Semoga next aku bisa ikutaan, biar tulisan sama blognya nambah bagus lagi dari yang sekarang hehe

    BalasHapus
  35. Banyak banget ilmu yang didapat ya mbak selama ikut kelas BRT network ini. Apalagi tentang coding html

    BalasHapus
  36. Terima kasih sharingnya mbak. Saya dapet ilmu baru dan tools baru, yakni Meta
    SEO Inspector. Saya akan install di chrome

    BalasHapus
  37. Sebenarnya pengin banget nih ikutan kelas-kelasnya. Tapi situasi sedang gak memungkinkan. Daripada ntar dikira gak serius. Selamat ya, Kak. Bisa bertahan gak di-kick. Selamat belajar.

    BalasHapus
  38. Whoaaa, kak Eka blog baru langsung ngegas ikutan kelas ke BRT, bakal jadi blogger banyak cuan nih di 2022 kayaknya. Semangat yaaa, suka banget sama blogger yang terus upgrade diri

    BalasHapus
  39. Byuh untung saya bukan tipe yang japri mentor kalau ada apa-apa.
    Baca ini saya jadi paham kenapa belajar SEO harus dipaksa. Dan entah saya sanggup atau tidak. Hihihi

    BalasHapus
  40. Eits.. kenapa di gambar pertama masih nomor dua, kak? setelah belajar di kelas SEO, pasti sudah mendekati nomor satu dong, ya! :)

    Aduuuh.. ada mas Priyo lagi, daging semua ilmunya, kak.. jadi kesengsem kepingin ikutan juga. Semoga kedepan bisa kebagian ikut kelas di BRT Network ini, ah.

    BalasHapus
  41. Aq bener2 salut sama yang komit dan bisa menyelesaikan tugas di kelas SEO gratis dari BRT. Aku mungkin bisanya ikut kalau ada yg offline nya aja. Hahha. Mental langsung mental soalnya anak2 masih piyik2. Pasti manajemen waktu juga problem nya

    BalasHapus
  42. Kelas apapun pasti menantang ya mbak kalau ilmu yang didapat benar benar belum kita kuasai. Semangat mama Jokaa ikut kelasnya

    BalasHapus
  43. Kalau ikut kelas BRT ini ya emang berat tugasnya ya mba, aku pernah ikut juga pas awal2 ngeblog dan pas skrg mau ikutan lagi tapi gak pas sama waktunya.. Alhasil aku bisa membaca2 lagi dri orang yg ikutan kelas ini, yeayyy

    BalasHapus
  44. huwaaa iya yaa tampilan blog ini jadi clean banget heuuu, semangat mba biar cepet tembus google rank sama naikin DA PA yaaa.

    BalasHapus
  45. Banyak banget emang ilmu yang didapat setelah ikut kelas BRT ya kak. Sayangnya aq gak bisa ikut sampai akhir huhu

    BalasHapus
  46. Belajar di BRT itu memang menyenangkan. Jadinya kudu menyimak selalu ya, kalau gak bisa kelewat jauh banget. SemangatCiee selalu kak belajarnya

    BalasHapus
  47. Asiknya Kak bisa ikutan kelas BRT, semoga semakin sukses ya Kak dengan bloggingnya.

    BalasHapus
  48. Halooo mbak.. waaah alhamdulillah yaa setelah penantian cukup lama, akhirnya bisa ikutan kelas nya juga. Hehehe.
    Dari review mba Eka, ini nampaknya menarik ya kelasnya. Bisa belajar SEO segala macam, gratis pulaaak! πŸ˜πŸ‘

    BalasHapus
  49. Saya belum berani daftar kelas BRT karena masih sibuk kerjaan di dunia nyata, takut tereliminasi di awal, hiks

    BalasHapus
  50. Seru bnget kelasnya ya kak. Selain melatih mental juga jadi punya banyak teman dan jadi orang yang gak people pleasure juga

    BalasHapus
  51. Kelas yang keren untuk para bloger dan bisa upgrade ilmu. Saya belum sempet nih ikutan kelasnya.

    BalasHapus
  52. Wah pasti seru banget nih kak, dapat ilmu baru yang bisa diterapkan hehhehe

    BalasHapus
  53. Senengnya ada kelas yang kaya akan ilmu kayak gini, tersedia secara gratis. Jadi mau ikut juga deh.

    BalasHapus
  54. Menarik banget, seneng kalau ikutan kelas gini selain dapat ilmu juga dapat relasii. Semoga bisa buka pendaftaran lagi biar bisa join hehe

    BalasHapus