Tips Menghilangkan Jerawat Pasir Membandel

personal care online untuk jerawat pasir





Meski aku udah gak semuda dulu lagi, tapi permasalahan kulit wajahku sama saja dengan ketika aku masih usia 20-an atau 30-an awal. Apalagi kalau bukan perkara jerawat membandel.

Terlihat enteng memang urusan jerawat ini, tapi kalau si jerawat stay terlalu lama agak menganggu juga. Terutama menganggu kepercayaan diri. Lantas apa sih jerawat itu dan gimana cara menghilangkan jerawat pasir membandel? yuk baca selanjutnya.

Mengenal Jerawat Pasir


Dilasir dari Wikipedia, jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Biasanya jerawat muncul akibat :

  • Produksi minyak berlebihan
  • Kurang mengkonsumsi air putih
  • Terdapat Sel-sel kulit mati
  • Terdapat Bakteri
  • Menggunakan Kosmetik kurang tepat
  • Mengkonsumsi Obat-obatan tertentu
  • Stress berlebih

Tahu gak Moms kalo jerawat itu ada banyak jenisnya? ternyata terdapat tujuh jenis jerawat, yaitu :
  • Komedo Putih (whitehaeds)
  • Komedo Hitam ( Blackheads)
  • Papula
  • Pustula
  • Nodul
  • Jerawat batu (kistik)
  • Jerawat pasir.

Nah, jerawat yang aku alami ini adalah jerawat pasir. Jerawat pasir adalah jenis jerawat yang memiliki ukuran kecil dan jumlahnya banyak. Aku agak bingung juga kenapa bisa sampai mengalami jerawat pasir. Setelah aku cari tahu, ternyata jerawat pasir ini termasuk jerawat yang terbentuk dari komedo putih ( whiteheads) dan memiliki bentuk menyerupai biang keringat (papula). 

Iya sih emang jerawat pasir di kulit wajahku berkelompok gitu dan ada seperti mata putih di tengahnya. Terkadang di jerawat ini terasa perih dan sedikit gatal. Aku menyadari sih kalau jerawat pasir di kulit wajahku ini muncul karena kulit wajahku yang agak berminyak terutama di bagian pipi. Selain itu aku juga sering mengkonsumsi makanan berlemak terutama gorengan, minuman berkadar gula tinggi, kurang tidur, sering lupa membersihkan wajah setelah beraktivitas dan sebelum tidur.

Tips Menghilangkan Jerawat Pasir Membandel


Lantas apakah jerawat pasir di kulit wajahku masih ada? sudah hilang beberapa dan aku masih melakukan threathment sendiri dirumah. Berikut cara menghilangkan jerawat pasir secara alami yang aku lakukan dirumah :

1. Rajin mencuci wajah.

Mencuci wajah termasuk cara yang wajib dilakukan agar jerawat pasir tidak kembali muncul. Jika wajah tidak dibersihkan setelah beraktivitas atau sebelum tidur, maka pori-pori wajah akan penuh dengan kotoran dan minyak. Hal ini akan menyebabkan jerawat pasir kembali muncul dan meradang. Gunakan pembersih wajah non alkohol ya agar aman untuk kulit wajah berjerawat pasir.

2. Tidak memencet jerawat pasir

Jerawat pasir terkadang menimbulkan gatal dan sedikit perih pada kulit wajah. Meski demikian jangan menyentuh apalagi memencet jerawat pasir. Hal ini akan menyebabkan jerawat pasir terus mengalami peradangan.

3. Mengompres area kulit wajah yang berjerawat Pasir

Sebelum tidur dan setelah mencuci wajah, lakukan kompres wajah dengan air hangat untuk menutup pori-pori wajah.

4. Menggunakan Masker

Masker wajah memilki banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah terutama untuk wajah dengan jerawat pasir. Dengan menggunakan masker maka kulit wajah akan mendapat nutrisi, vitamin, mengencangkan kulit wajah, Eksfoliasi Kulit, mencerahkan kulit wajah dan mengatasi permasalahan kulit wajah.

Terdapat beberapa jenis masker wajah alami yang dapat kita gunakan untuk mengatasi pemasalahan kulit wajah berjerawat pasir, diantaranya adalah :

  • Masker air beras dan yoghurt
  • Masker madu dan kentang
  • Masker pepaya dan jeruk nipis
  • Masker Putih telur
  • Masker Tomat
  • Masker Bawang Putih
  • Masker Lidah Buaya

Kita menggunakan masker dengan bahan - bahan alami di atas seminggu 3x dengan bahan yang berbeda. Lakukan secara rutin dan konsisten agar kulit wajah berjerawat pasir berangsur pulih.

5. Mengonsumsi Kulit Melinjo

Kita bisa mengkonsumsi kuilit melinjo untuk mengatasi jerawat pasir yang membandel. Kulit melinjo memiliki kandungan vitamin C, zat besdan protein yang cukup tinggi untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Selain itu, kulit melinjo juga mengandung zat flavonoid dan saponin yang bersifat anti bakteri sehingga cukup efektif dalam mengatasi infeksi bakteri pada kulit wajah yang berjerawat pasir.

Kita bisa mengkonsumsi kulit wajah dengan cara memasak kulit melinjo dengan cara ditumis dengan bumbu dasar, salam, sereh, asam jawa dan cabe hijau agar lebih sedap.

6. Menggunakan obat jerawat

Menggunakan obat jerawat adalah cara menghilangkan jerawat pasir membandel yang terakhir yang aku lakukan. Pengobatan secara topikal pada kulit waja berjewarat pasir memang perlu dilakukan. Gunakan obat jerawat dengan kandungan Benzoil peroksida, Asam salisilat, sulfur, Kombinasi sulfur dan resorsinol.


6. Mengunjungi Personal Care Online

Jika semua cara menghilangkan jerawat pasir secara alami di atas kurang ampuh menghilangkan jerawat pasir, sebaiknya segera mengunjungi Personal Care Online untuk mendapat perawatan yang tepat. Karena memang jerawat pasir termasuk jenis jerawat yang agak sulit disembuhkan.

Pilih Personal Care Online yang memiliki obat serta produk yang sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Food and Drug Administration (FDA). Serta pilihlah Personal Care Online yang memiliki tim dokter, suster dan apoteker yang akan mendampingi kita untuk memformulasi paket skincare yang tepat. 

Aku rekomendasiin Diri Care sebagai personal Care Online yang tepat. Mengapa? karena perawatan di Diri Online Clinic menggunakan kandungan yang 100% medical grade untuk mempercepat pemulihan acne. Seperti Derivat vitamin A, Benzoil peroksida, BHA / Acid Salicyl, Sulfur, Azelaic acid, Anti bakteri, dan AHA dengan kadar yang disesuaikan untuk kondisi dan penyebab jerawat kita. 

Selain itu, Dokter di personal care online Diri Care juga akan mendampingi kita untuk memformulasi paket skincare yang tepat sesuai dengan permasalah kulit wajah terutama permasalahan jerawat pasir.

tips menghilangkan jerawat pasir membandel
tips menghilangkan jerawat pasir membandel


Kesimpulan


Jerawat pasir bisa sangat mengganggu penampilan, rasa tidak nyaman dan tidak percaya diri. Kita bisa melakukan beberapa cara menghilangkan jerawat pasir membandel dengan langkah-langkah yang sudah aku sebutkan diatas. Jika kelihan jerawat pasir masih terasa, jangan menunggu lama untuk berkonsultasi dan mengunjungi Personal Care Online secepatnya ya. Agar jerawat pasir di kulit wajah sembuh dan kita dapat tampil cantik dan percaya diri kembali.


13 komentar:

  1. aku suka ada jerawat gini kadang kalau lagi mau haid, atau kalau lagi capek banget dan akhirnya bersihin wajah jadi gak maksimal. Iya sih bener, aku biasanya maskeran aja buat ngilanginnya

    BalasHapus
  2. Ooo ternyata biar si jerawat itu nggak makin memerah perlu dikompres ya, Kak Eka. Beneran deh pas si jerawat muncul, rasanya tuh beneran bisa bikin level PD turun huhuhu. Kurang minum juga bisa bikin jerawat cilukba di muka kita ya. O ow.

    BalasHapus
  3. baru tahu ternyata jerawat ada berbagai macamnya yaa dan tentu saja perawatan juga harus disesuaikan dengan jenis jerawat yaa. makasih infonya kak, bermanfaat sekali

    BalasHapus
  4. Aku baru tau kalau ada jerawat pasir juga, selama ini cuma tahu jerawat batu dan jerawat yg pada umumnya. Ternyata komedo bisa menyebabkan jerawat ya kalau tidak dibersihkan

    BalasHapus
  5. Duh ini aku banget mbaa :(( jerawatann tapi alhamdulillah skrg sih sudah berkurang sambil pelan2 ngilangin kebiasaan makan makanan yang ngga sehat hehe.. banyak minum air putih dan rajin bersihin muka

    BalasHapus
  6. Jerawat meradang, tuh, bikin enggak nyaman bangettt. Aku pernah merasaknnyaa. Meluncur ke personal care online aah.

    BalasHapus
  7. Dulu waktu remaja saya sering jerawatan. Sekarang udah berumur malah engga ada jerawat. Mungkin hormon juga udah berkurang kayaknya ya mbak

    BalasHapus
  8. Jerawat batu itu yg kayaknya sakit banget, jerawatnya besar2. Penangannan yg salah bisa2, wajah jadi rusak, bopeng, dan merambat

    BalasHapus
  9. Duh, aku emang paling gatel buat mencetin jerawat pasir. Terus malah membekas. Dan bikin bete.

    Memang kayaknya nggak perlu dipencetin ya..

    BalasHapus
  10. Kalo aku waktu umur 20an itu malah sering jerawat batu, wkwk.. apalagi pas mau M, hadeh.. bikin KZL. Tapi kalo jerawat pasir, termasuk ga pernah sih, hihi..

    BalasHapus
  11. Memencet jerawat ini justru sering saya lakukan. Gemes gemes jengkel gitu sih hehehe ... Ternyata itu bisa fatal ya

    BalasHapus
  12. Saya baru tahu kalau ternyata komeda termasuk keluarga jerawat ya. Kalau begitu, bisa dikatakan hampir semua manusia dewasa memiliki jerawat kali ya

    BalasHapus
  13. Aku banyak komedonya nih di hidung, malah udah titik hitam gitu. Gemez suka aku pencetin...hehe...Engga boleh ya...Baru tahu loh manfaat kulit melinjo bisa ngilangin jerawat pasir. Kalau makan sayur asem, malah dibuang-buangin kulitnya...

    BalasHapus