Tips Berkebun di Teras Rumah Yang Terbatas


tips berkebun di teras yang terbatas


Halo sahabat mamajokaa,Tips Berkebun di Teras Rumah Yang Terbatas yang bakalan aku bahas kali ini dikarenakan, berkebun masuk dalam wishlist ku tahun 2022. Emak-emak banyak gaya  ya, hehehe. 
Pengennya sih berkebun seperti akun instagram kabin kebun yang punya banyak jenis tanaman dan lahannya luas. Sayangnya, aku gak punya lahan luas bahkan teras rumahku termasuk teras rumah yang terbatas. Ada yang samaan denganku? pengen berkebun tapi hanya punya teras sempit?
Masalah gak punya lahan atau teras rumah cuman seuprit itu bukan masalah ternyata. Kita masih bisa berkebun di teras rumah yang terbatas. Caranya gimana? Ikuti tips ala mamajokaa yuk!

Membuat Perencanaan berkebun di teras rumah yang terbatas


Tips pertama berkebun di teras ini merupakan bagian dari site plan atau perencanaan lahan. Kalau membaca istilah site plan jadi mirip arsitek ya, hehehe. Tapi memang site plan adalah bagian dari mata kuliah disiplin ilmu arsitektur dan arsitektur lanskap.
Site plan itu apa sih? dilansir dari Wikipedia, site plan atau Rencana lokasi adalah jenis gambar yang digunakan oleh arsitek, arsitek lanskap, perencana kota, dan insinyur yang menunjukkan kondisi yang ada dan yang diusulkan untuk suatu area tertentu, biasanya sebidang tanah yang akan dimodifikasi.
Tapi lahan kita sempit kok, meuni serius amat dibikin site plan! hehehe. Iya sih, kalau melihat dari disiplin ilmu arsitektur, site plan itu pembahasannya luas dan mendetail. Ada banyak sekali tahapannya.
Tapi kita mah kan ala-ala arsitek lah ya, hehehe. jadi tetap kita bikin site plan kebun teras kita dengan tujuan, memaksimalkan teras sempit kita sebagai kebun yang sesuai dengan keinginan kita. Sehingga tidak ada ruang di teras yang terbuang atau salah dalam memilih dan menempatkan tanaman.
Apa aja sih tahapan site plan ini? berikut tahapannya :
1. Foto teras
2. Mengukur luas teras rumah.
Setelah teras di foto yuk kita ukur luas teras menggunakan meteran jenis apa aja. Bisa meteran jahitan atau meteran beneran.
3. Membuat Denah

perencanaan teras kebun yang terbatas
sketchup layout kebun teras


tampak depan teras rumah untuk dijadiin kebun
sketchup layout kebun teras tampak depan tanpa bangunan

berkebun di teras sempit banget bisa gak  ya
sketchup layout kebun teras tampak depan



Di gambar atas kelihatan banget ya kalau teras rumahku emang sempitnya luar biasa! wkwkwk. Udah sempit pengen berkebun pula, hahaha. Tapi teras sempit bisa banget di maximalkan jadi kebun mini kok, percayalah.
Oh iya, Sahabat bisa menggunakan software sketchup seperti yang aku bikin ini untuk aplikasikan hasil pengukuran. Atau asal coret di kertas aja juga bisa, gak masalah. Bisa juga ditambahkan tampak depan dan samping.
4. Menentukan media tanam tanaman
Karena kita berkebun di teras yang terbatas, maka kita harus menentukan media tanam apa yang tepat dan cocok di teras kita. Media tanam yang dipilih bisa menggunakan pot atau membuat bak tanaman dari batu-bata jika teras memiliki ketinggian/kontur yang berbeda. Kita juga memilih kedua jenis media tanam ini.
5. Memilih Jenis Kebun
Setelah teras diukur dan dibikin site plan nya, selanjutnya memilih jenis kebun. Menentukan jenis kebun bisa dipilih seperti :
  • Kebun tanaman hias
  • Kebun herbal
  • Kebun sayuran
  • Kebun campuran
6. Memilih Jenis Tanaman Hias
Setelah menentukan jenis kebun, selanjutnya adalah memilih Jenis tanaman. Karena kita berkebun di teras yang artinya kebun kita akan cenderung menerima sinar matahari teduh karena tertutup kanopi atau atap rumah, maka kita perlu memilih jenis tanaman dengan kebutuhan sinar matahari yang teduh juga.
Sahabat bisa menggunakan google untuk melihat dan memilih jenis tanaman apa saja dengan kebutuhan sinar matahari teduh. Sahabat bisa mencari jenis tanaman tersebut berdasarkan empat jenis tanaman yang cocok untuk ditanam dalam pot di kebun teras rumah yang terbatas.

Tanaman apa saja sebaiknya yang digunakan untuk berkebun di teras yang terbatas?

1. Tanaman Perdu

Tanaman perdu adalah tumbuhan berkayu yang bercabang-cabang, tumbuh rendah dekat dengan permukaan tanah, dan tidak mempunyai batang yang tegak. Dengan kata lain perdu adalah pohon kecil.
Tinggi tumbuhan perdu rata-rata < 6 meter. Nah tanaman perdu ini yang nantinya akan aku tanam di bak tanam yang juga akan dibuat. Jenis tanaman perdu yang akan jadi pilihan diantaranya adalah Melati, soka, bunga sepatu, kemuning atau Bidara.
Fungsi tanaman perdu di kebun dengan teras terbatas adalah sebagai berikut :
1). Memberikan kesan tegas terhadap kebun.
2). Menjadi VOP dari kebun

2. Tanaman Merambat

Tanaman rambat dapat menambah visual kebun menjadi lebih indah. Tapi hal yang perlu diperhatikan adalah maintance nya. Karena kalau tidak diperhatikan, yah namanya tanaman merambat ya bakalan tumbuh menjalar kemana mana. Apalagi jika yang kita pilih adakah tanaman merambat yang mudah tumbuh.
Lantas apa sih rekomendasi Tanaman Rambat dari mamajokaa?
  • Tanaman rambat berbunga indah
  • Tanaman rambat berbuah
  • Tanaman rambat berdaun lebar
  • Tanaman rambat obat
tanaman sayuran merambat bisa jadi tanaman hias di teras
Tanaman sayuran merambat yang bisa dijadikan kebun teras sayuran. Tanaman ini masih ada di terasnya mamajokaa lho


Pemilihan jenis tanaman rambat disesuaikan dengan jenis kebun yang kita pilih. Misal kita membuat kebun campuran yang terdiri dari tanaman dengan bunga cantik tapi juga berfungsi sebagai obat atau sayuran.
Jenis tanaman rambut berikut bisa menjadi pilihan :
  • Alamanda
  • Binahong
  • Pare
  • Timun Suri
  • Markisa

3. Semak

Semak adalah tumbuhan seperti perdu, tetapi lebih kecil dan rendah, hanya cabang utamanya yang berkayu.
Pemilihan semak tergantung jenis kebun ya. Kita bisa memilih jenis sayuran seperti bawang daun, tomat, lobak, wortel, kentang, bawang merah, bawang putih, laja, jahe, hanjuang, cengek, cabe, sawi, brokoli dan bayam untuk kebun sayuran kita.


berkebun sayuran di teras sempit
Alhamdulillah mamajokaa panen cabe :)

Strawberry juga bisa menjadi semak yang mempercantik kebun teras kita. Selain karena memiliki daun dan bunga yang indah, juga buahnya dapat kita petik.
Semak berbunga indah seperti sutra Bombay atau krokot, kenikir, cosmos, aster dan Krisan bisa menjadi pilihan tanaman yang mempercantik kebun kita.

4. Tanaman Gantung

Untuk menambah nilai estetika kebun di teras yang terbatas milik kita, tanaman Gantung dapat menambah value estetis. Tanaman Gantung berbunga seperti petunia atau pakis juga dapat menjadi pilihan.

Membuat Perencanaan Biaya Kebun di Teras Rumah yang Terbatas

Setelah site plan dibuat, yuk kita bikin budgeting nya agar bisa menyiapkan dana untuk merealisasikan kebun teras.

Yuk Eksekusi Kebun di Teras Rumah yang Terbatas Milik Kita


Site plan udah bikin, jenis kebun dan jenis tanaman juga udah dipilih. Selanjutnya bikin budgeting dan menyiapkan dana sesuai perencanaan. Kalau budgetnya ternyata besar, kita bisa mulai mencicil membeli tanaman dan media tanami sesuai dengan budget kita. Karena ini hobi, dibikin santai ya say, hehehe. Jangan terlalu idealis tapi jadi penyemangat untuk nabung beli tanaman lagi yang belum kebeli. Percayalah mom, berkebun itu menimbulkan kecanduan yang menyenangkan, hehehe.
Selamat berkebun ya. Salam hangat,
Mamajokaa

17 komentar:

  1. Aku tuh sbnrnya suka mba rumah ada hijau2 .. tapi kayaknya ini tangan memang ga bersahabat Ama tanaman 🤣🤣. Pernah melihara kaktus, itu aja mati. Makanya aku ga terlalu berani mau peliara2 tanaman lagi. Terasku juga sempiiit. Kalo skr ya jadinya ga ada tanaman 1pun. Yg di apartemen apalagi. Lah wong lahan ga ada 😂.

    Jadi skr ini palingan cuma bisa kagum Ama tanaman2 temen2 ajalah. Pada subur cantik. Salut mereka telaten

    BalasHapus
  2. Waah seneng deh kalau ada kembang di rumah. Aku betah nih kalau disuruh urusin taneman gini. Semangaaat

    BalasHapus
  3. Wah, dirancang dulu ya Mba. Biar cantik. Saya kok main brek brek aja 😂

    BalasHapus
  4. Mbak Eka, tulisan ini bisa buat bahan inspirasi kalau semisal mau berkebun lagi. Berkebun itu salah satu kegiatan untuk healing. Seru berkebun itu, hehehe.

    BalasHapus
  5. Suamiku yang suka bercocok-tanam. Bagus nih kalau bikin perencanaan dulu. Dia mah jejerin aja pot-pot di pinggir rumah, jadi tumpuk-tumpuk deh...

    BalasHapus
  6. Teringat istilah ketangguhan pangan melalui berkebun di rumah memanfaatkan lahan ada, tetap kreatif

    BalasHapus
  7. Saya juga menanam di teras, tapi hanya keluarga sukulen dan kaktus yang gak terlalu rewel. Meski begitu, kelompok sukulen tetap butuh cahaya matahari. Untunglah terasnya terpapar cahaya matahari pagi

    BalasHapus
  8. Mbak.. Saya suka tanaman tapi gak pinter gardening. Kata orang tua tanganku panas, jadi tanamannya mati kalau sama aku 😅 Mungkin bisa diakalin dengan tanam bunga-bunga yang gak perlu banyak perawatan ya. Biar ijo dikit gitu rumahnya.

    BalasHapus
  9. saya banget nih teras rumahnya terbatas. Istri saya suka menanam kangkung, emang beda semangatnya kl makan hasil kebun sendiri, apalagi dr teras rumah hehe. makaaih atas Tips Berkebun Di Teras Rumah Yang Terbatas

    BalasHapus
  10. Pengen bikin kebun kecil juga di teras rumah, tapi masih bingung pilih tanaman hias atau sayuran. Kalau sayuran kayaknya lebih bermanfaat, tapi tanaman hias juga bikin teras kelihatan makin cantik. Masih bingung.

    BalasHapus
  11. Keren Kak. Teras yang terbatas jika di tangan orang yang ahli juga bisa nyaman dilihat ya meskipun banyak tanamannya.

    BalasHapus
  12. Wahh seru banget nih berkebun di pekarangan yang sempit. Aku sekarang lagi tanam cabe juga Mba, lumayan kalau panen gak usah beli cabe hihi

    BalasHapus
  13. Pengen banget punya kebun di teras, tapi aku anaknya angot-angotan, hari ini semangat, dua hari lagi udah gk semangat hahahah

    BalasHapus
  14. Dimana pun tempatnya kalo kita bisa ngatur dengan baik, bakal jadi cantik ya kak tempatnya.
    Seperti berkebun di lahan yang sempit gitu, bisa jadi tanaman hias juga jadinya

    BalasHapus
  15. Kami di rumah berkebun, ada tanaman hias, sayuran dan umbi2an, cuma belum tertata rapi, masi aburadul letaknya . kayaknya memang harus saya benahi agar terlihat estetik hehe

    BalasHapus
  16. Berkebun memang menyenangkan, dilihat hijau dan asri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kurang telaten nih soal tanam menanam, padahal di rumah banyak banget tanaman ibuku.
      Tanaman ini selain sebagai penyejuk sebenarnya fungsinya juga mempercantik rumah ya mba..

      Hapus