Logo Komunitas BRT Network

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Menghitam Pada Anak

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Menghitam Pada Anak
Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Menghitam Pada Anak




Bekas gigitan nyamuk menghitam pada anak memang tidak terlalu mengganggu ya Mom, tapi sedikit mengurangi rasa percaya diri dan kurang enak dipandang bukan? Seperti yang dialami oleh keponakan saya yang berusia tiga tahun.
Keponakan saya baru saja tiba di Indonesia untuk liburan musim panas setelah menetap tiga tahun di Iran. Setibanya di Indonesia, dia selalu minta bermain di luar. Excited tentu saja, mengingat selama di Iran keponakan jarang bermain di luar rumah. Mengapa? Karena cuaca dan iklim Iran yang tidak memungkinkan keponakan untuk bermain di luar terlalu sering terlebih dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, tempat tinggalnya di apartemen juga mengharuskan keponakan berjalan cukup jauh untuk sekadar bermain di taman apartemen.

Berbeda dengan di Iran, selama tinggal di Indonesia keponakan selalu bermain di luar rumah. Maklum lah ya rumah kami memang dekat dengan jalan pemukiman, dekat dengan warung dan dekat dengan lapangan pemukiman. 

Akibatnya, digigit nyamuk adalah hal yang tak bisa di hindari yang mana hal ini jarang pula dialami selama di Iran. Iklim Indonesia yang tropis memang menjadi habitat yang nyaman bagi perkembang biakan nyamuk ya.

Kenapa gak pakai lotion anti nyamuk Bun? Kenapa gak pasang obat nyamuk, raket nyamuk atau obat nyamuk elektrik? Sudah Mom! Semua cara sudah dilakukan untuk menghindari gigitan nyamuk. Namun tetap saja, kaki dan tangan keponakan selalu jadi sasaran empuk gigitan nyamuk.

Jika anda orang sunda, pasti mengenal istilah Amis daging, ya! amis daging adalah istilah dalam bahasa sunda untuk menyebut mereka yang mudah digigit serangga, terkena penyakit, atau terinfeksi penyakit apapun. Saya rasa, keponakan termasuk memiliki jenis tubuh dengan amis daging, hehe.


Mengapa Bekas Gigitan Nyamuk Menghitam?


Nyamuk memang menjadi salah satu penyebab kurang nyenyaknya tidur anak di malam hari. Terkadang, nyamuk juga mengganggu aktivitas bermain atau belajar anak di siang hari. Gigitan nyamuk menimbulkan benjolan yang terasa gatal dan meninggalkan bekas hitam. Hal ini tentu akan berdampak terhadap kenyamanan anak.


Mengapa Bekas Gigitan Nyamuk Menghitam?
Mengapa Bekas Gigitan Nyamuk Menghitam



Apa sih penyebab bekas gigitan nyamuk menghitam? Hal ini dikarenakan gatal akibat gigitan nyamuk digaruk lalu mengalami peradangan pada kulit dan terinfeksi sehingga menimbulkan Hiperpigmentasi akibat peningkatan produksi pigmen warna kulit setelah terjadinya peradangan.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada anak ? Yuk baca selanjutnya.


Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Menghitam Pada Anak


Bagaimana cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk menghitam dengan cepat pada anak? Terdapat dua cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk menghitam pada anak, yaitu cara alami dan cara menggunakan cream atau lotion. Berikut penjelasannya.


Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Menghitam Secara Alami


Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk menghitam secara alami dapat mom lakukan dengan menggunakan bahan alami sebagai berikut :


Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Menghitam Secara Alami
Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Menghitam Secara Alami



1. Menggunakan Minyak Kelapa

Umumnya, minyak kelapa dapat digunakan untuk memperbaikin rambut rusak pada anak atau dewa, namun tahukan mom jika minyak kelapa merupakan pelembab alami tanpa bahan kimia? Ya! Minyak kelapa mengandung minyak alami yang dapat melembabkan kulit dan asam lemak yang terdapat dalam minyak kelapa memiliki zat antibakteri dan anti radang.

Dengan demikian, mom bisa menggunakan minyak kelapa atau minyak kletik untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk menghitam pada anak. Caranya dengan mengoleskan secara lembut dan perlahan minyak kelapa pada bagian tubuh yang memiliki bekas gigitan nyamuk. Lakukan pijat perlahan secara rutin 2-3x sehari.

2. Menggunakan Lidah Buaya

Selain bagus untuk mom yang punya wajah jerawat, Dilansir dari halodoc, Mom bisa menggunakan Lidah buaya untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk menghitam pada anak lho.

Hal ini dikarenakan lidah buaya memiliki zat Aloin yang merupakan zat yang memiliki kemampuan secara alami mengurangi hiperpigmentasi pasca-inflamasi, termasuk bercak hitam akibat gigitan nyamuk.

Mom dapat mengoleskan lidah buaya dan mengoleskannya pada bagian tubuh yang terdapat bekas gigitan nyamuk menghitam di malam hari sebelum anak tidur.

3. Menggunakan Kompres dingin

Mom juga bisa menghilangkan bekas gigitan nyamuk menghitam pada anak yang dengan kompres dingin. Kompres dingin dapat membantu mengurangi peradangan pada bekas gigitan nyamuk menghitam.


4. Mengusapkan madu

Madu memang dikenal karena kandungan antibiotik dan anti radangnya, untuk itu Mom bisa menggunakan. madu untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk menghitam pada anak dengan cara mengusapkan 1 tetes madu pada bagian atau area tubuh dengan bekas gigitan nyamuk menghitam. Lakukan secara rutin 2-3x sehari ya Mom.

5. Menggunakan Minyak Esensial

Adik ipar saya bertanya, apakah minyak telon bisa menghilangkan bekas gigitan nyamuk? Tentu bisa. Dilansir dari halodoc, untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk menghitam, Mom bisa menggunakan 2 sendok teh minyak kelapa, minyak jarak, atau baby oil yang dicampur dengan beberapa tetes minyak esensial, seperti minyak serai, minyak telon, atau minyak lavender.

6. Menggunakan baking soda

Menurut krjogjacom, Baking soda mengandung senyawa alkali ringan yang dapat menetralkan keseimbangan pH kulit dan memiliki kegunaan yang bisa membantu untuk proses eksfoliasi. Untuk itu, mom bisa menggunakan baking soda yang dijadikan pasta untuk dioleskan pada area tubuh dengan bekas gigitan nyamuk menghitam ya. Lalu n selama 10 menit sebelum dicuci.


Cara Menghilangkan Nyamuk Menggunakan Produk Penghilang Bekas Gigitan Nyamuk


Selain cara alami diatas, Mom juga bisa menggunakan cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk menghitam dengan produk penghilang bekas gigitan nyamuk menghitam, seperti menggunakan lotion kalamin seperti produk Caladine untuk mengatasi Peradangan, mengoleskan krim yang mengandung vitamin C, vitamin E, atau niacinamide pada bekas gigitan dan menggunakan beberapa produk berikut untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk menghitam pada anak, yaitu :

1. Bio Oil


Bio Oil penghilang bekas gigitan nyamuk menghitam
Bio Oil penghilang bekas gigitan nyamuk menghitam


Bio Oil merupakan produk yang aman digunakan untuk ibu dan anak dan dapat membantu mengurangi stretch mark saat hamil atau melahirkan, mengatasi kulit kering dan meratakan warna kulit. Bio oil mengandung vitamin A, E, rosemary oil, lavender oil, purcellin oil hingga chamomile yang bisa menghilangkan bekas gigitan nyamuk menghitam pada anak.


2. Bebe Roosie Bugs Repellent 60 gr Cream


Bebe Rosie penghilang bekas gigitan nyamuk menghitam
Bebe Rosie penghilang bekas gigitan nyamuk menghitam


Bebe Roosie merupakan krim perawatan bayi yang dapat membantu anak terhindar dari gigitan nyamuk dengan bahan aktif Lavender, Citronella,Minyak Zaitun dan Aloe Vera. Bebe Roosie Bugs Repellent diklaim dapat membantu menghindarkan dari gigitan nyamuk, mengurangi rasa gatal akibat gigitan nyamuk dan menghilangkan bekas gigitan nyamuk.


3. Pure Kids Itchy Cream Baby Krim


Pure Kids penghilang bekas gigitan nyamuk menghitam
Pure Kids penghilang bekas gigitan nyamuk menghitam


Pure Kids Itchy Cream memiliki formula yang mampu meredakan gatal akibat gigitan serangga dan nyamuk tanpa meninggalkan bekas noda, meredakan gatal, anti Inflamasi dan bakteri


4. Mama's Choice Baby Skin Vitamin Lotion


Mama's Choice penghilang bekas gigitan nyamuk menghitam
Mama's Choice penghilang bekas gigitan nyamuk menghitam


Mama's Choice Baby Skin Vitamin Lotion diklaim mampu memberikan kelembaban & menutrisi kulit bayi yang lebih sehat (anak-anak juga pakai), menyamarkan bekas gigitan nyamuk/serangga, melindungi kulit bayi dari kering dan polusi serta toxin Free dan sudah hypoallergenic Tested, dermatologically Tested.


5. Nubiko Baby Cream


Nubiko penghilang bekas gigitan nyamuk menghitam
Nubiko penghilang bekas gigitan nyamuk menghitam


Nubiko Baby Cream memiliki manfaat menyamarkan noda bekas luka gigitan nyamuk maupun serangga dan meredakan ruam kemerahan akibat iritasi. Nubiko baby cream memiliki bahan aktif Beeswax, Aloe Barbadensis gel, helianthus Annuus (Sunflower) Oil dan Chamomile extract


Kesimpulan


Untuk menghindari anak terkena gigitan nyamuk lantas meninggalkan bekas gigitan nyamuk yang menghitam, Mom bisa menggunakan cara sebagai berikut :

  1. Hindari anak dari menggaruk kulit yang digigit nyamuk
  2. Gunakan lotion anti nyamuk seperti Zwitsal skin protector, Cussons Baby Moscare Citronella & Eucalyptus, Mama's Choice Baby Mozzbye Skin Protection Lotion, , Bambi Baby Anti Mosquito Lotion atau Botanina Bugs Repellent Baby Spray.
  3. Menjaga kebersihan rumah, kamar tidur dan tempat tidur agar tidak menjadi sarang nyamuk

Preventif terhadap gigitan nyamuk perlu dilakukan ya mom. Namun jika anak sudah terlanjur digigit nyamuk dan meninggalkan bekas gigitan menghitam, Mom bisa menggunakan cara yang sudah diuraikan diatas ya untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk menghitam pada anak.

Selamat mencoba.

27 komentar

  1. Menggunakan lotion anti nyamuk setelah gigitan bisa membantu mencegah gigitan tambahan. Lalu, mengompres area gigitan dengan air dingin dan menghindari menggaruk juga dapat membantu mengurangi rasa gatal dan peradangan. Makasih sharingnya kak, bermanfaat banget. Anak saya sering minta digarukin kalau kegigit nyamuk nih.

    BalasHapus
  2. Biasanya ponakanku selalu diolesin Bebe Roosie Bugs nih, karena bagus kata bundanya hihi thanks yaa kak sudah sharing!

    BalasHapus
  3. Tipsnya mantul mbak, terima kasih ya
    Walaupun bekasnya kecil, kadang mengganggu, selain rasa gatal yang muncul, bintik hitamnya yang ditimbulkan lama hilangnya

    BalasHapus
  4. Wah ilmu baru nih, sebagai ayah saya kurang merhatiin hal ini sebenarnya, hehe. Biasanya cuman pakai bebe rosie sih, pengalaman pribadi hasiolnya cukup bagus.

    BalasHapus
  5. Apalagi gigitan nyamuk bisa berpotensi menyebabkan penyakit DBD yang sangat membahayakan dan menular itu ya. Mencegah nyamuk ada di sekitar kita bisa jadi salah satu usaha untuk kita tidak dengan mudah digigit nyamuk

    BalasHapus
  6. Terimasih tips dan juga rekomendasinya. Tapi dulu juga sempat dengar bahwa gigitan nyamuk menghitam dan sejenisnya dikarenakan memiliki riwayat penyakit Prurigo (Darah Manis). Lantas apakah penanganan bekas gigitannya sama atau gimana?

    BalasHapus
  7. Bener deh. Kadang emang nggak enak kalau melihat bekas gigitan nyamuk di kulit bocah. Kalau orang-orang sini sih biasanya tuh dibiarin saja. Tapi, ada temanku yang selalu sedia produknya Mama's Choise. Katanya ya buat menghilangkan bekas gigitan nyamun di kulit anaknya

    BalasHapus
  8. Bisa pakek bio oil Wah kebetulan nih. Kakak saya harus tahu soalnya kulitnya belang gegara nyamuk

    BalasHapus
  9. thank you ya kak sharingnya. kalau bocah digigit nyamuk biasanya aku langsung kasih lotion anti nyamuk, tapi kalau perkara ngilangin bekas gigitan yang menghitam, aku baru tahu nih. Kebetulan di rumah ada bio oil, nanti aku coba pakein itu.

    BalasHapus
  10. Untuk menghilangkan gatal biasanya minyak andalan saya minyak kayu putih Kak. Tapi untuk noda hitamnya memang belum ada treatment khusus selama ini. Dari tulisan ini saya jadi paham kalau ternyata madu juga bisa digunakan menghilangkan hitam akibat gigitan serangga ya. Memang kalau punya anak-anak, segala macam krim dan obat oles perlu siap di rumah ya.

    BalasHapus
  11. wah baru tahu nih bahan-bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk baik yang alami ataupun produk lotion. bisa dicari nih nanti produknya. btw, amis daging itu kalau di tempatku sebutannya juga manis dagingan, mbak.

    BalasHapus
  12. thanks kak, ternyata madu bisa untuk menghilangkan noda bekas gigitan nyamuk juga. Jadi banyak rekomendasi bahan alami nih

    BalasHapus
  13. Biasanya selalu pakai minyak kelapa. Tapi jadi penasaran buat cobain salah satu body cream diatas untuk ponakan

    BalasHapus
  14. minyak zaitun juga bisa dipakai buat menghilangkan bekas apapun di kulit. dari digigit nyamuk sampe luka gores ringan, lumayan cepet hilangnya.

    BalasHapus
  15. Wah makasih banget mam, ini yang lagi aku butuhkan sekarang. Musim kemarau begini nyamuk jadi luar biasa banyaknya. Udah pakai obat anti nyamuk pun kadang masih ada 1-2 yang gigit, heran kuat bener nyamuk-nyamuk ini. Jangankan anak-anak, orang dewasa aja suka risih dan garuk-garuk ya kalau digigit nyamuk.

    BalasHapus
  16. trimakasih informasinya, bermanfaat banget.. umumnya sih biasanya pake minyak kelapa ato minyak angin sih, tpi boleh dicoba nih beberapa produk2 lotion di atas buat anak2 ntar

    BalasHapus
  17. Beda penanganan ya, kalau ponakan saya dulu sama ibunya ketika digigit nyamuk kulitnya selalu diolesi minyak telon kadang minyak kayu putih

    BalasHapus
  18. Wah pas banget nih kebetulan jagoan saya digigit nyamuk di pipi, kelihatannya jadi seperti jerawat sudah berbagai minyak dioleskan, tapi belum saya coba menggunakan Baking Soda

    BalasHapus
  19. Baru tau ternyata madu bisa juga ya memudarkan bekas gigitan nyamuk di anak. Selalu siap sedia madu jadi bisa dipakai kapan aja.. :) Produk-produk untuk anak saat ini juga banyak yg bagus kualitasnya, ya.. Ada beragam pilihan..

    BalasHapus
  20. Terima kasih infonya Kak. Aku baru tahu kalau gigitan nyamuk yang menghitam bisa dihilangkan pakai cara alami. Aku tahunya pakai lotion saja. Bisa dicoba semuanya ini. Ternyata pakiaminyak telon juga bisa ya.

    BalasHapus
  21. Kabarnya Bio Oil ini beneran seampuh itu ngilangin hiperpigmentasi pada kulit ya..
    Gak hanya aman untuk orang dewasa, tapi juga untuk anak yang kulitnya masih sensitif. Aku jadi pingin coba merutinkan menggunakan Bio Oil.

    BalasHapus
  22. Ini penting banget kak, anak saya sering digigit nyamuk, gatal-gatal, kalau digaruk jadinya ada bekas

    BalasHapus
  23. Kulit anak-anak yang terbilang masih baru ya, memang kudu gercep antisipasi kala digigit nyamuk biar gak cepat hitam ya kak. Jadi penjagaan sejak dini diperlukan

    BalasHapus
  24. Bener banget perlu banget lotion anti nyamuk buat anak apalagi saat beraktivitas diluar ruangan, thks mb rekomendasi nya

    BalasHapus
  25. Faktor cuaca memang bikin anak2 mudah kena gigitan nyamuk ini yaa kak… Nah, ada baiknya sblm bermain di luar mereka diberi perlindungan yg baik atau antisipasi utk kulit mereka..

    BalasHapus
  26. Jadi keinget suasana rumah mertuaku dulu yg banyak nyamuk.. badan anak2ku sampe banyak hitam karena gigitan nyamuk. Terimakasih tips nya. Sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  27. Tips yang berjodoh dengan saya nih, kak. Kebetulan di tempat saya sedang banyak banget nyamuk, jadinya anak beresiko tinggi untuk tetap digigit kapan saja. Thank you! langsung cuss kepoin Mama's Choice Baby Skin Vitamin Lotion ah..

    BalasHapus