mamajokaa food blogger bandung

Resep Abon Cabe Pedas dan Gurih

Resep Abon Cabe Pedas dan Gurih

Kakak dari sahabat suami saya seorang freelancer yang juga memiliki usaha abon cabe dan terbilang cukup sukses menjalani usaha ini. Berlokasi di Tasikmalaya, sang kakak sudah menggeluti usaha ini belasan tahun. Tergoda ingin menjalani usaha yang sama, sadly saya dan paksuami terbentur modal usaha yang membutuhkan modal tidak sedikit.


Abon cabe memang merupakan pelengkap santapan yang sedang digemari masyarakat Indonesia. Rasanya yang sudah tentu pedas menjadi penambah selera makan. Abon cabai termasuk produk hasil olahan cabai dengan karakteristik kering dan dapat disimpan dalam waktu cukup lama. 


Paling nikmat menambahkan abon cabe dengan nasi panas, nasi goreng atau dicampur dengan mie instan. Mom yang menyukai masakan dan makanan pedas, wajib deh kayaknya punya abon cabe sendiri dirumah. 


Sehingga, saya memutuskan untuk membuat abon cabe untuk digunakan sendiri dirumah sebagai penambah selera makan. Karena saya sangat menyukai rasa pedas sedang dan gurih, jadi saya menambahkan penyedap rasa. 


Untuk bahan utama, yaitu cabe rawit (cengek) dan cabe keriting gunakan yang masih segar ya mom. Agar hasil abon cabe bagus dan tahan lama. Berikut resep dan cara memasak abon cabe versi mamajokaa. Selamat mencoba!


Resep Abon Cabe


Bahan :

  • 150 gr Cabe rawit (cengek)
  • 6 siung Bawang merah
  • 6 siung Bawang putih
  • 250 gr Cabe keriting

Cara membuat :

  1. Bersihkan cabe rawit dan cabe keriting lalu panggang dalam oven diatas api kecil hingga kering
  2. Blender cabe rawit dan cabe keriting yang sudah kering hingga setengah halus
  3. Goreng  bawang merah dan bawang putih lalu masukan ke dalam blender yang sudah berisi cabe rawit dan cabe keriting tadi, blender kembali hingga halus
  4. Sangrai atau masak tanpa minyak hasil blender cabe rawit, cabe keriting, bawang merah dan bawang putih
  5. Tambahkan garam, gula dan penyedap rasa
  6. Silahkan koreksi rasa sesuai selera

Kesimpulan


Ternyata mudah bukan membuat abon cabe sendiri dirumah? Jika mom tidak memiliki oven untuk mengeringkan cabe rawit dan cabe keriting, jangan khawatir. Mom dapat memanfaatkan sinar matahari dan menjemur kedua bahan tersebut hingga kering. Namun memang, akan dibutuhkan waktu yang cukup lama yaitu sekitar  1-3 hari. 

Resep Abon Cabe
Resep Abon Cabe 


Posting Komentar