Logo Komunitas BRT Network

Alasan Kenapa Emak - Emak suka Kpop dan Drakor

 

Alasan Kenapa Emak - Emak Suka Kpop dan Drakor
Alasan Kenapa Emak - Emak Suka Kpop dan Drakor 


Pernah heran gak sih kenapa emak-emak jaman now suka kpop dan drakor? Jangan heran ya, karena saya akan share Alasan Kenapa Emak - Emak Suka Kpop dan Drakor berdasarkan apa yang saya alami sebagai penyuka kpop dan drakor berikut ini.

Salah satu sahabat saya katakanlah namanya Melati, pernah curhat. Dia bilang kalau dia merasa jadi emak yang kurang gaul karena gak suka drakor dan kpop. Adakah emak di sini yang pernah ngerasa kaya gitu?? oohh jangan bersedih mak. Karena pada kenyataannya tidaklah demikian. Suka atau tidak suka pada si drakor dan kpop bukan berarti emak gak termasuk emak yang gaul kok.

Memang sih sekarang lagi hype ya emak - emak milenial pecinta drakor dan kpop. Padahal udah punya anak, gak hanya satu bahkan sampai 2 dan 4 anak! rasanya kok kaya gak pantas ya? Terlihat seperti yang enggan melepas masa muda dan mirip sama anak muda jaman now

Lantas apa alasan di balik emak - emak pecinta drakor dan kpop sebetulnya? Well, jawabannya beragam. Saya gak bisa jawab alasannya kenapa karena saya gak melakukan survey. So, yang bisa saya berikan adalah jawaban dari diri saya sendiri. Kenapa saya jadi emak - emak pecinta drakor dan kpop.

AWAL CERITA KENAL KPOP


Saya punya adik ipar yang cantik paripurna dan baik hati seperti putri salju. Saya pernah bikin satu artikel tentang MPASI untuk si doi yang lagi stay di Iran sekarang. 

Nah, adik ipar saya ini termasuk fans berat EXO. Bahkan sampai rela menabung uang jajan demi bisa beli album EXO dan ya seperti para fans pada umumnya dia kegirangan luar biasa begitu si babang paket datang anterin pesanan album EXO dia. Dia sampai nangis mak! weleh - weleh, saya sih cuman geleng - geleng kepala dan gak habis pikir.

Iya saya gak habis pikir, apa sih yang dia suka dari EXO? wajah ganteng dan body sixpack? Emang dia ngerti itu si member EXO nyanyi tentang apa? Apa gak sebel liat mereka punya wajah mulus kaya pantat bayi dan dandan melebihi kita kaum hawa? Saya sih sebel ya! Masa cowok pake lipstik, eyeshadow bahkan pensil alis dan perona pipi!!! gak pantas aja.

Nyinyir saya lantas saya lontarkan pada si adik ipar saya. Dan jawaban dia hanya, " yaa suka aja teh, ganteng banget terus koreo dance-nya itu loh....waaahhh. lagunya juga enak teh "

oke oke baiklah! kumaha dinya we lah , wkwkwkwk

So, adik ipar saya itu juga kebiasaan yang kadang bikin saya jengkel yaitu terus memutar lagu yang sama setiap hari, baik dari EXO maupun grup yang lain yang saya gak kenal. Sebel soalnya gak enak di telinga dan gak ngerti bahasanya. Sementara saya kan fans sejati musik galau seperti Shoegaze, dream pop dan Post Rock yang mana jauh banget lah dari sudut manapun. Jadi tiap dia putar lagu - lagu kpop, saya terpaksa dengerin lagu - lagu favorit saya lewat earphone. sedih banget mak! 

Alasan Kenapa Emak-emak suka Kpop


Pernah dengar pepatah yang mengatakan " Air mampu menghancurkan batu. Bukan karena besarnya kekuatan, namun karena ketekunan dan kedisiplinan " ?? Yah saya dan kpop mirip - mirip gitu lah.

Adik ipar yang dengan disiplinnya memutar lagu kpop setiap hari, akhirnya mampu meluluhkan saya dan membuat saya terjerumus ke lembah kpop dan drakor! 

sebetulnya sederhana saja sih, mau gak jadi "ngeh" gimana sama lagu - lagu kpop kalau gak di putar berulang terus setiap hari, betul tidak? Telinga lama - lama terbiasa dan jadi aware sama lagu - lagu kpop. Bahkan pekerjaan domestik saya dilatarbelakangi lagu - lagu kpop yang diputar keras- keras lewat speaker

Lagu pertama yang menyihir saya adalah, " Boombayah" nya milik Blackpink. Yess, itu lagu pertama debut mereka. Jadi lamanya saya suka kpop seumur dengan usia si blackpink, hihihihi. Sambil saya nyapu dan ngepel, si Boombayah begitu menempel kuat di otak saya sampai - sampai tanpa sadar saat si lagu sudah tidak diputar lagi, masih saja bermain di kepala saya. 

Saya sampai gak sadar nyanyi bagian reff nya berulang, dan itu bukan lirik aslinya tapi kata - kata yang saya tangkap aja asal bunyi dan ikut nyanyi lalu joged asal, wkwkwkwk.


awal suka kpop
Ilustrasi awal suka kpop, dok pribadi


Ternyata, lagu kpop mampu bikin mood saya membaik dan semangat mengerjakan tugas domestik yang tiada akhirnya. Terlepas dari outfitnya yang bikin saya sesak dada dan koreografi yang aduhai , yaa saya tetap suka girlband kpop. Sebut saja Blackpink, Red velvet, G Idle, Mamamoo, Twice dan sekarang yang terbaru Itzy, Everglow, Aespa serta Rocket Punch.

Tapi dari sekian banyak boyband Kpop saya hanya ngefans sama satu grup aja yaitu BTS! Yess, i'm officially army. Padahal adik ipar saya ngefansnya sama EXO ya, hihihi. Gimana sih ceritanya?

Alasan Kenapa Emak-Emak Suka Drakor


Beda cerita dengan Kpop, saya suka drakor awalnya karena memang suka dari dulu sih. Sejak saya kuliah tahun 2000an. Film pertama yang saya tonton adalah Full House nya Rain dan Song Hye Kyo . Zaman dimana nonton drakor bukan kaya sekarang di VIU atau aplikasi lain. Tapi beli VCD dan DVD nya. Epik bener ya, hahahaha. Lalu setelah Indosiar sering menayangkan drakor, ya saya jadi fans drakor sejak itu. Tapi tetep sih masih suka film hollywood.

Nah, gara - gara film Come and Hug Me yang dibintangi Jang ki Yong. Filmnya menceritakan tentang seorang anak yang ayahnya adalah pembunuh berantai. Nah, ada beberapa scene dari drakor ini dimana lagu BTS " Fake Love" di putar terus sampai saya googling lagunya di Chrome dan youtube. Disanalah pertemuan pertama saya dengan Jimin cs terjadi. Hihihi.

KESIMPULAN

Itulah sepenggal kisah alasan kenapa emak-emak suka kpop dan drakor versi mamajokaa. Menjadi emak-emak pecinta Kpop dan drakor bukanlah dosa mak, tapi kita harus ingat satu hal, jangan sampai kebablasan yaa. I mean, semua sesuai porsinya lah. Meski saya army, gak juga tuh sampai nabung berbulan-bulan demi bisa nonton konser atau beli merchandise dan album mereka. Untuk itu saya masih mikir ribuan kali, mending duitnya beli baju anak atau mainan dan buku mereka! hahaha. 

Kesukaan saya terhadap Kpop dan drakor hanya sebatas hiburan aja, mengatasi lelah sementara saya kesulitan me time dan ngalamin social exhausted. semacam runaway escape ditengah jenuhnya tugas domestik sekaligus teman beres-beres rumah agak semangat dan teman nyetrika. Gak berasa tuh nyetrika sambil nonton drakor, tahu-tahu tiga box laundry setrikaan abis dan saya tamatin entah berapa episode drakor! Mantap ya? Hahahaha. 

43 komentar

  1. Saya emak emak juga , meski bukan pecinta tapi juga menikmati sajian drakor yang memang lebih "hidup" alue cerita maupun peran pemainnya. Hehhee..

    BalasHapus
  2. kakak sama adik aku juga nih lagi suka-sukanya sama korea, sama kaya nengipit

    BalasHapus
  3. Aku juga suka sih sama kpop, suka aja liat dance nya. Tapi kalo drakor, mending ke filmnya aja deh, soalnya nggak pernah ngikutin sampe abis, wkwk..

    BalasHapus
  4. asik deh ngobrol sama adik kalau sama2 aada yang di suka, saya cukup sampai drakor dan soundtrack drakornya jangan sampai masuk ke dalam kpop deh neng hihi

    BalasHapus
  5. Wih jadi pada awalnya enggak suka jadi suka gitu ya hihi. Aku no komen wkwk. Intinya apapun lagunya, selama membuat mood it's oke hoho

    BalasHapus
  6. Kalau ngomongin BTS dari anak SD sampai emak-emak jadi penggemarnya hahaha termasuk saudara ku juga. Aku juga suka lagu dan drama korea.

    BalasHapus
  7. Halo Mba, aku juga demen ngedrakor kwkwkw seru dan hiburan banget buat aku yang di rumah aja ini
    banyak hikmah yang bisa diambil sih dan OSTnya keren-keren. Kalo KPOP belum terlalu.

    BalasHapus
  8. Kalau Kpop saya nggak suka ding karena emang aslinya nggak terlalu doyan dengan musik soalnya.Kalau Drakor siapa sih emak2 yang nggak suka heh apalagi di masa pandemi. Heboh banget makemak ngobrolin drakor. Bagus sih buat hiburan di rumah hehe

    BalasHapus
  9. Pecinta drakor mana nih suaranya? Duh drakor memang sangat menggoda.

    BalasHapus
  10. wkwkw dulu saya pernah kpop mania banget dari SMP sampai SMA, cuman saya gk terlalu suka drakor juga :))

    Dan sampai sekarang saya masih kok suka dengerin lagu-lagu korea meskipun saya udh gak kpop maniak lagi seperti ngefans banget sama oppa-oppa cogan :))

    BalasHapus
  11. wah ada pcinta BTS rupanya,, hihi, aku sih stand for bigbang dan exo, wkkkw

    eh nggak sih, masih banyak yang aku sukaaa

    kpop sama kdrama emang semua menyenangkan hihihi

    BalasHapus
  12. tresno jalaran soko kulino, ya. sebagai penulis skenario, aku mau ga mau harus kenal drakor juga. memang banyak yang bagus, kok

    BalasHapus
  13. Aku kenal drakor dan kpop sejak kuliah. Trus pas jadi mamak2 malah udah pensiun, cuma sekadar nonton yang lagi booming aja dan episodenya ngga banyak

    BalasHapus
  14. Saya memang tidak pecinta K-Pop, Mbak. Mungkin beda masa hahaha. Hanya kalau drakor, saya sesekali nonton untuk dipelajari dari ide cerita, alur, sampai ending untuk bahan menulis cerita. Nah, termasuk saya nonton Full House. Hanya kalau soal emak-emak suka K-POP dan drakor apa tidak, jawabannya memang tergantung selera masing-masing.

    BalasHapus
  15. Akupun merasa ga gaul karena ga terlalu ngikutin drakor ataupun kpop. Merasa asing banget ketika orang pada rame ngomongin blackpink. Haloo blackpink itu apa haha...

    BalasHapus
  16. Saya bukan emak-emak, tapi bapak-bapak, tapi jadi ikut-ikutan nonton drakor gegara nemenin istri nonton Crush Landing on You-nya Won Bin. Seru juga ternyata ya, apalagi latarnya konflik korea selatan dan utara

    BalasHapus
  17. saya juga suka KPOP mbak tapi bukan yang militan gitu sih. awalnya dikenalin sama adik saya sama SNSD trus waktu SNSD vakum saya juga vakum dengerin kpop trus tahu-tahu kepincut sama BTS pas pandemi kemarin jadilah akhirnya balik lagi ke KPOP. kalau soal drakor memang dari awal hadirnya di Indonesia saya sudah suka. hihi

    BalasHapus
  18. Emang iya lho Kak Eka, sering dengar akhirnya suka juga ahahaha. Wuaaa salah ya Kak sama adik iparnya soalnya aku pun suka EXO juga walaupun aku mungkin tipe fans kalem yang B aja nggak ngumpulin merch de el el-nya segitunya hihihi.

    BalasHapus
  19. Hahaha, kalau bisa ngerjain beberapa pekerjaan dalam satu waktu seperti Mba Eka itu artinya sambil menyelam minum air, nih. Saya kadang juga muterin lagu-lagu mereka pas mood-nya tepat.

    BalasHapus
  20. Kalo menurut saya sih bukan engga suka, tapi karena belum nonton aja. Saya yakin kalo udah nonton mah emak-emak pun bakalan banyak yang jatuh cinta dan suka sama serial drakor hahahah.

    BalasHapus
  21. wakakakakaka samaa bangett awalnya ngga ngerti dan ngga suka, ini apaan sih lagunya. tapi terngiang ngiang di kepala wakkaka akhirnya kubuat senam gitu buat olahraga sampe skrg jadi ngefans malah wkwkwkw

    BalasHapus
  22. Aku suka drakor tapi nggak menikmati kpop
    Bagiku drakor nggak hanya hiburan tapi juga jadi sumber inspirasi

    BalasHapus
  23. Ngehahaha, selalu lucu denger cerita emak2 yang suka K-Pop dan drakor. Emang dua komoditas Hallyu itu keren banget sih, menembus status dan usia, semua bisa suka. Welcome mamajokaaa, dari aku yang udah bangkotan sama K-Pop sejak 2009.

    BalasHapus
  24. Cinta drakor atau KPOP itu hak kita semua ya. Tinggal kitanya aja yang mengatur gimana, biar enggak berlarut-larut, dan melupakan semuanya.

    BalasHapus
  25. Hahaha ya ampun Mbak Eka ternyata armyyyy! Aku juga suka BTS tp nggak berani ngaku army sih (?) Karna seladar suka lagu dan dancenya 😆 emang bener kalo lagu2nya korea tuh enak2. Bahkan aku suka ots kdrama sampe aku masukin playlist Spotify hehe 🤭 kalo aku suka lagu2 Korea baru belakangan aja sih pas pandemi barengan sama demen nonton kdrama.
    Dulu jaman kuliah padal sering nyinyir apaan kdrama nih menye2 bgt. Eh, nggak tahunya skrg demen 🤣🤣

    BalasHapus
  26. Saya juga suka nonton drakor. Selain seneng lihat oppa yang ganteng-ganteng, jalan ceritanya juga banyak yang menarik. Tapi sekarang udah jarang nonton drakor lagi. Soalnya kalau sekali nonton bisa keterusan. Suka nagih pengen terus nonton sampai tamat, padahal banyak kerjaan yang harus dikerjain hihihi
    Jadi sekarang lebih milih-milih drakor yang direkomendasikan anak saya, yang senang K Pop dan drakor.

    BalasHapus
  27. Daku juga kalau pas lagi setrika baju sambil nonton, entah itu drakor atau film home alone wkwkwk. Jadinya memang berada udah kelar aja setrikaannnya 😁

    BalasHapus
  28. Asal ga lupa waktu buat urus keluarga mah gpp kak. Aku jg suka kpop gara2 ada lomba dance kpop saat ultah kantor. Jadi ya pelan2 belajar dance jg, termasuk ya menyukai musik2nya. Haha. Kalo drakor mah tergantung filmnya aja. Kalo asyik ya tuntasin ampe kelar. Aku tim yang ga suka nonton per minggu. Lebih asyik kelarin 1 hari pas lg libur. Wkwkwk

    BalasHapus
  29. Seberapapun kita ngefans harus tetap ada perhitungan dan logika juga dimainkan ya. Kak. Sewajarnya aja janagn berlebihan
    Gitu ya

    BalasHapus
  30. ya ampun iya mbak aku kenal drakor pas kuliah, 2010an apa ya dankala itu gak suka2 banget biasa.nah baru 2019 kayake sejak nganggur di rumah ahha amgedrakor soale suamiku juga suka haha.. emang harus tahu diri danwaktu kalo ngedrakor mah

    BalasHapus
  31. Saya suka nonton. Tapi kalau nonton Drakor malah belum pernah serius. Kecuali film lepas Korea. Bukan anti sih hanya lebih ke kenyamanan saja. Lebih suka nonton yg ceritanya lebih cepat kelar. Hehehe

    BalasHapus
  32. Kpop sama drakor rata rata yg suka kaum hawa. Aku suka juga sih tp cm suka liat artis koreanya aja, hehe bening

    BalasHapus
  33. Drakor itu memang semacam "pelampiasan" ya.. soalnya termasuk hiburan yang murah meriah hihi... saya sendiri kalau nonton drakor susah berhentinya, huhu

    BalasHapus
  34. hihi seru ya jadi ada hiburan sendiri :) tpi kok aku belum juga nih jatuh cinta sama yang berbau korea-korea hehe..

    BalasHapus
  35. haha lucu banget, ngerasa gak gaul karena gak ngikutin drakor/kpop :D

    BalasHapus
  36. Kdrama aku suka banget dan jadi salah satu hiburan wajib. Klo Kpop, ada beberapa lagi yang kusuka, tapi belum sampe jadi fans fanatik sih. Untung suami juga suka nonton kdrama, jadi klop. Cuma kadang beda selera. Dia lebih suka yang thriller dan horor. Sementara aku lebih suka romance

    BalasHapus
  37. Gak ada yang salah atau bener dalam hal hobi sih..
    Jadi aku pikir bener juga kalau Kpop dan Kdrama jadi runaway escape. Kadarnya bisa dirasakan masing-masing personal. Semoga apa yang disukainya bisa membawa efek dan dampak yang baik bagi masing-masing personal yah..

    BalasHapus
  38. Kalo K drama masih lumayan ngerti dikit2 walau ga ikutin yg baru kayak the glory season 2. Terakhir nonton true beauty. Blm nonton lagi wkwkwk.
    Kalo KPop buta sama sekali xixixi g paham lagu2nya.
    Anakku yg malah suka bt21😅

    BalasHapus
  39. Kak Ekaa sama banget sihh aku dulu termasuk yang ngga suka2 bangett tapi pas denger lagunya Blackpink tuh aku ngedumel kan wkwkwkw eh selanjutnya malah nyari2 judulnya apaan ya tadi? Eh skrg jadi fansnyaa wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  40. tul mak, suka sesuatu tidak boleh berlebihan juga. anak mulai suka k pop tapi untuk beli merchandise saya ajak diskusi nanti terpakai nggak dll karena sebelumnya pernah beli dan cuma didiemin aja malah jd banyak barang di rumah ga dipakai

    BalasHapus
  41. Sama makk, kita penonton Full House zaman dulu yaa, heheheh. Akutuh juga suka Drakor dari dulu, kalau K-Pop masih biasa ajaa yang kadang suka dengerin lagunya tapi enggak tahu judulnya.

    BalasHapus