Logo Komunitas BRT Network

Tips Agar Betah Di Kosan Kecil

source : atinydreamer.com



Pengalaman ngekost setiap orang pasti berbeda satu sama lain. Ada yang ngekos waktu kuliah, kerja bahkan setelah menikah. Alasan ngekos tentu disesuaikan kebutuhan nge-kost untuk apa, iya kan?
Anak mahasiswa rata-rata 90% nya ngekos, terlebih bagi mereka yang rumahnya di luar kota. Pengantin baru juga ada yang ngekos karena belum mampu membeli rumah. Begitu juga yang lagi kerja, ngekos karena rumah jauh dan agar lebih dekat dengan tempat kerja dalam rangka menghemat ongkos.
Kamu yang lagi ngekos termasuk yang mana? atau pernah ngekos juga? gimana sih cara kamu biar betah ngekos dan gak pindah-pindah kosan? kalau aku pertama kali ngekos waktu kerja dan udah pindah sebanyak 4 kali.. Alasan aku ngekos, off course dong karena jauh dari rumah dan biar gesit kalau bangun kesiangan dan gak telat masuk kerja, hihihi.

Tips Agar Betah Di Kosan Kecil

Ngomongin soal kosan, ukuran kamar kosan kan kecil ya rata-rata. Kebanyakan sekitar 3x4 meter bahkan ada yang lebih sempit, hanya 2x3 meter aja. Terus gimana caranya nih biar betah di kamar kosan yang sempit itu? beriku tips  agar betah di kosan kecil yang cuman 2x3 meter aja, ala mamajokaa.

1. Perhatikan Cara Menata Kamar

Gimana cara menata kamar supaya rapi dan gak bikin sempit? Ini penting banget! memperhatikan letak tempat tidur, lemari dan perabot lain sangat mempengaruhi ruang gerak kamar kosan. Tips agar betah di kosan kecil yang pertama adalah menata kamar, mulai dari memilih tempat tidur tanpa risbang, gelar karpet biar gak dingin dan pilih ukuran single. Selain urusan kasur juga perhatikan letaknya dimana dan sesuaikan agar lemari bisa masuk begitu juga perabot lain. Perhatikan sirkulasi gerak, jangan sampai salah menempatkan kasur, lemari dan lainnya pada posisi yang salah malah bikin susah gerak. Inget, kamar kosannya cuman 2x3 meter aja!Kalau masih bingung, bisa berselancar nih di blog.cove.id untuk tips lainnya.

2. Pilih furniture yang kecil Tapi Banyak Fungsi

Tips agar betah di kosan kecil yang kedua adalah memilih furniture. Misal, pilih lemari baju yang bisa sekalian simpen TV atau air galon. Bisa pake lemari kayu berbahan serbuk kayu yang lumayan kuat menahan beban air galon atau TV. selain memilih lemari, juga pilih meja atau rak buku yang bisa sekalian buat nyimpen rak piring di atasnya atau jadi meja belajar.

3. Jangan Menimbun terlalu Banyak Barang, Pilih Yang Penting

Yess, berikutnya Tips agar betah di kosan kecil yang ketiga yaitu pilih barang/furniture yang penting. Gak usah simpen lemari terlalu besar terus isinya gak penuh. Jangan juga menyimpan sepatu dalam dus, gunakan rak sepatu biar muat semua koleksi sepatu kamu. Sampah? jangan dibiasakan menumpuk.

4. Rapihkan

Apa yang dirapihkan? Tips agar betah di kosan kecil berikutnya adalah merapihkan tempat tidur, isi lemari, isi rak dan barang di kamar kosan. Tujuannya tentu agar kamar kosan terlihat rapih dan bersih sehingga kita nyaman berlama-lama di kamar kosan

5. Pilih Kosan yang aman, nyaman dan bikin betah

Pilih kosan yang sirkulasi udaranya baik, terkena sinar matahari, punya ruang jemur laundry dan tidak lembab. Keamanan gedung kosan juga sangat diperlukan. Bukan hanya keamanan dari pencurian tapi juga yang ngekos. Penting bagi pemilki kosan untuk meminta data KTP sebagai administrasi jika dikemudian hari ada tindakan kriminal dari penyewa kamar kosan. Terkait keamanan dan kenyamanan merupakan Tips agar betah di kosan kecil yang cukup krusial. 

Pengalaman Ngekos Yang Tak terlupakan

Ada pengalaman lucu, menyeramkan dan bikin sedih selama aku ngekos jaman kerja dulu. apa aja sih pengalamannya?

1. Nebeng Temen Kerja

Pertama kali aku ngekos itu nebeng di kamar kostan temen yang akhirnya jadi sahabat deket sampai sekarang. Kalau diukur waktu, persahabatan kami udah berjalan selama hampir 17 tahun. Emang ngekos itu bisa mendatangkan temen baru atau temen lama jadi makin deket.

2. Tiap malam Begadang dan Jalan-jalan

Ini sih yang paling seru dari ngekos, setuju? yess, tiap hari hampir begadang dan menggibah. apa aja dighibahin, dari cowok ganteng sampai ngomongin gebetan, baju, kosmetik, film ….semuanya. Maklum, namanya juga ngekos bareng cewek-cewek pasti banyak banget lah yang diobrolin. Dan, pada akhirnya aku dan temen kosan lain malah jadi nge-genk sampai sekarang.

3. Nangis Bareng

Tentu dong, satu temen ngekos sedih, semua ikutan sedih dan nangis berjam’ah. Rasa kekeluargaan dan berasa gak sendiriannya kerasa banget. Bentuk suuport sahabat yang paling bikin terharu sih.

4. Gotong Royong Bikin Bonding Makin Kuat

Karena aku ngekos bareng sahabat aku, yang namanya gotong royong udah pasti selalu dilakukan. Mulai dari gotong royong mindahin barang, menata kamar agar rapih, gantian cuci piring sampai nabung bersama beli furniture

5. Ketemu Neng Geulis

Ini sih kayanya pengalaman semua yang pernah ngekos, ketemu neng geulis alias makhluk halus. Serem ya, tapi beneran aku sama sahabat - sahabat aku satu kosan pernah ketemu, di kosan itu pula. setiap kita ketemu, moment itu selalu jadi bahan obrolan recall memories.

Kesimpulan

Ketika kampus atau tempat kerja jauh, ngekos emang jadi pilihan yang membahagiakan meski harus ngeluarin kocek tiap bulan. Tapi sepadan dong dengan efektifitas dan efisiensi aktivitas. Agar kehidupan ngekos kita nyaman dan bikin betah, jangan lupa untuk tau cara menata kamar kosan sebaik mungkin. Juga, bersosialisasi dengan teman kosan sama pentingnya. 
Semoga Tips agar betah di kosan kecil ala mamajokaa ini bermanfaat ya buat kamu yang ada rencana ngekos. Share dong pengalaman dan tips lain yang kalian punya, di kolom komentar ya.

17 komentar

  1. Belum pernah ngekos hehe. Jadi belum pernah ngalamin yang diceritain di sini. Seru ya, banyak kenangan yang tak terlupakan pasti.

    BalasHapus
  2. ya ya, menumpuk barang itu bikin sumpek sih. Banyak tmn2 saya yg begitu, org yang mampir jg makin gak nyaman, aplg klo ga ada ac....makin sumpek hahahahah

    BalasHapus
  3. kamar kosanku dulu kecil, kak, dan aku buetah banget. jujur aja kangen sama kamar kosku dulu pas masih kuliah S1. compact, apa aja ada.. kecuali kamar mandi dan dapur hehehe..

    BalasHapus
  4. Lingkungan yang baik bikin betah untuk tinggal lebih lama itu tuh saya banget. Pernah tinggal di kostan elit, lengkap tapi gak nyaman secara lingkungannya emang bikin rese.
    Tapi pas ngekost di tempat sederhana tapi lingkungannya adem, ramah, kekeluargaan dan saling menghargai dijunjung tinggi sampai sekarang tetap suka disinggahi meski tidak kost di sana lagi

    BalasHapus
  5. Ngekost memang punya banyak cerita ya, jadi ingat masa-masa ngekost pas kuliah, ada yang cocok, ada yang bikin ilfeel...ya begitulah makanya aku agak pilih-pilih untuk anakku yang mulai kuliah, yang penting suasananya nyaman untuk anakku dan ngak ada yang bikin horor juga hahaha kasihan ngak tenang belajarnya.

    BalasHapus
  6. Meski daku belum pernah nge-kos, tapi kalau denger cerita temen dan artikelnya kak Eka ini, penuh warna ya. Apalagi memang apa-apa pasti serba mandiri dan diperlukan gotong royong

    BalasHapus
  7. Aku mulai ngekos itu pas SMU kls 3, Krn pindah sekolah ke Medan 😁. Tapi dulu masih berdua sekamar, dengan adik kelas di sekolah yg sama. Untungnya kami cocok banget. Sayang aku putus komunikasi Ama dia.

    Setelah itu baru kos sendirian sejak kuliah sampe kerja sebelum nikah. Ga pengen berdua Krn jujur aja aku yg introvert ga terlalu suka kalo hrs sharing kamar mba 🤣. Adakalanya aku pengen sendiri soalnya. Tapi Alhamdulillah yaaa, ga pernah sekalipun ketemu si halus2 😄, amit2 jangan sampeee 😂.

    BalasHapus
  8. Wah iya, jadi ingat pengalaman ngekos pas di Jakarta dulu
    Sama teman-teman kantor
    Satu kamar bertiga
    Seru tapinya

    BalasHapus
  9. waktu saya ngekos kayaknya memang hal hal di atas saya lakukan, dan selalu berusaha membuat ruangan kamar nyaman, karena saat lelah atau apa di tempat ini saya hilangkan

    BalasHapus
  10. iya banget sih, menata kamar, atur warna dinding dan furniture yg terang juga bakal bikin kesan lebih cheerful, luas dan berasa lbh fresh yaa. Aku yg susah banget jadi minimalis kaya masih tertatih tatih nih praktik hidup minimalis huhu

    BalasHapus
  11. Hwaa sebagai cewek yg ngga pernah ngekos, aku mau cerita kalau aku pun kamarnya juga ga gede2 amat ahha. cuma muat kasur, meja belajar, rak buku, lemari baju, solat jg cuma muat 2 orang ajaa. Tapi kalau di kamar sendiri rasanya ngendon mager mau keluar2 dulu tuh

    BalasHapus
  12. Kebiasaan aku banget nih yang susah aku hilangin ampe skrg. Suka ngumpulin barang remeh temeh yg sbnrnya udh ga penting. Pokoknya kosan kayak gudang deh wkwkwk.

    Padahal pgn banget buat kamar kosan tuh estetik kyk anak2 youtuber/tiktoker dgn lampu2 menyala plus korden dan selimut estetik gitu. Apa daya.

    Namun smua blm sirna. Aku ingin ikutin saran kakak buat cara menata kamar kosan yang bener ini. Smg mkn estetik deh.

    BalasHapus
  13. Jujurly, akutuh belum pernah ngekost. Hehehe...
    Tapi noted nih, suami aku bentar lagi mau ngekost karena kerjanya di luar kota.

    BalasHapus
  14. Dulu juga pernah dapat kosan yang kamarnya nggak seberapa besar. Jadi emang kudu pinter-pinter natanya sih biar bisa nyaman tinggal di kosan.

    BalasHapus
  15. Bersyukur dengan menempatkan segala sesuatunya sesuai dengan kamar yang dimiliki ini penting. Katanya, kalau melihat kepribadian dan cara berpikir seseorang itu dari kamar penataan kamarnya. Kalau rapih dan simple, berarti orangnya juga begitu.

    BalasHapus
  16. Saya hanya mengalami dua kost berbeda selama kuliah. Mungkin karena saya orangnya introvert dan nyaman sendiri, jadi tidak begitu terpengaruh apapun. Baik dari pergaulan maupun segi kenyamanan tempat tinggal. Pindah pun karena memang terpaksa ikut teman. haha... Namun, bisa juga karena saat masuk kuliah langsung ketemu jodoh kostan yang nyaman kali ya.

    BalasHapus
  17. Setuju setuju setuju.... Nata kamar itu selain harus sesuai keinginan juga eprlu banget pki furniture yang muktifungsi. Biar hemat tempat juga hehe

    BalasHapus