Resep Nasi Goreng yang Simple Untuk Sarapan Anak, Pasti disukai

Resep Nasi Goreng yang Simple Untuk Sarapan  Anak

Resep Nasi Goreng yang Simple . Ayah Bunda, halo apa kabar? Lagi sibuk apa nih? Kalau saya sih lagi sibuk istirahat pasca PAS anak sekolah, hehe. Sekarang waktunya istirahat ya setelah dua minggu anak menjalani PAS. Kalau musim PAS bukan hanya anak yang sibuk tapi Bundanya juga ikut “riweuh” karena mendampingi anak belajar untuk ujian setiap hari. 
Tapi meski sibuk kita harus tetap bisa memberikan yang terbaik untuk anak, bukan hanya soal mendampingi tapi juga menyediakan makanan yang sehat dan bergizi.
Bicara soal anak dan sekolah, menu sarapan apa sih yang paling anak suka? Kalau anak - anak saya sih paling suka sarapan nasi goreng. Cara membuatnya yang simple tapi bikin kenyang juga menyehatkan udah pasti disukai anak-anak ya.
Tapi nasi goreng apa yang paling disukai anak-anak? Wah ada banyak jenis kuliner nasi goreng ya Bun. Sebut saja nasi goreng kampung, nasi goreng mawut, nasi goreng pete, nasi goreng padang dan lain sebagainya.
Dari sekian banyak jenis nasi goreng, nasi goreng apa nih yang tepat untuk sarapan anak sebelum sekolah? Nasi goreng bakso sosis jawabannya. Jenis nasi goreng yang umum sekali ya, hehehe.
Tapi nasi goreng bakso sosis ala mamajokaa ini beda looh. Saya punya resep khusus agar nasi goreng yang simple ini disukai anak bahkan bikin nambah terus. Penasaran kan? Keep reading ya, saya bakalan spill resepnya dibawah.

Resep Nasi Goreng Yang Simple Untuk Sarapan Anak

Resep Nasi Goreng yang Simple


Berikut resep nasi goreng yang simple untuk sarapan anak khas mamajokaa, selamat mencoba!
Bahan - Bahan :
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 helai bawang daun
  • 2 buah sosis bratwurts
  • 5 buah bakso kecil
  • 2 porsi nasi putih ukuran anak
  • 1 butir telur ayam
Bumbu :
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • 1 sdm Margarine
Cara Membuat :
  1. Iris bawang merah, bawang putih dan bawang daun
  2. Iris tipis sosis dan bakso
  3. Panaskan wajan lalu masukan minyak goreng secukupnya lalu masukan 1 sdm margarine
  4. Setelah margarine meleleh, tumis bawang merah dan bawang putih
  5. Setelah agak harum masukan bawang daun
  6. Lalu masukan telur ayam, aduk hingga rata dan agak matang
  7. Masukan sosis dan bakso, tumis sampai agak matang
  8. Lalu masukan nasi dan aduk hingga rata sampai nasi tercampur sempurna dengan tumisan sebelumnya
  9. Masukan bumbu seperti garam, penyedap rasa dan merica secukupnya
  10. Aduk rata hingga nasi goreng siap untuk dsantap
  11. Selamat menikmati
Nasi Goreng yang Simple untuk sarapan anak
Nasi Goreng yang Simple untuk sarapan anak ala mamajokaa


Kandungan Gizi Nasi Goreng Yang Simple

Bakso dan sosis merupakan dua bahan makanan yang selalu disukai anak, terutama sosis. Meski demikian, Ayah Bunda harus ingat ya kalau pemberian kedua jenis makanan ini kepada anak kita harus dibatasi.
Menurut Standardisasi Nasional Indonesia-SNI 01-3818-2014 bakso memiliki kandungan kadar air 70%, kandungan lemak maksimum 10%, kandungan protein minimum 11%, kadar abu maksimum 3% dan tanpa bahan pengawet dalam produknya. Untuk 1 bakso sapi ukuran sedang mengandung 57 Kal, 3,69g lemak, 2,12 karbohodrat dan 3,47g protein.
Dalam resep nasi goreng yang simple ala mamajokaa kali ini menggunakan sosis bratwurts karena sosis jenis ini memilki rasa yang berbeda dengan sosis biasa. Rasa lebih kaya dan gurih yang disukai anak - anak. Sosis Bratwurst adalah salah satu jenis sosis khas Jerman yang menggunakan daging sapi muda untuk bahan isinya. Dalam hitungan 100gr sosis bratwurts terdapat 240 kalori, 12 gr lemak, 22gr karbohidrat dan 11gr protein.
Telur ayam merupakan bahan yang terbilang wajib hadir disetiap resep nasi goreng. 1 butir telur yang dimasak dalam resep nasi goreng yang simple seberat 61 gram mengandung 6,4 gram protein atau sekitar 26 kalori atau 27% dari total 94 kalori.

Kesimpulan


Dengan melihat kandungan gizi bahan utama resep nasi goreng yang simple diatas, nasi goreng ala mamajokaa cukup memliki kandungan gizi yang tepat untuk anak ya. Terlebih lagi jika dikonsumsi sebagai sarapan sebelum anak berangkat sekolah.
Karena sarapan menjadi hal yang cukup penting untuk mendukung aktivitas anak diawal hari, seperti belajar disekolah atau aktivitas hobi dan cita-citanya seperti Si Bungsu yang ingin jadi Youtuber cilik, hehe.
Sebagai subtitusi jika kedua bahan diatas tidak ada, Bunda dapat mengganti sosis atau bakso dengan daging ayam ya. 
Resep nasi goreng yang simple ala mamajokaa memang se-simple itu ya dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memasaknya. Cukup praktis sebagai santapan sarapan anak sebelum sekolah.
Selamat mencoba!

1 komentar:

  1. menu nasi goreng juga jadi andalan di rumah aku mbak
    apalagi kalau ada sisa nasi banyak dan ga ada yang mau, rumusnya ya dibikin nasi goreng dan cepet abisnya hahaha

    BalasHapus