Logo Komunitas BRT Network

5 Rekomendasi Game Penghilang Stress di solitaire.org

5 Rekomendasi Game Penghilang Stress di solitaire.org
5 Rekomendasi Game Penghilang Stress di solitaire.org




Me time ibu-ibu ngapain nih? Kalau saya sih selain jajan dan jalan-jalan biasanya bermain game penghilang stress di solitaire.ore. Seru loh!

Biasalah kan ya, yang namanya ibu-ibu pasti ada aja rasa jenuh dan stress karena rutinitas domestik atau pekerjaan lainnya. Berbagai cara pun dilakukan untuk melepas penat dan stress. Sebagian Mom mungkin lebih suka kulineran seperti jajan seblak atau bakso. Sebagian lagi mungkin lebih suka karokean.

Tapi kalau saya, selain rebahan sambil drakoran, saya punya cara lain untuk stress release dari rutinitas domestik dan pekerjaan saya loh. Caranya? Bermain game penghilang stress di solitaire.org

Emang seseru apa sih? Main game beneran bisa stress release nih? Ada game apa sih di solitaire.org? Yuk baca selanjutnya.


Game Bisa Menghilangkan Stress, Benarkah?



Dikutip dari YesDok, sebuah penelitian dilakukan di University College London dan The University of Bath terkait bermain game mobile yang menjadi salah satu cara efektif menghilangkan stres. Hasil penelitian tersebut juga menyatakan bahwa bermain game jauh lebih efektif daripada melakukan kegiatan seperti meditasi atau bernafas.

Menurut saya pribadi, game bisa menjadi runaway escape sih dan memindahkan stress dunia nyata ke dalam game.

Bagaimana sebuah game bisa menghilangkan stress? Bagaimana mekanismenya? Berikut penjelasan bagaimana game penghilang stress beneran bisa menghilangkan stress, yaitu :


1. Bermain Game bisa mengeluarkan hormon dopamin


Menurut halodoc, hormon dopamin adalah hormon yang dihasilkan oleh hipotalamus yang mengendalikan emosi yang mempengaruhi timbulnya perasaan menyenangkan dan bahagia. Hormon dopamin dapat muncul ketika kita melakukan sesuatu yang menyenangkan seperti melakukan hal yang disukai, makan makanan enak, mendengarkan lagu dan bermain game.


2. Game merupakan media istirahat dari rutinitas


Saat bermain game kita berhenti sejenak dari rutinitas dan bermain game membuat kita senang sehingga tubuh mengeluarkan hormon endorphin yang membuat tubuh serta pikiran menjadi lebih rilex.


3. Game termasuk meditasi juga loh


Bermain game penghilang stress bisa menjadi meditas? Tentu saja! Karena saat bermain game kita fokus ke dalam game penghilang stress yang kita mainkan, tidak ingat dengan rutinitas yang membuat lelah serta jenuh namun tidak membuat kita menjadi marah atau kesal ketika kalah bermain game. Game its for fun!


4. Game mampu menstimulasi kreativitas


Beberapa game penghilang stress bisa menstimulasi kreativitas loh seperti game solitaire di solitaire.or yang memancing otak untuk berfikir bagaimana bermain solitaire yang baik sehingga bisa menang.


5. Game mampu meringankan kinerja otak berlebih akibat stress


Dikutip dari halodoc, sebuah penelitian menyatakan bahwa jika Anda berada dalam situasi yang berbahaya atau emosional, amigdala (bagian dari otak Anda yang mengatur naluri bertahan hidup) akan mengambil alih tugas tersebut dan meninggalkan proses kerja di bagian lainnya. 

Jika amigdala bekerja dalam kondisi berbahaya atau emosional secara berulang maka otak akan mengalami beban kerja berlebih sehingga menyebabkan kita mengalami stress.

Dengan bermain game penghilang stress, maka beban kerja otak akan berkurang karena kita merasa lebih rilex sehingga amigdala tidak akan mengalami beban kerja berlebih.




Bagaimana games bisa menghilangkan stress
Bagaimana games bisa menghilangkan stress (dok.pribadi)




5 Rekomendasi Game Penghilang Stress, Beneran Bikin Rilex



Tentu ada banyak jenis game penghilang stress yang bisa kita mainkan. Baik di platform maupun aplikasi. Apapun pilihannya tergantung selera bukan?

Sebagian orang mungkin suka bermain game arcade seperti pinball atau puzzle atau. Sebagian lain mungkin lebih suka bermain game adventure. Tapi karena saya membutuhkan game yang beneran bikin rilex, maka biasanya saya memainkan beberapa game penghilang stress berikut ini, yaitu :


1. Game Kartu


Permainan kartu yang biasa saya mainkan adalah kartu mahjong. Ya! klasik banget bukan? Mahjong sudah menjadi game penghilang stress bahkan masuk dalam program di operasional komputer microsoft windows sejak pertama kali saya mengenalnya. Window XP kalau tidak salah, hehe. Jadul banget kan?

Cara memainkannya juga mudah, kita hanya perlu mencari dua kartu yang memiliki simbol yang sama namun dalam baris yang berbeda. Setelah semua kartu habis, kita akan mendapat score. Menurut saya sih game mahjong ini menyenangkan dan beneran bikin rilex.


2. Game Mencari Kata


Meski sedikit menantang, namun game mencari kata adalah permainan yang seru dan bikin rilex bagi saya.

Seperti permainan kata di solitaire.org yang saya mainkan, yaitu Daily Word Search Puzzle yang memiliki papan kata yang harus ditebak disebelah kiri dan papan deretan huruf untuk mencari kata tersebut di sebelah kanan. Ini seru sih! Selain ada sense of challenge-nya juga bisa menambah perbendaharaan kata kata bahasa inggris. Double manfaat bukan?

Permainan ini seperti TTS sih sebetulnya, namun tidak kita isi manual melainkan mengklik tarik kesamping atau kebelakang kata yang tersusun dan permainan secara otomatis meng highlight kata tersebut jika benar. 

Setiap permainan berbeda tebak kata tentu saja, jadi level kesulitannya juga berbeda tergantung se-jeli apa mata kita melihat papan huruf, hehe. Biasanya saya menghabiskan waktu 5-7 menit untuk satu level permainan. Wah ini menantang dan seru ya?


3. Game Menukar Posisi Benda


Game menukar posisi benda hingga tersusun tiga benda lalu pecah dan mendapat skor seperti Candy House Match 3 di soliatire.org adalah favorit saya.

Candy House di solitaire.org memiliki tampilan sederhana yang menyajikan papan permainan dengan bentuk kotak warna warni. Langkah dasar game Candy House adalah menukar atau membalikkan posisi kotak yang berdekatan secara vertikal atau horizontal yang memiliki warna yang sama sebanyak tiga kotak.

Bagi saya Candy House seru sih, bahkan bisa menghabiskan waktu 30 menit lebih untuk menyelesaikan satu permainan! hihihi.


4. Game Menebak Benda Tersembunyi


Diantara semua game penghilang stress, game ini yang paling saya sukai. Karena seru gitu loh menebak benda tersembunyi di antara papan gambar yang warna antara benda hampir sama. Selain itu Garden Secrets Hidden Objects di solitaire.org juga terdapat fitur music on lagu instrumental piano. Selain bikin rilex juga sekaligus meditasi ya, hehe.


5. Game Pecah Bola


Apa itu game pecah bola? Memecahkan bola gitu? Iya, seperti si kodok Zuma! Tahukan Mom? Hehe. Yess!! game Zuma emang jadi game penghilang stress favorit ibu-ibu ya termasuk ibu saya, hahaha.

Gimana ya? Game ini emang beneran seru sih, gak afdol rasanya kalo gak bisa menyelesaikan satu level mecahin bola si Zuma kodok. Asli! game ini seru sih buat saya setelah game hidden object.

Cara memainkannya sederhana ya, hanya tinggal pilih warna bola yang sesuai dengan bola yang ada di mulut si kodok, terus TEMBAK! dan duarrr! Deretan tiga bola atau lebih dengan warna sama yang sedang berjalan pun pecah dan kita mendapat skor. Asyik ya!



Kesimpulan


Game penghilang stress yang sering saya mainkan di solitaire,org diatas emang beneran bisa bikin stress saya hilang. Saya juga mendapat after effect perasaan senang setelah bermain game penghilang stress.

Btw, kenapa harus di solitaire,org sih? Karena Game di solitaire.org bisa dibilang game sederhana yang cocok dimainkan orang dewasa untuk melepas stress, istirahat dari rutinitas sekaligus menjadi kegiatan untuk bersenang-senang.

solitaire.org merupakan situs penyedia game online tanpa download. Cukup klik aja situsnya terus cari deh game penghilang stress yang disukai. solitaire,org bisa diakses lewat peramban seperti chrome, mozilla atau peramban lainnya baik di smartphone, tablet maupun PC.

Menyenangkan bukan? Yuk kita relax sejenak dari rutinitas agar tidak stress dengan bermain game penghilang stress. Jangan lupa ya Mom agar bisa memainkan game penghilang stress di solitaire.org, pastikan terlebih dahulu koneksi internet rumah terpasang dengan baik dan gunakan provider internet yang kecepatannya stabil dan tahan cuaca. Tentu saja agar ketika main game tidak tetiba mati, kan nambah stress ya? Hahahaha.

Btw, diantara game penghilang stress diatas, yang mana yang jadi favorit Mom? Share dong di kolom komentar.

9 komentar

  1. Solitaire.org punya banyak bgt koleksi permainan seru dan ringan. Bisa buat anti jenuh, melatih saya ingat, dan konsentrasi.

    BalasHapus
  2. Wah aku sering dulu mainan mahjong pas masih jamannya sewa cd aplikasi n game seru ya sekarang udah lebih mudah karena bisa online ga perlu bebanin space hardisk buat diinstal

    BalasHapus
  3. Dulu aku suka sudoku tuh kalau ngegame, di koran suka ada. Haha...jadul banget. Sekarang ada solitaire banyak banget pilihan game. Yang gampang-gampang sih aku, biar engga malah setres kalau sulit. Haha...

    BalasHapus
  4. Game game sederhana kayak gini yang akhir-akhir ini lagi kucari soalnya emang bisa banget buat jadi tempat untuk menghilangkan stress

    BalasHapus
  5. Haha me time aku juga makan seblak dan drakoran. Meski aku gak terlalu suka game, tapi aku setuju kalau game itu penghilang stress. Fokusnya jadi teralihkan untuk memecahkan masalah di game ya. Aku penasaran sama game menukar posisi benda, kayanya seru ya. Tapi, aku tiba2 jadi inget Zuma game satu-satunya yg aku mainkan waktu ngerjain skripsi beneran bikin stress ilang 😂

    BalasHapus
  6. Me time banget sih memang kalau ngegame tuh. Apalagi pilihannya banyak...Ditambah lagi bisa sambil online main gamenya, engga ribet deh...

    BalasHapus
  7. Lumayan lengkap juga Solitaire. Mana gratis pula. Aku sih sering coba game zuma old. Lumayan sambil nostalgia. Hehe

    BalasHapus
  8. Kadang saya memilih bermain game kalau pikiran sangat kusut. Semua rekomendasi di atas termasuk kesukaan saya, karena bisa jadi semacam alat asah otak juga

    BalasHapus
  9. Iya banget lagi hahaha. Aku betah lama-lama main game kartu

    BalasHapus