Logo Komunitas BRT Network

Rekomendasi Oven Tangkring Aluminium Untuk Pastry dan Bakery

Rekomendasi Oven Tangkring Aluminium  Untuk Pastry


Halo Mom beb,
Bicara soal memilih oven tangkring, pastinya ada banyak pilihan jenis dan merek oven tangkring yang bisa dipilih ya. Saya pernah membahas soal jenis oven tangkring yang tersedia di pasaran terutama marketplace.

Salah satu jenis oven tangkring yang banyak diproduksi dan digunakan adalah oven tangkring aluminium. Hal ini dikarenakan karakter alumunium yang anti karat, awet dan tahan lama.

Lantas apa saja rekomendasi merek oven tangkring alumunium terbaik untuk membuat pastry dan bakery yang tersedia di marketplace? Yuk baca selanjutnya.

Mengenal Material Aluminium Untuk Membuat Oven Tangkring  


Dikutip dari situs wanibesak  dan Britannica, Aluminium merupakan salah satu logam yang cenderungan kuat bergabung dengan unsur umum lainnya sehingga tidak terdapat di alam dalam bentuk logam. Alumunium berasal dari bijih bauksit yang kemudian dilakukan pemurnian bauksit dan menghasilkan alumina serta peleburan alumina untuk menghasilkan aluminium.  

Alumunium banyak digunakan untuk perlatan rumah tangga, elektronik dan konstruksi karena karakternya yang awet, tahan lama dan anti karat termasuk oven tangkring. 

Terdapat tiga jenis oven tangkring berdasarkan material bahannya, yaitu oven tangkring aluminium, oven tangkring stainless steel dan oven tangkring galvalum. Diantara ketiga bahan material tersebut, umumnya oven tangkring yang tersedia di pasaran merupakan oven tangkring yang terbuat dari material aluminium.

Oven tangkring Aluminium memiliki unsur logam aluminium yang merupakan logam non-besi berwarna putih keperakan dari golongan utama 13 tabel periodik atau keluarga kelompok Boron .


aluminium berasal dari
Bijih Bauksit yang merupakan sumber logam aluminium  


Lantas apa kelebihan material aluminium sehingga digunakan untuk membuat oven tangkring ? Oven tangkring menggunakan material aluminium dikarenakan karakternya yang anti karat, awet dan tahan lama.

Bagaimana aluminium bisa memiliki karakter anti karat?


Bagaimana aluminum bisa anti karat? Karena aluminium memiliki self-healing mechanism melalui proses reaksi dengan udara berupa korosi membentuk lapisan oksidasi aluminium (Al2O3) yang terjadi secara terus menerus. Jadi, ketika ada goresan atau reaksi dengan udara, aluminium akan melakukan proses oksidasi membentuk lapisan kerak putih.

Dikutip dari testbook.com, lapisan oksida aluminium menghalangi zat korosif agar tidak langsung bersentuhan dengan permukaan aluminium yang lebih dalam. Lapisan oksida ini juga melekat kuat pada permukaan aluminium dan tidak mudah terlepas, sehingga membuat aluminium lebih kuat, awet dan tahan lama.

Bahkan jika lapisan kerak putih sudah terbentuk dan kembali rusak, dia akan membentuk lapisan oksidasi baru untuk menggantikan lapisan yang rusak. Waaah keren ya, memang kita aja yang bisa self healing? Aluminium juga dong! hehe

Bicara soal korosi, perlu diketahui bahwa korosi dan karat merupakan dua hal yang berbeda. Umumnya kebanyakan masyarakat menyebut semua logam yang rusak dan usang disebabkan karena karat. Namun tahukah mom jika aluminium tidak mengalami karat melainkan mengalami proses korosi?

Jadi karat itu apa? Berkarat merupakan salah satu bentuk korosi akibat proses oksidasi akibat interaksi logam dengan air atau uap air. Akan tetapi, proses karat hanya dialami oleh material besi dan baja.

Sedangkan korosi merupakan proses pengikisan logam yang disebabkan oleh oksidasi yang menyebabkan timbulnya lapisan kerak putih yaitu aluminium oksida. Aluminium oksida yang terbentuk seperti kerak putih akibat korosi merupakan lapisan pelindung pada area aluminium yang terkorosi agar material tidak rusak seperti halnya besi berkarat.

mengapa aluminum anti karat
sifat anti karat aluminium

Alasan Material Alumunium Cocok Digunakan untuk Bahan Oven Tangkring


Selain anti karat, material alumunium sangat tepat digunakan bahan untuk membuat oven tangkring karena sifat kimianya, yaitu :
  • Aluminium memiliki reaktifitas tinggi dengan oksigen yang membentuk lapisan oksida pelindung
  • Aluminium tahan terhadap banyak asam umum namun rentan terhadap larutan basa kuat, oleh sebab itu bisa dibersihkan menggunakan asam cuka tapi jangan menggunakan asam anorganik
  • Aluminium dapat bereaksi dengan halogen dan nitrogen dan reaksi oksidasi-reduksi .
  • Aluminium dapat dicampur dengan jenis logam lain yang dapat mengkatalisis reaksi kimia tertentu sehingga membentuk material lebih kuat seperti galvalum
  • Aluminium menunjukkan konduktivitas termal dan listrik yang baik sehingga menjadi material yang ringan dan nonmagnetik sehingga oven tangkring berbahan alumunium memiliki daya sebar panas merata keseluruh bagian dalam oven.
kelebihan aluminium untuk material oven tangkring
aluminium sebagai material oven tangkring

Sifat kimia aluminium tersebut di atas menjadi kelebihan aluminium dibandingkan material lain. Oleh sebab itu aluminium banyak digunakan untuk membuat peralatan dapur dan rumah tangga.

Oven Tangkring Aluminium Untuk Pastry dan Bakery itu yang Seperti Apa?


Membuat pastry dan bakery tentu saja bisa dilakukan dengan menggunakan oven tangkring. Banyak industri kue rumahan yang menggunakan oven tangkring meski kebanyakan memang pengguna oven tangkring adalah ibu rumah tangga atau mereka yang sedang belajar pastry dan bakery serta untuk keperluan rumah tangga saja.

Oven tangkring seperti apa yang sebaiknya kita pilih untuk membuat pastry dan bakery? Berikut syaratnya :
  • Oven tangkring untuk membuat pastry haruslah oven tangkring yang memiliki panas api atas dan bawah agar pemanggangan pastry terutama croissant rata sempurna
  • Oven tangkring untuk membuat pastry harus dilengkapi dengan termometer agar bisa memantau suhu pemanggangan pastry
  • Oven tangkring untuk membuat pastry harus dilengkapi dengan layanan garansi dan memiliki nomor SNI
oven tangkring pastry
oven tangkring untuk pastry


Rekomendasi Oven Tangkring Aluminium Terbaik Untuk Pastry


Oven tangkring aluminium yang tersedia di marketplace terdiri dari berbagai merek yang pastinya akan membuat Mom beb sedikit kebingungan. Berikut rekomendasi oven tangkring aluminium terbaik marketplace untuk membuat pastry dan bakery, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Oven Tangkring aluminium HOCK


Oven tangkring aluminium Hock merupakan oven tangkring yang banyak digunakan untuk membuat pastry dan bakery bahkan memanggang ayam. Kelebihan oven tangkring Hock adalah desainnya yang bagus, menggunakan material aluminium terbaik dan telah teruji kualitasnya setelah dan merk Hock sudah ada sejak tahun 1968.

Oven tangkring aluminium Hock memiliki  8 variasi produk dan harga yang disadur dari situs Hock, yaitu :
  • Oven Putaran Hawa 01 Rp 1.100.000
  • Oven Putaran Hawa 02 Rp 855.000
  • Oven Putaran Hawa 03 Rp 525.000
  • Oven Putaran Hawa 04 Rp 425.000
  • Oven Tempat Arang 01 Rp 1.200.000
  • Oven Tempat Arang 02 Rp 900.000
  • Oven Tempat Arang 03 Rp 550.000
  • Oven Tempat Arang 04 Rp 435.000
  • Oven Putaran Hawa Zinc OZA04PH Rp 280.000
  • Oven Putaran Hawa Zinc OZA03PH Rp 370.000

oven tangkring hock
Varian oven tangkring aluminium hock (sumber situs Hock)


Perbedaan dari setiap varian terletak dari jenisnya yaitu oven putaran hawa dan oven tempat arang serta ukuran. Namun dari segi fitur, semua varian oven tangkring Hock memiliki fitur yang sama yaitu : 
  • Bahan alumunium tebal, kokoh dan kuat tidak mudah bengkok
  • Dapat digunakan untuk memanggang segala jenis roti, kue, ikan dan ayam
  • Dilengkapi dengan penunjuk suhu oven
  • Dilengkapi dengan piring panggangan ayam
  • Aman, kuat & tahan lama
  • Body aluminium tebal yang terbuat dari aluminium tebal anti karat, kuat dan tahan lama.

2. Oven Tangkring aluminium Bima


Jika kita mencari oven tangkring aluminium Bima di marketplace, kita akan menemukan banyak sekali merek Bima yang tersedia. 

Lantas yang manakah merek oven tangkring aluminium Bima yang asli? Agak sulit menyatakan mana oven tangkring Bima yang asli tapi kita bisa meneliti mana yang asli jika oven tangkring Bima yang akan kita beli memiliki kartu petunjuk manual dan kartu garansi.

Jadi jika Mom tertarik memiliki oven tangkring merek Bima, pastikan produk tersebut memiliki petunjuk manual dan kartu garansi karena hal ini mengindikasikan bahwa oven tangkring Bima yang akan kita miliki sudah diproduksi sudah memenuhi standar SNI.

Berikut merek oven tangkring Bima yang tersedia di marketplace dengan harga mulai dari Rp.90.000, yaitu :
  • Oven tangkring Bima Pandawa
  • Oven tangkring Bima Mandiri
  • Oven tangkring Bima Jaya
  • Oven tangkring Bima Yuda
  • Oven tangkring Bima Sakti
  • Oven tangkring Bima KM
  • Oven tangkring Bima Star
  • Oven tangkring Bima Super

oven tangkring bima asli
Berbagai merek oven tangkring Bima aluminium (Sumber Shopee)


merek oven tangkring bima
Oven tangkring aluminium Bima Km (Sumber Shopee)


3. Oven Tangkring aluminium Dua Saudara


Oven tangkring Dua Saudara merupakan salah satu oven tangkring aluminium yang memiliki material alumunium tebal, kokoh, kuat dan anti karat dengan dua ukuran oven yaitu 36×32×35 dan 40x40x35. Saya menggunakan oven tangkring Dua Saudara dirumah untuk membuat puff pastry dan kue kering. Hasilnya? Cukup memuaskan. Hasil panggangan bagus, panas merata dan memang awet dan gak berkarat.

oven tangkring dua saudara
Oven tangkring aluminium Dua Saudara (sumber Tokopedia)


Oven tangkring aluminium Dua Saudara tersedia di marketplace dengan harga mulai dari Rp189.000 (ukuran 36×32×35) dan mulai dari Rp Rp326.700 (ukuran 40x40x35).

4. Oven tangkring aluminium wahyu group


Oven tangkring aluminium dari Wahyu Group memiliki kualitas dan harga yang mirip dengan oven tangkring Dua Saudara. Yang membedakan adalah desain rak oven dimana oven tangkring Dua Saudara memiliki rak oven dengan plat lebih besar sedangkan rak oven Wahyu Group seperti rak oven tangkring pada umumnya yang menggunakan kawat. Oven tangkring Wahyu Grup memiliki ukuran luar oven 33x34,5x37 dengan harga mulai dari Rp. 190.000.

oven tangkring wahyu grup
Oven tangkring aluminium wahyu grup (sumber Tokopedia)

Kesimpulan, Sesuaikan Pilihan Oven Tangkring Dengan Kebutuhan dan Budget


Yes! Rekomendasi oven tangkring alumunium diatas hanya saran ya Mom beb. Pilihan tergantung pada kebutuhan dan budget yang sudah ditentukan. Namun jika mom beb menginginkan oven tangkring alumunium untuk penggunaan jangka panjang, maka saya menyarankan merek yang menyediakan garansi sebagai jaminan keaslian dan kualitas produk.

Biasanya untuk keperluan rumah tangga dan elektronik, kualitas seringkali kali dikaitkan dengan harga. Maka, istilah harga gak akan bohong itu memang benar adanya. Lebih baik membeli produk seperti oven tangkring aluminium dengan harga agak pricey namun memiliki kualitas terbaik, kuat, tahan lama dan awet dibandingkan membeli dengan harga minimalis dengan kemungkinan mudah rusak sehingga harus repurchase dan mengeluarkan biaya lebih besar.

Terlebih membeli oven tangkring aluminium untuk keperluan pastry dan bakery, maka diperlukan oven tangkring aluminium yang tidak hanya kuat, kokoh, awet dan anti karat namun juga memiliki daya sebar panas merata.

Referensi :
https://hock.id/
https://www.omahbse.com/blog/bagaimana-aluminium-dapat-melindungi-dirinya-dari-korosi/
https://testbook.com/chemistry/chemical-properties-of-aluminium
https://www.allmetalsfab.com/does-aluminum-rust/
https://www.kawanlama.com/blog/tips/cara-membersihkan-aluminium
https://www.maintenancechemical.com/2016/03/30/dapatkan-alumunium-berkarat-rust-bullet
https://ilmukomunikasi.uma.ac.id/2023/07/29/sejarah-terjadinya-korosi-dan-erosi/
Shopee
Tokopedia

19 komentar

  1. Terim akasih ulasan beberapa jenis oven tangkring nya, Kak. Siapa tahu besok-besok mau tambah oven tangkring buat usaha, jadi ada gambaran dari tulisan ini

    BalasHapus
  2. kalau kakakku punya yang Bima kak Eka.
    udah lumayan juga bebikinan cake dan cookies di situ.
    dan menurut daku termasuk ringan juga, gak berat untuk dipindah-pindahkan

    BalasHapus
  3. Baru tau namanya oven tangkring. Meski sederhana, tapi bermanfaat banget untuk bikin kue ya. Harganya juga lebih terjangkau dan pastinya anti karat juga. Saya juga pernah beli satu oven tangkring, tapi lupa merek apa. Lumayan ngebantu banget untuk bebikinan kue menjelang lebaran. Istri saya demen banget jadinya bikin kue, eheheheheheh...

    BalasHapus
  4. Wahhh ilmu baru nihh. Aku ada oven tangring punya nenekku tapi ngga tahu deh tuh ada termometernya apa ngga wkwkwk. Cocok yah buat yang demen bikin pastry gitu. Sebenernya aku juga pengen belajar bikin pastry. Untung baca artikel ini jadi tahu syaratnya milih oven tangring yang paling pas buat bikin pastry & bakery.

    BalasHapus
  5. Wah jadi makin paham sama oven tangkring..banyak juga ya jenisnya. Umma punya yang Bima. Tapi sampai hari ini masih belum bisa menggunakan dengan baik dan benar. Tetapi bisa jadi alternatif microwave low budget

    BalasHapus
  6. Oven putaran itu maksudnya gimana, Teh. Kalau daku pake oven listrik sih tapi di rumah mama ada oven tangkring. Di sini yg terkenal merek Bima.

    Jadi kalau oven aluminium maksimal dipake berapa tahun?

    BalasHapus
  7. Sudah banyak nih yang keluarin oven tangkringnya untuk bikin nastar hehehe. Dan memang oven tangkring ini, semakin sering dipakai malah semakin bagus ya, Mbak. Apalagi sekarang sudah pakai gas yang apinya lebih stabil. Dulu pakai kompor sumbu, kadang tidak rata. Dan di rumah juga pakai oven tangkring Hock.

    BalasHapus
  8. Oven tangkring merek Hock lumayan familiar kayanya di ibu-ibu. Harganya juga lumayan bervariasi, bisa menyesuaikan dengan budget yang kita punya. Apalagi sekarang menjelang lebaran, pasti banyak yang siap-siap bikin kue kering, bagi yang belum punya oven, cocok nih rekomendasinya

    BalasHapus
  9. Ternyata ada gradenya juga ya si oven tangkring ini... tapi entah sugesti atau bagaimana, tapi kalau sedang memanggang kue, rasanya hasilnya lebih cepat matang dan enak jika dibandingkan dengan oven listrik, kalau menurutku sih hehe

    BalasHapus
  10. Ternyata aluminium itu berasal dari biji bauksit, ya. Saya pikir ya aluminium itu aslinya tersedia dalam bentuk logam aluminum gitu. Jadi ingat kimia kalau bicara logam. Tapi emang sih, kelebihan aluminum ini anti karatnya itu.

    BalasHapus
  11. Memang keren ya kak ovennya. Bagi yang punya usaha kue atau yang suka masak kue, ini beneran bisa jadi oven paling terpakai sih karena anti karat yang otomatis bisa lebih awet.

    BalasHapus
  12. Oven ini legend banget sih, dirumah malah masih dan masih digunakan membuat bolu dan juga kue kering. Justru menurut nenek, ia lebih terbiasa menggunakannya dan bisa mengukur panas yang diinginkan dengan mudah

    BalasHapus
  13. Oven legend sih kalau dari Hock ini dari zaman puluhan tahun lalu keluarga ibu sudah pakai.

    BalasHapus
  14. Baru kemarenan tanya² oven legend ini sama kakak, haha.. Rasanya pengen banget bebikinan kue segala macem, cobain hal baru kayak teh Eka ini, wkwk..

    BalasHapus
  15. ini cocok banget utk ibu-ibu yang suka masak kue tapi gk punya alat ovennya, kalo diliat dari harganya, menurut saya pribadi masih cukup standar bahkan ada banyak pilihannya lho, mantep dah,

    BalasHapus
  16. Melihat harganya sangat bervariasi ya, bisa membeli dan memilih sesuai dengan kebutuhan kita dan ini kayaknya merek udah lama banget ya sudah terjamin kualitasnya pastinya

    BalasHapus
  17. eh ya ampun, udah lama aku ga lihat oven ini. dulu mamaku suka bikin kue pake oven tangkring ini, tapi itu waktu aku kecil xD sekarang entah kemana, hihi

    BalasHapus
  18. Wahh banyak juga yaa jenis nya, beli ini jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yaahhh biar jadi pertimbangannya. Mantep nih biar gak salah beli.

    BalasHapus
  19. Oh, aku baru tau kalau banyak sekali variasi oven tangkring aluminium ini yaa..
    Aku pikir hanya satu macam aja. Karena tetanggaku juga beli dan aku gaya-gayaan beli oven listrik. Alhasil, lebih enak punya oven tangkring aluminium euuii~

    Selain lebih luas dan panasnya lebih bagus terdistribusi sempurna ke berbagai area kue yang akan dipanggang. Langsung ngajuin proposal buat beli oven tangkring aluminium. Hehheeh~

    BalasHapus