mamajokaa food blogger bandung

Resep Spandauer Danish Pastry Manis Original yang Mudah Dibuat

resep spandauer danish yang mudah dibuat
Resep Sapndauer Danish manis mudah dibuat (sumber image skandibaking)


Dari sekian banyak jenis Danish pastry, Spandauer adalah Danish pastry paling klasik dan original. Spandauer merupakan original Danish pastry Denmark.

Jika kita berkesempatan mengunjungi Denmark, jangan sampai melewatkan mencicipi Danish pastry klasik dan original yang satu ini. Tapi, kita tidak perlu jauh - jauh pergi ke Denmark hanya untuk mencicipi Spandauer. Mengapa? Karena kita bisa membuatnya sendiri dirumah. Waaah, menarik bukan?

Yuk baca selanjutnya untuk mengetahui resep Spandauer Danish manis yang mudah dibuat. Resep ini saya kutip dan modifikasi dari Home chef pastry sekaligus food blogger Emma dan Sofie, adik-kakak keturunan asli Denmark - American yang kini menetap di Birmingham, England and Boston, USA.

Jenis - Jenis Danish Pastry Klasik dan Asli Denmark


Banyak para mom yang mengira jika pastry itu hanyalah puff pastry, Croissant, dan Cromboloni. Tapi tahukah mom jika pastry memiliki banyak jenis? Salah satu jenis pastry yang tidak kalah enak dan crunchy dengan ketiga jenis pastry diatas adalah Danish pastry.

Namun berbeda dengan Puff pastry, Danish pastry merupakan pastry manis yang dibuat menggunakan adonan dasar pastry dan ragi. Bahan - bahan inilah yang membuat Danish pastry memiliki karakter crunchy dan berlayer seperti halnya Puff pastry namun empuk seperti roti. Selain itu, Danish pastry juga mampu menampung topping lebih berat seperti buah - buahan jika dibandingkan Puff pastry.

Jika pastry memiliki enam jenis yaitu Puff pastry, Shortcrust pastry, Choux pastry, Filo pastry, Suet crust pastry, dan, Croissant. Maka Danish pastry juga memiliki lima jenis, yaitu :
  1. Spandauer Danish
  2. Frøsnapper Danish
  3. Direktorsnegl Danish
  4. Tebirkes Danish
  5. Kanelstang Danish

Kelima jenis Danish pastry diatas merupakan jenis Danish pastry klasik dan original yang dalam perkembangannya banyak dimodifikasi termasuk Spandauer Danish.

Apa Itu Spandauer Danish?


Spandauer Danish adalah Danish pastry asli Denmark yang dikenal dengan julukan 'Baker's Bad Eye' berbentuk lingkaran dengan filling atau isian pastry berupa krim, buah atau selai dengan lapisan gula di atasnya.

Di Negara asalnya Denmark dan wilayah Eropa timur, Spandauer Danish kerap disantap di pagi hari sebagai menu sarapan, dan camilan sore hari ditemani kopi atau teh.

Spandauer Danish memiliki sejarah unik dimana Danish pastry yang satu ini memiliki nama yang diambil dari nama bekas penjara Spandau di Berlin antara tahun 1876-1987. Bentuk adonan Spandauer Danish merupakan manifestasi empat menara Spandau di Berlin tersebut.

Spandauer Danish sangat terkenal di Denmark yang menjadi kuliner khas lokal dan banyak tersedia di seluruh toko cake and bakery di Denmark.

Namun, di Denmark Spandauer Danish memiliki nama lain yaitu “wienerbrød,” atau “roti Wina,” karena pembuat Danish Pastry asli adalah baker dari Austria yang membawa resep dan membuat Danish pastry di Denmark.

spandauer danish pastry adalah
Pengertian Spandauer Danish pastry dan asal usulnya


Tips Sukses Membuat Spandauer Danish


Agar Spandauer Danish yang kita buat berhasil, merekah, crunchy dan enak maka perhatikan Hal - hal berikut ini, yaitu :
  1. Oleskan mentega di atas loyang atau carlo agar setelah matang, Spandauer Danish tidak lengket di loyang dan sulit dipindahkan.
  2. Perhatikan penggunaan mentega dimana sangat disarankan menggunakan mentega cookies dengan persentase lemak lebih tinggi dan mengandung lebih sedikit air. Mentega yang digunakan juga tidak boleh terlalu dingin saat digunakan dalam proses laminasi karena hal tersebut akan menyebabkan adonan retak saat digulung dan dilipat.
  3. Durasi proofing minimal 2 jam untuk menghindari gagalnya adonan
  4. Perhatikan Adonan Spandauer Danish. Pastry dan Danish pastry memang terkenal dengan teknik membuat adonan yang cukup rumit dan membutuhkan waktu cukup lama. Mulai dari membuat adonan, melipat, resting dan kembali melakukan hal yang sama hingga tiga hingga empat kali sampai adonan terbentuk.
  5. Gunakan Danish pastry sheet sebagai solusi mudah, praktis dan efisien dalam membuat Spandauer Danish. Mom dapat menggunakan Danish pastry instan yang tersedia di marketplace, toko bahan kue atau toko frozen food.
  6. Jangan menggilas adonan terlalu tipis ataupun terlalu tebal. Pastikan ketebalan mencapai 3 - 2 cm
  7. Pastikan suhu pemanggangan tidak kurang dari 190°

tips membuat spandauer danish berhasil
Tips membuat Spandauer Danish pastry berhasil dan sukses


Resep Spandauer Danish Manis


Pastinya Mom bertanya - tanya, Danish pastry terbuat dari apa? Danish pastry terbuat dari adonan dasar pastry pada umumnya namun ditambahkan ragi. Jika demikian, Apakah croissant dan danish pastry sama? Bukankah Croissant juga diberikan ragi pada proses pembuatannya? Ya tepat sekali. 

Meski sama-sama berbahan ragi, Croissant dan Danish pastry memiliki perbedaan bentuk dan rasa dimana Croissant cenderung asin dan sementara Danish pastry cenderung manis.

Yuk kita re-baking Spandauer Danish pastry menggunakan resep berikut ini yang menggunakan adonan dengan takaran untuk 12 porsi.

Bahan - Bahan Adonan Spandauer Danish

  • 1 lembar Danish pastry sheet
  • Secukupnya Custard/cream cheese
  • Secukupnya Selain strawberry
  • Secukupnya Gula halus
  • Secukupnya Icing sugar (sejenis gula yang dicairkan namun teksturnya seperti krim)
  • Secukupnya Carlo
  • Egg wash

Cara Membuat Spandauer Danish

  1. Siapkan Danish pastry sheet, keluarkan dari lemari es dan biarkan sebentar pada suhu ruang
  2. Potong adonan 30 x 30 cm lalu gilas hingga mencapai ketebalan 3 cm
  3. Potong adonan menjadi 6 buah kotak sama sisi
  4. Beri topping potongan kotak tadi dengan custard atau cheese cream
  5. Lipat setiap sudut ke arah tengah dan kunci dengan menggunakan sedikit air
  6. Beri topping selai strawberry tepat di bagian tengah
  7. Pindahkan semua Spandauer anish yang sudah dibentuk di atas loyang yang sudah diolesi mentega atau carlo
  8. Tutup dengan plastik dan proofing hingga 2 jam
  9. Setelah proofing, olesi Spandauer Danish dengan egg wash dan panggang dengan suhu 190°C - 220°C selama 20 menit
  10. Setelah matang, keluarkan dari oven dan letakan di atas piring ceper dan hiasi dengan gula halus atau icing sugar

cara membuat spandauer danish pastry
Cara membuat Spandauer Danish pastry yang mudah

resep spandauer danish simple
Resep Spandauer Danish simple


Cara membuat Icing Sugar

Spandauer Danish tanpa icing sugar bukanlah Spaundauer Danish original. Kita bisa membuatnya terlebih dahulu sambil menunggu proofing adonan. Cara membuatnya sangat mudah dengan bahan sederhana. 

Bahan : 


100 gr gula halus
25 ml putih telur
1/2 sdt cream of tar

Cara Membuat : 

  1. Siapkan semua bahan
  2. Ayak gula halus guna menghindari tekstur yang bergerembul
  3. Siapkan putih telur saja
  4. Masukan putih telur ke dalam gula halus
  5. Tambahkan cream of tar
  6. Mixer dengan kcepatan sedang hingga tekstur berubah menjadi seperti pasta


Kesimpulan


Bagaimana mom, mudahkan membuat Spandauer Danish? Mudah banget lah ya kan menggunakan Danish pastry sheet, hehehe. Tapi jika mom ingin membuat adonan Spandauer Danish sendiri tentu lebih baik ya. Dengan demikian kita bisa memilih terigu, mentega dan bahan lainnya sesuai dengan standar baking sendiri.

Selain Spandauer Danish, mom juga bisa membuat aneka jenis Danish pastry lainnya seperti Braid Fruit Danish pastry yang tidak kalah enak dan crunchy. Selamat re-baking.

Referensi :
https://skandibaking.com/spandauer-danish-pastry-with-custard-or-jam/
https://www.youtube.com/watch?v=w_WVzC0oRY8
https://www.scandiculture.org/blog/best-danish-pastries

6 komentar

  1. Pastry itu memang gak matinya. Mau diolah gimanapun selalu saja cantik tampilannya, enak pula rasanya. Duh ini baru lihat fotonya aja aku dah ngiler. Segera mau nyontek resepnya deh

    BalasHapus
  2. Saya sangat sering melihat jenis pastri ini di vlog orang Indonesia yang menetap di Eropa. Kelihatan lezat dan chruncy di luar dan lembut bagian tengahnya. Manis pula. Jadi pengen hunting pastry deh, kalau bikin belum siap alat dan waktunya, haha

    BalasHapus
  3. Dari namanya, lumayan unik ya, hehe...Ada Frøsnapper, Direktorsnegl Danish
    Tebirkes Danish, Kanelstang Danish, dan sejenisnya. Pastinya rasanya unik juga. Hehe... Sepertinya perlu coba buat nih walaupun nggak tau ada alatnya atau belum. Hehe...

    BalasHapus
  4. Saya kira membuat Pastry itu sulit tapi setelah membaca tulisan ini saya jadi tahu cara mudah dalam membuat Pastry. Rasa dari pastry ini memang enak, kombinasi manisnya pastry dengan isiannya tentu akan membuat kita sulit untuk berhenti menikmatinya

    BalasHapus
  5. Pengen bikiiin iiih. Kapan itu di Superindo beli kulit pastry. Di kemasannya ada gambar Danish Pastry sih. Nah...isinya nih, harus disiapkan dulu yah. Hum...ngebayanginnya aja udah ngences...hehe...

    BalasHapus
  6. Kalau lihat resep dan caranya, kelihatannya tidak susah, ya. Apalagi ada bisa beli pastry-nya dan tinggal membuatnya. Kalau harus bikin dulu, saya nyerah duluan kecuali memang ada tantangan yang harus diselesaikan.

    BalasHapus