Logo Komunitas BRT Network

Tips Membuat Blog Plan Mom Blogger 2022

tips bikin perencanaan ngeblog untuk blog parenting
Tips Membuat Blog Plan Mom Blogger 2022 (source : free image from Unsplash)


Penting gak sih membuat blog plan mom blogger? penting banget dong. Apalagi dua minggu lagi kita bakalan memasuki tahun 2022. Itu artinya kita bakalan menghadapi suasana baru, lembaran baru dan tantangan baru. Untuk mempersiapkan semua itu, yang namanya blog plan tentu harus disiapkan ya.

Sebetulnya gak harus untuk mom blogger juga, kalian blogger dengan kategori apapun tentu harus bikin juga blog plan. Tujuannya agar apa?

Blog plan bertujuan agar artikel blog rapi, tersusun dan terstruktur terus nongkrong manis di page one. Artikel di blog yang baca banyak  terus dapat JR atau CP. Agar semua hal itu terwujud tentu harus bikin perencanaan. Perencanaan itu lah yang dituangkan ke dalam Blog Plan Mom Blogger 2022. Apa aja sih blog plan yang dibuat? seperti apa contohnya? yuk lanjut.

Hal Penting Dalam Membuat Blog Plan Mom Blogger


Selain Mamajokaa, saya juga punya blog lain dengan niche berbeda. Karena saya suka coret - coret gabut di kertas gambar dan sedikit adiksi terhadap seni jadi saya bikin blog dengan niche seni dan desain, artjoka. Jadi saya gak bisa bikin blog plan hanya untuk satu blog aja. Nah, perencanaan blog  Mamajokaa merupakan hasil perencanaan keseluruhan.

Ribet gak sih ? susah gak sih? gak juga. Kalau perencanaan udah dibuat sesuai kebutuhan dan kesanggupan pasti bisa jalan. Hasil perencanaan ngeblog ini juga merupakan evaluasi saya selama hampir 3 tahun ngeblog. Masih piyik sih ya usia karir saya di dunia blog, hehehe.

Sebelum bikin perencanaan blogging, hal penting apa sih yang harus diperhatikan? berikut poin - poin nya :

1. Target Utama


Sebagai blogger, mau itu blogger dengan niche A, B, C atau Z sekalipun pasti punya yang namanya target atau goals. Target ini adalah hal yang ingin kita raih selama kita menjadi blogger. Jangka waktu pencapaian target ini bisa bulanan atau tahunan.

Untuk mom blogger sendiri gimana? saya bikin target bulanan juga tahunan. Tujuannya tentu agar target yang dibuat terukur dan bisa terealisasi secara perlahan.

2. Kesanggupan Dalam Bekerja dan Belajar


Setelah menetapkan target ngeblog selama setahun atau sebulan, selanjutnya adalah mengukur. Apa yang diukur? jalan raya? lingkar pinggang? hehe, bukanlah. Tapi mengukur kesanggupan kita untuk bekerja ngeblog disesuaikan dengan kegiatan kita lainnya.

Ceritanya kan kita emak-emak, tugas kita bukan hanya duduk manis depan laptop terus mengetik sambil makan cemilan dan dengerin BTS atau nonton drakor seharian. Itu rumah gak mungkin juga kita diemin kalo berantakan apalagi udah berantakan layaknya kandang sapi. Tentu kita kudu beres-beres rumah juga.

Terus, Itu yang namanya cucian kudu dicuci dan disetrika, anak - anak harus dimandiin dan keramas. Kita kudu masak atau setidaknya nyiapin makan.

Apa kabar dengan aktualisasi? jangan lupa, si dia juga perlu disapa dan di senangkan hati nya sesekali, misalnya baca buku favorite. Agar emak tetap waras menjalani profesi mulia sebagai emak dan blogger.

Coba kita evaluasi dan renungkan, berapa persen kesanggupan  stand by depan komputer untuk bekerja ngeblog baik nulis artikel, riset, optimasi dan belajar sambil mengerjakan jobdesk lainnya.

Dari hasil evaluiasi bakal keliatan dan terukur, kemampuan kita sejauh mana dan itu yang jadi batas kita. Meski kita punya target dan ambisi, ingatlah kawan bahwa kesehatan nomer satu. Mau kerja keras segila apapun kalau ujungnya jadi sakit percuma. Kembali saya ingatkan, semua tergantung kemampuan dan keinginan kita ya. 

3. Jadwal Terstruktur dan detail


Udah selesai nih evaluasi menentukan target dan kesanggupan, nah sekarang tinggal bikin jadwal terstruktur sampai sedetail-detailnya agar target tidak hanya diam di awang-awang dan gak jadi kenyataan.

Kalo cuman nempelin resolusi atau wish list di dinding dan di tatap setiap hari ya gak bakalan terwujud. Perencanaan ngeblog yang detail dibutuhkan agar target - target itu terwujud. Setidaknya 70% - 80% nya.

Oke! hal penting yang perlu diperhatikan sebelum bikin blogger planning udah. Selanjutnya apa nih? selanjutnya adalah tentu bikin jadwal detail ya. Saya bikin target tahunan, jadwal bulanan dan mingguan juga harian. Yuk lanjut.

Detail Blog Plan Mamajokaa 2022


1. Blog Plan Yearly Mom Blogger


Perencanaan tahunan ngeblog nya ala mom blogger bisa dibikin sesuai dengan target atau goals ya. "Contohnya gimana? duh gak ada bayangan!" boleh lah nyontek target tahunan-nya mamajokaa dibawah ini ya.


target blog plan tahun 2022 ala mom blogger mamajokaa



Sudah mulai tersingkap kah kabut kebingungan? sudah ya. Target dibikin jelas disertai usaha nya seperti apa, jadi kita gak kehilangan arah. Target disesuaikan dengan niatan kita ngeblog itu apa. Gak melulu soal dapat cuan, bisa aja emang suka nulis dan berbagi tapi seneng kalo artikelnya dapet PV banyak dan nongol di page one. 

Atau misal goalnya pengen belajar blogging lebih banyak, gabung komunitas dan punya banyak sahabat pena digital baru. Bisa aja begitu. Gak masalah. Tinggal di breakdown aja tahapan realisasinya kayak gimana. 

Mamajokaa sendiri emang berniat menjadikan blog sebagai media self healing, berbagi dan mendapat penghasilan. Sehingga, target nya gak jauh dari indikator - indikator yang bisa membantu mamajokaa merain si target itu.

Kalau lihat perencanaan dan target tahunan mamajokaa ngejlimet ya, indikatornya banyak. Ya cek DA lah, PV, GSC, GA dan bla - bla - bla yang intinya isinya ceklist semua. Belum termasuk effort ikut kelas lah, webinar ini itu dan bla-bla bla. Kok kesannya rudet dan target nya muluk - muluk ya. 

Tapi, kalau target lalu langkah udah dibikin. Juga ceklist di bikin dengan lengkap dan detail, yang enak itu diri sendiri loh. Kita sih tinggal masukin angka doang dan rajin rekap. Setelah itu evaluasi deh sebulan sekali. Mau seminggu sekali juga boleh. Tapi kalau aku sih sebulan sekali juga cukup. 

Yang jadi target utama sih sebetulnya hanya 3 poin aja, konsisten menulis sesuai niche, DA dan PV naik  disertai penghasilan ngeblog juga ikut naik. Tapi kalaupun misalnya targetnya cuman tercapai 20% aja, ya gak apa - apa. Masih ada kenaikan toh? cuman secara angka tidak besar. Mau lebih besar? ya evaluasi lagi harus kerja seperti apa, apa yang harus dilakukan dan siap dengan resiko - resikonya.

Saya sendiri membuat perencanaan ini se-matang mungkin dan disesuaikan dengan kemampuan dan pengetahuan. Jadi kalau ada yang kurang tepat atau sesuai, itu bagian dari proses pembelajaran. Menjadi blogger juga harus sabar sih, sabar mau terus belajar dan berproses.  Proses ini yang penting bagi saya. Hasil memang penting dan jadi indikator keberhasilan, tapi bagi saya keberhasilan bukan hanya soal angka atau nominal rupiah. Tapi apa yang saya rasakan saat melakukannya.

Quote manis yang bersarang di bagian bawah gambar diatas adalah pengingat bagi saya pribadi, bahwa bekerjalah sekeras mungkin sebisa kita semau kita dan kita bahagia saat melakukannya. Berkaca pada ujian beberapa waktu lalu saya mengevaluasi diri bahwa, target dan goal di buat senyata mungkin dan se-detail mungkin. Agar langkahnya teraba dan terukur.

Ngbelog juga harus dilakukan atas dasar suka dan jadi kegiatan yang bikin happy. Kalau jadi tekanan dan bikin stress, tentu lebih baik jangan dilakukan daripada menyesal. Ya, blogging tujuan utamanya bagi saya membahagiakan. Termasuk saat ngeblog bikin rekening saya gendut (*eh) hehehe.

Bicara soal perencanaan tahunan ada hal yang menarik nih. Ceritanya kan saya lagi ikutan kelas seo gratis BRT Network, dan gabung di kelompok C. Temen - temen satu kelompok juga punya blog plan yang unik dan inspiratif. Saya bakalan share ceritanya di bawah, tungguin sebentar ya.

2. Blog Plan Monthly


Perencanaan ngeblog bulanan isinya tentang evaluasi bulanan. Apa yang dievaluasi? tentu saja performa atau kinerja blog. Kalau misalnya kita udah punya jadwal kelas, training atau webinar bisa juga dicantumkan di sini.

Jadwal bulanan ini cukup penting, karena dengan evaluasi bulanan kita bisa tau perkembangan blog kita sudah sejauh mana pencapaiannya. Sudah sedekat atau bahkan sejauh apa dengan target bulanan. Sehingga langkah selanjutnya dalam optimasi bisa dilakukan.

Contohnya seperti apa? dibawah ini adalah contoh evaluasi bulanan dan perencanaan bulanan mamajokaa.


blog plan monthly ala mamajokaa dibikin simple aja
Jadwal menulis artikel selama sebulan

evaluasi ngeblog setiap bulan dalam satu tahun ala mamajokaa

Dari Gambar di atas dapat di lihat, pada gambar Jadwal menulis artikel selama sebulan saya mencantumkan jenis kategori atau tag artikel. Saya membagi dua jenis menulis artikel, yaitu artikel terbaru dan update artikel lama.  Apa yang saya lakukan dengan artikel lama? tentu saja saya perbaiki parameter SEO On Page dan juga Off Page nya. 

Dari perencanaan di atas juga keliatan kalau untuk mamajokaa saya hanya menulis 3 artikel saja dalam seminggu ( artikel organik). Di luar jadwal, itu artinya saya menulis untuk artjoka atau menggambar. Bagi saya menulis 3 artikel organik per minggu saja itu sudah cukup. Karena jika ditambah dengan CP misalnya dengan target minimal sebulan 5, berarti dalam satu minggu menulis CP 1 -2 artikel. 

Jumlah artikel yang di tulis dalam satu minggu berkisar antara 4-5 artikel. Belum termasuk artikel di blog artjoka yang saya targetkan dua artikel saja per minggu. Maka total artikel yang saya tulis dalam seminggu adalah 7 artikel. Kalau di pukul rata-rata, maka saya menulis artikel setiap hari.

Sanggupkah? tidak tahu. Karena saya pernah menulis ODOP dan jujur saya belum sanggup. Jadi, sekali lagi saya bilang kalau target dan blog plan ini tentu hanya acuan. Minnimal untuk mamajokaa saya bisa menulis 2 artikel organik setiap minggu nya. 

Pada intinya, dengan membuat jadwal menulis artikel, hal ini tentu memudahkan saya dalam menulis. Gak ada istilah bingung mau nulis apa atau buntu ide. Kalau tag atau kategori sudah dibuat, maka tema artikel akan mudah di buat juga ( setidaknya begitulah untuk saya, hehehe).

Evaluasi bulanan juga saya buat untuk mengukur performa atau kinerja blog. Dengan demikian "impian" saya agar mamajokaa mendapat rangking page one di google, PV naik dan DA 60 dapat tercapai secara perlahan. Dengan melihat evaluasi setiap bulan, maka langkah selanjutnya jika mengalami penurunan dapat segera kita buat dan eksekusi.


3. Weekly dan Daily Blog Plan


Weekly Plan atau perencanaan mingguan adalah perencanaan yang dibuat dalam satu minggu yang memuat jobdesk apa saja secara global. Sedangkan daily blog plan atau perencanaan harian adalah detail blogging harian. 

Jadwal harian saya buat berdasarkan jadwal bulanan yang saya breakdown saja. Saya tambahkan evaluasi atau monitoring artikel harian termasuk ceklist SEO, PV dan lain sebagainya. Agar lebih terbayang, berikut contoh weekly dan daily blog plan mamajokaa.

perencanaan ngbelog harian agar jelas dan terukur


ceklist seo on page dan off page artikel harian

Blog Plan Kelompok C , Kelas SEO BRT


Ada yang unik dan berbeda dari kelas gratis BRT Network yang emak jalani sekarang, yaitu membuat blog plan. Lewat materi ini, emak dan teman sekelompok membuat blog plan masing - masing dan saling mendiskusikan blog plan nya masing - masing.

Dari diskusi ini lah, itu yang namanya inspirasi berterbangan di chat room grup C. Jadi kepikiran bikin evaluasi mendetail, bikin target sederhana tapi tepat sasaran dan realistis sampai bagaimana mengelola blog lebih dari satu dan DA blog. Saya sendiri terisnpirasi cara bikin jobdesk breakdown dari target dan kepikiran itu yang namanya target emang harus di breakdown agar terealisasi.

Kelompok C menurut saya kompak, saling support dan bantu kalau ada anggota kelompok yang kesulitan. Gak ada istilah jadi ngerasa gak enak sama temen, semua saling mengingatkan. 

Penasaran kan siapa aja di kelompok C dan bagaimana proses teman-teman selama membuat blog plan ?.

1. Kak Siska Dwyta


Saya sudah kenal Kak Siska sejak awal tahun 2020. Beliau bisa dikatakan senior karena Ka Sis sering saya minta pendapat mengenai blogging. Blog Kak Siska sendiri lahir pada bulan Juni 2020. Sayangnya, blog tersebut tidak terurus karena tidak memiliki perencanaan yang matang. Belakangan Kak Siska baru sadar betapa pentingnya membuat planning untuk blog.

Kak Siska merasa mendapat pencerahan sejak mengikuti kelas SEO BRT terutama untuk materi dari Mbak Marita mengenai blog plan. Besar harapan Kak Siska setelah belajar mengenai blog plan, blognya terurus, goals tercapai dan konsisten.

2. Kak Yonal Regen


Kak Yonal adalah satu-satunya blogger yang tampan di kelompok kami. Yess, beliau bapak - bapak the one and only, hihihi. Kak Yonal adalah seorang blogger dengan niche lifestyle. Profesinya sebagai guru sekaligus seorang ayah menjadikannya inspirasi terbesar dalam membuat blog plan 2022. Blog plan yang dibuat kak Yonal dibuat dengan keinginan lebih menonjolkan dua hal yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari sebagai pengajar dan juga sebagai kepala keluarga yaitu edukasi dan keluarga. Tetapi, karena blog yang dimiliki adalah niche gado-gado, tema-tema lain pun tetap direncanakan agar tidak jomblang satu sama lain dalam kuantitas kontennya.

3. Kak Annisa Kemala

Selama Kak Annisa menjadi blogger, beliau belum pernah membuat blog plan. Dan ternyata hal itu memang membuat Kak Annisa merasa seperti tidak punya tujuan blogging. Artikel dibuat sederhana, seadanya dan sekehendak hati. Setelah bergabung dengan kelas SEO BRT dan masuk kelompok C, kak Annisa merasa terinspirasi sert atermotivasi melihat blog teman-teman yang aktif , rapi dan terstruktur. Hal ini menjadi acuan utama Kak Annisa dalam membuat blog plan. 

4. Kak Tri Putri


Bagi kak Putri yang memiliki blog dengan niche edukasi ini, membuat blog plan itu cukup berat, terutama untuk membuat perencanaan tahunan. Tetapi dibalik kesulitan itu, jika yearly plan sudah dibuat maka hal itu akan mempermudah kita dalam mengelola blog. Kita tidak akan lagi pusing memikirkan, "besok nulis apa lagi ya?". Bukan hanya itu, melalui blog plan juga kita jadi bisa melakukan pengecekan indikator SEO on page artikel kita sebelum tayang.

Kami Udah Bikin Blog Plan 2022 Loh, Kamu Kapan?


Bukan di suruh kapan nikah atau lulus sekolah loh, hehehe. Di suruh kapan giliran emak-emak semua bikin blog plan juga. Tahun baru gak kerasa bentar lagi loh. Momen nya kan pas dengan tahun baru, jadi sekalian menempuh lembaran baru, lupakan mantan ( nah loh! hihihi )  dan move on. Buang jauh amarah dan dendam, melangkah dan masuk lembaran baru dengan blog plan. 

Sayangilah blog kita dengan membuat blog plan agar blognya terawat dan gemuk, baik gemuk artikel, PV, DA dan juga isi rekening (*eh).

Tapi, bagi saya pribadi ada hal yang perlu di garis bawahi, bahwa target dan perencanaan di buat sebagai acuan dan dasar melangkah. Sejujurnya, tahun 2022 saya gak ada target yang muluk - muluk. Karena target yang sama selalu saya tetapkan di setiap tahun ( untuk target blog plan ya ). 

Meski  terealisasi 30% nya saja, setidaknya ada progress walau itu hanya baru sampai akhirnya bisa ikut kelas seo BRT ( yang merupakan target saya tahun 2020 ).Awalnya saya udah lupa aja karena sakit kemarin kan, udah ikhlas aja semua target sirna sejak tengah tahun. Tapi rupanya Tuhan berkata lain, entah bagaimana caranya satu per satu target nge blog saya terealisasi bahkan tanpa effort yang luar biasa. 

Intinya, target dan perencanaan buatlah setinggi langit tapi detail , terukur dan realistis. Sisanya, kalau sudah berusaha ya Bismillah dan serahkan sama Tuhan. Karena drama hidup dunia nyata, kita gak pernah tahu. Jadi be ready untuk kejutan apapun yang Tuhan kasih. 

Jadi nyambung ke motivasi hidup ya? hahaha. iklan lah biar jadi semangat. okeehhh.

Yuk berbagi cerita dan pengalaman seru selama ini sebagai mom blogger dan membuat blog plan. Sampai ketemu di kolom komentar yaaa.

11 komentar

  1. Sempet baca bbrp blog plan teman2, dan salut siiih, Krn aku malah ga kepikiran bikin blog plan punyaku 😄. Mungkin Krn selama ini aku nulis utk fun doang kali Yaa, jadi ga pernah fokus kesini. Resolusi pasti bikin, tapi kebanyakan resolusi keuangan harus mencapai kenaikan investasi brp persen , target traveling hrs berapa negara dll. Sementara target utk blog, aku hanya garis besar. Update 2 Minggu sekali, tulis sepenuh hati, udah selesai 🤣🤣🤣.

    Tapi setelah baca ini, jadi terpacu utk membuat blog planku sendiri sih mba. Setidaknya lebih detil lah. Blog itu saranaku relaksasi, jadi seharusnya aku juga perhatiin progressnya selama ini.

    BalasHapus
  2. Blog Plan memang sangat penting apabila ingin jadi blogger profesional dan konsisten. Wah tertarik sekali buat blog plan mulai dengan weekly dan monthly. Thanks atas infonya.

    BalasHapus
  3. bermanfaat banget tulisannya

    banyak blogger yang bingung memulai blog

    padahal seperti halnya kehidupan, jadi blogger pun harus membuat plan

    BalasHapus
  4. Senengnya bisa sekelompok sama mamajokaa. Bisa belajar bareng, sharing bareng hehehe

    BalasHapus
  5. Hehhehe ....aku termasuk orang yang ga pernah bikin blog plan. Karena emang tujuan awal ngeblog buat mencurahkan pengalaman travel aja.

    Tapi kayaknya dah harus mulai bikin blogplan nih, karena bbrp bulan ini blogku mulai terabaikan.

    BalasHapus
  6. wah kereeen bangetttt.
    menjdi inspirasi banget untuk aku di 2022, harus ada blog plan juga nih.

    BalasHapus
  7. Dulu awal2 ngeblog pernah bikin blog plan. Tapi ya itu, karena waktu itu anak2 masih kecil2 dan akhirnya terkalahkan juga dengan plan buat mereka. Akhirnya pencapaiannya nggak maksimal, hehe ... tapi bagus kok bikin kayak gitu. Minimal kita itu ada motivasi sekaligus pengingat bahwa blog kita tuh mau dan harus diapain.

    BalasHapus
  8. Dari beberapa tulisan blog plan yang saya baca, tulisan ini lebih terstruktur menurut saya. Intinya mudah dipahami dan disertai contoh.

    Kalau saya baru sampai weekly/monthly saja. Belum bisa daily.

    Dan tentu saya juga sepakat, kalau menjadi blogger itu harus sabar dan berproses.

    BalasHapus
  9. Jangan terlalu muluk juga ya, tapi bagusnya adalah memang sanggup buat mengerjakannya. Nanti udah dibuat panjangxlebarxtinggi=volume eh tetep aja isian blog gak konsisten hehe

    BalasHapus
  10. Mantep banget blog plannya mba. Dulu aku suka bikin, cuman sekarang ini udah ga bpernah bikin. Kalau habis baca tulisan mba, jadi pengen bikin blog plan lagi

    BalasHapus
  11. hiks aku banyak bolongnya pas bikin blog plan, ehh malah molor rata-rata, awal-awal rajin
    sekarang malah cuman nulis ide blog aja, dan kalau bisa dalam bulan itu, jadi nggak bikin tanggal terperinci kapan harus publish
    syukur syukur dalam sebulan semua ide bisa publish, ini luar biasa

    BalasHapus