mamajokaa food blogger bandung

Resep Chicken Teriyaki Manis dan gurih

Resep Chicken Teriyaki Gurih dan Manis



Penggemar japanese food pasti mengenal teriyaki. Terlebih bagi mereka yang gemar makan bersama keluarga di Hokben atau Shifu ramen serta restaurant jepang lainnya.

Di kutip dari Wikipedia, Kata teriyaki berasal dari kata teri (照り) yang artinya bersinar (karena mengandung gula dari tare (タレ)), dan kata yaki (焼き) yang artinya dibakar atau dipanggang.Tare merupakan campuran dari kecap, sake/mirin, dan gula/madu yang dipanaskan.

Teriyaki (Jepang: 照り焼き) adalah cara memasak makanan Jepang yang dipanaskan atau dipanggang dan dilapisi dengan kecap dan sake, mirin, atau gula beraroma rasa. Dalam proses membuat teriyaki, daging yang akan dipanggang baik itu daging sapi ataupun ayam sebelumnya harus dicelupkan dan diolesi dengan saus teriyaki beberapa kali.

Di negeri sakura sendiri, bahan yang banyak digunakan pada masakan teriyaki adalah ikan (salem, tongkol, mackarel, trout, marlin), sedangkan di luar Jepang digunakan berbagai jenis daging (ayam, sapi, babi), atau cumi-cumi maupun bahan dari ubi konnyaku.

Chicken Teriyaki Sesuai Lidah Indonesia


Berbeda dengan resep asli teriyaki jepang yang menggunakan sake, gula atau madu serta diproses dengan cara dipanggang, maka chicken teriyaki yang saya buat disesuaikan dengan selera lidah orang Indonesia yang cenderung manis dan gurih. Dan tentu saja, saya tidak akan menggunakan sake mengingat kehalalan makanan.

Seperti apa sih chicken teriyaki ala mamajokaa dan bagaimana cara membuatnya? Berikut resepnya.


Resep Chicken Teriyaki Gurih dan Manis


Bahan - bahan :


  • 500 gr Ayam Fillet dada
  • 1 buah Bawang bombay
  • 3 sdm Saori Saos teriyaki
  • 3 sdm Saori saos tiram
  • 3 Siung Bawang putih
  • 50 ml Air
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1/2 biji pala
  • 4 sdm Bango kecap manis
  • 1 sdm kecap asin
  • Ladaku secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Vetsin Sasa secukupnya
  • Mentega Blue Band secukupnya


Cara Membuat :


  1. Bersihkan dan potong dadu/sesuai selera fillet ayam
  2. Marinasi potongan ayam fillet dengan saos teriyaki, saos tiram, kecap manis, kecap dan pala serta ketumbar selama 30 menit
  3. Simpan ayam fillet yang telat di marinasi dalam lemari es selama 30 - 1 jam
  4. Setelah potongan ayam fillet termarinasi sempurna, keluarkan dari lemari es
  5. Potong dan iris bawang bombay dan bawang putih lalu tumis menggunakan mentaga Blue Band
  6. Tumis ayam fillet yang sudah dimarinasi dengan tumisan bawang bombay dan bawang putih
  7. Tambahkan air, garam, vetsin dan ladaku
  8. Masak hingga matang

Bagaimana? Mudah sekali bukan cara membuat chicken teriyaki ala mamajokaa?


Kesimpulan



Kegalauan emak-emak setiap hari salah satunya adalah bingung mau masak apa hari, setuju? Memasak chicken teriyaki bisa menjadi pilihan kuliner khas jepang yang mudah dan gak ribet. Masaknya hanya membutuhkan waktu sebentar saja.

Pada resep chicken teriyaki ala mamajokaa, saya menggunakan beberapa bahan lokal untuk menambah cita rasa seperti ketumbar, lada dan vetsin atau MSG.

Beberapa bahan lain saya menggunakan bumbu instan saus triyaki dan tiram dari SAORI , kecap manis BANGO, lada merk LADAKU, garam meja cap KAPAL, Vetsin SASA dan mentega BLUE BAND. Saya terbiasa menggunakan semua produk tersebut dan tidak pernah diganti dengan merk lain karena rasa yang sudah pas dan sesuai di lidah keluarga kami.

Tapi, Mom bisa menyesuaikan merk bahan-bahan dengan yang biasa Mom gunakan ya. Jika ingin ada rasa pedas, mom boleh menambahkan abon cabe buatan sendiri atau imstan. Selamat mencoba!


Ganbar Resep Chicken Teriyaki
Ganbar Resep Chicken Teriyaki 





12 komentar

  1. Saya juga suka Chicken Teriyaki, Mbak. Dan ternyata membuatnya sangat mudah ya, Mbak. Terus dijamin kehalalannya, karena tidak perlu memakai sake. Nah, bahan ayam juga bisa diganti dengan lainnya ya, Mbak. Terutama ikan dan daging sapi.

    BalasHapus
  2. foto chicken teriyaki yang paling bawahnya bikin ngiler kak.
    Nikmat banget itu, bisa banget ini buat hidangan keluarga semisal ada yang gak bisa makan pedes ya.

    BalasHapus
  3. tampilannya udh menggiurkan banget nih, bisa ga sih dikombinasikan lagi teriyaki tapi pedessss, paksu sukanya rasa pedes hahaha

    BalasHapus
  4. Unch! Look nya udah kayak chef Renata yg bikin deh ah. Catet dulu ah resep chicken teriyakinya buat menu bekal anak, hihihi..

    BalasHapus
  5. Menggoda ya, chicken teriyaki. Nanti eksekusi ah resep di atas, biar tidak bosan daging ayam kalau tidak digoreng pasti dibakar.

    BalasHapus
  6. Duh jadi kangen masakan Jepang lagi deh. Dan chicken teriyaki ini emg yg plg gampang dibuat sih. Bahkan ga perlu ke kafe/restoran Jepang utk menikmati masakan Jepang yg sederhana ini.

    Ntr mau cobain ah resep menunya ini. Kelihatannya sih gampang bgt tuh.

    BalasHapus
  7. Ada resepnya. Waaah mau dong nyoba bikin. Teriyaki enak. Biasanya beli sih. Lom pernah masak sendiri. Thanks mbak

    BalasHapus
  8. cakep banget fotonya, bikin mupeng. makasih banget nih kak resepnya, pas banget aku tuh lagi ngumpulin resep-resep masakan buat nanti kalau udah nikah wkwk

    BalasHapus
  9. Teriyaki bisa pakai kecap bango ya? Bisa dicoba nih. Soalnya kadnag mager kalau cari saos teriyaki dulu

    BalasHapus
  10. Wah ngillleeerrr. aku jg kapan hari beli bumbunya teriyaki wkwkw dan ga bisa nendang emang yah kalo ga dikasi kecap, dasar lidah orang Indo yaah hahaha

    BalasHapus
  11. Andalan aku jugaa..kalau masak pake kecap Bango sama margarin Blue Band.
    Akutu juga hobi banget masak pake margarin, buat nambah rasa gurih yang gak terlalu giung.

    BalasHapus
  12. Chicken Teriyaki favoritku banget, gak bakalan nolak sih kalau ditawari menu ini. Sering beli juga, tapi boleh lah yaa sesekali bikin sendiri di rumah, mana ada resep yang sudah dikemas dengan bagus juga, izin save yaaa mbak hehehe.

    BalasHapus